Minggu, 23 April 2017

Download Kisi-Kisi Ujian Sekolah / Madrasah (US) SD/ MI 2017

Sesuai dengan Peraturan Kepala badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Nomor : 007/H/EP/2017 tentang Prosedur Operasional Standar Ujian Sekolah/ Madrasah Pada Sekolah Dasar/ Madrasah Ibtidaiyah, Sekolah Dasar Luar Biasa, dan Penyelenggara Program Paket A/ ULA, Ujian Sekolah akan digelar secara serentak pada Senin, 15 Mei hingga 17 Mei 2017 pukul 08.00 s.d 10.00  (untuk SD) . Sementara itu, untuk Program Paket A/ Ula akan digelar pada hari yang sama, namun dengan waktu yang berbeda yakni pukul 13.00 s.d 15.30.

Ada tiga mata pelajaran wajib yang akan diujikan, yakni Bahasa Indonesia, Matematika dan IPA (Ilmu Pengetahuan Alam). Untuk itu para murid calon peserta Ujian Sekolah harap mempersiapkan diri dengan fokus belajar ketiga mata pelajaran tersebut dengan sebaik-baiknya. Jangan sampai pada saat ujian, murid mengalami kesulitan pada saat mengerjakan. Bukan hanya murid yang ikut sibuk, \ melainkan juga orang tua/ wali murid tidak ada salahnya ikut mempersiapkan diri dengan cara membantu putra/ putrinya belajar di rumah.

Selain itu, pihak yang berperan penting dalam keberhasilan ujian sekolah adalah Bapak Ibuk Guru Kelas 6. Untuk mempermudah bapak ibuk guru kelas 6 mengajari murid-murid, Kemdikbud sudah membuat kisi-kisi yang bisa dipelajari kemudian diajarkan pada murid-murid kelas 6, sebelum hari H ujian sekolah. Di bawah ini merupakan sebagian contoh, kisi-kisi semua mata pelajaran.




BEBERAPA KISI-KISI 
UJIAN SEKOLAH/MADRASAH SD/MI 2017

1. BAHASA INDONESIA SD/MI
A. MEMBACA
1. Membaca nonsastra
• Menentukan kalimat utama paragraf tentang makhluk hidup atau lingkungan
• Menentukan ide pokok paragraf
• Menentukan simpulan paragraf
• Menentukan pernyataan sesuai isi paragraf
• Menentukan kalimat tanya sesuai isi paragraf
• Menjawab pertanyaan sesuai isi bacaan dengan kata tanya:
 bagaimana
 mengapa
• Memprediksi kejadian berkaitan dengan isi bacaan
• Mengambil informasi dari isi teks sederhana untuk melengkapi tabel
• Memaknai kata/istilah dalam paragraf
• Menentukan antonim/sinonim dalam kalimat
• Menentukan topik teks percakapan
• Menentukan kalimat sesuai isi iklan
• Menentukan isi paragraf laporan
• Menanggapi isi paragraf instruksi
• Menentukan makna kata dalam paragraf instruksi
• Menentukan pernyataan sesuai dengan isi paragraf instruksi
• Menentukan pernyataan sesuai dengan isi teks penjelasan (teks prosedur)
• Menentukan isi pidato
• Mengidentifikasi jenis-jenis paragraf
• Menentukan nomor telepon ke suatu tujuan berdasarkan beberapa kode telepon wilayah dan nomor telepon beberapa kota pada ilustrasi
• Menentukan persamaan/perbedaan isi teks
....dan seterusnya....

2. MATEMATIKA 
A. BILANGAN
1. Operasi hitung bilangan
 Menentukan hasil operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah (minimal tiga angka).
 Menentukan hasil operasi perkalian dan pembagian pada bilangan cacah atau sebaliknya.
 Menentukan hasil operasi hitung penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat (positif dan negatif)
 Menentukan hasil operasi hitung perkalian dan pembagian bilangan bulat (positif dan negatif)
 Menyelesaikan masalah penalaran yang melibatkan operasi hitung bilangan bulat.
dan seterusnya......

3. ILMU PENGETAHUAN ALAM SDLB – A, D, DAN E (TUNANETRA, TUNA DAKSA RINGAN, DAN TUNA LARAS)

A. MAKHLUK HIDUP DAN LINGKUNGANNYA
1. Ciri makhluk hidup dan penggolongannya
 Menentukan ciri khusus pada makhluk hidup tertentu.
 Menentukan dasar pengelompokan hewan/tumbuhan.
2. Hubungan antarmakhluk hidup dalam ekosistem
 Menentukan peran salah satu komponen ekosistem berdasarkan rantai makanan.
 Menjelaskan contoh simbiosis pada ekosistem.
3.Penyesuaian diri makhluk hidup
 Menjelaskan cara tumbuhan/hewan tertentu melindungi diri dari musuhnya.
4. Pelestarian lingkungan
 Menyebutkan contoh usaha melestarikan hewan/tumbuhan.
dan seterusnya..
Selengkapnya silakan download melalui link di bawah ini. Link langsung menuju ke Google Drive.


Setelah mengunduhnya, kisi-kisi tersebut bisa bapak ibuk guru cetak untuk dipelajari dan segera diajarkan kepada murid-muridnya. Harapan saya, dengan adanya kisi-kisi tersebut, baik bapak / ibuk guru maupun para murid, bisa memiliki gambaran dan lebih fokus mempelajari apa yang terdapat dalam kisi-kisi. 
Terakhir, semoga Tuhan Yang Maha Esa selalu memberikan kemudahan dalam mengerjakan ujian bagi anak-anak kita kelas 6, bukan hanya mudah tapi mereka juga mengerjakan dengan benar. Amin

Artikel Terkait