Senin, 16 September 2019

Tugas Mandiri 2.3 Pkn Kelas 12 SMA Halaman 52 - 55

Kunci jawaban dari tugas mandiri 2.3 dalam buku Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan kurikulum 2013 terbitan kemendikbud halaman 52. Dalam tugas mandiri ini, peserta didik diminta menganalisis dua contoh kasus pelanggaran hukum.

Saya yakin seratus persen kalian pasti bisa mengerjakan soal tersebut karena kalian adalah anak-anak sekolah yang rajin belajar baik di rumah apalagi di sekolah. Untuk itu, jawaban di bawah ini anggaplah hanya sebagai pelengkap jawaban kalian.



Soal

Tugas Mandiri 2.3
Analisislah dua contoh kasus pelanggaran hukum di bawah ini. Untuk memudahkan Anda dalam menganalisis, diskusikanlah bersam teman sebangku, tetapi laporannya dibuat secara individual

Kasus 1 Konsultan Bangkrut Cetak Uang Palsu
Kasus 2 Berniat jual ganja, ABK diringkus Polisi di Penjaringan

Dari dua kasus di atas, lakukan analisis yang berkaitan dengan hal-hal sebagai berikut.
a. Faktor penyebab terjadinya dua kasus tersebut.
b. Jenis pelanggaran hukum yang dilakukan
c. Ketentuan perundang-undangan yang dilanggar
d. Sanksi yang kemunkinan akan diterima pelaku
e. Solusi untuk mencegah terulangnya kasus tersebut.

Jawab :

Jawaban ada dalam video di bawah ini

 


 

atau silakan baca tulisan di bawah ini

Pembahasan
1. Faktor penyebab terjadinya dua kasus tersebut adalah karena faktor himpitan ekonomi.

2. Jenis pelanggaran hukum yang dilakukan adalah tindak pidana pemalsuan uang rupiah dan tindak pidana kepemilikan dan penyalahgunan narkoba.

3. Untuk pemalsuan uang, ketentuan perundang-undangan yang dilanggar adalah : 

UU. No 7 Th 2011 Tentang Mata Uang.
Pasal 36 ayat (1), (2), dan (3) junto Pasal KUHP tentang Perbuatan Tindak Pidana yang Berkelanjutan.
        Untuk penyalahgunaan narkoba, ketentuan perundang-undangan yang dilanggar adalah UU RI No. 35 Th 2009 dan Pasal 114 tentang Pengedaran Narkoba.

4. Sanksi yang kemungkinan akan diterima pelaku pemalsu uang adalah penjara maksimal 10 tahun dan denda maksimal 10 milyar, dan untuk pengedar/pengguna uang palsu maksimal 15 tahun penjara dan denda maksimal 50 milyar.

        Sanksi yang kemungkinan akan diterima pelaku pengedar narkoba adalah penjara minimal 5 tahun maksimal 20 tahun, atau bisa juga dijerat dengan hukuman mati. 

5. Solusi untuk mencegah terulangnya kasus tersebut adalah dengan meningkatkan taraf kesejahteraan masyarakatnya, meningkatkan kualitas pendidikan, serta meminimalisir kesenjangan masyarakat, sehingga setiap masyarakat Indonesia dapat lebih mudah untuk menjauhi dan menghindari kasus di atas.

Uji Kompetensi Bab 2 PKn Kelas 12 SMA Halaman 68

Kunci jawaban uji kompetensi bab 2 dalam buku Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan kurikulum 2013 terbitan kemendikbud halaman 68. Ini merupakan uji kompetensi yang berisi enam soal yang berkaitan dengan bab 2 Pkn kelas 12.

Saya yakin kalian bisa mengerjakan soal tersebut dengan mudah. Jika itu yang terjadi, anggap saja, jawaban dalam blog ini hanya sebagai pelengkap jawaban kalian.



Soal 

Uji Kompetensi Bab 2

1. Apa yang dimaksud dengan perlindungan dan penegakan hukum?
2. Mengapa perlindungan hukum tidak akan terwujud apabila penegakan hukum tidak dilaksanakan?
3. Mengapa perlindungan dan penegakan hukum mutlak harus dilakukan dalam sebuah negara demokrasi?
4. Bedakan peran polisi, jaksa, hakim dan advokat serta KPK dalam proses penegakan hukum di Indonesia!
5. Mengapa terjadi pelanggaran hukum?
6. Deskripsikan contoh-contoh perilaku yang menunjukkan ketidakpatuhan terhadap hukum di lingkungan keluarga, sekolah, masyarakat dan sekolah

Jawab:

 

Jawaban ada dalam video di bawah ini


 

atau silakan baca artikel di bawah ini:

1. Perlindungan Hukum dimaknai sebagai daya upaya yang dilakukan secara sadar oleh setiap orang maupun lembaga pemerintaha dna swasta yang bertujuan mengusahakan pengamanan, penguasaan dan pemenuhan kesejahteraan hidup sesuai dengan hak-hak asasi yang ada.

Penegakan hukum adalah proses pemungsian norma-norma hukum secara nyata sebagai pedoman perilaku atau hubungan–hubungan hukum dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

2. Karena kedua hal tersebut saling berhubungan erat. Penegakan hukum berfungsi untuk melindungi masyarakat dari kejahatan orang lain. Jika orang yang melanggar hukum tidak ditindak, akan terjadi kesewenang-wenangan yang mengakibatkan kesengasaraan masyarakat.

3. Penegakan hukum harus dilakukan dengan adil di negara demokrasi karena rakyat membutuhkan jaminan keamanan saat menyuarakan kebebasan berpendapat, saat melakukan kebebasan bertindak dan saat melaksanakan ajaran agama mereka. Apabila hukum tidak ditegakkan ada kemungkinan akan terjadi tindak kesewenang-wenangan dari pemerintah. Begitupun sebaliknya, masyarakat tidak serta merta menyuarakan kebebasan tanpa ada batasan.


4. Polisi ; menyelidiki menangkap tersangka
hakim : orang yang memberikan keputusan setalah mengadakan pemeriksaan di pengadilan
jaksa orang yang mengajukan perkara berupa tuduhan serta tuntutan hukuman

advokat sama dengan pengacara yaitu orang yang memberi nasehat membela mewakili orang yang menjadi kliennya.

5. Alasan mengapa terjadi pelanggaran hukum adalah
a. Karena hukum tidak ditegakkan sebagaimana mestinya. Masih terjadi penyimpangan-penyimpangan yang dilakukan oleh penegak hukum maupun masyarakat.
b. Masih banyak masyarakat yang belum menerima informasi dengan baik perihal hukum yang berlaku di Indonesia.
c. Kurangnya kesadaran masyarakat terhadap ketertiban hukum


6. Contoh perilaku yang menunjukkan ketidakkepatuhan hidup di berbagai lingkungan:
Lingkungan keluarga :
a. Tidak mematuhi nasihat, perintah dan petuah orang tua
b. Membuat kegaduhan di rumah
c. Tidak mau membersihkan lingkungan rumah
d. Berbicara dengan nada kasar kepada orang tua
e. Berbuat jahil terhadap adik atau kakak.
f. Nonton tv sampai larut malam
g, ibadah tidak tepat waktu

Lingkungan sekolah:
a. Melanggar tata tertib/ aturan di sekolah
b. Berbicara sendiri ketika sedang diterangkan guru di dalam kelas
c. Melakukan perundungan kepada sesama warga sekolah
d. Tidak mengikuti kegiatan upacara bendera
e. bolos pelajaran sekolah
g. berpakaian tidak sesuai ketentuan sekolah

Lingkungan masyarakat
a. Menjadi pengedar narkoba
b. Bernyanyi-nyanyi di perempatan jalan
c. Membunyikan suara musik dengan sangat keras
d. Dengan sengaja melanggar norma
e. Dengan sengaja melanggar aturan lalu lintas.
f. buang sampah sembarangan
g. berjudi

Lingkungan bangsa dan negara
a. tidak memiliki KTP
b. meneror masyarakat dengan bom
c. merusak fasilitas negara
d. merampok
e. mencuri

Jumat, 13 September 2019

Tugas 1 Membaca Teks Prosedur Berikut Mematikan Komputer dengan Benar

Kunci Jawaban dari tugas 1 dalam buku Bahasa Indonesia kurikulum 2013 Kelas 7 SMP/ MTs halaman 90 bab 3. Tugas ini mengharuskan para siswa untuk mengerjakan soal yang masih berkaitan dengan teks prosedur.

Tentu saja, saya percaya kalian bisa mengerjakan soal-soal tersebut dengan mudah karena kalian adalah pelajar yang rajin dan peserta didik yang selalu memperhatikan pelajaran. Untuk itu, anggap saja soal dan jawaban di bawah ini hanya sebagai pelengkap atau materi tambahan belajar kalian.



Soal


a. Apakah teks tersebut dapat dikelompokkan sebagai teks prosedur?
b. Tunjukkan bukti dari segi isi dan tujuannya bahwa teks tersebut merupakan teks prosedur!
c. Tunjukkan kalimat/kata mana yang menunjukkan ciri teks deskriptif!
d. Tunjukkan bukti dan alasan dari jawaban yang kamu kemukakan !


Jawab

a. Teks tersebut dapat dikelompokkan sebagai teks prosedur karena teks tersebut memberikan petunjuk cara melakukan sesuatu, yaitu cara mematikan komputer dengan benar.

b. -Pada teks Mematikan Komputer dengan Benar  termasuk dalam teks prosedur dari segi isi, karena

1) terdapat panduan langkah-langkah yang harus dilakukan

2) terdapat aturan atau batasan dalam hal bahan/ kegiatan dalam melakukan kegiatan

contoh: Pilih Shutdown dan tunggu beberapa saat hingga komputer Anda benar-benar mati

3) isi kegiatan yang dilakukan secara urut.


- Pada teks Mematikan Komputer dengan Benar termasuk teks prosedur dari segi tujuan karena bagian awal dipaparkan tujuan dari teks tersebut, yaitu mematikan komputer secara benar sehingga tidak cepat rusak dan berdampak negatif.


c. Kalimat yang menunjukkan ciri teks deskriptif:

Klik menu Start (XP)/ Logo Windows (7) di pojok kiri bawah.

Pilih Shutdown dan tunggu beberapa saat hingga komputer Anda benar-benar mati.

Setelah komputer benar-benar mati, kemudian tekan tombol pada monitor dan speaker, stabilizer dan perangkat komputer lainnya.

d. Sebagian besar kalimat yang terdapat dalam teks prosedur merupakan teks deskriptif karena menggambarkan dan menjelaskan secara terperinci.

Tugas 2 

Kamis, 12 September 2019

Daftarlah Kalimat yang Menunjukan Panduan Cara Melakukan Kegiatan Secara Akurat

Kunci Jawaban dari tugas dalam buku Bahasa Indonesia Kelas 7 SMP/ MTs terbitan kemendikbud halaman 88 bab 3. Pada tugas ini, peserta didik diminta mendaftar kalimat yang menunjukkan panduan cara melakukan kegiatan teks prosedur.

Saya yakin kalian bisa mengerjakan soal tersebut dengan mudah. Untuk itu, anggap saja jawaban yang tertulis di bawah ini merupakan pelengkap dari jawaban kalian.



Soal

Daftarlah kalimat yang menunjukkan panduan cara melakukan kegiatan secara akurat.

Jawab

Teks 1: Cara memainkan angklung

1) Pegang angklung dengan tangan kiri sehingga angklung dipegang tepat di tengah-tengah.

2) Pegang dengan genggaman tangan dan telapak tangan menghadap ke atas atau pun ke bawah.

3) Posisikan angklung yang dipegang tegak dan sejajar dengan tubuh.

4) Pegang ujung tabung dasar angklung (horisontal) dengan tangan kanan dan getarkan dengan getaran ke kiri dan ke kanan

Teks 2: Cara membuat Obat Tradisional Insomnia

Rebus dengan anco yg telah dibuang bijinya sehingga air tersisa 300 cc.

Teks 3: Cara Melakukan Gerakan Tari Tor-Tor

1) Ambil posisi kedua kaki rapat. Kaki kanan agak maju sedikit

2) Tangkupkan kedua telapak tangan di depan pinggang kanan. Ujung ibu jari saling menyentuh

3) Gerakkan kedua telapak tangan perlahan ke arah kiri. Ujung-ujung jari juga ikut digerakkan perlahan

4) Gerakan telapak kaki ke atas bawah dengan gerakan jinjit selama tangan bergerak ke kiri dan ke kanan.

Bacalah Kembali Kutipan Hikayat Bayan Budiman dan Temukanlah Nilai-Nilai yang Terkandung di Dalamnya

Kunci Jawaban dari tugas dalam buku Bahasa Indonesia Kelas 10 Kurikulum 2013 SMA/SMK/MA/MAK halaman 124 bab 4. Peserta didik diminta mengerjakan soal dengan menemukan nilai-nilai yang terkandung dalam kutipan teks Hikayat Bayan Budiman.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawabannya di bawah ini !



Soal

Bacalah kembali kutipan Hikayat Bayan Budiman dan temukan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya.

Jawab:

1. Nilai agama

Konsep nilai: Berani memberi petuah kepada orang lain  apabila seseorang melanggar aturan agama.

Kutipan teks: 

Maka bernasihatlah ditentang perbuatannya yang melanggar aturan Allah SWT.

Konsep nilai: Memohon doa kepada Tuhan

Kutipan teks:

Tak seberapa lama setelah ia berdoa kepada Tuhan, maka saudagar Mubarok pun beranaklah istrinya seorang anak laki-laki yang diberi nama Khojan Maimun.

Konsep nilai: Belajar mengaji Alquran sejak kecil

Setelah umurnya Khojan Maimun lima tahun, maka diserahkan oleh bapaknya mengaji kepada banyak guru sehingga sampai umur Khojan Maimun lima belas tahun.

2. Nilai moral:

Konsep nilai: Sebagai manusia harus bisa menjaga martabat, kesabaran, dan kekayaan.

Kutipan teks: 

Apatah dicari oleh segala manusia di dunia ini selain martabat, kesabaran, dan kekayaan?

Konsep nilai: Menyampaikan kata pamit sebelum pergi

- Maka pada suatu malam, pamitlah Bibi Zainab kepada burung tiung itu hendak menemui anak raja.

- Hatta setiap malam, Bibi Zainab yang selalu ingin mendapatkan anak raja itu, dan setiap berpamitan dengan bayan.

Konsep nilai: Bertanyalah kepada orang yang lebih tahu sebelum mengambil keputusan agar tidak menimbulkan fitnah

Kutipan teks:

Sebelum dia pergi, berpesanlah dia pada istrinya itu, jika ada barang suatu pekerjaan, mufakatlah dengan dua ekor unggas itu, hubaya-hubaya jangan tiada, karena fitnah di dunia amat besar lagi tajam dari pada senjata. 

3. Nilai sosial

Konsep nilai: Membantu sesama yang membutuhkan

Kutipan teks:

Bayan yang bijak bukan sahaja dapat menyelamatkan nyawanya,tetapi juga dapat menyekat istri tuannya daripada menjadi istri yang curang. Dia juga dapat menjaga nama baik tuannya serta menyelamatkan rumah tangga tuannya.

Konsep nilai: berlaku bijaksana terhadap sesame

Kutipan teks:

Bayan yang bijak bukan sahaja dapat menyelamatkan nyawanya tetapi juga dapat menyekat isteri tuannya daripada menjadi isteri yang curang.

4. Nilai pendidikan:

Konsep nilai: Memperoleh ilmu tidak harus berasal hanya dari satu sumber saja

Kutipan teks:

Setelah umurnya Khojan Maimun lima tahun, maka diserahkan oleh bapaknya mengaji kepada banyak guru sehingga sampai umur Khojan Maimun lima belas tahun.

5. Nilai budaya

Konsep nilai: Burung yang dipelihara dicabuti bulunya gara tidak bisa terbang.

Kutipan:

Adapun akan hamba, tuan ini adalah seperti hikayat seekor unggas bayan yang dicabut bulunya oleh tuannya seorang istri saudagar.”

6. Nilai estetika

Konsep nilai: kecantikan Siti Zainab yang diungkapkan dengan kata-kata yang indah.

Kutipan:

- Ia dipinangkan dengan anak saudagar yang kaya, amat elok parasnya, namanya Bibi Zainab.

- Setelah ia sudah berpikir demikian itu, maka ujarnya, “Aduhai Siti yang baik paras, pergilah dengan segeranya mendapatkan anak raja itu.   “

Daftarlah Penggunaan Kata yang Menunjukkan Ukuran

Kunci jawaban dari pertanyaan dalam buku Bahasa Indonesia kurikulum 2013 terbitan kemendikbud kelas 7 SMP/ MTs bab 3 halaman 87. Pertanyaan in merupakan pertanyaan lanjutan dari pertanyaan sebelumnya yaitu tentang penggunaan kata yang menunjukkan ukuran.

Saya persilakan kalian mengerjakan sendiri agar memahami materi dengan baik. Apa yang tertulis di bawah ini sebaiknya hanya sebagai perbandingan saja.



Soal

Daftarlah penggunaan kata yang menunjukkan ukuran

Jawab:

Teks 1 : Cara Memainkan Angklung
- pertemuan dua tiang angklung vertikal dan horisontal
- tepat di tengah-tengah
- tegak dan sejajar dengan tubuh
- cukup jauh
- hampir lurus
- cukup sering

Teks 2 : Cara membuat obat tradisional insomnia
- 5 potong akar kelapa hijau
- masing-masing 4 cm
- 600 cc air
- 10 butir biji teratai
- air sisa 300cc

Teks 3 : Cara melakukan gerakan tari tor-tor
- posisi kedua kaki rapat
- agak maju sedikit
- Ujung ibu jari saling menyentuh
- digerakkan perlahan.
- lagu habis

Daftarlah Penggunaan Kalimat Perintah/ Saran/ Larangan pada Ketiga Teks !

Kunci jawaban dari pertanyaan dalam buku Bahasa Indonesia kurikulum 2013 terbitan kemendikbud kelas 7 SMP/ MTs bab 3 halaman 87. Pada bab tersebut peserta didik diminta mengerjakan soal tentang mengidentifikasi bahasa dalam teks prosedur.

Agar lebih jelas, silakan perhatikan soal dan jawaban di bawah ini !



Soal

Diskusikan

a. Daftarlah penggunaan kalimat perintah/ saran/larangan pada ketiga teks !

Jawab

Teks 1:

- Pegang angklung dengan tangan kiri.
- Pegang angklung dengan cara memegang simpul pertemuan dua tiang angklung vertikal dan horisontal (yang berada di tengah), sehingga angklung dipegang tepat di tengah-tengah.
- Pegang dengan genggaman tangan dan telapak tangan menghadap keatas atau pun ke bawah.
- Posisikan angklung yang dipegang tegak dan sejajar dengan tubuh.
- Jarak angklung dari tubuh sebaiknya cukup jauh (siku tangan kiri hampir lurus) agar angklung dapat digetarkan dengan baik dan maksimal.
- Pegang ujung tabung dasar angklung (horisontal) dengan tangan kanan dan getarkan dengan getaran ke kiri dan ke kanan, dengan posisi angklung tetap tegak (horisontal), tidak miring agar suara angklung-angklung rata dan nyaring.
- Sewaktu angklung digetarkan, sebaiknya dilakukan dengan frekuensi getaran yang cukup sering sehingga suara angklung lebih halus dan rata.
- Mainkan angklung sambil berdiri agar hasil permainan lebih baik.

Teks 2:
- Ambil 5 potong akar kelapa hijau masing-masing 4 cm.
- Tumbuk kasar bersama 10 butir biji teratai.
- Tambahkan 600 cc air ke dalam hasil tumbukan .
- Rebus semuanya dengan anco yang telah dibuang bijinya sehingga air tersisa 300cc.
- Minum selagi hangat

Teks 3:
- Putar lagu dari daerah Sumatera Utara yang sesuai.
-Ambil posisi kedua kaki rapat. Kaki kanan agak maju sedikit.
-Tangkupkan kedua telapak tangan di depan pinggang kanan. Ujung ibu jari saling menyentuh.
- Gerakkan kedua telapak tangan perlahan ke arah kiri. Ujung-ujung jari juga ikut digerakkan perlahan.
- Ganti gerakkan kedua telapak tangan perlahan ke arah kanan.
- Gerakan telapak kaki ke atas bawah dengan gerakan jinjit selama tangan bergerak ke kiri dan ke kanan.
-Ulangi gerakan tangan dan kaki. Begitu seterusnya sampai lagu habis atau mengikuti irama gondang

Daftarlah Ketiga Teks dari Segi Tujuan Komunikasi Lanjutkan Tabel Berikut Sesuai Contoh

Kunci Jawaban dari pertanyaan yang ada dalam buku Bahasa Indonesia kurikulum 2013 kelas 7 SMP/MTs terbitan kemendikbu halaman 86 bab 3. Peserta didik diminta mengerjakan soal tentang bagaimana melanjutkan tabel tentang teks prosedur.

Saya yakin kalian bisa mengerjakan soal tersebut, namun tidak ada salahnya kalian membaca soal dan jawaban di bawah ini !



Soal

1. Daftarlah ketiga teks dari segi tujuan komunikasi ? Lanjutkan tabel berikut sesuai contoh
2. Diskusikan persamaan ketiga teks

Jawab:
1.
Teks 1:
Memandu orang yang akan memainkan angklung dengan langkah yang urut

Teks 2:
Memandu orang membuat ramuan tradisional untuk mencegah insomnia

Teks 3:
Memandu orang untuk belajar melakukan gerakan Tari Tor Tor.

2. Persamaan dari ketiga teks adalah ketiganya menuntun atau memandu secara urut langkah-langkah dalam melakukan kegiatan sesuai tujuan.

Rabu, 11 September 2019

Kegiatan 3.6 Secara Berkelompok Amatilah Teks Berikut !

Kunci jawaban kegiatan 3.6 dalam buku Bahasa Indonesia kurikulum 2013 terbitan kemendikbud kelas 8 SMP/ MTs bab 3 halaman 82. Peserta didik diminta mengamati teks yang ada dalam soal.

Agar lebih jelas sila perhatikan soal dan jawabannya di bawah ini



Soal 

Kegiatan 3.6
1. Secara berkelompok, amatilah teks berikut!
2. Buktikanlah berdasarkan aspek kebahasaannya bahwa teks tersebut
tergolong ke dalam jenis teks eksposisi!
3. Catatlah aspek-aspek kebahasannya itu ke dalam tabel berikut!
4. Kemudian, rumuskan simpulan tentang ciri teks tersebut berdasarkan
aspek-aspek kebahasaannya.

Aspek kebahasaan: Kata teknis (istilah), konjungsi kausalitas, kata kerja mental, kata perujukan, kata persuasif, simpulan

Jawab

Aspek kebahasaan;
1) Kata teknis (istilah)
Menggunakan kata-kata teknis dalam bidang pariwisata antara lain wisatawan, komersialisme, domestik, dan rekreasi.

2) Konjungsi kausalitas
Menggunakan kata-kata yang menunjukkan hubungan argumentasi (kausalitas). Konjungsi kausalitas yang muncul dalam teks tersebut adalah 
-  Oleh karena itu, arah kebijaksanaan pariwisata sedapat mungkin diusahakan agar memperkuat dampak positif dan memperkecil dampak negatif.
- Untuk itu, perlu dikembangkan analisis dampak lingkungan pada tahap perencanaan yang didasarkan pada studi kelayakan proyek-proyek pariwisata.
Terdapat pula digunakan kata-kata yang menyatakan hubungan kronologis (keterangan waktu) ataupun kata-kata yang menyatakan perbandingan/pertentangan, yaitu 
- Sementara itu, wisatawan domestik lebih tertarik pada kebun binatang atau kebun raya, keindahan pantai, tempat keramat ataupun ibadah, dan peninggalan sejarah

3) Kata kerja mental 
Menggunakan kata-kata kerja mental (mental verba), seperti Pariwisata berdampak pada kehidupan sosial budaya. Kegiatan konsumsi pariwisata di bidang kesenian misalnya, mungkin dapat mengandalkan makna kesenian itu sendiri. Akibat semakin meluaslah hubungan sosial dengan wisatawan dan semakin naiklah pendapatan masyarakat. Kedatangan wisatawan dapat mendorong masyarakat ke arah komersialisme. Oleh karena itu, arah kebijaksanaan pariwisata sedapat mungkin diusahakan agar memperkuat dampak positif dan memperkecil dampak negatif. Untuk itu, perlu dikembangkan analisis dampak lingkungan pada tahap perencanaan yang didasarkan pada studi kelayakan proyek-proyek pariwisata. 

4) Kata perujukan
Menggunakan kata-kata perujukan, seperti
- Hasil penelitian yang pernah dilakukan Dirjen Pariwisata menunjukkan bahwa wisatawan asing lebih tertarik pada tradisi, lalu menyusul keindahan alam, warisan budaya, kerajinan tangan, dan terakhir keindahan alam di pantai

5) Kata persuasif
Menggunakan kata-kata persuasif, antara lain
-  Untuk itu, perlu dikembangkan analisis dampak lingkungan pada tahap perencanaan yang didasarkan pada studi kelayakan proyek-proyek pariwisata.
-  Dalam hal ini kita perlu mengetahui perubahan tersebut tidak melewati ambang batas toleransi.
- Tindakan ini perlu agar perubahan itu tidak menghasilkan dampak negatif terhadap lingkungan dan pengembangan pariwisata itu sendiri.
- Jika suatu kawasan wisata sudah cenderung melewati ambang batas, harus diusahakan proyek penanggulangannya.

Simpulan:
Teks di atas termasuk di dalam teks eksposisi karena aspek kebahasaan khusus yang dimiliki oleh teks eksposisi, yaitu kata teknis (istilah) yang terkait dengan topik, konjungsi kausalitas, kata kerja mental. kata perujukan, dan kata persuasif.

Kegiatan 3.5 Perhatikan Kembali Teks Berjudul Introspeksi Diri di Hari Pahlawan

Kunci jawaban kegiatan 3.5 dalam buku Bahasa Indonesia terbitan kemendikbud Kurikulum 2013 Kelas 8 SMP/ MTs halaman 80 bab 3.

Agar lebih jelas, silakan perhatikan soal dan jawabannya di bawah ini.



Soal


A. 1. Perhatikan kembali teks berjudul "Instrospeksi Diri di Hari Pahlawan".
2. Tuliskan alasan atas penyebutan bagian-bagian teks itu yang terdiri atas tesis, rangkaian argumen, dan penegasan ulang.
3. Diskusikan laporkan hasilnya dalam format seperti berikut.
Bagian-bagian Teks Paragraf ke- Alasan
a. Tesis
b. Rangkaian argumen
c. Penegasan ulang

Jawab

Introspeksi Diri di Hari Pahlawan

Tesis:

Setiap negara mempunyai pahlawan. Cara terbaik  menghargai pahlawan adalah tidak melupakan jasajasanya.  Itu sebabnya kita perlu memperingati Hari  Pahlawan setiap sepuluh November agar bisa mencontoh  semangat juang. Kita juga dapat mencontoh keikhlasan  mereka saat berjuang melawan penjajah.


Alasan: Pada paragraf pertama ini terdapat pendapat tentang perlunya peringatan Hari Pahlawan.


Rangkaian Argumen:

Sejarah perlunya memperingati Hari Pahlawan bermula  dari perlawanan rek arek Suroboyo pada 10 November  1945. Dengan senjata bambu runcing, mereka melawan  penjajah yang sudah menggunakan senjata canggih  termasuk pesawat terbang. Kemudian, diikuti dengan  perlawanan di berbagai daerah, termasuk di Sumatra  Utara dan khususnya di Kota Medan yang dikenal dengan  pertempuran di Medan Area, Jalan Bali.

 Berkat perjuangan para pejuang di masa lalu bangsa  Indonesia mampu memproklamasikan kemerdekaan dan  mempertahankan di masa revolusi fsik. Sekarang giliran  anak-anak bangsa mengisi alam kemerdekaan dengan memberikan yang terbaik bagi masa depan bangsanya.

 Sayangnya, tidak banyak putra-putri bangsa Indonesia  yang bisa diteladani karena prestasinya. Lebih banyak  yang mementingkan diri pribadi dan golongannya saat  sudah berkuasa. Hal itu terlihat sekali dalam jajaran  pemerintahan (birokrasi) maupun legislatif dan yudikatif.  Mereka benar-benar memanfaatkan peluang yang ada  untuk memperkaya diri. Sementara itu, rakyat yang  membutuh perhatian malah diabaikan.


Alasan: pada paragraf ini berisi tentang pendapat yang mendukung bagian tesis.


Penegasan ulang:

Peringatan Hari Pahlawan pada 10 November pada  tahun ini dapat dijadikan momentum yang tepat untuk  melakukan introspeksi diri bagi semua pihak. Kalau setiap  anak bangsa melakukannya dengan penuh kesadaran,  mudah-mudahan hasilnya positif. Dalam waktu dekat  bangsa Indonesia dapat ke luar dari krisis. Jika peringatan  Hari Pahlawan hanya sebuah kegiatan rutinitas, makna  10 November pun tidak akan menyentuh masyarakat,  juga dapat menyadarkan pejabat-pejabat pemerintahan  untuk tidak saling berseteru dan terus memperjuangkan  kepentingan rakyat.

 Pada momentum Hari Pahlawan ini kita mengimbau  para pejabat di jajaran pemerintahan, termasuk BUMN/
BUMD, pimpinan DPR dan MPR serta seluruh anggota  dewan agar kembali ke ftrah. Ingatlah perjuangan dan  cita-cita para pahlawan bangsa. Mari kita berjuang untuk  memakmurkan rakyat. Untuk itu, bekerjalah dengan  keras, profesional, dan bertanggung jawab.

 Bukan masanya lagi para pejabat pemerintahan  menjadikan dirinya seperti raja yang bergelimang  kemewahan, sebab rakyat sudah semakin kritis. Begitu juga  kehidupan anggota dewan yang glamour. Momentum Hari  Pahlawan ini harus dapat dimanfaatkan oleh Pemerintah  dengan sebaik-baiknya. Kinerjanya sudah bisa dirasakan  di berbagai bidang sehingga rakyat merasa dirinya tidak  salah pilih. Gerakan mencontoh para pahlawan perlu  dimasyarakatkan untuk menyadarkan para pejabat  pemerintahan agar tidak menjadi pahlawan kesiangan.


Alasan: Pada paragraf ini terdapat penegasan kembali pendapat yang disajikan dalam tesis