Jumat, 26 Juni 2020

Jawaban Pembelajaran 2 Subtema 2 Tema 1 Kelas 5 Halaman 63, 69, 71, 74,75

Kunci jawaban dari pembelajaran 2 subtema 2 tema 1 halaman 63 kurikulum 2013 terbitan kemendikbud kelas 5 SD. Peserta didik diminta mengerjakan soal dengan benar.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini

Amatilah gambar di atas. Kemudian, jawablah pertanyaanpertanyaan
berikut.
1. Kegiatan yang nampak pada gambar di atas adalah bermain sepak bola
2. Kegiatan di atas termasuk permainan yang menggunakan kaki
3. Tempat yang aman untuk melakukan kegiatan tersebut adalah lapangan
4. Apa saja yang harus dilakukan sebelum melakukan kegiatan tersebut?
-pemanasan
- makan yang cukup

Ayo Berdiskusi
Kamu telah mengetahui organ gerak manusia, terutama tulang. Sekarang, diskusikan dengan temanmu fungsi dari masing-masing tulang tersebut. Untuk memudahkan pekerjanmu, kamu bisa mencari buku referensi di perpustakaan sekolah.

1. Tulang hasta.
Fungsi: Membentuk lengan bawah sebagai alat gerak manusia serta menghubungkan lengan atas dengan pergelangan tangan.

2. Tulang lengan atas
Fungsi: Sebagai tempat menempel otot utama yang menggerakkan bahu dan siku.
3. Tulang pengumpil
Fungsi: Menyambungkan bagian siku dengan tangan di sisi ibu jari
Menghubungkan tulang jari (phalanges) dengan tulang telapak tangan (carpals).
4. Tulang pergelangan tangan
Fungsi: Menghubungkan tulang jari (phalanges) dengan tulang telapak tangan (carpals).

5. Tulang telapak tangan
Fungsi: Sebagai pemberi bentuk tangan, juga menghubungkan tulang jari (phalanges) dgn tulang pangkal tangan (carpals).
Metacarpals juga berfungsi untuk membentuk buku jari, yang dibentuk saat kamu mengepalkan tangan.

6. Tulang paha
Fungsi: Sebagai penggerak untuk berjalan dan berlari

7. Tulang kering
Fungsi: Sebagai penahan benturan di kaki dan sebagai penggerak untuk berjalan dan berlari,

8. Tulang betis
Fungsi: Penahan tulang betis dalam menjaga keseimbangan dan sebagai penggerak untuk berjalan dan berlari

9. Tulang pergelangan kaki
Fungsi:Memungkinkan gerak naik turun kaki, karena adanya sendi engsel

10. Tulang telapak kaki
Fungsi: Memungkinkan kaki untuk berpijak sehingga dapat berjalan, berlari dan berdiri
11. Tulang jari kaki
Fungsi: Berfungsi sebagai pijakan dan juga membantu badan agar lebih seimbang

Fungsi organ gerak manusia sangat banyak. Hampir semua aktivitas manusia tidak bisa terlepas dari organ gerak, bukan hanya dalam sepak bola saja. Coba kamu sebutkan aktivitas manusia yang memanfaatkan kerja organ gerak!

- Berenang
- Berlari
- Berjalan
- Naik sepeda

Ayo Membaca (Halaman 69-71)
Berdasarkan bacaan di atas, temukan ide pokok masing-masing paragrafnya.

Paragraf 1
Ide Pokok: Sidik lahir dengan kondisi yang memprihatinkan.

Paragraf 2
Ide Pokok : Meski tubuhnya tak sempurna, sejak kecil Sidik tidak pernah mau merepotkan orang lain.

Paragraf 3
Ide Pokok: Saya tidak mau dikasihani orang.

Paragraf 4
Ide Pokok: Setelah bertahun-tahun bekerja di Yayasan Swa Prasidya Purna tetapi 
tidak menghasilkan materi berarti, Sidik memilih keluar dan mencari pekerjaan lain

Paragraf 5
Ide Pokok: Modalnya ketika itu sumbangan dari Pemda DKI sebesar satu juta rupiah.

