Wednesday, April 8, 2020

Uji Kompetensi Bab 1 Pkn Kelas 11 Halaman 35

Kunci jawaban dari uji kompetensi PKn kelas 11 SMA/ SMK/ MA/ MAK Bab 1 halaman 35 Kurikulum 2013 terbitan kemendikbud. Peserta didik diminta mengerjakan soal tentang pelajaran dalam Bab 1.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini !



Soal

Uji Kompetensi Bab 1
Jawablah Pertanyaan-pertanyaan di bawah ini secara jelas dan akurat.
  1. Bagaimana keterkaitan antara hak asasi manusia dengan kewajiban asasi manusia?
  2. Mengapa antara hak asasi manusia dengan kewajiban asasi manusia dalam perwujudannya harus diharmonisasikan?
  3. Uraikan jaminan Hak asasi manusia yang terdapat dalam Pancasila!
  4. Apa yang akan terjadi apabila dalam proses penegakan hak asasi manusia ,Pancasila tidak dijadikan dasar atau landasan?
  5. Mengapa liberalisme dan sosialisme tidak patut dijadikan landasan dalam proses penegakan hak asasi manusia di Indonesia?
  6. sekarang ini begitu sering terjadi peristiwa pelanggaran HAM di masyarakat seperti pembunuhan ,penculikan ,penyiksaan dan sebagainya mengapa hal tersebut dapat terjadi? Siapa yang paling bertanggung jawab untuk mengatasi persoalan tersebut? Apa peran kalian untuk menyelesaikan persoalan tersebut?

Jawab

1. Keterkaitan antara hak asasi manusia dengan kewajiban asasi manusia sangat erat. Keduanya harus dilaksanakan dengan seimbang dan adil.

2. Hak asasi manusia dan kewajiban manusia memang harus harmonis karena apabila manusia hanya terfokus menuntuk hak asasi tanpa menunaikan kewajiban asasi ia hanya akan menjadi tukang protes dan tukang menuntut haknya. Begitupun sebaliknya, apabila manusia hanya melaksanakan kewajiban tapi lupa hak hak asasinya ia justru akan menzalimi diri sendiri.

3. Jaminan hak asasi manusia dalam Pancasila
a. Sila Pertama: Ketuhanan Yang Maha Esa
SIla pertama memberikan jaminan hak asasi manusia untuk menganut agama dan menjalankan peribadatan tanpa khawatir mendapat tekanan dari pihak lain.

b. Sila Kemanusiaan yang Adil dan Beradab
Sila kedua memberikan jaminan kepada setiap warga negara agar melaksanakan hak asasi manusia misalnya hak untuk hidup tenang, hak untuk tidak ditindas atau diperlakukan semena-mena oleh pihak lain.

c. Sila Persatuan Indonesia
Sila ketiga memberikan jaminan bagi warga negara untuk memperoleh hak asasi manusia misalnya hak untuk diakui sebagai warga negara Indonesia lengkap dengan berbagai macam hak dan kewajibannya.

d. Sila Kerakyatan yang Dipimpin Oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam permusyawaratan/ Perwakilan
Sila keempat memberikan jaminan bagi warga negara untuk memperoleh hak asasi misalnya hak untuk berpendapat, hak untuk mencalonkan diri sebagai wakil rakyat, hak berserikat dan berkumpul serta berbagai hak asasi lainnya.

e. Sila Keadilan Sosial Bagi seluruh rakyat Indonesia
Sila ini memberikan jaminan bagi warga negara agar bisa diperlakukan dengan adil dalam berbagai bidang kehidupan misalnya hak untuk memperolah pekerjaan, hak untuk mendapat gaji/ bayaran dan sebagainya.

4. Jika Penegakan HAM tidak melibatkan Pancasila berarti Pancasila sudah tidak berlaku di Indonesia. Hal tersebut bisa terjadi karena Pancasila adalah sumber dari segala sumber hukum yang harus ditaati. Segala peraturan, perundang-undangan bahkan termasuk HAM harus berlandasrkan Pancasila.

5. Karena liberalisme adalah kebebasan tanpa batas bagi setiap warga negara, sedangkan Sosialisme adalah penyamarataan hak tanpa mempertimbangkan faktor-faktor lainnya. Semua itu tidak tepat dilaksanakan di Indonesia karena tidak sesuai dengan Pancasila. 

6. Di Indonesia banyak terjadi pelanggaran HAM disebabkan oleh faktor internal dalam diri pelaku yaitu egoisme, tak bisa mengontrol emosi, dendam, kejiwaan yang labil, tidak memahami HAM, dan lain-lain. Faktor lain adalah faktor eksternal yaitu rendahnya kepatuhan hukum, lemahnya penegakan hukum, informasi negatif dan lain-lain. Pihak yang paling bertanggung jawab adalah Pemerintah dan masyarakat. Peran saya adalah menyosialisasikan perihal HAM. Selain itu saya juga berupaya untuk tidak melakukan pelanggaran HAM.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon