Selasa, 11 Agustus 2020

Kamu Telah Membaca Bacaan “Dayu dan Ikan Hias”. Perhatikan Peta Pikiran (Mind Map) Di bawah ini,

 Kunci jawaban dari pertanyaan dalam buku Kelas 5 Tema 2 Subtema 1 Pembelajaran 1 halaman 2. Peserta didik diminta mengerjakan soal tentang peta pikiran.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini.

Dayu dan Ikan Hias

Dayu memelihara banyak ikan hias berjenis ikan mas koki. Ikan-ikan hias itu dipelihara dalam sebuah akuarium. Setiap hari Dayu memberi makan ikan-ikannya. Dayu juga rutin membersihkan akuarium, lalu mengganti airnya dengan air bersih. Kegiatan itu ia lakukan seminggu sekali. Dayu senang melihat ikan-ikan di dalam akuarium berenang ke sana ke mari. Dayu memperhatikan saat mulut ikan-ikan itu terbuka dan menutup. Seolah-olah ikan-ikan itu selalu menelan air. Dayu bertanya-tanya, apa yang dilakukan ikan-ikan itu?

Soal

Kamu telah membaca bacaan “Dayu dan Ikan Hias”. Perhatikan peta pikiran (mind map) di bawah ini, lalu jawablah pertanyaan dalam setiap kotak.


Jawab :
Apa nama jenis ikan hias yang dipiara?
Ikan mas Koki
Siapa yang memelihara ikan hias ?
Dayu
Di mana ikan hias itu dipiara?
sebuah akuarium
Kapan ikan hias itu diberi makan ?
Setiap hari
Kapan akuarium dibersihkan?
seminggu sekali
Apa yang diperhatikan Dayu saat melihat ikan-ikan hiasnya?
mulut ikan

Ayo Menulis  

Menurutmu, apa yang dilakukan ikan-ikan dengan selalu membuka dan menutup mulutnya? Tuliskan pendapatmu dalam kotak berikut. 

Ikan-ikan selalu membuka dan menutup mulutnya karena: 

sedang bernafas, dengan memasukkan air ke dalam insang agar oksigen di air bisa disaring dan diedarkan ke seluruh tubuh ikan

Artikel Terkait