Senin, 11 November 2019

Uji Kompetensi Bab 3 Pkn Kelas 12 Halaman 92



Peserta didik kelas 12, berikut ini merupakan kunci jawaban dari Uji Kompetensi Bab 3 dalam buku Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan kelas 12 halaman 92 kurikulum 2013 terbitan kemendikbud.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawabannya di bawah ini!

Soal !

Jawablah pertanyaan di bawah ini secara singkat, jelas dan akurat!
1. Jelaskan pengaruh negatif kemajuan iptek yang paling berbahaya bagi bangsa Indonesia!
2. Bagaimana perwujudan nilai-nilai keterbukaan sebagai wujud dampak kemajuan iptek dalam proses penyelenggaraan negara?
3. Pada saat ini, hampir semua orang sudah memanfaakan jaringan media sosial seperti facebook, twitter, instagram, dan sebagainya untuk berbagai kepentingan. Akan ada pula orang yang memanfaatkan media sosial untuk melakukan kejahatan. Tidak jarang saat ini, sering terdengar kasus
penipuan, penculikan dan sebagainya yang berawal dari interaksi di media sosial. Berkaitan dengan uraian tersebut analisislah penyebab dan solusi untuk mengatasi persoalan itu.
4. Bagaimana perwujudan sikap tanggung jawab dalam pengembangan iptek?
5. Dalam hidupmu selama ini tentu telah menghadapi persoalan yang memerlukan kewaspadaan agar dirimu dan orang lain selaras. Perhatikan situasi yang berkaitan dengan kewaspadaan di lingkungan sekolah dan masyarakat. Apa yang akan Anda lakukan apabila terjadi tawuran? Kemukakan pula perasaan Anda sebagai seorang warga negara ketika menghadapi tawuran yang terjadi di sekolah atau kampung Anda.

Jawab:

Silakan lihat jawabannya dalam video di bawah ini




atau baca tulisan di bawah ini

1. Pengaruh negatif kemajuan iptek yang paling berbahaya bagi bangsa Indonesia antara lain:
a. Perdagangan dan peredaran obat-obat terlarang di negara Indonesia. Keberadaan internet memungkinkan terjadinya transaksi kriminal narkoba. Jika narkoba tersebar di Indonesia, generasi muda akan menjadi pecandu yang mengakibatkan lemahnya generasi muda Indonesia.
b. Perdagangan manusia. Terjadi kejahatan yang juga bisa dilakukan oleh sekelompok orang dengan memanfaatkan kelengahan masyarakat Indonesia. Mereka melakukan kejahatan perdagagangan manusia.
c. Masuknya kebudayaan asing yang tidak selaras dengan kehidupan berbangsa dan bernegara.

2. Perwujudan nilai-nilai keterbukaan sebagai dampak dari perkembangan teknologi antara lain:
a. Sistem rekruitmen Pegawai, TNI, Polisi menggunakan teknologi internet dan komputer.
b. Masyarakat bisa mengakses hasil pemilu secara langsung melalui website KPU.
c. Hasil tes CPNS yang bisa langsung dilihat setelah tes selesai, sehingga memperkecil peluang kecurangan.
d. Perpanjangan SIM yang bisa dilakukan di berbagai daerah di Indonesia.
e. Pembayaran pajak kendaraan secara online melalui tempat-tempat atau aplikasi yang tersebar di mana-mana.

3. Memang benar, hampir setiap individu sekarang ini memegang handphone, termasuk anak di bawah umur, bahkan balita. Pelaku kejahatanpun memanfaatkan sosial media semacam facebook, twitter, instagram untuk melancarkan aksi kejahatannya seperti penipuan, pemerkosaan, perampokan bahkan pembunuhan.

Untuk mengatasi hal tersebut perlu ada tindakan dari pemerintah agar facebook, twitter maupun instagram memiliki fitur-fitur yang mencegah tindakan kejahatan. Di antaranya memperketat syarat umur memiliki akun facebook, jangan berikan kesempatan siapa saja untuk mengupload foto profil yang bukan miliknya dll

4. Sikap tanggung jawab dalam pengembangan iptek berupa kesadaran bahwa iptek yang dipergunakan itu dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Pengembangan dan pemanfaatan iptek harus selalu disertai dengan etika dan rasa tanggung jawab yang mendatangkan hikmah. Iptek harus menjadi alat bantu bagi kita, namun identitas sebagai manusia Indonesia yang beragama, berbudaya tidak boleh hilang.

5. Apabila terjadi tawuran, sebisa mungkin saya akan menjauhi dan menghindari lokasi tawuran. Karena bisa saja terjadi hal-hal yang merugikan kita sendiri, misalnya terluka. Saya sangat prihatin  , takut dan menyayangkan mengapa tawuran-dan kekerasan-harus terjadi di negaara ini. Kita beragama, berbudaya tak seharusnya mengedepankan kekerasan dalam menyelesaikan permasalahan.

Tugas Mandiri 3.1 Bacalah Berita di Bawah ini, Apa yang Dimaksud E Budgetting

Soal dan jawaban dari tugas mandiri 3.1 dalam buku Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) Bab 3 halaman 74 kurikulum 2013 terbitan kemendikbud. Peserta didik diminta mengerjakan soal berdasarkan informasi yang terdapat dalam teks atau bacaan sebelumnya.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawabannya di bawah ini !



Soal

Setelah Anda membaca berita tersebut, jawab pertanyaan-pertanyaan berikut.
1. Apa yang dimaksud dengan e-budgeting?
2. Apa keuntungan penerapan e-budgeting dalam penyelenggaraan pemerintahan?
3. Menurut Anda, apakah pada saat ini sistem e-budgeting harus sudah diterapkan oleh semua sektor pemerintahan? Berikan alasannya.
4. Bagaimana dampak penerapan e-budgeting dalam pemberantasan korupsi?
5. Apa saja syarat sebuah daerah untuk bisa menerapkan e-budgeting?​

Jawab:

1.  E Budgetting merupakan sebuah sistem keuangan yang disimpan secara online dengan tujuan transparansi bagi setiap pihak.
2. Keuntungan jika e-budgetting ditertapkan dalam penyelenggaraan pemerintahan adalah terjadinya transparansi pemakaian anggaran yang bisa dilihat oleh berbagai pihak. Hal ini akan membuat pemberantasan korupsi lebih mudah. Selain itu, dengan adanya e-budgetting, pejabat bisa mengatur anggaran dengan benar karena dibantu oleh teknologi e budgetting.
3. Ya karena saat ini transparansi pemerintahan kita masih sangat rendah.
4. Dampak penerapan e-budgeting pada pemerintahan adalah meningkatnya transparansi pada masyarakat dan semakin ketatnya pembuatan serta penggunaan anggaran.
5. Memiliki platform e-budgeting, disetujui oleh dewan legislatif setempat, dan lain sebagainya.

Nah Setelah Anda Membaca Wacana Tersebut Tuliskan Semua Hal yang Anda Pikirkan

Soal dan jawaban dari tugas dalam buku Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) Kelas 12 Bab 3 halaman 69 - 70 kurikulum 2013 terbitan kemendikbud. Dalam tugas ini, peserta didik diminta menjawab soal berdasarkan teks / bacaan sebelumnya.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawabannya di bawah ini !



Soal

Nah, setelah Anda membaca wacana tersebut, tuliskan semua hal yang Anda pikirkan atau pertanyakan dalam tabel di bawah ini!

Jawab:
Silakan tonton video ini



atau baca artikel di bawah ini 

Pendapat atau pertanyaan yang berkaitan dengan Wacana

Pendapat:

1. Pertumbuhan internet akan semakin cepat di dunia termasuk di Indonesia
2. Pertumbuhan internet merupakan sesuatu hal yang tidak akan terhindarkan
3. Internet akan membawa banyak perubahan bagi kehidupan manusia di dunia termasuk Indonesia
4. Internet akan membawa dampak positif maupun negatif bagi manusia
5. Banyak teknologi akan berkembang dengan adanya internet.


Pertanyaan:
1. Apakah yang akan dilakukan pemerintah untuk mengatasi kecepatan teknologi internet?
2. Hukum apakah yang akan diterapkan oleh pemerintah untuk menghadapi kejahatan baru berbasis internet?
3. Apakah budaya lokal akan tergerus oleh budaya baru akibat keberadaan internet?
4. Bagaimanakah sistem pendidikan yang akan diterapkan oleh keberadaan internet?
5. Apakah internet bisa mengatasi permasalahan sosial ekonomi ?

Tugas Kelompok 4.2 Bacalah Sumber Belajar Lain Seperti Buku Teks, Media Cetak atau Media Online

Peserta didik kelas 9, berikut ini merupakan jawaban dari tugas kelompok dalam buku Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) Kelas 9 bab 4 halaman 114. Kalian diminta untuk mengisi tabel yang ada dalam buku kalian dengan mencari lima peristiwa konflik.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini !



Soal

Tugas Kelompok 4.2
Bacalah sumber belajar lain, seperti buku teks, media cetak, atau media online (internet). Kemudian carilah lima peristiwa konflik yang pernah terjadi di Indonesia serta identifikasi akibat yang ditimbulkan dari peristiwa tersebut. Tuliskan hasil pekerjaan kalian dalam tabel di bawah ini.

Jawab:

1. Peristiwa Konflik Sampit
2. Peristiwa konflik Poso
3. Peristiwa konflik Wamena
4. Peristiwa Konflik Mesuji
5. Peristiwa konflik aksi demo RUU KUHP

Tugas Mandiri 4.3 Bacalah Berita di Bawah ini Perjanjian Malino Beri Kontribusi Selesaikan Konflik

Berikut ini merupakan jawaban dari tugas mandiri dalam buku Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) kelas 9 bab 4 halaman 110 kurikulum 2013 terbitan kemendikbud. Peserta didik diminta mengerjakan soal berdasarkan teks bacaan Perjanjian Malino.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini !



Soal

Setelah kalian membaca berita di atas, coba kalian jawab pertanyaan berikut ini

1. Bagaimana perasaan kalian setelah membaca berita tersebut? Berikan alasannya?
2. Jelaskan latar belakang diselenggarakannya perjanjian Malino ?
3. Jelaskan dampak diselenggarakannya perjanjian Malino?
4. Bagaimana caranya untuk memelihara perdamaian setelah perjanjian Malino
5. Dalam kehidupan pergaulan kalian di sekolah, keluarga atau masyarakat mungkin pernah terjadi konflik atau perselisihan, coba kalian tuliskan konflik tersebut dan jelaskan apa latar belakang penyebab terjadinya konflik tersebut ?


Jawab:
1. Perasaan saya setelah membaca berita tersebut cukup tersentak namun juga lega karena keberadaan Perjanjian Malino II telah menghentikan konflik kekerasan antar umat Islam-Kristen Maluku. Perilaku kekerasan sangat mengerikan dan merusak kehidupan masyarakat.

2. Latar belakang perjanjian malino disebabkan terjadinya konflik horisontal antar umat Islam-Kristen Maluku. Konflik yang penuh kekerasan ini pada mulanya mencoba diselesaikan dengan pendekatan keamanan dan pertahanan namun gagal. Kemudian muncullah perjanjian Malino I yang melibatkan umat Islam dan Kriten Maluku. Setelah itu muncullah Perjanjian Malino II yang dibuat bersama antara tiga pihak Islam-Kristen Maluku serta pemerintah.

3. Perjanjian Malino menghasilkan dampak positif yaitu berhentinya kekerasan di Malino berganti menjadi perdamaian.

4. Cara memelihara perdamaian setelah perjanjian Malino adalah dengan terus menerus berupaya menyelenggarakan kegiatan yang memunculkan rasa persatuan, yaitu kegiatan yang bersifat nasionalisme.

5. Peristiwa konflik di lingkungan sekolah, keluarga, atau masyarakat

a. Peristiwa konflik tawuran antar pelajar. Faktor penyebabnya adalah egoisme kelompok yang berlebihan dan tidak pada tempatnya serta krisis identitas. Para remaja pelaku tawuran mengalami fase ingin menunjukkan jatidiri dengan cara yang salah.

b. Peristiwa konflik antartetangga. Ada warga masyarakat yang menolak menutup warungnya padahal sudah disepakati bersama pada pukul 21.00 warung harus tutup karena seringkali pengunjung warung membuat kegaduhan yang mengganggu lingkungan sekitar.

c. Peristiwa konflik antar keluarga: perebutan tanah warisan dari orangtua
d. Peristiwa konflik di jalan raya: ketidakpatuhan terhadap lalu lintas mengakibatkan kerugian bagi orang lain
e.

Minggu, 10 November 2019

Tugas Mandiri 4.2 Identifikasilah Faktor-Faktor yang Membedakan dan Mempersatukan

Soal dan jawaban lengkap dari tugas mandiri dalam buku Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPkn) kelas 9 bab 4 halaman 101 kurikulum 2013 terbitan kemendikbud. Dalam tugas ini, peserta didik diminta mengidentifikasi faktor tertentu.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawabannya di bawah ini



Soal

Tugas Mandiri 4.1
Identifikasilah faktor-faktor yang membedakan dan mempersatukan masyarakat di lingkungan tempat tinggalmu, dengan melengkapi tabel berikut ini !

Untuk melihat tabel, silakan buka buku PPKn kalian masing-masing

Jawab

Silakan tonton video jawaban di bawah ini




atau perhatikan tulisan di bawah ini

Ada beberapa faktor yang membedakan dan mempersatukan masyarakat antara lain.

Faktor perbedaan:
1. Perbedaan Suku
2. Perbedaan Agama atau kepercayaan
3. Perbedaan Ras
4. Perbedaan pekerjaan
5. Perbedaan latar belakang pendidikan

Faktor Pemersatu
1. Persamaan lokasi tempat tinggal
2. Persamaan kepentingan bersama
3. Persamaan rasa memiliki terhadap bangsa dan negara
4. Persamaan rasa nasionalisme
5. Persamaan sebagai sesama manusia.

Tugas Mandiri 4.1 Lakukanlah Evaluasi Diri tentang Upaya yang Kalian Lakukan dalam Membina Persatuan

Jawaban dari tugas mandiri dalam buku Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) Kelas 9 SMP/MTs bab 4 halaman 98 kurikulum 2013 terbitan kemendikbud. Peserta didik diminta mengerjakan dua soal tentang persatuan dan kesatuan di berbagai lingkungan.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawabannya di bawah ini !



Soal

Tugas Mandiri
1. Lakukanlah evaluasi diri tentang upaya yang kalian lakukan dalam membina persatuan dan kesatuan di berbagai lingkungan. Tulislah hasil evaluasi kalian di dalam tabel di bawah ini !

2. Lakukanlah evaluasi diri tentang upaya yang belum kalian lakukan dalam membina persatuan dan kesatuan, serta uraikan penyebab dan usaha apa saja untuk memperbaikinya. Tulislah hasil evaluasi kalian di dalam tabel di bawah ini !

Jawab

Silakan tonton video ini




atau perhatikan tulisan di bawah ini

Lingkungan 
1. Keluarga
Upaya yang telah dilakukan:
a. Selalu mengerjakan salat berjamaah
b. Selalu makan bersama keluarga
c. Selalu bekerja membersihkan rumah bersama-sama

2. Sekolah
Upaya yang telah dilakukan:
a. Mengikuti upacara bendera dengan tertib
b. berdoa bersama-sama di kelas
c. membersihkan ruangan kelas bersama-sama

3. Masyarakat
Upaya yang telah dilakukan:
a. Mengikuti kerja bakti bersama-sama
b. Mengikuti kegiatan rapat lingkungan
c. Memasang bendera ketika hari kemerdekaan


2. Upaya yang belum dilakukan

1. Mengajak membuang sampah di tempatnya
penyebab: kurangnya kesadaran
Usaha untuk memperbaiki: mengusulkan agar menyediakan sampah di tempat-tempat tertentu

2. Dialog antar umat beragama
penyebab: Belum timbul keinginan untuk berdialog
usaha untuk memperbaiki: mengampanyekan pentingnya kerukunan umat beragama

Minggu, 03 November 2019

Kegiatan 5.4 Perhatikan Teks tentang Terjadinya Arus Balik



Jawaban dari tugas dalam buku Bahasa Indonesia kelas 8 SMP/ MTs bab 5 halaman 135 kurikulum 2013 terbitan kemendikbud. Peserta didik diminta menyusun ringkasan berdasaarkan gagasan-gagasan pokok yang telah kamu catat.

Agar lebih jelas, silakan perhatikan soal dan jawaban di bawah ini

Soal

Kegiatan 5.4
A. 1. Perhatikan teks tentang terjadinya arus balik !
2. Berdasarkan gagasan-gagasan pokok yang telah kamu catat itu, susunlah ringkasannya. Gunakanlah kata-kata sendiri. Perhatian pula kepaduan antarkalimatnya!

B. 1. Lakukanlah silang baca dengan salah seorang teman!
2. Mintalah penilaian/ tanggapan atas ringkasan yang telah kamu buat
3. Gunakanlah format berikut !

Jawab

Silakan tonton video di bawah ini




atau perhatikan tulisan di bawah ini 
1. Sudah saya perhatikan
2. Pada puncak arus balik H+7 atau hari minggu 21/11) terjadi kemacetan di jalur selatan Tasikmalaya. Peristiwa itu disebabkan kejadian di Tanjakan Gentong kilometer 75. Di tempat itu terjadi kecelakaan yang menimpa bus pariwisata tujuan Bandung nopol Z 768 TA yang menghantam tebing. Bus itu tidak kuat menanjak di daerah tersebut. Hal itu menyebabkan laju bus terhenti kemudian terseret mundur. Ada sepeda motor bernopol B 6765 CBO yang terunduri bus tersebut sehingga keduanya jatuh.

Sabtu, 02 November 2019

Persamaan Pantun, Syair dan Gurindam Halaman 171



Jawaban dari tugas dalam buku Bahasa Indonesia kelas 7 SMP/ MTs bab 5 halaman 171 kurikulum 2013 terbitan kemendikbud. Tugas ini tentang persamaan pantun, syair dan gurindam.

Saya yakin kalian bisa mengerjakan dengan mudah soal tersebut. Untuk itu, anggap saja jawaban di bawah ini sebagai referensi/ tambahan bagi kalian dalam belajar.



Soal

Setelah membaca beberapa contoh puisi rakyat di atas, kamu bisa menggali informasi yang leih banyak lagitentang puisi rakyat dari berbagai sumber. setelah itu, berdiskusilah untuk membandingkan ketiganya. Diskusikan persamaan dan perbedaan ketiganya! Tulislah pada tabel berikut!


Jawab


  1. tidak diketahui pengarangnya
  2. bersifat warisan karena disampaikan secara turun-menurun dari mulut ke mulut
  3. kandungan isinya berupa nasihat dengan menggunakan kata-kata yang indah
  4. kaku, karena terikat oleh aturan-aturan seperti : jumlah kata dalam tiap baris, jumlah baris dalam tiap bait
  5. pengulangan kata yang bisa di awal maupun di akhir sajak yang disebut dengan rima.


sumber : https://brainly.co.id/tugas/8903061

Perbedaan Pantun, Syair dan Gurindam

Jawaban dari tugas dalam buku bahasa Indonesia Kelas 7 SMP/ MTs bab 5 halaman 171 kurikulum 2013 terbitan kemendikbud. Peserta didik diminta mengerjakan soal tentang perbedaan  pantun, syair dan gurindam.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini !



Soal

5 Membandingkan Pantun, Syair, dan Gurindam

Setelah membaca beberapa contoh puisi rakyat di atas, kamu bisa menggali informasi yang lebih banyak lagi tentang puisi rakyat dari berbagai sumber. Setelah itu, berdiskusilah untuk membandingkan ketiganya. Diskusikan persamaan dan perbedaan ketiganya ! Tulislah pada tabel berikut ini


Jawab:

Perbedaan Pantun, Syair, dan Gurindam

Pantun:
1. Terdiri dari empat baris
2. Terdiri dari 8-12 suku kata
3. Baris pertama dan kedua adalah sampiran, semengara baris ketiga berupa isi
4. Berima ab ab
5. Berisi nasihat atau teguran secara tidak langsung dengan kata-kata yang menghibur.

Syair: 
1. Pada syair, terdiri dari empat baris.
2. Jumlah kata terdiri atas 8-14 suku kata.
3. Semua baris adalah isi.
4. berima a-a-a-a.
5. Isinya berupa nasihat, filosofi hidup atau kata-kata mutiara.

Gurindam: 
1.  Pada gurindam, terdiri dari dua baris.
2.  Terdiri atas 10-14 kata.
3.  Isi atau maksud gurindam terdapat pada baris kedua karena baris kedua berisi jawaban, akibat dari masalah atau perjanjian pada baris pertama.
4. berima a-a, b-b, c-c, dan seterusnya
5. Isinya berupa nilai-nilai kehidupan atai nilai-nilai moral.