Selasa, 01 Desember 2020

Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 6 Subtema 1 Halaman 8,10,11

Kunci jawaban dari beberapa pertanyaan dalam buku tematik kelas 6 Kurikulum 2013 tema 6 subtema 1 pembelajaran 2 halaman 8 dan seterusnya. 

Bapak percaya, kalian para peserta didik bisa mengerjakan soal dengan benar. Jangan gunakan jawaban dalam tulisan ini sebagai penentu kebenaran jawaban kalian. Sebaiknya kalian mengerjakan sebaik-baiknya, dan kemudian mendiskusikannya bersama bapak atau ibu guru kalian di sekolah.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini !


Ayo Berlatih (Halaman 8)


Jawablah pertanyaan berikut dengan benar !


1. Apa jugul bacaan di atas? Apa saja kata kunci pada judul bacaan di atas? Apa isi bacaan di atas sudah sesuai dengan kata kunci yang kamu sebutkan ?

Ungkapkan pendapatmu secara lisan di depan teman-teman dan gurumu!

2. Bagaimana dengan pengelolaan sampah di sekitarmu ? Apa yang dapat kamu lakukan terhadap sampah di rumahmu ? Tuliskan jawabanmu dalam kolom berikut


Ayo Berlatih (Halaman 10)

Apa isi lagu tersebut ? Apakah kamu menyanyikan lagu di atas sesuai dengan interval lagunya ? Apakah kamu mengetahui apa yang dimaksud dengan interval lagu ? Coba tuliskan yang dimaksud interval pada kolom berikut.


Ayo mengamati (Halaman 11)


Perhatikan kedua gambar berikut dan jawablah pertanyaan di bawah ini !



1. Apakah kamu melihat adanya perbedaan pada kedua gambar tersebut? Tunjukkan perbedaan pada gambar di atas. Tuliskan pada kolom berikut !


2. Tahukah kamu yang dimaksud masa puber ? Baik anak laki-laki maupun anak perempuan akan mengalami masa puber. Apa ciri-ciri anak laki-laki dan perempuan pada masa puber? Tuliskan pada kolom berikut


Ayo Renungkan (Halaman 12)


Apa yang sudah kamu pelajari pada pembelajaran kali ini ? Apakah kamu merasa kesulitan? Tuliskan yang sudah kamu pelajari. Tuliskan juga kesulitan yang kamu temui kamu merasa kesulitan pada pembelajaran kali ini. Tuliskan pada kolom berikut.


Diskusikan bersama orangtuamu tentang masa puber. Kemudian, bersama orangtuamu amatilah anak-anak di sekitar lingkunganmu yang sedang mengalami masa puber. Tuliskan nama anak yang sedang mengalami masa puber dan ciri-ciri anak tersebut. Tuliskan pada kolom berikut.


Jawaban masih dalam proses pengerjaan oleh Tim

Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 6 Subtema 1 Halaman 3, 5, 6

 Kunci jawaban dari beberapa pertanyaan dalam buku Tematik Kelas 6 SD Kurikulum 2013 terbitan kemendikbud Tema 6 Subtema 1 Peduli Lingkungan halaman 3 dan seterusnya. Peserta didik diminta mengerjakan soal dengan benar.

Bapak percaya, kalian para peserta didik bisa mengerjakn soal dengan benar. Jangan gunakan jawaban dalam tulisan ini sebagai penentu kebenaran jawaban kalian. Sebaiknya kalian mengerjakan sebaik-baiknya, dan kemudian mendiskusikannya bersama bapak atau ibu guru kalian di sekolah.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini !


Pembelajaran 1

Apakah kamu telah mengalami masa puber? bagaiman kepedulianmu terhadap lingkungan saat mengalami masa puber? Sebelum mengalami masa pubr hingga telah mengalami masa puber tentu kamu sudah peduli dengan lingkungan.

Kamu adalah bgian dari masyarakat. Banyak kegiatan yang dapat kamu lakukan untuk peduli terhadap lingkungan. Kegiatan berkaitan dengan kepedulian terhadap lingkungan merupakan bentuk pelaksanaan kewajiban sebagai warga masyarakat dalam mengisi kemerdekaan. Mari, berkegiatan dan belajar melalui subtema masyarakat peduli lingkungan ini.

Ayo Mengamati

Amatilah beberapa gambar kegiatan warga masyarakat di kampung "Damai" berikut !


Ayo Berdiskusi (Halaman 3)

Bentuklah kelompok yang terdiri atas lima anak. Kemudian, diskusikan pertanyaan berikut !

1. Apa saja kegiatan masyarakat yang ditunjukkan pada gambar di atas ?
jawaban ;

2. Mengapa warga masyarakat melakukan kegiatan seperti pada gambar di atas?
Jawaban:

3. Apa saja kewajibanmu sebagai warga negara dalam kehidupan sehari-hari ?
jawaban:

4.Bagaimana cara menunjukkan kepedulianmu terhadap lingkungan?
jawaban:


Ayo Berlatih (Halaman 5)

Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan lisan !

1. Apa judul teks pada bacaan di atas ?

2. Apa kata kunci pada judul bacaan di atas?

3. Informasi apa yang diperoleh dari bacaan berdasarkan kata kunci ?

4. Apa yang dapat kamu lakukan sebagai warga masyarakat dalam memaknai kemerdekaan


Ayo Renungkan (Halaman 6)

Apa yang sudah kamu pelajari pada pembelajaran kali ini ? Apakah kamu merasa kesulitan? Tuliskan yang sudah kamu pelajari. Tuliskan juga kesulitan jika kamu merasa kesulitan pada pembelajaran kali ini. Tuliskan pada kolom berikut.


Apa kepedulian keluargamu sebagai warga masyarakat di lingkungan tempat tinggalmu? Apakah yang kamu lakukan ebrsama keluargamu merupakan bagian dari memaknai kemerdekaan yang diraih para pahlawan kita? Diskusikan bersama orang tuamu. Kemudian, tuliskan hasil diskusi pada kolom berikut


Jawaban masih dalam proses pengerjaan oleh tim

Jumat, 27 November 2020

Evaluasi PAI dan Budi Pekerti Kelas 11 Bab 11 Halaman 194

 Kunci jawaban dari beberapa pertanyaan dalam buku PAI dan Budi Pekerti SMA/SMK/MA/MAK Kurikulum 2013 Bab 11 terbitan kemendikbud halaman 194. Peserta didik diminta mengerjakan soal dengan benar.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini !


Soal


Evaluasi

A. Berilah tanda silang (x) pada huruf a, b,c, d atau e yang dianggap sebagai jawaban yang paling tepat !


1. Perilaku toleransi adalah sesuatu yang harus dijunjung tinggi dalam interaksi sosial masyarakat karena..


a. toleransi terdapat pada undang-undang

b. toleransi menenteramkan kehidupan masyarakat

c. toleransi diajarkan di sekolah

d. toleransi bukan syarat utama dalam masyarakat

e. toleransi merupakan terpecahnya solidaritas..


2. Pada kalimat di bawah secara berurutan mengandung hukum bacaan:


a. ikhfa, idgam bigunnah, izhar dan iqlab

b. izhar halqi, idgam bigunnah dan idgam mimmi

c. izhar halqi, idgam mimmi dan idgam bigunnah

d. ikhfa, idgam mimi dan idgam bilagunnah

e. izhar, idgam mimi dan idgam bigunnah


3. Bentuk toleransi dalam perbedaan pendapat dapat diwujudkan dengan

a. mengedepankan pembenaran sepihak

b. melakukan pengamanan atas jalnnya diskusi

c. membiarkan suasana tegang.

d. mengedepankan kesepakatan untuk dialog

e. menyelesaikan masalah dengan cara anarkis


4. Q.S. Yunus ayat: 41 mengajarkan pada kita, dalam menyikapi orang-orang yang mendustakan Al-Quran dengan cara mengatakan

a. bagiku agamaku dan bagimu agamamu

b. bagiku pekerjaanku dan bagimu pekerjaanmu

c. kamu bukan penyembah Tuhan yang aku sembah

d. Tuhanku tidak sama dengan Tuhanmu

e. aku tidak bertanggung jawab atas pekerjaanmu


5. Di bawah ini adalah beberapa manfaat dari toleransi antarumat beragama kecuali..

a. Menyadari bahwa hidup ini tidak bisa terlepas dari orang lain

b. berpikir positif terhadap keberadaan agama lain.

c. memaksa penganut agama lain untuk masuk Islam.

d. membangun tradisi dialog antaragama.

e. saling menghormati dan menghargai pemeluk agama lain.


B. Jawablah pertanyaan berikut dengan benar dan tepat !

1. Mengapa kita harus berperilaku toleransi ?

2. Jelaskan isi Q.S al Maidah/5:32!

3. Kemukakan pendapatmu jika ada pemimpin yang membiarkan adanya intoleransi !

4. Sebutkan hadis yang menjelaskan pentingnya perilaku toleransi

5. Mengapa kita dianjurkan berkompetisi dalam kebaikan?

Jawab: 

Masih dalam proses pengerjaan oleh Tim

Evaluasi PAI dan Budi Pekerti Kelas 11 Bab 10 Halaman 178

 Kunci jawaban dari beberapa pertanyaan dalam buku PAI dan Budi Pekerti Kelas 11 SMA/SMK/MA/MAK Bab 10 Halaman 178 kurikulum 2013 terbitan kemendikbud. Peserta didik diminta mengerjakan soal dengan benar.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini

Soal

Evaluasi


A.Berilah tanda silang (x) pada huruf a,b,c,d atau e yang dianggap sebagai jawaban yang paling tepat !


1. Di antara faktor yang melatarbelakangi bangkitnya umat Islam pada abad ke-18 adalah...

a. tidak adanya misi Islam

b. benturan antara kekuatan Barat dan kekuatan Islam

c. kekuatan Islam yang semakin meningkat

d. Kekuatan Eropa sudah mulai melemah

e. lemahnya umat Islam dalam beribadah


2. Cara untuk mengubah pola pikir umat Islam dari keterbelakangan adalah pendidikan. Hal ini secara jelas dikemukakan oleh..

a. Al-Tahwati

b. Rasyid Ridha

c. Syah Ahmad Khan

d. Muhammad Ali Pasyat

e. Jamaludin Ali Afgani


3. Jamaludin Al Afghani adalah tokoh pembaru Islam dari negara

a. Pakistan

b. Afghanistan

c. Turkistan

d. Turki

e. Arab Saudi


4. "Kekuasaan raja yang absolut harus dibatasi oleh syariat, raja harus bermusyawarah dengan ulama dan intelektual. Gagasan ini dimunculkan oleh..

a. Al-Tahtawi

b. Rasyid Ridha

c. Syah Waliyullah

d. Muhammad Ali Pasya

e. Jamaludin Al-Afgani


5. Ijtihad merupakan dasar penting dalam menafsirkan kembali ajaran Islam. Hal ini secara jelas dikemukakan oleh...

a. Al-Tahtawi

b. Rasyid Ridha

c. Syah Waliyullah

d. Muhammad Abduh

e. Jamaludin Al- Afgani


B. Jawablah pertanyaan-pertanyaan ini dengan singkat dan tepat !

1. Apa alasan bangsa Eropa menjajah negara-negara Islam atau negara berpenduduk mayoritas Islam

2. Bagaimanakah pemikiran pembaruan yang digagas oleh Jamaluddin Al Afghani

3. Apa saja usaha-usaha yang dilakukan oleh Sayyid Ahmad Khan untuk memajukan umat Islam India di bidang Iptek

4. Apa hikmah mempelajari perkembangan Islam pada masa modern?

5. Seperti apakah contoh peristiwa perkembangan Islam di bidang ilmu pengetahuan pada masa modern ?


C. Isilah kolom berikut dengan benar !

Isilah kolom keterangan dengan memberikan alasan secara jujur !




Jawab:

Masih dalam Proses Pengerjaan oleh Tim

Evaluasi PAI dan Budi Pekerti Kelas 11 Bab 9 Halaman 155

 Kunci jawaban dari beberapa pertanyaan dalam buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMA/MA/MAK Kurikulum 2013 Bab 9 halaman 155. Peserta didik diminta mengerjakan soal dengan benar. 

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini dengan benar.


Evaluasi

A. Berilah tanda silang (x) pada huruf a,b,c,d atau e yang dianggap sebagai jawaban yang paling tepat !


1. Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut:

1) Setiap transaksi pada dasarnya mengikat orang (pihak) yang melakukan transaksi itu.

2) Ketentuan-ketentuan dalam transaksi, boleh menyimpang dari aturan syariat

3) Setiap transaksi harus dilakukan secara sukarela, tanpa ada unsur paksaan dari pihak manapun

4) Setiap transaksi hendaknya dilandasi dengan niat baik dan ikhlas karena Allah SWT semata.

5) Transaksi ekonomi antara umat Islam dan umat bukan Islam dibolehkan walaupun menyimpang dari syariat


Dari pernyataan-pernyataan tersebut, pernyataan yang termasuk ke dalam asas-asa transaksi ekonomi dalam Islam ialah...

a. 1,2, dan 3

b. 3,4, dan 5

c. 2,4, dan 5

d. 2,3, dan 4

e. 1,3 dan 4


2. Perhatikan ungkapan-ungkapan berikut:

1) Berakal

2) Berilmu

3) Ballig

4) Berhak menggunakan hartanya

5) Dapat melihat


Dengan melihat ungkapan tersebut yang termasuk syarat-syarat bagi penjual dan pembeli ialah...


a. 1,2, dan 3

b. 1,3, dan 4

c. 1,3,4, dan 5

d. 2,3, dan 4

e. 2,4, dan 5


3. Contoh jual beli yang batil ialah...

a. penjual dan pembeli tidak berda salam satu tempat.

b. penjual dan pembeli tidak mengucapkan ijab kabul.

c. nilai tukar barang yang dijual menggunakan kartu kredit.

d. nilai tukar bukan berupa uang, tetapi berupa barang

e. jual-beli minuman keras (khamr)


4. Hal yang tidak termasuk rukun mudarabah ialah

a. sahibul mal dan mudarrib syaratnya ballig, berakal sehat dan jujur

b. jenis usaha dan tempatnya sebaiknya disepakati bersama

c. besarnya keuntungan bagi sahibul mal dan mudarrib hendaknya sesuai dengan kesepakatan bersama pada waktu akad.

d. kerugian dalam waktu berusasaha ditanggung oleh mudarrib

e. mudarrib hendaknya bersikap jujur dan tidak boleh menggunakan modal untuk kepentingan sendiri dan orang lain tanpa seizin sahibul mal..


5. Ulama fiqh sepakat bahwa asuransi dibolehkan asal cara kerjanya Islami, kecuali

a. ditegakkannya prinsip keadilan

b. dihilangkannya unsur untung-untungan/maisir

c. tidak ada perampasan hak dan kezaliman

d. bersih dari unsur riba

e. para karyawan perusahaan asuransi harus orang Islam


B. Jawablah soal-soal berikut dengan benar dan tepat !

1. Sebutkan lima macam usaha untuk memenuhi kebutuhan dengan cara yang tidak halal merugikan orang lain !

2. Kemukakan usaha-usaha yang harus dilakukan agar setiap kegiatan transaksi ekonomi itu bernilai ibadah !

3. Sebutkan tiga contoh jual beli yang dianggap batil !

4. Kemukakan alasan (dalil) naqli dan aqlinya bahwa jual beli yang mengandung unsur kecurangan itu hukumnya haram !

5. Kemukakan perbedaan antara perbankan konvensional dan perbankan syariah !


C. Isilah kolom berikut dengan benar.


Jawab :
Masih dalam Proses Pengerjaan Oleh Tim

Kamis, 26 November 2020

Evaluasi PAI dan Budi Pekerti Kelas 11 Bab 8 Halaman 132

 Kunci Jawaban dari beberapa pertanyaan dalam buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti  Bab 8 Kelas 11 SMA/SMK/MA/MAK Kurikulum 2013 halaman 132. Peserta didik diminta mengerjakan soal dengan benar.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini

Soal

Evaluasi

A. Berilah tanda silang (x) pada huruf a,b,c,d atau e yang dianggap  sebagai jawaban yang paling tepat !


1. Di bawah ini adalah ayat-ayat yang memerintahkan untuk berbakti kepada kedua orang tua, kecuali..

a. QS. Al-AN'am/6:151

b. QS. Luqman/31:14

c. Q.S. Al-Isra/17:23

d. Q.S Al-ISra'/17:24

e. Q.S al Isra/17:17


2.Orang tua yang harus dihormati terlebih dahulu adalah..

a.nenek

b. kakek

c. ibu

d. bapak

e. paman


3. Rida Allah SWT ada pada rida orang tua, dan murkanya Allah SWT ada pad amurka orang tua" maksud hadis tersebut adalah..

a. kalau ingin mendapatkan rida orang tua, harus taat kepada Allah SWT

b. Kalau ingin mendapat murka Allah SWT, sayangi orangtua

c. Kalau ingin mendapat rida Allah SWT, hormati orang tua

d. kalau ingin dicintai Allah SWT, jauhilah orang tua

e. kalau ingin masuk surga, ciumlah kaki ibu


4. Sering seorang siswa membeda-bedakan fungsi antara orangtua dan guru, padahal fungsi keduanya hampir sama. Di bawah ini adalah fungsi orangtua dan guru yang sama, kecuali..

a. mendidik dan mengajari

b. membina dan merawat

c. merawat hingga ia mandiri

d. memberi makan untuk pertumbuhan

e. menjadi tempat mengadu


5. Yang termasuk cara berbakti kepada orangtua dan guru adalah...

a. selalu meminta pendapatnya

b. menceritakan keburukannya

c. mendengarkan nasihatnya

d. meminta agar keduanya memberi hadiah

e. meminta agar keduanya selalu membimbingnya


B. Jawablah pertanyaan berikut dengan benar dan tepat !

1. Mengapa kita diwajibkan untuk menghormati orang tua dan guru

2. Tulislah hadis yang menjelaskan bahwa ibu adalah manusia yang paling pertama untuk dihormati sebelum seorang bapak/ayah! Berikan alasannya mengapa ibu menduduki posisi istimewa !

3. Jelaskan pengaruh durhaka kepada orang tua dalam kehidupan anak!

4. Jelaskan kedudukan profesi guru dalam Islam

5. Bagaimana cara menghormati orangtua dan guru? Jelaskan !


C. Kerjakan kolom berikut ini sesuai perintah !

Berilah tanda centang (V) pada kolom Ya atau Tidak sudah tersedia di bawah ini dengan jujur


\Jawab:

Masih dalam Proses pengerjaan oleh Tim

Senin, 23 November 2020

Evaluasi PAI dan Budi Pekerti Kelas 11 Bab 7 Halaman 116

 Kunci Jawaban dari Evalusi di dalam buku PAI dan Budi Pekerti Bab 7 SMA/SMK/MA/MAK halaman 116 kurikulum 2013 terbitan kemendikbud. Peserta didik diminta mengerjakan soal dengan benar.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini

Soal

Evaluasi

A. Berilah tanda silang (x) pada huruf a,b.c,d atau e yang dianggap sebagai jawaban yang paling tepat!


1.Iman kepada rasul memiliki arti..

a. yakin bahwa Allah SWT benar-benar mengutus rasul

b. mengingkari rasul dan nabi yang tidak diketahui namanya

c. membenarkan berita yang tidak jelas dari rasul

d. mengamalkan semua syariat rasul

e. meyakini tidak semua rasul itu maksum


2. Buah iman kepada rasul adalah..

a. menjadikan rasul sebagai teman dalam hidupnya

b. bersahabat dengan rasul mendapatkan kenikmatan tersendiri

c. mengetahui seluk beluk kisah kehidupan rasul

d. menjadikan teladan dalam hidupnya

e. mengagumi karena statusnya manusia sangat suci


3. Yang bukan tugas rasul di bawah ini adalah..

a. mengajarkan manusia agar bertauhid yang benar

b. memperbaiki tatanan hidup manusia agar bersosialisasi dengan baik

c. meluruskan manusia agar beribadah dengan benar.

d. menipu manusia dengan mengatakan dirinya Tuhan

e. memberikan ancaman dan janji Allah SWT.


4. Iman kepada rasul harus diiringi dengan perbuatan...

a. menyanggah isi wahyunya

b. memboikot isi ajarannya

c. memprovokasi kejelekannya

d. menolak ajakannya

e. mengikuti perintahnya


5. Ayat di bawah ini mengandung arti...


a. meninggalkan apa yang diperintahkan rasul

b. menjalankan apa yang dilarang rasul

c. meneladani perilaku para sahabat nabi

d. yang datang dari rasul adalah benar, ikutilah

e. jauhi prasangka buruk kepada rasul


B. Jawablah pertanyaan berikut dengan benar dan tepat !

1. Jelaskan perbedaan antara nabi dan rasul !

2. Mengapa kita harus beriman kepada nabi dan rasul

3. Berilah contoh perilaku yang mencerminkan bahwa seseorang itu beriman kepada rasul Allah SWT (minimal 2 contoh perilaku)

4. Mengapa Allah SWT memberi mukjizat kepada rasul ? sebutkan jenis-jenis mukjizat yang kamu ketahui !

5. Buatlah contoh perbuatan seorang rasul yang menunjukkan bahwa ia seorang yang as Sidiq, al-amanah, at-tablig dan alfatanah


C. Kerjakan kolom berikut ini sesuai perintah

Tulislah jawaban Ya atau Tidak pada kolom yang sudah tersedia di bawah ini dengan jujur

Jawab : 
masih dalam proses pengerjaan oleh Tim

Minggu, 22 November 2020

Evaluasi PAI dan Budi Pekerti Kelas 11 Bab 6 Halaman 99

 Kunci jawaban dari beberapa pertanyaan dalam buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas 11 SMA/SMK/MA/MAK Kurikulum 2013 halaman 99. Peserta didik diminta mengerjakan soal dengan benar.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini



Soal

Evaluasi

A. Berilah tanda silang (x) pada huruf a, b,c,d atau e yang dianggap sebagai jawaban yang paling tepat !

1.Perhatikan pernyataan berikut ini !

1. Berusaha dengan sungguh-sungguh agar tercapaicita-citanya

2. Suka mengikuti kompetisi yang dilakukan sekolah-sekolah lain

3. Menjalankan perintah Allah SWT,rasul dan pemimpin

4. Berlomba dalam mewujudkan kebersihan dan keindahan

5. Disiplin dan selalu berseragam dengan lengkap setiap hari


Dari pernyataan di atas yang termasuk perilaku mulia terkait ketaatan adalah 

a. 1 dan 2

b. 2 dan 3

c. 3 dan 4

d. 2 dan 5

e. 3 dan 5


2. AKhir-akhir ini semangat berkompetisi sangat menurun di kalangan pelajar. Ini dibuktikan ketika diumumkan tentang peringkat kelas, justru sang juara menjadi cemoohan teman-temannya yang lain. Mereka menanggapinya dengan sinis bahwa si juara ini pelit orangnya, tidak mau bagi-bagi pada saat ujian.


Yang harus dilakukan oleh orang yang memahami isi Q.S Al-Maidah/5:48 adalah..

a. belajar dengan sungguh-sungguh agar ia menjadi juara kelas.

b. bekerja keras agar apa yang diinginkannya dapat tercapai

c. berkompetisi secara sehat, tidak curang dan tidak menyontek

d. berkolaborasi agar sama-sama mendapatkan nilai memuaskan

e. menaati semua atuan yang ada di sekolah dan kelas.


3. Ketika menemukan masalah, kemudian terjadi perselisihan karena masing-masing menganggap paling benar pendapatnya, yang harus kamu lakukan adalah sebagai berikut, kecuali..

a. menghormati perbedaan pendapat orang lain

b. berusaha mencari titik temu dari perbedaan tersebut

c. mengembalikan permasalahan kepada al Quran dan hadits

d. melakukan terobosan baru dengan berijtihad

e. tidak perlu diselesaikan karena keduanya ingin menang


4. Apabila ada pemimpin yang mengajak kepada kemaksiatan, sikap kita sebagaimana dijelaskan pada Q.S an-Nisa/4:59 adalah..

a. mengikuti meskipun salah

b. memeranginya dengan cara yang keras

c. melakukan demo untuk menentangnya

d. menolaknya dengan cara yang halus

e. membiarkan dan masa bodoh saja


5. Perhatikan pernyataan berikut ini!

1. Mempersaudarakan rakyatnya seperti saudara kandung

2. Senantiasa bersikap adil dan bijaksana serta berpola hidup sederhana

3. Bekerja keras dengan cara yang baik dan halal. 

4. Menyelesaikan tugas sampai tuntas

5. Kelompok-kelompok yang berbeda tidak perlu diperangi, tetapi didekati. 

Ungkapan di atas yang termasuk kategori etos kerja adalah...


