Monday, August 10, 2020

Kunci Jawaban Pembelajaran 2 Subtema 3 Tema 2 Kelas 6 Halaman 109, 110, 111

Kunci jawaban dari beberapa pertanyaan dalam buku Kelas 6 Tema 2 Subtema 3 Pembelajaran 2 Kelas 6 Halaman 109, 110,111, 115 dan 136. Peserta didik diperbolehkan untuk melihat kunci jawaban. Akan tetapi, disarankan untuk terlebih dahulu mencoba mengerjakan soal-soal dalam buku tersebut dengan sungguh-sungguh.

Setelah selesai mengerjakan, peserta didik bisa melihat kunci jawaban di bawah ini. Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini 


Menjaga persatuan dan kesatuan bangsa merupakan kewajiban seluruh rakyat Indonesia karena negara kita terdiri atas berbagai suku, agama, dan ras. Persatuan dan kesatuan merupakan hal yang sangat penting, baik dalam rangka merebut, mempertahankan, maupun mengisi kemerdekaan. 

‘Bersatu Kita Teguh’ mengandung makna menyatunya berbagai unsur dan perbedaan yang ada menjadi suatu kesatuan yang utuh dan serasi sehingga muncul suatu kekuatan. Bangsa Indonesia telah membuktikan bahwa dengan persatuan dan kesatuan, kita mampu menghadapi penjajah dan akhirnya meraih kemerdekaan.

Setelah mengamati gambar dan membaca teks, tulis hal-hal yang kamu ingin ketahui lebih lanjut pada potongan kertas dalam bentuk pertanyaan!

1. Apakah yang dimaksud dengan Bersatu Kita Teguh? 

2. Mengapa kita harus bersatu

3. Siapa yang harus bersatu?

4. Bagaimana car menjaga persatuan

5. Kapan kita harus bersatu?

6. Di mana kita harus bersatu?

Tulis kesimpulan berdasarkan hasil diskusi!

Persatuan dan kesatuan merupakan syarat yang sangat penting yang harus dilakukan oleh bangsa Indonesia. Hal itu demi tercapainya tujuan pendirian bangsa Indonesia yaitu mencapai masyarakat adil, makmur dan sejahtera. Apabila semua bersatu, kondisi nasional akan aman dan tenteram, rakyat bisa bekerja dengan tenang..

Jawab pertanyaan berikut!

1. Apa makna ‘Bersatu Kita Teguh’ seperti yang dikatakan Edo di atas?

Menyatunya berbagai unsur dan perbedaan yang ada menjadi suatu kesatuan yang utuh dan serasi sehingga muncul suatu kekuatan.

2. Mengapa persatuan dan kesatuan sangat penting bagi bangsa Indonesia?

Karena persatuan merupakan modal awal bagi bangsa Indonesia dalam menghadapi berbagai permasalahan berbangsa dan bernegara seperti serangan perpecahan dalam negeri, musuh dari luar negeri dan lain-lain. Lagipula persatuan sudah terbukti mampu menghadapi penjajahan pada masa revolusi.

3. Berikan tiga contoh sikap yang mencerminkan persatuan dan kesatuan dalam kehidupan sehari-hari!

a. Belajar kelompok untuk menyelesaikan soal yang sulit

b. Kerja bakti

c. Diskusi dalam lingkungan keluarga, masyarakat, dan berbangsa dan bernegara

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon