Rabu, 29 Januari 2020

Tugas Kelompok 5.1 Nah Setelah Kalian Membaca Uraian di Atas

Soal dan jawaban dari tugas kelompok dalam buku Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPkn) Kelas 11 SMA/ SMK/ MA/ MAK kurikulum 2013 terbitan kemendikbud bab 5 halaman 166. Peserta didik diminta mengerjakan soal tentang jenis ancaman terhadap integrasi nasional.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini !'



Soal

Tugas kelompok 5.1
Nah setelah kalian membaca uraian di atas, coba kalian bersama teman sebangku melakukan penelitian atas strategi yang diterapkan bangsa Indonesia dalam menghadapi ancaman terhadap integrasi nasiona. Informasikan hasil penilaian kelompok kalian kepada kelompok lainnya

(Silakan lihat tabel dalam buku PKN kelas 11 bab 5 halaman 166)

Jawab:
Silakan tonton video di bawah ini




atau perhatikan tulisan di bawah ini

Ancaman bermuatan ideologi
Bentuk strategi:
Pemerintah berupaya membumikan Pancasila, mewajibkan penghormatan bendera, mewajibkan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan upaya lainnya di berbagai lapisan masyarakat.

Indikator keberhasilan:

 - Semakin tumbuhnya semangat kebangsaan dan nasionalisme
- Tumbuhnya kesadaran untuk menangkal ideologi anti pancasila

Ancaman bermuatan politik
Bentuk strategi:
Mendidik, menyosialisaikan pemilu ke seluruh rakyat Indonesia, agar aktif melaksanakan demokrasi, baik menjadi kontestan maupun sebagai pemilih

Indikator keberhasilan:
-Meningkatnya jumlah pemilih'
-meningkatnya kontestan pemilu

Ancaman bermuatan ekonomi
Bentuk strategi:
- Mengucurkan dana KUR ke segenap pelaku UMKM
- Bekerja sama dengan bank untuk memudahkan berkembangnya start up lokal

Indikator keberhasilan:
- Semakin tumbuhnya UMKM di Indonesia
- Semakin tumbuhnya start up lokal

Ancaman bermuatan sosial budaya
Bentuk strategi: 
- Kampanye kebudayaan di berbagai media
- Mewajibkan pegawai negeri menganakan seragam adat dari berbagai suku
Indikator keberhasilan:
- Semakin banyak anak-anak yang ingin belajar kebudayaan
- Pemahaman pengetahuan tentang budaya yang semakin matang.

Ancaman pertahanan dan keamanan
Bentuk strategi:
- Peningkatan kemampuan TNI
- Penambahan alutsista TNI
- Sishankamrata
Indikator keberhasilan:
- Semakin meningkatnya kemampuan TNI
- Semakin tumbuhnya kesadaran bela negara


Jumat, 24 Januari 2020

Tugas Mandiri 5.3 Nah Setelah Membaca Uraian Materi di Atas, Coba Kalian Prediksikan

Kunci jawaban dari tugas mandiri dalam buku Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPkn ) Kelas 11 SMA/ SMK/ MA/ MAK kurikulum 2013 terbitan kemendikbud bab 5 halaman 158. Peserta didik diminta mengerjakan soal tentang prediksi pertahanan keamanan.



Agar kalian mendapat gambaran jawaban, silakan perhatikan soal dan jawaban di bawah ini

Soal

Tugas Mandiri 5.3
Nah setelah membaca uraian materi di atas, coba kalian prediksikan apa yang akan terjadi apabila ancaman-ancaman di bidang pertahanan dan keamanan tidak dapat ditanggulangi oleh negara kita. Tuliskan prediksi kalian di bawah ini.

Jawab:

Silakan tonton video di bawah ini




atau perhatikan tulisan di bawah ini

Prediksi saya: Mendirikan negara berarti pemerintah dan segenap rakyat harus siap untuk menjaga dan mempertahankan negara dari berbagai ancaman baik itu ideologi, ekonomi, politik, sosial budaya dan pertahanan keamanan.

Dari berbagai bentuk ancaman tersebut yang paling merusak adalah ancaman pertahanan keamanan. Untuk itu jika terjadi serangan militer dari negara lain akan muncul kemungkinan, kita akan bertahan atau kalah. Jika pertahanan militer kita hancur, bangsa ini akan mengalami kehancuran juga baik infrastruktur maupun sumber daya manusia. Setelah itu, bangsa ini akan menjadi bangsa kalah yang menjadi bawahan dari negara lain. Identitas bangsa Indonesia akan berganti menjadi identitas negara yang telah menyerang kita.

Tugas Mandiri 5.2 Pada Saat ini Di Setiap Daerah Baik Wilayah Perkotaan Maupun Pedesaan

Soal dan jawaban dari tugas 5.2 dalam buku Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPkn) Kelas 10 SMA/ SMK/ MA/ MAK kurikulum 2013 terbitan kemendibud bab 5 halaman 154. Peserta didik diminta mengerjakan soal tentang perekonomian daerah tertentu.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawabannya di bawah ini



Soal

Tugas Mandiri 5.2
Pada saat ini, di setiap wilayah baik wilayah perkotaan maupun pedesaan banyak berdiri toko-toko swalayan seperti supermarket dan minimarket. Hal tersebut tentu saja akan berpengaruh terhadap perekonomian daerah tersebut. Selain itu, kehadiran Supermarket dan minimarket juga akan berpengaruh terhadap keberadaan pasar atau warung tradisional. Berkaitan dengan hal tersebut, coba kalian lakukan analisis terhadap hal tersebut.

Jawab:

Sila tonton video jawaban di bawah ini




atau perhatikan tulisan di bawah ini

Analisis saya: Sebelum minimarket berkembang seperti ini, jauh hari sebelumnya supermarket sudah hadir di negara Indonesia. Pemiliknya adalah mereka yang memiliki modal besar dan mendapatkan izin dari pemerintah untuk mendirikan supermarket. Waktu itu, kehadiran supermarket tidak banyak berpengaruh terhadap pedagang-pedagang lokal. Mereka memiliki pangsa pasar tersendiri.

Lambat laun, berdirilah minimarket yang bersifat waralaba. Perkembangan minimarket yang begitu pesat langsung berhadapan dengan toko-toko atau pedagang lokal. Kekuatan modal dan kekuatan merek minimarket membuat para pedagang pelan-pelan menyerah.

Pemerintah saat ini tentu memiliki rencana jangka panjang terhadap keberlangsungan ekonomi bangsa. Sayangnya, saat ini kita sulit menemukan keberpihakan pemerintah terhadap pedagang-pedagang kecil. Pemerintah tetap berpijak pada pemilik modal, membiarkan mereka merangsek menyingkirkan pemodal kecil. Entah sampai kapan hal ini akan terus berlangsung. Besar kemungkinan, sektor pedagang kecil akan tersingkir.

Tugas Mandiri 5.1 Pada Saat ini Sering Sekali Terjadi Kasus-Kasus Bernuansa Politik

Soal dan jawaban dari tugas mandiri dalam buku Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) Kelas 11 SMA./ SMK/ MA/ AMK kurikulum 2013 terbitan kemendikbud halaman 151 bab 5. Kalian bisa mencontoh jawabannya di bawah ini.



Soal !

Tugas Mandiri 5.1
Pada saat ini sering terjadi kasus-kasus bernuansa politik yang berpotensi melumpuhkan integrasi nasional seperti kerusuhan yang disebabkan ketidakpuasan terhadap hasil pilkada. Sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan kewaspaadaan akan hal tersebut, coba kalian identifikasi kasus-kasus tersebut dan tulislah hasil identifikasi kalian pada tabel berikut

(Silakan lihat tabel pada buku pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Kelas 11 SMA)

Jawab;

Silakan tonton video jawaban ini



atau perhatikan tulisan di bawah ini

1. Unjuk rasa menolak hasil pemilu
Faktor penyebab: kekalahan calon pemimpin yang diusung.
Dampak yang muncul: Terjadinya kemacetan jalan raya, ketegangan bahkan korban jiwa

2. Kecurangan Pemilu
Faktor penyebab: beberapa pasangan calon berupaya memenangkan dengan berbagai macam cara
Dampak yang muncul: rusaknya demokrasi yang berakibat merugikan bangsa dan negara.

3. Kerusuhan SARA
faktor penyebab: Sikap kedaerahanyang berlebihan
Dampak yang muncul: sentimen kedaerahan, agama menimbulkan kecurigaan bahkan yang paling berbahaya kerusuhan.

4. Separatisme
Faktor penyebab: Ingin memisahkan diri dari NKRI
Dampak yang Muncul: kerusuhan massal

5. Terorisme
Faktor penyebab: Ingin mengganti sistem bernegara 
Dampak yang muncul : pembunuhan dan kerusuhan

Tabel 5.3 Daftar Pertanyaan Halaman 110

Kunci jawaban dari pertanyaan dalam buku Pendidikan pancasila dan Kewarganegaraan (PKn) Kelas 8 SMP/ MTs bab 5 halaman 110 kurikulum 2013 terbitan kemendikbud. Peserta didik diminta mengerjakan soal tentang nama pahlawan.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini !



Soal

Pejuang lainnya yang berusia muda dan berjuang mengorbankan tenaga harta dan nyawa masih banyak yang tidak tercatat dalam sejarah. Untuk menengal lebih dalam tokoh pejuang dari kalangan pemuda, carilah informasi secara berkelompok tentang tokoh pejuang dari kalangan pemuda. Aktivitas mencari informasi dapat dilakukan dengan mengisi tabel berikut ini

Tabel 5.3 Daftar pertanyaan

Jawab

Silakan tonton video di bawah ini




atau perhatikan tulisan di bawah ini

1. Tan Malaka
Tahun lahir: 2 Juni 1897
Tahun perjuangan: Sejak 1920an- 1960 an
Bentuk perjuangan:
1. Mendidik rakyat jelata agar mengerti tentang ilmu pengetahuan dan politik
2. Melakukan perlawanan terhadap Belanda dengan cara mengobarkan semangat nasionalisme kepada rakyat Indonesia

2. Ir Soekarno
Tahun lahir: 6 Juni 1901
Tahun perjuangan: sejak 1920- 1950an
Bentuk perjuangan
1. Mengobarkan semangat nasionalisme
2. Memimpin revolusi melawan Belanda dengan berbagai cara

3. Mohammad Hatta
Tahun lahir: 12 Agustus 1902
tahun perjuangan; sejak 1920an- hingga 1960an
Bentuk perjuangan
1. Mengobarkan kesadaran berbangsa dan bernegara
2. Menentang penjajahan Belanda

4. Syahrir
tahun lahir : 1902
tahun perjuangan: 1920-1960an
bentuk perjuangan
1. Berjuanga lewat jalur diplomasi
2. Memimpin perlawanan terhadap Belanda.

5. Bung Tomo
tahun lahir : 1920
tahun perjuangan: 1940 - 1950 an
bentuk perjuangan:
1. Mengobarkan semangat perlawanan terhadap belanda melalui orasi di radio
2. sebagai wartawan

Kamis, 23 Januari 2020

Aktvitas 5.1 Tabel 5.2 Makna Sejarah Sumpah Pemuda halaman 104

Soal dan jawaban dari aktivitas 5.1 dalam buku Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (Pkn) Kelas 8 SMP/ MTs halaman 104 bab 5 kurikulum 2013 terbitan kemendikbud. Peserta didik diminta mengurai makna sejarah sumpah pemuda.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini



Soal:

Aktivitas 5.1
Setelah kalian mencari informasi dengan membaca wacana materi di atas dan sumber belajar lain tentang nilai sejarah sumpah pemuda, tulislah apa yang sudah kalian ketahui ke dalam tabel berikut.

Tabel 5.2 Makna Sejarah Sumpah Pemuda

Jawab:
Silakan tonton video di bawah ini




atau perhatikan tulisan di bawah ini

1. Kronologi Peristiwa Sumpah Pemuda
Uraian: Perjuangan bangsa Indonesia selama bertahun-tahun bahkan berabad-abad terus menemui kegagalan. Faktor penyebabnya adalah perjuangan mereka bersifat lokal. Perjuangan tersebut justru membuat penjajah leluasa memecah-belah bangsa ini. Para pemuda , pada tahun 1928 menyadari kekeliruan itu, untuk itu mereka berupaya menyatukan bangsa yang berada dalam penjajahan belanda untuk bersatu melalui sumpah pemuda, 28 oktober 1928

2. Semangat dan komitmen peristiwa sumpah pemuda
Uraian:Semangat dan komitmen mereka antar lain:
a. Cita-cita Indonesia merdeka menjadi cita-cita pemuda Indonesia
b. Semua perkumpulan pemuda berdaya upaya menggalang persatuan organisasi pemuda dalam satu wadah.

3. Makna Sumpah pemuda bagi perjuangan kemerdekaan
Uraian: Sumpah penuda menjadi tonggak dan babak baru perjuangan yang menyatukan bangsa Indonesia sekaligus menandai cara baru melawan penjajah yakni melalui berbagai macam cara misalnya diplomasi.

4. Makna Sumpah pemuda bagi pelajar
Uraian: Bagi para pelajar yang juga berarti para pemuda, peristiwa sumpah pemuda membuka mata dan hati mereka, bahwa usia pemuda merupakan usia untuk memulai menggapai cita-cita pribadi maupun bangsa dan negara.


Tabel 5.1 Daftar Pertanyaan Pkn Kelas 8 Halaman 97

Soal dan jawaban dari tabel 5.1 dalam buku Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Kelas 8 SMP/ MTs bab 5 halaman 97. Peserta didik diminta membuat daftar pertanyaan.

Agar lebih jelas sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini !




Soal

Apa yang kalian rasakan dan pikirkan pada saat mengamati teks sumpah pemuda tersebut dibacakan. Diskusikan dengan kelompok kalian untuk mengembangkan sebanyak mungkin informasi yang kalian ingin ketahui dengan menuliskan pertanyaan yang berkaitan dengan sumpah pemuda. Tulislah pertanyaan kalian dalam kolom di bawah ini.

Tabel 5.1. Daftar pertanyaan

Jawab:

Silakan tonton video di bawah ini



atau perhatikan tulisan di bawah ini

1. Siapa saja tokoh-tokoh yang terlibat dalam kongres pemuda?
2. Bagaimana situasi dan kondisi bangsa Indonesia saat itu?
3. Apa sebabnya para pemuda menggelar sumpah pemuda?
4. Apa dampak peristiwa sumpah pemuda terhadap bangsa Indonesia saat itu?
5. Bagaiman reaksi penjajah Belanda setelah peristiwa sumpah pemuda

Jawaban Uji Kompetensi 6 PPkn Kelas 10 Halaman 200

Soal dan jawaban dari Uji Kompetensi 6 dalam buku Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Kelas 10 SMA/ SMK/ MA/ MAK Kurikulum 2013 terbitan kemendikbud bab 6 halaman 200. Peserta didik diminta mengerjakan 5 pertanyaan.


Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban tersebut di bawah ini !

Soal

Uji Kompetensi 6
Jawablah pertanyaan di bawah ini secara singkat, jelas dan akurat.

1. Pada hakikatnya kebhinekaan bangsa Indonesia merupakan rahmat Allah SWT sekaligus merupakan sebuah potensi sekaligus tantangan bagi bangsa Indonesia. Jelaskan maksud pernyataan tersebut
Jawab: Benar sekali pernyataan tersebut, perbedaan dalam hal suku, agama, ras dan antar golongan di Indonesia apabila tidak dikelola dengan baik akan menjadi sumber perpecahan. Akan tetapi jika kita bisa mengelola dengan bijaksana, semua itu bisa menjadi sumber kekuatan bangsa ini.

2. Ancaman militer pada hakikatnya berkaitan dengan ancaman di bidang pertahanan dan keamanan. Jelaskan dan beri contoh terkait dengan ancaman di bidang militer.
Jawab: Benar. Semakin tinggi teknologi militer sebuah negara akan menimbulkan kecemasan negara lain. Misalnya perlombaan teknologi nuklir AS, Iran, Korea utara

3. Agresi suatu negara yang mengancam kedaulatan suatu negara, keutuhan wilayah dan keselamatan segenap bangsa Indonesia mempunyai bentuk-bentuk mulai dari yang berskala paling besar sampai dengan yang terendah. Jelaskan dan berikan contoh bentuk agresi yang berskala besar yang pernah dialamai bangsa Indonesia
Jawab: Indonesia pernah menerima invasi dari banyak negara, Jepang, Belanda, Inggris, Portugis.

4. Ancaman nonmiliter pada hakikatnya disebabkan oleh pengaruh negatif dari globalisasi. Jelaskan hubungan ancaman non militer dengan pengaruh globalisasi
Jawab: Ancaman nonmiliter akn terjadi jika kita kalah bersaing.

5. Pada hakikatnya ancaman dalam kebhinekaan yang berdimensi politik dan bersumber dari dalam negeri dapat berupa pengerahan massa dan separatisme. Jelaskan maksud pertanyaan tersebut?
Jawab: 

Apa yang Kalian Rasakan Ketika Membaca Kembali Peristiwa Bencana Asap di Wilayah Sumatera dan Kalimantan

Soal dan jawaban dari pertanyaan dalam buku Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan kelas 10 SMA/ SMK/ MA/ MAK kurikulum 2013 terbitan kemendikbud  bab 6 halaman 197. Peserta didik diminta menjawab empat soal berdasarkan teks bacaan pada halaman 196.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini !



Soal

Penilaian Diri
Coba kalian analisis peristiwa di bawah ini !

Teks bacaan bisa kalian baca pada buku PKn kelas 10 kalian masing-masing

Jawablah Pertanyaan-pertanyaan di bawah ini
1. Apa yang kalian rasakan ketika membaca kembali peristiwa bencana asap di wilayah Sumatera dan Kalimantan
Jawab: 
Saya merasa prihatin dengan peristiwa tersebut. Dampak yang sangat berbahaya menimpa penduduk di wilayah terdampak bencana asap. Mulai dari gangguan kesehatan, gangguan keamanan dan gangguan aktivitas sehari-hari. Saya berharap ada langkah tegas agar penyebab kebakaran bisa ditemukan dan kebakaran bisa dipadamkan.

2. Setujukah kalian apabila pihak asing untuk memberikan bantuan, tetapi tanpa meminta izin terlebih dahulu kepada Pemerintah Indonesia? Berikan alasanmu
Jawab:
Saya tidak setuju hal tersebut. Pihak asing boleh memberikan bantuan dengan seizin Pemerintah Indonesia dan pemerintah juga harus mempermudah izin tersebut.

3. Sejauh yang kalian ketahui, bagaiman kontribusi rakyat Indonesia dalam membantu bencana asap tersebut ?
Jawab:
Tidak mudah menilai kontribusi rakyat Indonesia terutama yang berada di sekitar lokasi bencana, karena ada sebagian yang peduli namun tidak sedikit yang tidak acuh terhadap bencana tersebut. ketidakacuhan tersebut bisa jadi karena ketidakberanian dari masyarakat dalam bertindak mencegah sekelompok orang untuk membakar hutan.

4. Identifikasi nilai-nilai apa saja yang bisa kalian teladani dalam wacana di atas? Nilai-nilai apa saja yang sudah dan belum kalian lakukan dalam kehidupan sehari-hari?
Jawab:
Nilai yang bisa kita petik adalah semangat dalam membantu sesama manusia. Saya sendiri terkadang merasa berat melaksanakan semangat tersebut karena terlalu fokus dengan masalah sendiri.

Tabel 6.4 Peran Serta Masyarakat untuk Mengatasi Ancaman

Soal dan jawaban dari tugas dalam buku Pendidikan Pancasila dan kewarganegaraan (PKn) Kelas 10 SMA/ SMK/ MA/ MAK kurikulum 2013 terbitan kemendikbud bab 6 halaman 193. Peserta didik diminta mengerjakan tabel yang tersedia.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini !


Soal

Tugas Kelompok 6.1
Nah setelah kalian membaca uraian diatas, coba kalian bersama teman sebangku melakukan penilaian atas peran serta masyarakat untuk mengatasi berbagai ancaman dalam membangun integrasi nasional! Informasikan hasil penilaian kelompok kalian kepada kelompok lainnya!

(Silakan lihat tabel pada buku Pkn kalian masing-masing

Jawab:

1. Ideologi
Peran serta: Menerapkan sistem pertahanan keamanan rakyat semesta
(Sishankamrata)
Indikator keberhasilan: Keamanan di wilayah Indonesia relatif terkendali, dikarenakan
adanya kerja sama yang erat antara TNI/Polri dan rakyat.

2. Politik
Peran serta: Mengikuti pesta demokrasi dengan baik
Indikator keberhasilan: Meningkatnya peran serta masyarakat untuk mengikuti pemilu.

3. Ekonomi
Peran serta: Berupaya menjadi pengusaha atau menekuni bidang UMKM
Indikator keberhasilan: Semakin banyak penjual / pebisnis di Indonesia baik secara online maupun offline

4.Sosial Budaya
Peran serta: Menggemari lagu-lagu bertema daerah
Indikator keberhasilan: Semakin populernya kebudayaan terutama lagu-lagu daerah di Indonesia.

5. Pertahanan dan Keamanan
Peran serta: Aktif menjaga keamanan lingkungan dengan mengikuti kegiatan siskamling.
Indikator keberhasilan: Bisa mendeteksi munculnya bibit bibit terorisme dalam lingkungan masyarakat