a. 1 dan 2

b. 2 dan 3

c. 3 dan 4

d. 4 dan 5

e. 1 dan 5


B. Jawablah pertanyaan berikut ini dengan benar dan tepat !

1. Mengapa manusia perlu aturan

2. Apa jadinya kalau dalam kehidupan ini tidak ada aturan?

3. Bagaimana pendapatmu jika ada pemimpin yang membuat kebijakan tetapi ia sendiri tidak menjalankan

4. Mengapa manusia perlu berkompetisi dan berkolaborasi ?

5. Mengapa kita dianjurkan untuk saling menasihati antarsesama ?


Jawab:

Masih dalam proses pengerjaan oleh Tim

Evaluasi Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas 12 Bab 1 Halaman 275

Kunci jawaban dari beberapa pertanyaan dalam buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas 12 SMA/SMK/MA/MAK Kurikulum 2013 terbitan kemendikbud. Peserta didik diminta mengerjakan soal dengan benar.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini !




Soal

Evaluasi

I. Berilah tanda silang (x) pada huruf a,b,c,d atau e yang dianggap sebagai jawaban yang paling tepat..

1. Bekerja keras berarti berusaha atau berikhtiar secara sungguh-sungguh, dengan kata lain bekerja keras adalah bekerja dengan gigih dan sungguh-sungguh untuk mencapai suatu yang dicita-citakan merupakan sikap....

a. wajib dimiliki

b. seseorang pekerja

c. seorang peserta didik

d. seorang pegawai

e. Semua orang


2. Tanggungjawab itu bukan saja terhadap apa diperbuatnya akan tetapi melebar sampai...

a. semua akibat dan bekas-bekas dari perbuatan tersebut

b. Menimpa orang yang memberikan amanah

c. Menimpa keluarga

d. Menimpa teman kerja

e. menimpa masyarakat sekitarnya


3. Empat prinsip yang harus dimiliki seorang muslim dalam bekerja dan bertanggung jawab adalah seperti berikut, kecuali..

a. bekerja keras secara halal ( (thalaba ad dunya halalan)

b. bekerja demi menjag diri supaya tidak menajdi beban umat-umat terdahulu

c. bekerja demi mencukupi kebutuhan keluarga (sa'yan ala iyalihi)

d. bekerja untuk meringankan beban hidup tetangga ( ta'athufan ala jarihi)

e. Bekerja menafkahi keluarga


4. Orang yang bekerja keras adalah orang yang dapat memanfaatkan waktunya dengan baik dengan mengatur waktunya

a. Sebagian untuk bekerja, beribadah dan beristirahat

b. Sebagian untuk beribadah, bekerja dan berekreasi

c. Sepertiga waktu untuk ibadah, sepertiga waktu untuk mencari nafkah, dan sepertiga untuk beristirahat

d. Seperdelapan untuk ibadah, seperdelapan untuk bekerja dan seperdelapan untuk beristirahat

e. Seperempat untuk ibadah, seperempat untuk bekerja, seperempat untuk istirahat dan seperempat untuk rekreasi


5. Berikut ini yang tidak termasuk sikap perilaku orang yang bertanggung jawab adalah....

a. Melaksanakan amanah

b. Bekerja sesuai peraturan

c. Jujur dalam melaksanakan pekerjaannya

d. Melaksanakan kegiatan sesuai cita-citanya

e. Mengerjakan tugas sesuai tupoksinya (tugas pokok dan fungsinya)


II. Isilah titik-titik di bawah ini dengan jawaban yang singkat dan benar.

1. Memahami makna bekerja keras akan menumbuhkan sikap...

2. Memahami makna tanggung jawab akan menumbuhkan sikap perilaku sehari-hari...

3. Keterkaitan antara bekerja keras dan tanggung jawab akan menghasilkan...

4. Contoh orang yang bekerja keras dan bertanggung jawab..

5. Tuntutan era global mendorong seorang muslim harus...


III. Kerjakan soal-soal di bawah ini dengan jawaban yang singkat dan benar.

1. Jelaskan apa saja yang harus dilakukan oleh umat Islam terhadap ayat-ayat al Quran dan hadits yang menjelaskan tentang kewajiban bekerja keras dan tanggung jawab dalam setiap aktivitas

2. Berdasarkan analisis kalian, jelaskan beberapa manfaat dari bekerja keras dan bertanggung jawab!

3. Nyamuk yang biasa terbang ternyata menjadi makanan cicak yang tidak dapat terbang. Coba kalian analisis maknanya di balik fakta tersebut !

4. Jelaskan karakteristik orang yang bekerja keras dan bertanggung jawab!

5. Jelaskan sikap dan perilaku umat Islam yang sejalan dengan ajaran Islam tentang kewajiban bekerja keras dan bertanggung jawab !


Jawab: 

Masih dalam proses pengerjaan oleh tim

Evaluasi Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas 12 Bab 10 Halaman 255

Kunci jawaban dari beberapa pertanyaan dalam buku PAI dan budi pekerti Bab 9 Kelas 12 halaman 255 kurikulum 2013 terbitan kemendikbud. Peserta didik diminta mengerjakan soal dengan benar.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini !



Soal

Evaluasi

I. Berilah tanda silang (x) pada huruf a,b,c,d atau e yang dianggap jawaban yang paling tepat

1. Faktor terpenting yang mendukung berkembangnya Islam di pelosok dunia adalah...

a. Islam adalah agama yang sesuai dengan fitrah manusia

b. Bangsa Arab adalah kaum pedagang yang suka merantau

c. Tentara Islam yang kuat dan kerja sama yang baik

d. Dunia mengalami kekacauan politik dan peradaban

e. Romawi dan Persia mengalami kemunduran


2. Bangunan di bawah ini temasuk bangunan yang monumental dalam perkembangan peradaban Islam di India, yaitu...

a. Baitul maqdis

b. Masjid Aya Sophia

c. Masjid Nabawi

d. Baitul Hikmah

e. Taj Mahal


3. Universitas yang dianggap tertua di dunia, yang beridri pada tahun 972 adalah..

a. Oxford

b. Al-Azhar

c. Cambridge

d. Ummul Quro

e. Ummu Durman


4. Salah satu bukti peninggalan perdaban Islam di Spanyol adalah...

a. Tajmahal

b. Masjid Qiblatain

c. Istana Al Hambra

d. Masjid SUltan AHmet

e. Observatorium Maragha


5. Al Wanun Fi at Tibb adalah karya besar di bidang kedokteran yang ditulis oleh...

a. Al Kindi

b. Al Farabi

c. Ibnu Sina

d. Ibnu Rusyd

e. Ibnu Thufail


II. Isilah titik-titik di bawah ini dengan singkat dan benar !

a. Seseorang yang makin banyak ilmunya harus semakin lurus hidupnya dan lebih.....

b. Seseorang yang memiliki etos tingggi dalam menggapai ilmu pengetahuan diwujudkan dalam setiap..

c. Mengambil pelajaran dan contonh (uswah) bagaimana caranya umat Islam dahulu mampu menjadi super power dunia, pusat beradaban dan ilmu pengetahuan, maka sebagai generasi muda Islam harus...

d. Tanggung Jawab yang tinggi untuk senantiasa memperjuangkan tercapainya kemuliaan Islam dan kaum muslimin, maka sebagai generasi umat Islam harus....

e. Mempertahankan kebiasaan lama yang baik yang dicontohkan oleh para ulama assalafus shalih dan para cendekiawan muslim, di antaranya adalah...


III. Kerjakan soal-soal di bawah ini dengan singkat dan benar

1. Jelaskan secara singkat perkembangan Islam di Asia!

2. Jelaskan secara singkat perkembangan Islam di Eropa!

3. Sebutkan bukti fisik tentang kejayaan Islam di Turki!

4. Apa yang kalian ketahui tentang keberadaan umat Islam di Amerika!

5. Sebutkan salah satu ilmuwan yang memiliki banyak keahlian beserta bidang keahliannya!

6. Tuliskan biografi singkat salah seorang ilmuwan muslim yang kalian ingat!

7. Sebutkan nama salah seorang ilmuwan yang paling kalian kagumi dengan menjelaskan alasannya !

8. Jelaskan tiga faktor yang mempercepat perkembangnya dakwah Islam di Spanyol menurut analisis kalian?

9. Jelaskan tiga faktor penyebab kemunduran Islam di dunia mernurut analisis kalian !

10. Dakwah Islam ke seluruh penjuru dunia adalah untuk menyebarkan rahmat bagi alam semesta, dengan menanamkan nilai-nilai Islam yang luhur. Berdasarkan informasi yang kalian dapatkan dari berbagai sumber, negara manakah yang menurut kalian paling Islami (karena menerapkan nilai-nilai Islam), Sebutkan salah satu contoh nyata dari pengamalan nilai Islami tersebut