Sunday, August 9, 2020

Kunci Jawaban Pembelajaran 6 Subtema 2 Tema 2 Kelas 6 Halaman 95,96

Kunci jawaban dalam buku kelas 6 Tema 2 Subtema 2 Pembelajaran 6 Halaman 95. Sebelum membaca kunci jawaban, diharapakan peserta didik sudah mengerjakan soal.

Kunci jawaban di bawah ini bukan merupakan jawaban yang paling benar. Sebaiknya peserta didik berkonsultasi dengan guru masing-masing.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini!

Ayo Berlatih

Masih ingatkah kamu cara bermain ‘Ayam dan Elang’?

Apa saja keterampilan yang diperlukan untuk permainan tersebut? Jelaskan.

Keterampilan Motorik, keterampilan ini dibutuhkan dalam permainan ayam dan elang karena dalam permainan tersebut terdapat banyak gerakan berlari dan melompat.

Apakah kamu sudah dapat melakukan keterampilan tersebut dengan baik?

Ya, saya sudah bisa melakukan keterampilan tersebut dengan baik.

Apa saja taktik yang perlu diterapkan agar dapat bermain dengan sukses?

Selain berlatih fisik berupa kekuatan berlari, juga diperlukan kerja sama yang baik

Mengapa kerja sama sangat diperlukan dalam permainan tersebut?

Kerja sama sangat dibutuhkan agar anak ayam tidak begitu saja ditangkap elang. 


Ayo Membaca (Halaman 96

Bacalah teks berikut dalam hati! 

Bandung Lautan Api

Peristiwa Bandung Lautan Api adalah peristiwa kebakaran besar yang terjadi di kota Bandung pada tanggal 23 Maret 1946. Dalam waktu tujuh jam, sekitar 200.000 penduduk Bandung membakar rumah mereka. Mereka meninggalkan kota menuju pegunungan di daerah selatan Bandung. Hal ini dilakukan untuk mencegah tentara Sekutu dan tentara NICA Belanda untuk dapat menggunakan kota Bandung sebagai markas strategis militer dalam Perang Kemerdekaan Indonesia. Karena kejadian tersebut, tentara Inggris merasa tidak terima dan mulai menyerang, sehingga pertempuran sengit terjadi.

Pertempuran yang paling besar terjadi di Desa Dayeuhkolot, di mana terdapat gudang amunisi besar milik tentara Sekutu. Dalam pertempuran ini Muhammad Toha dan Ramdan, dua anggota milisi BRI (Barisan Rakyat Indonesia) terjun dalam misi untuk menghancurkan gudang amunisi tersebut. Muhammad Toha berhasil meledakkan gudang tersebut.


Jawab:

Apa yang disebut dengan Peristiwa Bandung Lautan Api : Peristiwa pembakaran besar-besaran yang dilakukan penduduk Bandung.

Mengapa penduduk membakar kota Bandung : Karena mereka tidak ingin kota Bandung dijadikan markas militer oleh tentara sekutu dan NICA

Siapa yang terlibat dalam peristiwa Bandung Lautan Api : penduduk Bandung, Barisan Rakyat Indonesia, tentara NICA, Tentara sekutu.

Bagaimana peristiwa tersebut berlangsung : Dalam waktu tujuh jam, sekitar 200.000 penduduk Bandung membakar rumah mereka. Mereka meninggalkan kota menuju pegunungan di daerah selatan Bandung

Kapan : 23 Maret 1949

Di mana : Kota Bandung

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon