Thursday, January 23, 2020

Apa yang Kalian Rasakan Ketika Membaca Kembali Peristiwa Bencana Asap di Wilayah Sumatera dan Kalimantan

Soal dan jawaban dari pertanyaan dalam buku Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan kelas 10 SMA/ SMK/ MA/ MAK kurikulum 2013 terbitan kemendikbud  bab 6 halaman 197. Peserta didik diminta menjawab empat soal berdasarkan teks bacaan pada halaman 196.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini !



Soal

Penilaian Diri
Coba kalian analisis peristiwa di bawah ini !

Teks bacaan bisa kalian baca pada buku PKn kelas 10 kalian masing-masing

Jawablah Pertanyaan-pertanyaan di bawah ini
1. Apa yang kalian rasakan ketika membaca kembali peristiwa bencana asap di wilayah Sumatera dan Kalimantan
Jawab: 
Saya merasa prihatin dengan peristiwa tersebut. Dampak yang sangat berbahaya menimpa penduduk di wilayah terdampak bencana asap. Mulai dari gangguan kesehatan, gangguan keamanan dan gangguan aktivitas sehari-hari. Saya berharap ada langkah tegas agar penyebab kebakaran bisa ditemukan dan kebakaran bisa dipadamkan.

2. Setujukah kalian apabila pihak asing untuk memberikan bantuan, tetapi tanpa meminta izin terlebih dahulu kepada Pemerintah Indonesia? Berikan alasanmu
Jawab:
Saya tidak setuju hal tersebut. Pihak asing boleh memberikan bantuan dengan seizin Pemerintah Indonesia dan pemerintah juga harus mempermudah izin tersebut.

3. Sejauh yang kalian ketahui, bagaiman kontribusi rakyat Indonesia dalam membantu bencana asap tersebut ?
Jawab:
Tidak mudah menilai kontribusi rakyat Indonesia terutama yang berada di sekitar lokasi bencana, karena ada sebagian yang peduli namun tidak sedikit yang tidak acuh terhadap bencana tersebut. ketidakacuhan tersebut bisa jadi karena ketidakberanian dari masyarakat dalam bertindak mencegah sekelompok orang untuk membakar hutan.

4. Identifikasi nilai-nilai apa saja yang bisa kalian teladani dalam wacana di atas? Nilai-nilai apa saja yang sudah dan belum kalian lakukan dalam kehidupan sehari-hari?
Jawab:
Nilai yang bisa kita petik adalah semangat dalam membantu sesama manusia. Saya sendiri terkadang merasa berat melaksanakan semangat tersebut karena terlalu fokus dengan masalah sendiri.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon