Kamis, 13 Agustus 2020

Kamu telah membaca bacaan “Tangga Nada Diatonis Mayor”

 Kunci Jawaban dari beberapa pertanyaan dalam buku Kelas 5 Tema 2 Subtema 1 kurikulum 2013 halaman 20. Peserta didik diminta mengerjakan soal tentang tangga nada diatonis mayor.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini.



Soal

Ayo Menulis

Kamu telah membaca bacaan “Tangga Nada Diatonis Mayor”.

1. Apa pengertian tangga nada mayor?

Salah satu tangga nada diatonis yang memiliki interval (jarak nada) 1 1 1/2 1 1 1 1/2

2. Apa ciri-ciri lagu bertangga nada mayor?

Bersifat riang gembira, Bersemangat, Biasanya diawali dan diakhiri nada do. Namun, tidak menutup kemungkinan diawali dengan nada 5 atau 3 dan diakhiri nada 1.




Selasa, 11 Agustus 2020

Kamu telah membaca bacaan ”Sistem Pernapasan pada Manusia”.

Kunci jawaban dalam buku Kelas 5 Tema 2 Subtema 1 Pembelajaran 2 halaman 16. Peserta didik sebaiknya mengerjakan dengan benar.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini 

Ayo Menulis

Kamu telah membaca bacaan ”Sistem Pernapasan pada Manusia”.

1. Dari bacaan tersebut buatlah pertanyaan menggunakan kata tanya: apa, di mana, kapan, mengapa, dan bagaimana. Tuliskan pertanyaan sebanyak-banyaknya. 

2. Dari pertanyaan tersebut, tuliskan jawabannya. 

3. Tuliskan pertanyaan dan jawabanmu dalam bentuk tabel seperti berikut.

Jawab

No.Kata TanyaPertanyaanJawaban
1.ApaApa saja organ pernapasan pada manusia?Organ pernapasan pada manusia adalah hidung, faring, laring, trakea, bronkus, bronkiolus, dan alveolus
  Apa zat yang diambil tubuh saat kita bernapas?Zat yang diambil tubuh saat kita bernapas adalah oksigen.
  Apa fungsi rambut yang terdapat di rongga hidung?Rambut yang terdapat di rongga hidung berfungsi menangkap kotoran.
  Apa jenis tulang yang menyusun organ laring?Jenis tulang yang menyusun organ laring adalah tulang Rawan.
  Apa nama organ yang merupakan percabangan dari bronkus?Organ yang merupakan percabangan dari bronkus adalah bronkiolus.
2.Di manaDi mana udara pernapasan pertama kali masuk ke dalam tubuh manusia?Udara pernapasan pertama kali masuk ke dalam tubuh manusia di rongga hidung
  Di mana persimpangan antara saluran pernapasan pada bagian depan dan saluran pencernaan pada bagian belakang ?Persimpangan antara saluran pernapasan pada bagian depan dan saluran pencernaan pada bagian belakang terdapat di bagian faring.
  Di mana letak Alvelous?Letak Alvelous terletak di dalam paru-paru .
  Di mana terdapat jaringan yang disebut silia ?Jaringan yang disebut silia terdapat di dalam trakhea.
  Di mana letak organ laring atau tekak ?Letak organ laring atau tekak di bagian belakang faring.
3.KapanKapan udara pernapasan yang masuk ke dalam tubuh disaring?Udara pernapasan yang masuk ke dalam tubuh disaring saat brada di rongga hidung.
  Kapan udara yang masuk ke dalam tubuh dilembapkan?Udara yang masuk ke dalam tubuh dilembapkan saat berada di selaput hidung.
  Kapan debu-debu dan bakteri yang masuk didorong keluar?Debu-debu dan bakteri yang masuk didorong keluar saat melewati jaringan silia.
  Kapan terjadinya pertukaran oksigen dan karbon dioksida?Pertukaran oksigen dan karbon dioksida terjadi pada saat udara di dalam Alvelous.
  Kapan oksigen terserap ke dalam pembuluh darah halus?Oksigen terserap ke dalam pembuluh darah halus saat berada dalam paru-paru.
4.MengapaMengapa manusia bernapas?Manusia bernapas untuk memasukkan udara ke dalam tubuh.
  Mengapa manusia membutuhkan energi dari makanan?Energi dari makanan dibutuhkan menggerakkan semua proses kehidupan yang sangat penting pada tubuh.
  Mengapa di dalam rongga hidung terdapat rambut-rambut pendek dan tebal ?Di dalam rongga hidung terdapat rambut-rambut pendek dan tebal untuk menyaring dan menangkap kotoran yang masuk bersama udara.
  Mengapa pada trakea terdapat jaringan yang disebut silia?Pada trakea terdapat jaringan yang disebut silia untuk mendorong keluar debu-debu dan bakteri yang masuk
  Mengapa oksigen dibutuhkan tubuh?Oksigen dibutuhkan untuk mendapatkan energi dari makanan.
5.BagaimanaBagaimana cara udara masuk ke dalam tubuh manusia?Udara masuk ke dalam tubuh manusia melalui proses bernapas.
  Bagaimana kotoran yang masuk bersama udara pernapasan disaring?Kotoran yang masuk bersama udara pernapasan disaring oleh rambut-rambut pendek dan tebal yang terdapat dalam rongga hidung.
  Bagaimana proses pertukaran oksigen dan karbondioksida?Proses pertukaran oksigen dan karbondioksida saat udara berada di Alveolus.
  Bagaimana proses gas karbindioksida keluar dari tubuh?Gas karbindioksida keluar dari tubuh melalui pembuluh darah yang masuk ke dalam paru-paru dan selanjutnya dibuang saat kita mengembuskan napas.
  Bagaimana cara oksigen diserap ke dalam tubuh oleh paru-paru?Oksigen diserap ke dalam tubuh oleh paru-paru melalui pembuluh darah halus. 

