Monday, November 11, 2019

Tugas Mandiri 4.3 Bacalah Berita di Bawah ini Perjanjian Malino Beri Kontribusi Selesaikan Konflik

Loading...
Berikut ini merupakan jawaban dari tugas mandiri dalam buku Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) kelas 9 bab 4 halaman 110 kurikulum 2013 terbitan kemendikbud. Peserta didik diminta mengerjakan soal berdasarkan teks bacaan Perjanjian Malino.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini !



Soal

Setelah kalian membaca berita di atas, coba kalian jawab pertanyaan berikut ini

1. Bagaimana perasaan kalian setelah membaca berita tersebut? Berikan alasannya?
2. Jelaskan latar belakang diselenggarakannya perjanjian Malino ?
3. Jelaskan dampak diselenggarakannya perjanjian Malino?
4. Bagaimana caranya untuk memelihara perdamaian setelah perjanjian Malino
5. Dalam kehidupan pergaulan kalian di sekolah, keluarga atau masyarakat mungkin pernah terjadi konflik atau perselisihan, coba kalian tuliskan konflik tersebut dan jelaskan apa latar belakang penyebab terjadinya konflik tersebut ?


Jawab:
1. Perasaan saya setelah membaca berita tersebut cukup tersentak namun juga lega karena keberadaan Perjanjian Malino II telah menghentikan konflik kekerasan antar umat Islam-Kristen Maluku. Perilaku kekerasan sangat mengerikan dan merusak kehidupan masyarakat.

2. Latar belakang perjanjian malino disebabkan terjadinya konflik horisontal antar umat Islam-Kristen Maluku. Konflik yang penuh kekerasan ini pada mulanya mencoba diselesaikan dengan pendekatan keamanan dan pertahanan namun gagal. Kemudian muncullah perjanjian Malino I yang melibatkan umat Islam dan Kriten Maluku. Setelah itu muncullah Perjanjian Malino II yang dibuat bersama antara tiga pihak Islam-Kristen Maluku serta pemerintah.

3. Perjanjian Malino menghasilkan dampak positif yaitu berhentinya kekerasan di Malino berganti menjadi perdamaian.

4. Cara memelihara perdamaian setelah perjanjian Malino adalah dengan terus menerus berupaya menyelenggarakan kegiatan yang memunculkan rasa persatuan, yaitu kegiatan yang bersifat nasionalisme.

5. Peristiwa konflik di lingkungan sekolahm keluarga, atau masyarakat

1. Peristiwa konflik tawuran antar pelajar. Faktor penyebabnya adalah egoisme kelompok yang berlebihan dan tidak pada tempatnya serta krisis identitas. Para remaja pelaku tawuran mengalami fase ingin menunjukkan jatidiri dengan cara yang salah.

2. Peristiwa konflik antartetangga. Ada warga masyarakat yang menolak menutup warungnya padahal sudah disepakati bersama pada pukul 21.00 warung harus tutup karena seringkali pengunjung warung membuat kegaduhan yang mengganggu lungkungan sekitar.

3.
4.
5.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon