Jumat, 24 Januari 2020

Tugas Mandiri 5.3 Nah Setelah Membaca Uraian Materi di Atas, Coba Kalian Prediksikan

Kunci jawaban dari tugas mandiri dalam buku Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPkn ) Kelas 11 SMA/ SMK/ MA/ MAK kurikulum 2013 terbitan kemendikbud bab 5 halaman 158. Peserta didik diminta mengerjakan soal tentang prediksi pertahanan keamanan.



Agar kalian mendapat gambaran jawaban, silakan perhatikan soal dan jawaban di bawah ini

Soal

Tugas Mandiri 5.3
Nah setelah membaca uraian materi di atas, coba kalian prediksikan apa yang akan terjadi apabila ancaman-ancaman di bidang pertahanan dan keamanan tidak dapat ditanggulangi oleh negara kita. Tuliskan prediksi kalian di bawah ini.

Jawab:

Silakan tonton video di bawah ini




atau perhatikan tulisan di bawah ini

Prediksi saya: Mendirikan negara berarti pemerintah dan segenap rakyat harus siap untuk menjaga dan mempertahankan negara dari berbagai ancaman baik itu ideologi, ekonomi, politik, sosial budaya dan pertahanan keamanan.

Dari berbagai bentuk ancaman tersebut yang paling merusak adalah ancaman pertahanan keamanan. Untuk itu jika terjadi serangan militer dari negara lain akan muncul kemungkinan, kita akan bertahan atau kalah. Jika pertahanan militer kita hancur, bangsa ini akan mengalami kehancuran juga baik infrastruktur maupun sumber daya manusia. Setelah itu, bangsa ini akan menjadi bangsa kalah yang menjadi bawahan dari negara lain. Identitas bangsa Indonesia akan berganti menjadi identitas negara yang telah menyerang kita.

Artikel Terkait