Kamu Telah Membaca Bacaan “Dayu dan Ikan Hias”. Perhatikan Peta Pikiran (Mind Map) Di bawah ini,

 Kunci jawaban dari pertanyaan dalam buku Kelas 5 Tema 2 Subtema 1 Pembelajaran 1 halaman 2. Peserta didik diminta mengerjakan soal tentang peta pikiran.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini.

Dayu dan Ikan Hias

Dayu memelihara banyak ikan hias berjenis ikan mas koki. Ikan-ikan hias itu dipelihara dalam sebuah akuarium. Setiap hari Dayu memberi makan ikan-ikannya. Dayu juga rutin membersihkan akuarium, lalu mengganti airnya dengan air bersih. Kegiatan itu ia lakukan seminggu sekali. Dayu senang melihat ikan-ikan di dalam akuarium berenang ke sana ke mari. Dayu memperhatikan saat mulut ikan-ikan itu terbuka dan menutup. Seolah-olah ikan-ikan itu selalu menelan air. Dayu bertanya-tanya, apa yang dilakukan ikan-ikan itu?

Soal

Kamu telah membaca bacaan “Dayu dan Ikan Hias”. Perhatikan peta pikiran (mind map) di bawah ini, lalu jawablah pertanyaan dalam setiap kotak.


Jawab :
Apa nama jenis ikan hias yang dipiara?
Ikan mas Koki
Siapa yang memelihara ikan hias ?
Dayu
Di mana ikan hias itu dipiara?
sebuah akuarium
Kapan ikan hias itu diberi makan ?
Setiap hari
Kapan akuarium dibersihkan?
seminggu sekali
Apa yang diperhatikan Dayu saat melihat ikan-ikan hiasnya?
mulut ikan

Ayo Menulis  

Menurutmu, apa yang dilakukan ikan-ikan dengan selalu membuka dan menutup mulutnya? Tuliskan pendapatmu dalam kotak berikut. 

Ikan-ikan selalu membuka dan menutup mulutnya karena: 

sedang bernafas, dengan memasukkan air ke dalam insang agar oksigen di air bisa disaring dan diedarkan ke seluruh tubuh ikan

Perhatikan gambar di Atas Apa Saja Makhluk Hidup yang Ada pada Gambar di Atas?

 Kunci Jawaban dari beberapa pertanyaan dalam buku Kelas 5 Tema 2 Subtema 1 halaman 1. Sebelum membaca kunci jawaban, sebaiknya kalian sudah mengerjakan soal terlebih dahulu karena kunci jawaban dalam artikel ini hanya bersifat sebagai tambahan jawaban.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini !


Perhatikan gambar di atas.

1. Apa saja makhluk hidup yang ada pada gambar di atas?

Kambing, bebek, ayam, itik

2. Apa saja perbedaan makhluk hidup yang ada pada gambar itu?


3. Apa pula persamaannya?

Sama-sama membutuhkan oksigen

4. Apakah semua makhluk hidup itu membutuhkan oksigen?

ya

5. Bagaimana proses pengambilan oksigen oleh makhluk hidup?

dihirup melalui alat pernafasan

6. Apa yang harus kita lakukan supaya ketersediaan oksigen terjaga?

Menanam tumbuh-tumbuhan

7. Bagaimana tanggung jawab kita terhadap masyarakat dalam menjaga ketersediaan oksigen?

bergotongroyong menanam tumbuh-tumbuhan


Isilah Peta Pikiran Berdasarkan Bacaan Tersebut! Sang Saka Merah Putih

 Kunci jawaban dari beberapa pertanyaan dalam buku Kelas 6 Tema 2 Subtema 3 Pembelajaran 3 halaman 119, 120 dan seterusnya. Saran kami bagi para pembaca, sebaiknya berusahalah terlebih dahulu mengerjakan soal sebisanya atau berdiskusi bersama teman-teman.

Kunci jawaban di bawah ini hanya merupakan pelengkap dari jawaban yang sudah kalian miliki. Silakan perhatikan soal dan jawaban di bawah ini

Soal

Ayo Membaca

Persatuan dapat membawa kebaikan. Begitu pula dalam belajar. Kamu akan bekerja sama dengan temanmu agar tulisanmu dapat lebih baik. 

Bacalah teks berikut!

Sang Saka Merah Putih merupakan sebutan bagi bendera nasional Indonesia. Warna merah putih memiliki makna. Merah berarti berani, dan putih berarti suci. Merah melambangkan tubuh manusia, sedangkan putih melambangkan jiwa manusia. Keduanya sangat penting, dan saling melengkapi.

Bendera pusaka dibuat oleh Ibu Fatmawati, istri Presiden Soekarno, pada tahun 1944. Bahan bendera terbuat dari katun Jepang dengan ukuran 276 cm × 200 cm. Sejak tahun 1946 sampai dengan 1968, bendera tersebut hanya dikibarkan pada setiap hari ulang tahun

Sumber: www.telusurindonesia.com kemerdekaan RI

Karena usianya yang sudah tua, Sang Saka Merah Putih terakhir tersebut kali berkibar pada tahun 1969. Bendera disimpan di Museum Nasional. Pemerintah kemudian membuat bendera duplikat dengan ukuran 300 cm × 200 cm.

Isilah peta pikiran berdasarkan bacaan tersebut!

Jawab:

Apa :
Sang Saka Merah Putih
Mengapa
Warna merah melambangkan tubuh manusia. Warna putih melambangkan jiwa manusia.

Siapa
Ibu Fatmawati
Bagaimana
Bahan bendera terbuat dari katun Jepang dengan ukuran 276 cm × 200 cm. Sejak tahun 1946 sampai dengan 1968, bendera tersebut hanya dikibarkan pada setiap hari ulang tahun
Kapan
Tahun 1944
Di mana
Jakarta

Senin, 10 Agustus 2020

Tulislah Berapa Persen Kotak Berwarna Biru Untuk Masing-Masing Kotak Ratusan di Atas!

Kunci jawaban dari beberapa pertanyaan dalam buku Kelas 6 Tema 2 Subtema 3 pembelajaran 2 halaman 114 dan seterusnya. Sebelum membaca kunci jawaban, para pembaca sebaiknya sudah mengerjakan soal. Nah, setelah soal selesai dikerjakan, silakan membaca kunci jawaban di bawah ini.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini !

Soal

Tulislah berapa persen kotak berwarna biru untuk masing-masing kotak ratusan di atas!

A. Kotak warna biru = 35%

B. Kotak warna biru = 32%

C. Kotak warna biru = 16%

Jelaskanlah jawabanmu kepada teman sebelahmu!
Jawablah pertanyaan berikut!

1. Sembilan puluh tujuh persen air bumi adalah air asin. Berapa persen air bersih yang ada di bumi?
Jelaskan jawabanmu!

Air di bumi = 100 %
Air asin = 97 persen
Berapa persen air bersih yang ada di bumi ?
Jawab: 
Air di bumi - Air asin = Air bersih
100 % - 97 % = 3 %

jadi air bersih di muka bumi = 3 %
2. Temukan jawabannya!
Santi membeli buku di toko diskon. Harga satu paket buku adalah Rp.400.000,00. Santi harus membayar Rp. 320.000,00.
Berapa persen Santi mendapat diskon atau potongan dari harga dasar? 

Jawaban:

Harga satu paket buku = Rp400.000,00

Harga yang dibayar Santi = Rp320.000

Berapa persen santi mendapat diskon atau potongan ?

Jawab :

Jumlah potongan Santi = Rp400.000-Rp320.000 = Rp80.000

Menghitung persen = Potongan harga/ Harga awal X 100 %

= Rp80.000/ Rp400.000 X 100 % 

= 20 %

Kunci Jawaban Pembelajaran 2 Subtema 3 Tema 2 Kelas 6 Halaman 109, 110, 111

Kunci jawaban dari beberapa pertanyaan dalam buku Kelas 6 Tema 2 Subtema 3 Pembelajaran 2 Kelas 6 Halaman 109, 110,111, 115 dan 136. Peserta didik diperbolehkan untuk melihat kunci jawaban. Akan tetapi, disarankan untuk terlebih dahulu mencoba mengerjakan soal-soal dalam buku tersebut dengan sungguh-sungguh.

Setelah selesai mengerjakan, peserta didik bisa melihat kunci jawaban di bawah ini. Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini 


Menjaga persatuan dan kesatuan bangsa merupakan kewajiban seluruh rakyat Indonesia karena negara kita terdiri atas berbagai suku, agama, dan ras. Persatuan dan kesatuan merupakan hal yang sangat penting, baik dalam rangka merebut, mempertahankan, maupun mengisi kemerdekaan. 

‘Bersatu Kita Teguh’ mengandung makna menyatunya berbagai unsur dan perbedaan yang ada menjadi suatu kesatuan yang utuh dan serasi sehingga muncul suatu kekuatan. Bangsa Indonesia telah membuktikan bahwa dengan persatuan dan kesatuan, kita mampu menghadapi penjajah dan akhirnya meraih kemerdekaan.

Setelah mengamati gambar dan membaca teks, tulis hal-hal yang kamu ingin ketahui lebih lanjut pada potongan kertas dalam bentuk pertanyaan!

1. Apakah yang dimaksud dengan Bersatu Kita Teguh? 

2. Mengapa kita harus bersatu

3. Siapa yang harus bersatu?

4. Bagaimana car menjaga persatuan

5. Kapan kita harus bersatu?

6. Di mana kita harus bersatu?

Tulis kesimpulan berdasarkan hasil diskusi!

Persatuan dan kesatuan merupakan syarat yang sangat penting yang harus dilakukan oleh bangsa Indonesia. Hal itu demi tercapainya tujuan pendirian bangsa Indonesia yaitu mencapai masyarakat adil, makmur dan sejahtera. Apabila semua bersatu, kondisi nasional akan aman dan tenteram, rakyat bisa bekerja dengan tenang..

Jawab pertanyaan berikut!

1. Apa makna ‘Bersatu Kita Teguh’ seperti yang dikatakan Edo di atas?

Menyatunya berbagai unsur dan perbedaan yang ada menjadi suatu kesatuan yang utuh dan serasi sehingga muncul suatu kekuatan.

2. Mengapa persatuan dan kesatuan sangat penting bagi bangsa Indonesia?

Karena persatuan merupakan modal awal bagi bangsa Indonesia dalam menghadapi berbagai permasalahan berbangsa dan bernegara seperti serangan perpecahan dalam negeri, musuh dari luar negeri dan lain-lain. Lagipula persatuan sudah terbukti mampu menghadapi penjajahan pada masa revolusi.

3. Berikan tiga contoh sikap yang mencerminkan persatuan dan kesatuan dalam kehidupan sehari-hari!

a. Belajar kelompok untuk menyelesaikan soal yang sulit

b. Kerja bakti

c. Diskusi dalam lingkungan keluarga, masyarakat, dan berbangsa dan bernegara

Kunci Jawaban Pembelajaran 1 Subtema 3 Tema 2 Kelas 6 Halaman 101, 107

 Kunci jawaban dari berbagai pertanyaan dalam buku Kelas 6 Tema 2 Subtema 3 Pembelajaran1 halaman 101. Peserta didik sebaiknya sudah mengerjakan soal sebisa mungkin tanpa melihat kunci jawaban.

Kunci jawaban di bawah ini hanya merupakan referensi atau sebatas materi tambahan bagi para peserta didik. Kalian tetap harus patuh terhadap perintah dan tugas-tugas dari bapak ibu guru kalian.

Amatilah tulisan berikut!

Apa yang kamu ketahui tentang naskah di atas? Diskusikanlah dengan temanmu!

Naskah di atas merupakan naskah Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia yang dibacakan oleh Soekarno-Hatta pada 17 Agustus 1945

Bacalah teks berikut dalam hati!

BM Diah dan Naskah Asli Proklamasi 

Teks proklamasi awalnya ditulis tangan oleh Soekarno, kemudian diketik oleh Sayuti Melik agar terlihat rapi. Teks asli tersebut kemudian dibuang ke tempat sampah. Salah seorang pemuda yang ikut hadir pada saat persiapan Proklamasi Kemerdekaan adalah BM Diah. Ia mengambil naskah asli dari tong sampah dan disimpannya. Ia menilai bahwa teks tersebut memiliki sejarah tinggi.

Naskah asli yang disimpan BM Diah selama 46 tahun 9 bulan 19 hari kemudian dikembalikan kepada Bangsa Indonesia. Dia membawa naskah asli Proklamasi Kemerdekaan RI pada Selasa pagi, 19 Mei 1992 pukul 10.30 dan menyerahkannya melalui Presiden Soeharto. Naskah itu kemudian disimpan oleh Arsip Nasional atas anjuran Soeharto. Keputusan BM Diah untuk menyimpan naskah asli sangat tepat. Seluruh bangsa Indonesia sampai sekarang dapat menikmati naskah asli proklamasi dan belajar banyak dari kejadian saat itu.

Amatilah kata-kata yang terdapat pada bacaan tersebut! Apakah kata-katanya termasuk kata baku?Tulis alasanmu dan diskusikan dengan teman!

Ya, termasuk kata baku karena sesuai dengan Pedoman Ejaan Bahasa Indonesia yang Disempurnakan

Dengan menggunakan buku EYD, tentukanlah apakah kata-kata yang terdapat pada bacaan adalah kata baku. Jelaskan jawabanmu!

Ya, semua kata dalam bacaan di atas termasuk kata baku

 Kembangkan informasimu dengan memperhatikan kata baku.

Jangan lupa menggunakan kalimat efektif.  (Halaman 102)


Apa

BM Diah menyelamatkan naskah Asli Proklamasi yang dibuang ke tempat sampah

Mengapa

Karena menurut BM Diah naskah proklamasi akan memiliki nilai sejarah pada saatnya nanti.

Siapa

BM Diah

Bagaimana

BM Diah mengambil nakkah proklamasi dari tong sampah. Beberapa tahun kemudian beliau menyerahkannya kepada Presiden saat itu, Suharto.

Kapan 

Setelah Sayuti Melik mengetik naskah proklamasi

Di mana

Di tong sampah


Ayo Berdiskusi

Setelah Proklamasi Kemerdekaan, bangsa Indonesia menjadi bangsa yang merdeka. Merdeka dari segala bentuk penjajahan. Setiap warga negara berhak untuk menikmati kemerdekaan tersebut, namun berkewajiban pula untuk menjaga kemerdekaan. Kemerdekaan yang diraih dapat mewujudkan rakyat yang makmur dan sejahtera karena mereka bebas berkarya dan menambah wawasannya.

Amatilah gambar berikut!

Apa pengaruh kemerdekaan bagi petani atau pedagang?

Bagi petani dan pedagang, kemerdekaan yang sekarang dinikmati seluruh rakyat Indonesia memberikan dampak sangat positif, para petani dan pedagang bisa bekerja dengan aman dan leluasa menjalankan aktivitasnya.

Apa pengaruh kemerdekaan bagi pelajar?

Bagi pelajar, mereka bisa belajar dengan giat demi meraih cita-cita karena pemerintah menjamin pendidikan setiap orang, asalkan mereka serius tentu cita-cita akan tercapai.

Apa yang harus dilakukan rakyat agar sejahtera?

Bekerja giat dan berdoa kepada Tuhan 

Diskusikan jawabanmu dengan kelompokmu!

Tulislah tiga kegiatan yang dapat kamu lakukan agar kamu berhasil sebagai pelajar!

1. Belajar giat

2. Berdoa

3. Tetap menjaga semangat

Minggu, 09 Agustus 2020

Kunci Jawaban Pembelajaran 6 Subtema 2 Tema 2 Kelas 6 Halaman 95,96

Kunci jawaban dalam buku kelas 6 Tema 2 Subtema 2 Pembelajaran 6 Halaman 95. Sebelum membaca kunci jawaban, diharapakan peserta didik sudah mengerjakan soal.

Kunci jawaban di bawah ini bukan merupakan jawaban yang paling benar. Sebaiknya peserta didik berkonsultasi dengan guru masing-masing.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini!

Ayo Berlatih

Masih ingatkah kamu cara bermain ‘Ayam dan Elang’?

Apa saja keterampilan yang diperlukan untuk permainan tersebut? Jelaskan.

Keterampilan Motorik, keterampilan ini dibutuhkan dalam permainan ayam dan elang karena dalam permainan tersebut terdapat banyak gerakan berlari dan melompat.

Apakah kamu sudah dapat melakukan keterampilan tersebut dengan baik?

Ya, saya sudah bisa melakukan keterampilan tersebut dengan baik.

Apa saja taktik yang perlu diterapkan agar dapat bermain dengan sukses?

Selain berlatih fisik berupa kekuatan berlari, juga diperlukan kerja sama yang baik

Mengapa kerja sama sangat diperlukan dalam permainan tersebut?

Kerja sama sangat dibutuhkan agar anak ayam tidak begitu saja ditangkap elang. 


Ayo Membaca (Halaman 96

Bacalah teks berikut dalam hati! 

Bandung Lautan Api

Peristiwa Bandung Lautan Api adalah peristiwa kebakaran besar yang terjadi di kota Bandung pada tanggal 23 Maret 1946. Dalam waktu tujuh jam, sekitar 200.000 penduduk Bandung membakar rumah mereka. Mereka meninggalkan kota menuju pegunungan di daerah selatan Bandung. Hal ini dilakukan untuk mencegah tentara Sekutu dan tentara NICA Belanda untuk dapat menggunakan kota Bandung sebagai markas strategis militer dalam Perang Kemerdekaan Indonesia. Karena kejadian tersebut, tentara Inggris merasa tidak terima dan mulai menyerang, sehingga pertempuran sengit terjadi.

Pertempuran yang paling besar terjadi di Desa Dayeuhkolot, di mana terdapat gudang amunisi besar milik tentara Sekutu. Dalam pertempuran ini Muhammad Toha dan Ramdan, dua anggota milisi BRI (Barisan Rakyat Indonesia) terjun dalam misi untuk menghancurkan gudang amunisi tersebut. Muhammad Toha berhasil meledakkan gudang tersebut.


Jawab:

Apa yang disebut dengan Peristiwa Bandung Lautan Api : Peristiwa pembakaran besar-besaran yang dilakukan penduduk Bandung.

Mengapa penduduk membakar kota Bandung : Karena mereka tidak ingin kota Bandung dijadikan markas militer oleh tentara sekutu dan NICA

Siapa yang terlibat dalam peristiwa Bandung Lautan Api : penduduk Bandung, Barisan Rakyat Indonesia, tentara NICA, Tentara sekutu.

Bagaimana peristiwa tersebut berlangsung : Dalam waktu tujuh jam, sekitar 200.000 penduduk Bandung membakar rumah mereka. Mereka meninggalkan kota menuju pegunungan di daerah selatan Bandung

Kapan : 23 Maret 1949

Di mana : Kota Bandung

Kunci Jawaban Pembelajaran 4 Subtema 2 Tema 2 Kelas 6 Halaman 77,78,79,80,81,82,83

Kunci Jawaban dari berbagai soal dalam buku Kelas 6 Tema 2 Subtema 2 Pembelajaran 4 halaman 77,78. Sebelum melihat kunci jawaban, peserta didik sebaiknya mencoba mengerjakan sendiri, jangan biasakan mencontek atau mencari kunci jawaban di internet.

Kunci jawaban di bawah ini hanya merupakan referensi. Silakan melihat soal dan jawaban di bawah ini


Soal

Setelah membaca teks di atas, lengkapi peta pikiran berikut dengan menggunakan kalimat efektif! (Halaman 77)

Kamu akan dibagi atas 3 kelompok.

1. Kelompok A akan melengkapi peta pikiran tentang Perjanjian Linggarjati.

2. Kelompok B akan melengkapi peta pikiran tentang Perjanjian Renville.

3. Kelompok C akan melengkapi peta pikiran tentang Perjanjian Roem Roijen.

Presentasikan peta pikiran yang telah kamu buat di depan kelas!

Kita akan menjawab berdasarkan kelompok

Kelompok A (Linggarjati)

Apa yang disebut perjajnjian Linggarjati : Perjanjian Linggarjati adalah perjanjian antara Indonesia dan Belanda di Linggarjati, Jawa Barat

Mengapa meletus Agresi Militer Belanda I): Van Mook mengingkari perjanjian Linggarjati

Siapa pelaku perjanjian Linggarjati: Delegasi Indonesia dan Belanda

Bagaimana hasil perjanjian Linggarjati : Ada empat hasil perundingan linggarjati yang akhirnya diingkari oleh Belanda

Di mana perjanjian tesebut diselenggarakan: Linggarjati, Jawa Barat

Kapan : 15 November 1946 - 25 Maret 1947


Kelompok B (Perjanjian Renville)

Apa yang disebut perjanjian Renville : Perjanjian antara Indonesia dan Belanda yang dilaksanakan di kapan Renville

Mengapa ada perjanjian Renville: Karena terjadi sengketa wilayah antara Belanda dan Indonesia.

Siapa saja yang terlibat dalam perjanjian Renville: Delegasi Indonesia, Belanda, dan Komisi Tiga Negara ( Belgia, Amerika Serikat, Australia).

Bagaimana pelaksanaan perjanjian Renville: Perjanjian Renville menghasilkan tiga keputusan

Di mana : Kapal Amerika Serikat, Renville

Kapan : 8 Desember 1947 - 17 Januari 1948


Kelompok C (Perjanjian Roem - Roijen)

Apa yang disebut perjanjian Roem - Rojen :Perjanjian antara Indonesia-Belanda yang masing-masing delegasi diketuai oleh Mohammad Roem dan Herman Van Roijen.

Mengapa diselenggarakan : Karena ada beberapa masalah mengenai kemerdekaan Indonesia sebelum KMB di Den Haag.

Siapa peserta perjanjian: Delegasi Indonesia dipimpin Mohammad Roem dan delegasi Belanda dipimpin Herman Van Roijen

Bagaimana: Perundingan menghasilkan tiga keputusan

Di Mana : Hotel Des Indes, Jakarta

Kapan: 14 April 1949 - 7 Mei 1949


Ayo Mencoba (Halaman 79)

Pada pembelajaran sebelumnya, kamu dan kelompokmu telah merancang naskah drama tentang makna dan manfaat persatuan dan kesatuan.

Apa makna persatuan dan kesatuan menurut pendapatmu?

Makna persatuan dan kesatuan menurut saya adalah sangat penting untuk mencapai tujuan bagi kehidupan dalam keluarga, masyarakat dan terutama bangsa dan negara.

Apa contoh sikap yang menunjukkan persatuan dan kesatuan dalam kehidupan sehari-hari? Jelaskan!

1. Bekerja sama membersihkan rumah atau kegiatan rumah tangga lainnya.

2. Bekerja sama menyelenggarakan kegiatan OSIS di sekolah

3. Bekerja sama membangun jalan di desa.

Apa manfaat dari persatuan dan kesatuan?

1. Memudahkan mencapai tujuan.

2. Menghindari perselisihan

3. Membuat kehidupan berbangsa dan bernegara menjadi tenang.


Ayo Berlatih (Halaman 80)


Berdasarkan dialog di atas, Lani menggunakan pita sepanjang 0,5 meter, Siti menggunakan pita sepanjang 1/4 meter, dan Dayu menggunakan pita sepanjang 1,2 meter.

Siapa yang menggunakan pita paling panjang? Jelaskan.

Pita Lani : 0,5 m = 1/2 m

Pita Siti = 1/4 m

Dayu : 1,2 m

Jadi, pita paling panjang adalah milik Dayu

Ayo Berlatih (Halaman 82)

Kamu telah mengetahui cara membandingkan dan mengurutkan bilangan desimal.

Selesaikan soal-soal berikut!

1. Perhatikan kartu bilangan berikut! 

Bandingkan bilangan berikut. Gunakan tanda > atau <.

0,573 <  0,753

0,952 > 0,259

17,952 > 16,052

17,246 <  17,624

2. Perhatikan bilangan pada tabel berikut!

17,235

0,343

7,826

0,433

17,325

7,286

0,6

0,32

Urutkan bilangan pada tabel tersebut dari yang terkecil hingga terbesar:

0,32; 0,343; 0,433; 0,6; 7,286; 7,826; 17,235; 17,325

3. Urutkan bilangan berikut dari yang terbesar hingga terkecil

Kita samakan dulu semua bilangan di atas menjadi desimal:

3/4 = 0,75

0,9

1/8 =0,125

0,6

1 1/8 = 9/8 = 1,125

1,3

Sekarang, mari kita urutkan dari yang terbesar hingga yang terkecil :

1,3; 1 1/8; 0,9; 0,75; 0,6; 0,125

4. Buatlah soal seperti latihan di atas! Minta salah seorang temanmu mengurutkan bilangan tersebut

Urutkan bilangan di bawah dari yang terbesar hingga terkecil

0,1 ; 1/2; 0,375 ; 1/4 ; 0,8