Monday, August 10, 2020

Kunci Jawaban Pembelajaran 1 Subtema 3 Tema 2 Kelas 6 Halaman 101, 107

 Kunci jawaban dari berbagai pertanyaan dalam buku Kelas 6 Tema 2 Subtema 3 Pembelajaran1 halaman 101. Peserta didik sebaiknya sudah mengerjakan soal sebisa mungkin tanpa melihat kunci jawaban.

Kunci jawaban di bawah ini hanya merupakan referensi atau sebatas materi tambahan bagi para peserta didik. Kalian tetap harus patuh terhadap perintah dan tugas-tugas dari bapak ibu guru kalian.

Amatilah tulisan berikut!

Apa yang kamu ketahui tentang naskah di atas? Diskusikanlah dengan temanmu!

Naskah di atas merupakan naskah Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia yang dibacakan oleh Soekarno-Hatta pada 17 Agustus 1945

Bacalah teks berikut dalam hati!

BM Diah dan Naskah Asli Proklamasi 

Teks proklamasi awalnya ditulis tangan oleh Soekarno, kemudian diketik oleh Sayuti Melik agar terlihat rapi. Teks asli tersebut kemudian dibuang ke tempat sampah. Salah seorang pemuda yang ikut hadir pada saat persiapan Proklamasi Kemerdekaan adalah BM Diah. Ia mengambil naskah asli dari tong sampah dan disimpannya. Ia menilai bahwa teks tersebut memiliki sejarah tinggi.

Naskah asli yang disimpan BM Diah selama 46 tahun 9 bulan 19 hari kemudian dikembalikan kepada Bangsa Indonesia. Dia membawa naskah asli Proklamasi Kemerdekaan RI pada Selasa pagi, 19 Mei 1992 pukul 10.30 dan menyerahkannya melalui Presiden Soeharto. Naskah itu kemudian disimpan oleh Arsip Nasional atas anjuran Soeharto. Keputusan BM Diah untuk menyimpan naskah asli sangat tepat. Seluruh bangsa Indonesia sampai sekarang dapat menikmati naskah asli proklamasi dan belajar banyak dari kejadian saat itu.

Amatilah kata-kata yang terdapat pada bacaan tersebut! Apakah kata-katanya termasuk kata baku?Tulis alasanmu dan diskusikan dengan teman!

Ya, termasuk kata baku karena sesuai dengan Pedoman Ejaan Bahasa Indonesia yang Disempurnakan

Dengan menggunakan buku EYD, tentukanlah apakah kata-kata yang terdapat pada bacaan adalah kata baku. Jelaskan jawabanmu!

Ya, semua kata dalam bacaan di atas termasuk kata baku

 Kembangkan informasimu dengan memperhatikan kata baku.

Jangan lupa menggunakan kalimat efektif.  (Halaman 102)


Apa

BM Diah menyelamatkan naskah Asli Proklamasi yang dibuang ke tempat sampah

Mengapa

Karena menurut BM Diah naskah proklamasi akan memiliki nilai sejarah pada saatnya nanti.

Siapa

BM Diah

Bagaimana

BM Diah mengambil nakkah proklamasi dari tong sampah. Beberapa tahun kemudian beliau menyerahkannya kepada Presiden saat itu, Suharto.

Kapan 

Setelah Sayuti Melik mengetik naskah proklamasi

Di mana

Di tong sampah


Ayo Berdiskusi

Setelah Proklamasi Kemerdekaan, bangsa Indonesia menjadi bangsa yang merdeka. Merdeka dari segala bentuk penjajahan. Setiap warga negara berhak untuk menikmati kemerdekaan tersebut, namun berkewajiban pula untuk menjaga kemerdekaan. Kemerdekaan yang diraih dapat mewujudkan rakyat yang makmur dan sejahtera karena mereka bebas berkarya dan menambah wawasannya.

Amatilah gambar berikut!

Apa pengaruh kemerdekaan bagi petani atau pedagang?

Bagi petani dan pedagang, kemerdekaan yang sekarang dinikmati seluruh rakyat Indonesia memberikan dampak sangat positif, para petani dan pedagang bisa bekerja dengan aman dan leluasa menjalankan aktivitasnya.

Apa pengaruh kemerdekaan bagi pelajar?

Bagi pelajar, mereka bisa belajar dengan giat demi meraih cita-cita karena pemerintah menjamin pendidikan setiap orang, asalkan mereka serius tentu cita-cita akan tercapai.

Apa yang harus dilakukan rakyat agar sejahtera?

Bekerja giat dan berdoa kepada Tuhan 

Diskusikan jawabanmu dengan kelompokmu!

Tulislah tiga kegiatan yang dapat kamu lakukan agar kamu berhasil sebagai pelajar!

1. Belajar giat

2. Berdoa

3. Tetap menjaga semangat

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon