Sabtu, 18 Januari 2020

Kalimat Fakta dan Opini dalam Artikel Pak Raden dan Kisah Multikulturalisme

Soal dan jawaban dari tugas dalam buku bahasa Indonesia Kelas 12 SMA/ SMK/ MA/ MAK kurikulum 2013 terbitan kemendikbud bab 5 halaman 136 - 138. Peserta didik diminta menemukan fakta dan opini dalam artikel tersebut.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini !



Soal

Tugas
Sebelum membedakan fakta dan opini, kamu diminta untuk menemukan infomrasi dalam sebuah artikel opini terlebih dahulu. Berikut ini akan disajikan sebuah artikel dari surat kabr daring (online). Sbeleum mengerjakan latihan pada kegiatan ini, sebaiknya kamu perhatikan beberapa hal berikut ini.

1. Bacalah dengan cermat artikel berjudul Pak Raden dan Kisah Multikulturalistik berikut ini.
2. Temukan dan tandai informasi yang kamu peroleh dari artikel berikut ini. Kemudian, tulislah pada kolom yang telah disediakan (kerjakan di buku tugasmu)

(Silakan lihat tabel pada buku kalian masing-masing, bahasa Indonesia kurikulum 2013 halaman 138.


Jawab

Silakan tonton video di bawah ini




atau perhatikan tulisan di bawah ini

Fakta:

1. Jumat, 30 Oktober 2015 Indonesia kembali kehilangan seniman dongeng paling berpengaruh dalam perkembangan seni, terutama di kalangan anak-anak era 80-an.
2. Pak Raden alias Syadi adalah seniman senior sekaligus pencipta kisah boneka kayu "Si Unyil". Sebuah film seri televisi Indonesia produksi PPFN
3. Si Unyil diilhami dari pertunjukan wayang atau boneka kayu anak-anak di Perancis.
4.  Guignol adalah tokoh boneka yang diciptakan pada 1808 oleh Laurent Mourguet, seorang marionnettiste (dalang perempuan)
5. Sampai saat ini GuUignol masih digunakan sebagai hiburan anak-anak melalui pertunjukan di teater Guignol.
6. Ketika stasiun RCTI dan TPI kembali menayangkan kisah si Unyil, respons anak-anak pun tidak sebagus ketika ditayangkan di TVRI.
7. Hiburan anak-anak sudah digantikan dengan film kartun anak yang lebih menarik seperti Doraemon, He-man, Sailormoon.
8. Kisah Unyil bukan hanya sekadar kisah ideologis dan politis.
9. Guignol juga menjadi instrumen politik pemerintahan Perancis.
10. Melalui Unyil, pemerintah jugam enyosialisasikan banyak program seperti Keluarga Berencana.

Opini:
1. Kisah Unyil sangat menghegemoni jagat hiburan anak-anak di eranya, ketika stasiun swasta belum bertaburan seperti sekarang.
2. Keragaman karakter sosial ini menunjukkan bagaimana kisah si Unyil ingin mengajarkan kepada anak-anak di dera itu untuk menghargai perbedaan.
3. Perbedaan kelas sosial adalah hal yang paling tampak dalam film ini, serta perbedaan suku bangsa.
4. Saat ini kita merindukan film-film sekelas Unyil yang mampu menghiasi dunia anak-anak era 2000-an dan sesudahnya.
5. Kejayaan dan keindahan masa anak-anak seolah telah usai ketika media televisi sudah tidak lagi menunjukkan keramahannya pada dunia anak.

Pendapat saya terhadap artikel tersebut:

Artikel berjudul Pak Raden dan Multikulturalistik merupakan artikel yang menarik. Ada fakta dan opini. Berisi tentang sosok sentral dalam sebuah film yang cukup populer pada era 80-an, Pak Raden, yang meninggal pada Jumat, 30 Oktober 2015. 

Film Unyil memang sangat terkenal pada tahun 80-an. Bagi anak-anak pada masa itu, tokoh Unyil, Pak Raden dan tokoh lainnya begitu akrab dikenal. Waktu itu tentu saja, Unyil hanyalah hiburan bagi generasi 80-an. Anak-anak bahkan mungkin orangtua mereka, tidak berfikir jauh bahwa ternyata ada unsur lain selain hiburan.

Artikel ini menyajikan apa yang mendasari lahirnya film tersebut, jenis karya seni, bahkan nilai-nilai yang coba disampaikan. Unyil adalah karakter boneka yang bernama Guignol. Unyil berfungsi sebagai penyampai sosialisasi dari pemerintah, Unyil adalah sarana menyampaikan nilai-nilai multikulturalisme. 

Artikel Terkait