Kamis, 05 Desember 2019

Tugas Mandiri 5.6 Carilah di Internet Atau Sumber Lain tentang Upaya Menjaga Keutuhan NKRI

Soal dan jawaban dari tugas mandiri 5.6 dalam buku Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) Kelas 10 SMA/ SMK/ MA/ MAK bab 5 halaman 158 kurikulum 2013 terbitan kemendikbud. Peserta didik diminta menjawab soal tentang menjaga keutuhan NKRI.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawabannya di bawah ini



Soal

Tugas Mandiri 5.6
Carilah di internet atau sumber lain tentang upaya-upaya menjaga keutuhan NKRI, baik secara eksternal maupun internal.


Jawab:

Silakan tonton video di bawah ini




atau perhatikan tulisan di bawah ini

1. Eksternal
a. Investasi asing diatur sedemikian rupa agar tidak merugikan negara.
b. Membatasi waktu berkunjung turis asing ke Indonesia.
c. Memperkuat penjaga di perbatasan terluar agar tidak mudah menjadi tempat penyelundupan.
d. Menggunakan teknologi untuk menyebarkan kearifan dan budaya bangsa.
e. Memanfaatkan teknologi untuk meredam semakin banyaknya budaya asing yang masuk ke Indonesia.

2. Internal
a. Mengedepankan dialog ketika terjadi konflik SARA
b. Sebisa mungkin menghindarai perdebatan SARA
c. Tidak menyebarkan berita hoax
d. Tidak berbuat arogan terhadap sesama manusia
e. Menghindari menyebut nama suku kepada etnis tertentu dengan tujuan merendahkan

Tugas Mandiri 5.5 Coba Kalian Tuliskan Hak dan Kewajiban Sebagai Warga Negara Indonesia

Soal dan jawaban dari tugas mandiri 5.5 dalam buku Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) Kelas 10 SMA/ SMK/ MA/ MAK bab 5 halaman 157 kurikulum 2013 terbitan Kemendikbud. Peserta didik diminta menjawab soal tentang hak dan kewajiban sebagai warga negara Indonesia.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini !



Soal

Tugas Mandiri 5.5.
Coba kalian tuliskan hak dan kewajiban sebagai warga negara Indonesia dalam menjaga integrasi nasional.

Jawab:

Silakan tonton video di bawah ini




atau perhatikan tulisan di bawah ini

1. Faktor Eksternal
a. Adanya gerakan menanamkan Pancasila
b. Mendukung kegiatan Olahraga misalnya PON
c. Mendukung pertukaran budaya disertai dengan pemahaman budaya antar suku
d. Membaca banyak buku tentang Pancasila
e. Sebisa mungkin menguasai bahasa Indonesia dan bahasa lokal.

1. Faktor Internal
a. Rasa cinta tanah air yang besar
b. Belajar sejarah dan pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
c. Rasa memiliki budaya dan tradisi bangsa Indonesia
d. Rasa memiliki bahasa Indonesia
e. Rasa memiliki terhadap bangsa Indonesia

Rabu, 04 Desember 2019

Tugas Kelompok 5.1 Diskusikan dengan Kelompok Kalian tentang Berapa Sikap dan Perilaku

Kunci jawaban dari tugas kelompok 5.1 dalam buku Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPkn) Kelas 10 SMA/ SMK/ MA/ MAK kurikulum 2013 terbitan kemendikbud bab 5 halaman 155. Peserta didik diminta mengerjakan soal secara berkelompok.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini.



Soal

Tugas Kelompok 5.1
Diskusikan dengan kelompok kalian tentang beberapa sikap dan perilaku yang dapat menyebabkan terjadinya disintegrasi nasional melalui lingkungan keluarga, sekolah, masyarakat, dan bangsa.

Tabel 5.4. Penyebab Terjadinya Disintegrasi Nasional


Jawab

Silakan tonton video di bawah ini




atau perhatikan tulisan di bawah ini

Lingkungan Keluarga
a.Sikap dan Perilaku yang Menyebabkan Disintegrasi Nasional
- Menutup komunikasi dengan sesama anggota keluarga
- Menolak disuruh membersihkan kamar mandi
- Menolak membantu orang tua

b.Akibat dari Sikap dan Perilaku Tersebut
- Tercipta suasana tidak nyaman di keluarga
- Tidak tercipta keakraban dengan sesama anggota keluarga
- Kemungkinan anak akan tumbuh di luar kendali orang tua.

c.Alternatif agar Tidak Terulang
- Sering makan bersama
- sering berdiskusi
- Sering bercanda

Lingkungan Sekolah

a.Sikap dan Perilaku yang Menyebabkan Disintegrasi Nasional
- Bertingkah seenaknya sendiri
- Sengaja mencontek
- Sering membolos

b.Akibat dari Sikap dan Perilaku Tersebut
- Tingkah laku anak yang negatif akan menular
- Suasana pembelajaran terganggu
- Suasana sekolah tidak akan kondusif

c.Alternatif agar Tidak Terulang
- Menyampaikan tata tertib dengan jelas kepada wali murid/ murid
- Menerapkan aturan dengan tegas
- Menerapkan suasana kekeluargaan namun tetap tegas

Masyarakat
a.Sikap dan Perilaku yang Menyebabkan Disintegrasi Nasional
-  Mementingkan kelompok
-  Menyebar provokasi
- Membuat berita adu domba

b.Akibat dari Sikap dan Perilaku Tersebut
- Terjadi gesekan antar kelompok
- Terjadi suasana menegangkan
- Konflik horisontal bahkan konflik fisik

c. Alternatif agar Tidak Terulang
- Mengedepankan kepentingan bersama
- Sering berdiskusi
- Mencari solusi dari masalah bersama

Bangsa
a.Sikap dan Perilaku yang Menyebabkan Disintegrasi Nasional
- Bersikap rasis
- Terlalu mengunggulkan kelompok
- Sering memposting provokasi kebencian agama di media sosial

b.Akibat dari Sikap dan Perilaku Tersebut
- Terjadi kecurigaan
- Timbul sikap bersaing yang tidak sehat
- Akan timbul kebencian terhadap agama lain
c. Alternatif agar Tidak Terulang
- Menghargai sesama manusia
- Jangan membeda-bedakan kelompok
- Memposting keindahan beragama di Indonesia

Tugas Mandiri 5.4 Coba Kalian Tuliskan Hak dan Kewajiban Sebagai Warga Negara

Kunci jawaban dari tugas Mandiri 5.4 dalam buku Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) Kelas 10 SMA/ SMK/ MA/ MAK bab 5 halaman 154 kurikulum 2013 terbitan kemendikbud. Peserta didik diminta mengerjakan soal tentang hak dan kewajiban sebagai warga negara.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini !



Soal

Tugas Mandiri 5.4
Coba kalian tuliskan hak dan kewajiban seabgai warga negara Indonesia dalam menjaga integrasi nasional.

Tabel 5.3. Hak dan Kewajiban Warga Negara (Silakan lihat pada buku PPKn Kelas 10 SMA halaman 154)


Jawab

Sila tonton video jawaban ini




atau perhatikan tulisan di bawah ini 

1. Lingkungan
Hak:
a. Memperoleh keamanan
b. Mendapatkan kenyamanan
c. Mendapatkan ketenangan
d. Terbebas dari gangguan sekitar
Kewajiban:
a. Menjaga ketenangan
b. Mematuhi norma lingkungan
c. Taat aturan hukum

2. Sekolah
Hak:
a. Memperoleh pendidikan
b. Kebebasan berbicara dan berdiskusi
c. Kebebasan berorganisasi intra sekolah
Kewajiban:
a. Mematuhi tata tertib
b. Menjaga nama baik sekolah
c. Mengikuti upacara bendera

3. Masyarakat
Hak:
a. Menyampaikan pendapat
b. Mengikuti organisasi
c. Mencalonkan diri sebagai kontestan pemilu
Kewajiban:
a. Taat hukum
b. taat kepada NKRI, UUD 45 dan Pancasila
c. Menjaga kedamaian dan ketenangan

Tugas Mandiri 5.3 Diskusikan Bersama Teman kalian tentang Sikap yang Harus Dilakukan dalam Menjaga Persatuan

Kunci jawaban dari tugas mandiri 5.3 dalam buku Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKN) kelas 10 Bab 5 halaman 149 terbitan kemendikbud kurikulum 2013. Peserta didik diminta mengerjakan soal tentang menjaga persatuan.



Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawabannya di bawah ini !

Soal 

Tugas Mandiri 5.3

Diskusikanlah bersama teman-teman kalian tentang sikap yang harus dilakukan dalam menjaga persatuan dan kesatuan negara di lingkungan keluarga, sekolah, masyarakat dan bangsa. Apa akibatnya jika tidak dilakukan dan baaimana cara membiasakannya. Tuliskan dalam kolom berikut.

