Sabtu, 18 Januari 2020

Kegiatan 1 Menemukan Pandangan Pengarang dalam Novel

Kunci jawaban dari kegiatan 1 dalam buku Bahasa Indonesia Kelas 12 SMA/ SMK/ MA/ MAK kurikulum 2013 terbitan kemendikbud bab 4 halaman 125. Peserta didik diminta mengisi tabel tentang pandangan pengarang.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal di bawah ini.



Soal

Kegiatan 1
Menemukan pandangan pengarang dalam Novel
Pada kegiatan ini kalian diminta menemukan pandangan pengarang dalam novel Ronggeng Dukuh Paruk. Untuk memudahkan pekerjaanmu. Ikutilah format berikut ini dan salinlah dalam buku tugasmu.

(Format tabel silakan lihat pada buku bahasa Indonesia Kelas 12 bab 4 halaman 125)

Jawab:

Sila tonton video di bawah ini



atau perhatikan tulisan di bawah ini

Aspek Kehidupan Sosial
Pandangan pengarang: Membaca Novel ini kita memang diajak untuk membaca apa pendapat pengarang tentang aspek kehidupan sosial. Kehidupan sosial di Dukuh Paruk digambarkan dengan sangat jelas. Dukuh Paruk adalah perkampungan yang miskin, kering, sedikit unsur mistik, dan masyarakat yang lugu yang begitu mudah percaya dengan orang asing yang terlihat kaya. Mereka tidak menyadari betapa berbahayanya orang asing yang hanya ingin mengambil keuntungan tanpa mempedulikan para seniman dukuh paruk. Puncak dari segala keluguan itu dialami oleh Srintil yang mengalami kepiluan seumur hidupnya.


Aspek Kehidupan Keagamaan
Agama menjadi penenang bagi sebagian masyarakat dukuh paruk, namun tidak serta merta membuat mereka mendadak jadi manusia berbudi pekerti luhur. Pada saat yang sama mereka juga tetap melanggar aturan-aturan agama.

Aspek kehidupan budaya
Kehidupan budaya di Dukuh Paruk adalah ronggeng. Kesenian tersebut melumuri selusuh dukuh.

Artikel Terkait