Thursday, January 23, 2020

Aktvitas 5.1 Tabel 5.2 Makna Sejarah Sumpah Pemuda halaman 104

Loading...
Soal dan jawaban dari aktivitas 5.1 dalam buku Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (Pkn) Kelas 8 SMP/ MTs halaman 104 bab 5 kurikulum 2013 terbitan kemendikbud. Peserta didik diminta mengurai makna sejarah sumpah pemuda.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini



Soal:

Aktivitas 5.1
Setelah kalian mencari informasi dengan membaca wacana materi di atas dan sumber belajar lain tentang nilai sejarah sumpah pemuda, tulislah apa yang sudah kalian ketahui ke dalam tabel berikut.

Tabel 5.2 Makna Sejarah Sumpah Pemuda

Jawab:

1. Kronologi Peristiwa Sumpah Pemuda
Uraian: Perjuangan bangsa Indonesia selama bertahun-tahun bahkan berabad-abad terus menemui kegagalan. Faktor penyebabnya adalah perjuangan mereka bersifat lokal. Perjuangan tersebut justru membuat penjajah leluasa memecah-belah bangsa ini. Para pemuda , pada tahun 1928 menyadari kekeliruan itu, untuk itu mereka berupaya menyatukan bangsa yang berada dalam penjajahan belanda untuk bersatu melalui sumpah pemuda, 28 oktober 1928

2. Semangat dan komitmen peristiwa sumpah pemuda
Uraian:Semangat dan komitmen mereka antar lain:
a. Cita-cita Indonesia merdeka menjadi cita-cita pemuda Indonesia
b. Semua perkumpulan pemuda berdaya upaya menggalang persatuan organisasi pemuda dalam satu wadah.

3. Makna Sumpah pemuda bagi perjuangan kemerdekaan
Uraian: Sumpah penuda menjadi tonggak dan babak baru perjuangan yang menyatukan bangsa Indonesia sekaligus menandai cara baru melawan penjajah yakni melalui berbagai macam cara misalnya diplomasi.

4. Makna Sumpah pemuda bagi pelajar
Uraian: Bagi para pelajar yang juga berarti para pemuda, peristiwa sumpah pemuda membuka mata dan hati mereka, bahwa usia pemuda merupakan usia untuk memulai menggapai cita-cita pribadi maupun bangsa dan negara.


Artikel Terkait


EmoticonEmoticon