Tabel 5.2 Sikap dan komitmen persatuan (silakan lihat pada buku PKn kalian masing-masing)

Jawab:

Silakan tonton video jawaban ini




atau perhatikan tulisan di bawah ini 

1. Lingkungan Keluarga
- Sikap dan perilaku yang mencerminkan komitmen persatuan:
a. Menghormati ayah dan ibu
b. Saling menghormati dan menyayangi antar saudara
c. Mengikuti tradisi/ tata tertib keluarga
- Akibat dari sikap kurang menerapkan persatuan
a. Terjadi ketidaknyamanan di rumah
b. Terjadi pertengkaran
c. Perpecahan/ perceraian keluarga
- Cara membina dan membiasakan komitmen persatuan
a. Sering berdialog dengan orang tua
b. Sering berkumpul bersama anggota keluarga lainnya
c. Saling menjaga antar anggota keluarga baik di dalam rumah maupun di luar rumah

2. Sekolah
- Sikap dan periilaku yang mencerminkan komintmen persatuan:
a. Patuh tata tertib sekolah
b. Menghormati Kepala sekolah/Guru/karyawan/sesama peserta didik
c. Sering berdiskusi/ belajar kelompok dengan teman-teman
- Akibat dari sikap kurang menerapkan persatuan
a. Kesulitan belajar
b. Nilai jelek
c. Malas belajar
- Cara membina dan membiasakan komitmen persatuan
a. Rajin belajar
b. Bertanya tentang materi pelajaran jika tidak mengerti
c. Membuat jadwal kegiatan sehari-hari

3. Masyarakat
 Sikap dan Perilaku yang Mencerminkan Komitmen Persatuan :
a. Bersosialisasi dengan seluruh elemen masyarakat.
b. Ikut serta dalam organisasi kemasyarakatan.
c. Aktif berupaya memajukan lingkungan masyarakatnya.
Akibat dari Sikap Kurang Menerapkan Persatuan :  
a.Diasingkan oleh warga masyarakat.
b.Kehidupan menjadi kurang tentram, nyaman, dan harmonis.
c. Diusir dari lingkungan masyarakat.
Cara Membina dan Membiasakan Komitmen Persatuan :  
a.Berperilaku penuh toleransi.
b.Membangun hubungan silaturahmi antar warga masyarakat.
c. Taat dan patuh terhadap peraturan serta tata tertib yang berlaku.

4. Bangsa dan Negara

Sikap dan Perilaku yang Mencerminkan Komitmen Persatuan :  

aTaat kepada hukum.
b. Mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila.
c. Tidak menimbulkan konflik SARA.
Akibat dari Sikap Kurang Menerapkan Persatuan :  

a.Disintegrasi Bangsa.
b. Hukuman dan Sanksi Pidana.
c. Konflik dimana-mana.
Cara Membina dan Membiasakan Komitmen Persatuan :  

a.Menjalankan kewajiban serta menjaga hak orang lain.
b.Menumbuhkan sikap bela negara.
c. Mencintai kehidupan berbangsa dan bernegara yang majemuk.

Selasa, 03 Desember 2019

Tugas Mandiri 5.2 Coba Kalian Cari informasi di internet atau Sumber Lain tentang Nama Provinsi

Soal dan jawaban dari tugas mandiri 5.2 dalam buku Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) Kelas 10 SMA/ SMK/ MA/MAK bab 5 halaman 148 kurikulum 2013. Peserta didik diminta menjawab soal tentang nama provinsi.

Saya yakin kalian bisa mengerjakan soal-soal dengan mudah, untuk itu anggap saja, jawaban di bawah ini merupakan tambahan atau referensi jawaban kalian.



Soal

Tugas Mandiri 5.2

Coba kalian cari informasi di internet atau sumber lain tentang nama nama provinsi beserta nama bahasanya, rumah adat, dan tariannya. Kemudian, tuliskan dalam
kolom berikut.
Tabel 5.1.

Jawab:

Silakan tonton video ini




atau perhatikan tulisan di bawah ini

1. Jawa Tengah
Bahasa : Jawa
Rumah Adat: Limasan, Joglo
Tarian: Gambyong, Serimpi, Sintren, kethek Ogleng

2. Jawa Timur
Bahasa: Jawa, madura,
Rumah adat: Joglo, Using, Adat suku tengger
Tarian: Ngremo, Boran,

3.Nama Provinsi : Papua Barat
Bahasa Daerah : Amber
Rumah Adat : Mod Aki Aksa
Tarian : Dansa Tumbu Tana

4. Nama Provinsi : Sulawesi Selatan
Bahasa Daerah : Bahasa Bugis, Bahasa Toraja, Bahasa Bajo
Rumah Adat : Tongkonan
Tarian : Tari Pajoge, Tari Pakkarena, Tari Gandrang Bulo

5. Nama Provinsi : Sumatera Utara
Bahasa Daerah : Bahasa Batak
Rumah Adat : Rumah Bolon
Tarian : Tari Kuda Kepang, Tari Baka, Tari Tortor Somba

Kamis, 28 November 2019

Tugas Mandiri 5.1 Carilah Berita di Media Cetak, Elektronik Atau Sumber Lain

Soal dan jawaban dari tugas mandiri 5.1 dalam buku Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan kelas 10 SMA/ SMK/ MA/ MAK bab 5 halaman 147 kurikulum 2013 terbitan kemendikbud. Dlaam tugas ini, peserta didik diminta mengerjakan soal tentang peristiwa persatuan dan kesatuan.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawabannya di bawah ini.




Soal

Tugas Mandiri 5.1

Carilah berita di media cetak, elektronik, atau sumber lain dengan jujur dan cermat tentang peristiwa yang dapat menimbulkan pecahnya persatuan bangsa Indonesia. Kemudian, berikanlah komentar atau pendapat kalian.

Nama peristiwa
………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………
Penyebab peristiwa
………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………
Bagaimana pendapat kalian untuk mencegah dan mengatasinya
………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………


Jawab:

Silakan tonton video di bawah ini




atau perhatikan tulisan di bawah ini

Nama Peristiwa: Peristiwa Wamena
Penyebab kerusuhan: kemarahan warga Papua di Wamena yang tersinggung atas perlakuan warga Surabaya terhadap warga Papua di Surabaya

Pendapat saya: Perlu tindakan yang hati-hati dari pemerintah untuk mengatasi kerusuhan rasialis yang bisa memecah belah bangsa. Secara perlahan-lahan, tanamkan kecintaan kepada tanah air Indonesia, Negara Kesatuan Republik Indonesia bukan hanya suku semata. Anjukan masyarakat untuk menghindari ujaran-ujaran yang berpotensi penghinaan terhadap suku-suku bangsa di Indonesia.

Jumat, 15 November 2019

Tabel 4.3 Makna Desentralisasi dan Otonomi Daerah di Indonesia

Soal dan jawaban dari tugas Mandiri 4.2 dalam buku Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) Kelas 10 SMA/ SMK/ MA/ MAK bab 4 halaman 111 - 112 kurikulum 2013 terbitan kemendikbud.



Saya yakin, kalian bisa mengerjakan soal dengan mudah. Akan tetapi, jika kalian ingin mendapatkan referensi, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini !

Soal

Tugas Mandiri 4.2
Diskusikan tentang makna desentralisasi dan penerapan otonomi daerah di Indonesia. Tuliskan pengertian, landasan hukum, kelebihan dan kekurangan desentralisasi.

Tabel.4. 3. Makna Desentralisasi dan otonomi daerah di Indonesia.

1. Makna Desentralisasi
2. Makna otonomi daerah
3. Landasan hukum pelaksanaan otonomi daerah di Indonesia
4. Kelebihan desentralisasi
5. Kekurangan desentralisasi

Jawab:

Silakan tonton video di bawah ini



atau perhatikan tulisan di bawah ini

1. Desentralisasi adalah penyerahan wewenang pemerintahan Oleh pemerintah kepada daerah otonom untuk mengatur dan mengurus urusan pemerintahan dalam sistem NKRI.

2. Otonomi daerah adalah hak, kewenangan, dan kewajiban daerah otonom untuk mengatur dan mengurus sendiri urusan pemerintah dan kepentingan masyarakat setempat sesuai dengan peraturan perundang-undangan ( UU no. 32 tahun 2004 ).

3. -UU RI No.32 tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah
-UU RI No.33 tahun 2004 tentang Perimbangan Keuangan antara Pemerintah Pusat dan Daerah
-UUD 1945 pasal 18 tentang Pemerintahan Daerah
-Tap MPR no XV/MPR/1998 tentang Penyelenggaraan Otonomi Daerah
-Tap MPR no IV/MPR/2000 tentang rekomendasi kebijakan dalam pelaksanaan otonomi

4. a. Dapat melahirkan sosok manusia yang memiliki kebebasan berpikir,
    b. Mampu memecahkan masalah secara mandiri, bekerja dan hidup dalam kelompok kreatif penuh inisiatif dan empati,
    c.  Memiliki keterampilan interpersonal yang memadai
    d.  Mendorong terjadinya partisipasi dari bawah secara lebih luas.
    e.  Mengakomodasi terwujudnya prinsip demokrasi.

5. a. Wewenang itu hanya menguntungkan pihak tertentu atau golongan serta dipergunakan untuk mengeruk keuntungan para oknum atau pribadi.
    b.  Sulit dikontrol oleh pemerintah pusat.
    c.   Masa transisi dari sistem sentralisasi ke desintralisasi memungkinkan terjadinya perubahan secara gradual dan tidak memadai serta jadwal pelaksanaan yang tergesa-gesa.
d.  Kurang jelasnya pembatasan rinci kewenangan antara pemerintah pusat, propinsi dan daerah.
e.  Kemampuan keuangan daerah yang terbatas.

Tugas Mandiri 4.1 Untuk Lebih Memahami Penguasaan tentang Makna Otonomi Daerah

Soal dan jawaban dari tugas mandiri dalam buku Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) Kelas 10 SMA/ SMK/ MA/ MAK bab 4 halaman 107 kurikulum 2013 terbitan kemendikbud. Peserta didik diminta mengerjakan soal yang masih berkaitan dengan otonomi daerah.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini !



Soal

Tugas Mandiri 4.1
Untuk lebih memahami penguasaan tentang makna otonomi daerah, jawab pertanyaan-pertanyaan yang terdapat dalam tabel 4.2

Tabel 4.2 Makna Otonomi Daerah di Indonesia

1. Bagaimana pelaksanaan Otonomi Daerah di Indonesia saat ini
2. Bagaimana upaya yang dapat dilakukan untuk menggerakkan partisipasi msyarakat dalam pelaksanaan otonomi daerah?
3. Apa yang akan terjadi jika masyarakat tidak ikut serta dalam pelaksanaan otonomi daerah?
4. Mengapa pelaksanaan otonomi daerah oleh oknum pejabat daerah sering disalahgunakan?
5. Mengapa saat ini banyak kepala daerah yang tersangkut dalam kasus korupsi di daerahnya? Apa penyebabnya?


Jawab:

Silakan tonton video jawaban di bawah ini




atau perhatikan tulisan di bawah ini

1. Meskipun belum sempurna, pelaksanaan otonomi daerah di daerah saya berlangsung dengan baik. Banyak kebijakan-kebijakan yang lebih berpihak kepada masyarakat daerah.

2. Menggerakkan partisipasi masyarakat agar terlibat dalam pelaksanaan otonomi daerah harus menggunakan alat-alat yang tepat. Selain melalui informasi berjenjang dari Gubernur hingga Kepala Desa, kita juga bisa memanfaatkan kemajuan teknologi untuk menyosialisasikan program otonomi daerah.

3. Maju mundurnya daerah dipengaruhi oleh pemimpin dan rakyatnya. Apabila rakyat memilih pasif, otonomi daerah tidak akan berjalan dengan baik. Program program yang membutuhkan partisipasi masyarakat tidak akan terlaksana.

4. Pejabat daerah merasa sebagai raja di daerahnya sehingga terkadang sering menggunakan wewenangnya demi kekayaan sendiri atau keluarga mereka.

5.  Kepala daerah tersangkut korupsi disebabkan oleh tingginya biaya politik yang mereka keluarkan untuk menjadi bupati/ gubernur. Ketika mereka menjabat, mau tidak mau harus berupaya agar uang yang mereka keluarkan bisa kembali ke kantong mereka, dengan cara apapun, baik legal maupun ilegal.

Tabel 4.1 Pertanyaan Atas Artikel Permasalahan Sumberdaya dan Kemampuan Daerah

Soal dan jawaban dari tabel 4.1 dalam buku Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) Kelas 10 Bab 4 halaman 100 - 101 kurikulum 2013 terbitan Kemendikbud. Peserta didik diminta mengerjakan soal tentang Otonomi Daerah.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini



Soal

Tabel 4.1
Pertanyaan atas Artikel permasalahan Sumberdaya dan Kemampuan Daerah dalam Penerapan Otonomi Daerah

Untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang kalian buat di atas, sekaligus, dalam rangka mendalami harmonisasi Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah, silakan kalian dalami uraian materi berikut ini.

Jawab:

Silakan tonton video jawaban di bawah ini



atau perhatikan tulisan di bawah ini

1.  Jika Otonomi daerah diterapkan, bagaimana kondisi perekonomian daerah yang tidak memiliki sumber daya alam atau aset yang besar?

2. Bagaimana cara mengatur peraturan atau hukum di daerah agar tidak berbenturan dengan peraturan dari pusat?

3. Apakah tidak ada ketakutan terhadap adanya bahaya disintegrasi terutama daerah dengan perekonomian kuat akan berusaha memisahkan diri ?

4. Bagaimana cara mengatasi perilaku korup pejabat di daerah sebagai akibat kebebasan mereka dalam mengatur daerahnya?

5. Apakah otonomi daerah benar-benar memberikan dampak positif sebuah daerah?