Paragraf 6
Ide Pokok: Sidik tak kehilangan akal, dia mendesain motornya agar tuas perseneling dapat dioperasikan dengan tangan

Paragraf 7
Ide Pokok: Saat ini Sidik terus mengembangkan pemasaran produknya.

Paragraf 8
Ide Pokok: Kini, dari hasil usahanya, Sidik mengantungi keuntungan berkisar 1 sampai 2 juta rupiah perbulan

Ayo Renungkan (Halaman  74)
1. Buatlah sebuah karangan singkat dengan ide pokok berikut ini.
Paragraf 1 : Makan sayur membuat sehat
Paragraf 2 : Aku gemar makan sayur
Paragraf 3 : Sayur bayam adalah sayur kesukaanku
Pargaraf 4 : Sayur yang sehat adalah yang bebas dari pestisida


Sayuran Sehat Membuat Tubuh Juga Sehat

Makan sayur membuat tubuh kita sehat. Sayuran mengandung zat-zat bergizi yang sangat baik bagi pertumbuhan dan perkembangan kita. Jika kita rajin mengonsumsi sayuran dengan benar, kita akan terhindar dari penyakit berbahaya.

Aku sangat gemar makan sayur. Ibu selalu menyediakan sayuran di rumahku. Ada bermacam-macam sayuran yang dimasak untuk pelengkap makan misalnya sayur bayam, sayur terong, sayur kacang, tomat dan lain-lain.

Aku suka makan sayur bayam. Apalagi jika yang masak sayur bayam adalah ibuku. Rasanya enak sekali. Aku menambahkan sedikit sambal, agar rasanya semakin lezat.

Sayur yang sehat adalah yang bebas dari pestisida. Jika sayur terlalu sering disemprot pestisida, rasanya menjadi tidak nikmat, bahkan berbahaya. Untuk itu agar kita bisa memastikan apakah sayuran yang kita konsumsi aman, sebaiknya tanamlah sayuran di sekitar rumah atau kebun.

2. Kamu telah mengetahui organ gerak dalam tubuhmu beserta fungsinya. Coba renungkan, apa yang terjadi jika salah satu organ gerak dalam tubuhmu rusak atau tidak dapat bekerja sebagaimana  mestinya? Renungkan juga apa yang bisa kamu lakukan tanpa adanya organ gerak dalam tubuhmu?
Lalu, bagaimana caramu menjaga organ gerak dalam tubuhmu?

Sesungguhnya tubuh kita merupakan anugerah dari Tuhan yang Maha Mencipt. Setiap organ tubuh memiliki manfaat bagi kita. Sungguh sangat sedih apabila salah satu organ tubuh kita mengalami kerusakan atau bahkan tidak dapat bekerja sebagaimana mestinya. Misalnya kaki. Jika kita kehilangan kaki, kita akan mengalami kesulitan beraktivitas sehari-hari. Jagalah selalu kesehatan setiap organ tubuh kita dengan beraktivitas sewajarnya dan mengonsumsi makanan sehat.

Bersama orang tuamu, buatlah daftar aktivitas yang kamu lakukan di rumah. Tentukan aktivitas yang memanfaatkan organ gerak.
- Berjalan
- Berlari
- Berolahraga
- Berdiri
- Jongkok

Kamis, 25 Juni 2020

Kunci Jawaban Pembelajaran 1 Subtema 2 Tema 1 Kelas 5 Halaman 56, 60, 61

Soal dan jawaban dari pembelajaran 1 dalam buku Tematik Kelas 5 Subtema 2 Manusia dan Lingkungan kurikulum 2013 edisi revisi 2017. Peserta didik diminta mengerjakan soal dengan benar dan tidak mencontek.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini


Ayo Mengamati
Amatilah ilustrasi kedua gambar di atas, kemudian jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut.
1. Peristiwa atau objek apakah yang nampak pada kedua gambar di atas?
Gambar pertama tentang seorang anak yang sedang mengayuh sepeda
Gamabr kedua tentang seseorang yang sedang mengendarai sepeda motor

2. Menurut pendapatmu, aktivitas pada gambar manakah yang menyehatkan?
Aktivitas yang menyehatkan adalah aktivitas pada gambar 1

3. Benarkah aktivitas manusia, seperti bersepeda, berjalan, berlari, dan lain-lainnya sangat dipengaruhi oleh kerja organ gerak manusia?
Betul sekali

Ayo Berlatih
Baca dan pahami teks tentang bersepeda
Baca dan pahami teks tentang bersepeda, kemudian ceritakan kembali isi teks tersebut kepada teman sebelahmu sesuai dengan bahasa dan pemahamanmu sendiri tanpa melihat buku.
Lakukan secara bergantian dengan temanmu.
Pada saat temanmu bercerita, tuliskan ide pokok cerita temanmu tesebut.

Paragraf 1
Ide Pokok: Bersepeda merupakan kegiatan yang menyenangkan sekaligus menyehatkan

Paragraf 2
Ide Pokok : Bersepeda dapat mengencangkan otot-otot tubuh.

Paragraf 3
Ide Pokok: Jika bersepeda secara rutin, kesehatan jantung kita akan tetap terjaga.

Paragraf 4
Ide Pokok: Salah satu pilihan yang bijak unutk menjaga stamina dan daya tahan tubuh adalah dengan bersepeda.

Paragraf 5
Ide Pokok: Bersepeda juga merupakan olahraga yang dapat membakar kalori dalam tubuh.

Paragraf 6
Ide Pokok: Oleh karena bisa membakar kalori dalam tubuh, maka bersepeda juga dapat menurunkan risiko terkena penyakit diabetes.

Paragraf 7
Ide Pokok: Manfaat bersepeda lainnya adalah mengurangi stres.

Ayo menulis (Halaman 61)

Kamu sudah bisa menentukan ide pokok dari sebuah bacaan, sekarang kembangkan ide-ide pokok berikut menjadi sebuah paragraf.

Ayo Menulis
Kamu sudah bisa menentukan ide pokok dari sebuah bacaan, sekarang
kembangkan ide-ide pokok berikut menjadi sebuah paragraf.

Bersepeda adalah kegiatan kesukaanku. Aku mulai menyukainya sejak ayah mengajariku naik sepeda pada saat aku masih berumur 6 tahun. Saat itu, ayah membelikanku sepeda roda empat. Setelah itu, ayah melepas dua roda kecil di samping kiri dan samping kanan roda belakang. Aku sering terjatuh saat naik sepeda, namun aku tidak kapok. Sekarang aku rajin bersepeda

Aku bersepeda pada sore hari. Setelah menunaikan salat asar, aku segera bersiap-siap untuk naik sepeda. Terkadang ayah dan ibu menemaniku bersepeda, namun tidak jarang aku bersepeda sendiri. Aku senang jika bisa bersepeda bersama ayah dan ibu.

Aku bersepeda berkeliling desa. Jalan di desaku sudah beraspal sehingga aku bisa berkeliling desa dengan nyaman. Aku bisa melihat suasana desa yang masih asri dengan sawah, ladang, sungai dan pepohonan yang terlihat begitu indah.

Aku bersepeda bersama teman-temanku. Kami memilih rute yang berbeda-beda setiap hari. Terkadang kami menyusuri pinggir sawah, pinggir sungai bahkan tidak jarang kami berkeliling ke desa lain.

Banyak sekali manfaat bersepeda yang kurasakan. Tubuhku terasa sehat dan bugar tiap kali selesai naik sepeda. Meskipun terkadang merasa kelelahan, aku merasa tubuhku tumbuh dengan sehat.


Ayo Renungkan
Melakukan aktivitas atau kegiatan fisik/ bergerak dalam kehidupan sehari-hari dapat membuat kita lebih sehat. Mengapa demikian? Adakah kaitannya dengan organ gerak manusia

Melakukan kegiatan fisik memang membuat badan kita sehat karena  seluruh tubuh kita akan bergerak dan membuat organ tubuh seperti jantung, otot, dan paru-paru bekerja keras. 

Kunci Jawaban Pembelajaran 6 Subtema 1 Tema 1 Kelas 5 Halaman 51,53

Soal dan jawaban dalam buku Tematik kelas 5 Tema 1 Subtema 1 Pembelajaran 6 Halaman 51. Peserta didik diminta mengerjakan beberapa soal dengan benar.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini.



Ayo Berkreasi
Amatilah dengan cermat gambar di atas, kemudian buatlah cerita tertulis dari gambar tersebut. Buatlah cerita minimal tiga paragraf.
Sebelum menulis cerita, tentukan ide pokok terlebih dulu yang akan kamu kembangkan dalam cerita.

Paragraf 1
Ide Pokok: Edo Bermain di rumah Pak Rudi.

Paragraf 2
Ide Pokok: Edo membantu Pak Rudi membersihkan kandang kelinci

Paragraf 3
Ide Pokok:Kandang Kelinci Pak Rudi selalu bersih.

Paragraf 4
Ide Pokok: Pak Rudi Rajin memberi makan kelinci.

Paragraf 5
Ide Pokok: Kelinci Pak Rudi sangat lucu.


Kolom Cerita

Kelinci Pak Rudi

Hari ini, Edo bermain ke rumah Pak Rudi. Beliau adalah adik dari ayah Rudi. Edo suka bermain di rumah Pak Rudi karena orangnya baik hati dan sangat menyayangi Edo. Selain itu, Edo juga senang melihat kelinci di rumah Pak Rudi.Tak terasa sore pun tiba, Edo harus pulang.

Sebelum pulang, ia membantu Pak Rudi membersihkan kandang kelinci. Saat Pak Rudi menyapu sampah di sekitar kandang, Edo membantu memungut sampah, lalu memasukkanya ke tempat sampah. Tidak lupa, ia juga memakai sarung tangan agar terjaga kesehatannya.

Kandang kelinci Pak Rudi selau bersih karena beliau rajin membersihkannnya. Pak Rudi rutin membersihkan kandang setiap hari. Jika kandang bersih, kelinci akan menyukainya.

Pak Rudi juga selalu memberi makan kelincinya setiap hari. Beliau menyediakan makanan seperti wortel dan sayuran-sayuran lainnya.

Kelinci Pak Rudi terlihat sangat lucu dan menyenangkan. Terkadang Edo meminta Pak Rudi untuk mengambilkan seekor kelinci lalu bermain-main dengan kelinci tersebut.

Ayo Membaca (Halaman 53)
Tentukan ide pokok dari masing-masing paragraf bacaan di atas.

Paragraf 1
Ide Pokok: Kupu-kupu adalah hewan yang lucu.

Paragraf 2
Ide Pokok: Kupu-kupu termasuk hewan serangga

Paragraf 3
Ide Pokok: Sayap kupu-kupu yang indah sebenarnya transparan

Paragraf 4
Ide Pokok:Kupu-kupu memiliki kemampuan terbang yang luar biasa.


Ayo Mengamati
Kamu telah mengetahui organ gerak hewan vertebrata dan avertebrata.
Pada pembelajaran sebelumnya kamu telah mengetahui gerak kelinci, siput, kupu-kupu.
Bersama kelompokmu, melalui contoh gerak hewan-hewan tersebut, identifikasikan ke dalam kelompok hewan vertebrata atau avertebrata.
Kemudian buatlah perbandingan antara keduanya. Lakukan dengan diskusi secara berkelompok.

Hewan vertebrata:  Burung dan Sapi
a. hal yang dibandingkan : ALAT GERAK
b. penjelasan : Meskipun sesama hewan vertebrata, Burung dan Sapi memiliki alat gerak yang berbeda . Burung Lebih sering menggunakan Sayap untuk bergerak, sementara kuda lebih sering menggunakan keempat kakinya.

Hewan avertebrata: Cacing dan ubur-ubur

a. Hal yang dibandingkan : sistem pertahanan diri
b. Penjelasan: meski berasal dari kelompok avertebrata yang sama, cacing dan ubur-ubur memiliki cara bertahan diri yang berbeda. Cacing mengandalkan permukaan kulitnya yang licin untuk meloloskan diri dari predator, sementara ubur-ubur menggunakan sengatannya.

Rabu, 24 Juni 2020

Jawaban Pembelajaran 5 Subtema 1 Tema 1 Kelas 5 Halaman 41,42,43, 46

Soal dan jawaban dalam buku Kelas 5 Sekolah Dasar Tema 1 Subtema 1 Pembelajaran 5 kurikulum 2013. Peserta didik diminta mengerjakan soal dengan benar.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini

Ayo Mengamati

Amati kedua hewan di atas.
Temukan perbedaannya


Karakteristik Kelinci
1. Vertebrata
2. Gerakannya cepat dan gesit
3. Organ geraknya kaki
4. Pola gerakan kelinci dengan melompat
5. Sekujur tubuh kelinci dipenuhi bulu halus

Karakteristik Siput
1. Avertebrata
2. Gerakannya lambat
3. Organ gerak siput adalah otot pada perutnya
4. Pola gerakan siput dengan merayap
5. Tubuh Siput dilindungi cangkang yang keras.


Ayo Mengamati (Halaman 43)

Di sekitarmu pastinya banyak sekali jenis hewan avertebrata. Bersama temanmu amati hewan-hewan tersebut dan identifikasikan organ geraknya. Tuliskan hasilnya pada tabel berikut.

1. Belalang
Nama organ gerak: Kaki depan, kaki belakang, dan sayap
Fungsinya: Fungsi kaki depan dan belakang, untuk melompat. Sayap berfungsi untuk terbang

2. Cacing
Nama organ gerak : Otot perut
Fungsinya: berpindah tempat

3. Ubur-ubur
Nama organ gerak: tentakel
fungsinya: pergerakan naik dan turun dalam air.


Ayo membaca (halaman 44,45,46)
Berdasarkan bacaan di atas, temukan ide pokok dan kalimat pengembang masing-masing paragraf.

Paragraf 1
Ide Pokok: Siput, menurut sebagian orang dianggap sebagai hewan yang lamban
dan menjijikkan
Kalimat Pengembang: 
- Bahkan karena gerakannya yang lamban, tidak jarang orang membanding-bandingkannya dengan kelinci. 
- Siput juga dianggap menjijikan karena tubuhnya yang penuh lendir.


Paragraf  2
Ide Pokok: Sebenarnya siput memiliki kelebihan dan keistimewaan
Kalimat Pengembang: 
- Kelebihan dan keistimewaan siput ini merupakan karunia Tuhan yang tidak dimiliki oleh
hewan-hewan lain.

Paragraf 3
Ide Pokok: Siput merupakan hewan yang berjasa dalam penguraian serpihan
daun-daunan
Kalimat Pengembang: 
  • Kenapa berjasa? Karena siput memakan daun-daunan dan menjadikannya bagian-bagian yang kecil (serpihan) sehingga mudah untuk diuraikan oleh bakteri pengurai. 
  • Jika benda-benda yang besar seperti daun berubah menjadi serpihan dan diuraikan akan bermanfaat bagi kelestarian lingkungan sekitar siput berada. 
  • Hasil penguraian yang diawali oleh siput itu akan berfungsi menjadi pupuk alami sehingga tanah pun menjadi subur.

Paragraf 4
Ide Pokok: Siput adalah sang pengembara yang mandiri
Kalimat Pengembang: 
  • Meskipun siput berjalan lamban, namun siput memiliki stamina yang sangat bagus. 
  • Daerah pengembaraan siput pun sangat luas. 
  • Pengembaraan siput dimulai sejak siput menetas. Setelah menetas, siput langsung mandiri.

Paragraf 5
Ide Pokok: Siput memiliki pertahanan diri yang baik dalam beradaptasi dengan lingkungan dan mempertahankan diri dari serangan predator.
Kalimat Pengembang: 
  • Meskipun tubuhnya lunak, namun tubuh siput memiliki lendir. 
  • Lendir ini berfungsi sebagai minyak pelumas dan pelindung bagi tubuhnya ketika berjalan di permukaan.
  • Jalan sekasar apa pun dan seterjal apa apun akan mudah dilalui tanpa tubuhnya terluka. 
  • Selain itu siput juga dikaruniai Tuhan dengan cangkang. 
  • Cangkang ini berfungsi sebagai rumah yang memberikan kenyamanan dan keamanan bagi tubuhnya. Cangkang juga berfungsi sebagai tempat persembunyian ketika ia terancam oleh lingkungan atau predator. 
  • Meski terik panas atau pun hujan, siput tetap bisa hidup nyaman dan aman dengan cangkangnya. Predator pun akan kebingungan untuk memangsa siput, karena tubuhnya terlindungi oleh cangkang yang keras.

Paragraf 6
Ide Pokok: Jadi, siput bukanlah hewan yang lemah.
Kalimat Pengembang: 
  •  Siput adalah hewan istimewa yang memiliki banyak kelebihan. 
  • Siput diciptakan Tuhan dengan kekurangan sekaligus dengan kelebihan. 
  • Begitu juga dengan manusia, diciptakan Tuhan dengan kelebihan dan kekurangan. 
  • Oleh karena itu kamu tidak boleh menyombongkan iri dengan kelebihan yang kamu
  • miliki. 
  • Kamu juga jangan minder jika kamu kekurangan.

Selasa, 23 Juni 2020

Jawaban Pembelajaran 4 Subtema 1 Tema 1 Kelas 5 Halaman 32,38, 39

Soal dan jawaban dari pembelajaran 4 dalam buku Tematik kelas 5 Tema 1 subtema 1 halaman 32. Peserta didik diminta mengerjakan soal tentang Kondisi Geografis pulau-pulau besar di Indonesia.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini



Ayo Mengamati (Halaman 32)
Amatilah peta pada pembelajaran sebelumnya. Tuliskan kondisi geografis wilayah Indonesia, khususnya kondisi geografis pulau-pulau besar di Indonesia.


Pulau Jawa
Kondisi Geografis Pulau Jawa Berdasarkan Peta
1. Luas : ± 126.700 km² (48.919,1 mil²)
2. Batas
a. Laut :  
Sebelah utara : Laut Jawa
Sebelah selatan : Samudra Hindia
Sebelah barat    : Selat Sunda
Sebelah timur   : Selat Bali

b. Daratan: 
Sebelah utara     : Laut Jawa dan Pulau Kalimantan
Sebelah selatan : Samudera Hindia
Sebelah barat     : Selat Sunda dan Pulau Sumatera
Sebelah timur    : Selat Bali dan Pulau Bali

3. Keadaan Alam
a. Nama-nama pantai dan laut
  1. Pantai Pangandaran (Jawa Barat)
  2. Pantai Carita (Banten)
  3. Pantai Siung (Yogyakarta)
  4. Pantai Menganti (Jawa Tengah)
  5. Pantai Ombak Mati (Jawa Tengah)
  6. Pantai Karang Agung (Jawa Timur)
  7. Pantai Tanjung Lesung (Banten)
  8. Pantai Klayar (Jawa Timur)
  9. Pantai Anyer (Banten)
  10. Pantai Parangkritis
Laut Di Pulau Jawa :
  1. Laut Jawa
  2. Samudera Hidia
Dataran Rendah Di Pulau Jawa :

b. Nama-nama dataran rendah:
  1. Dataran Rendah Surakarta.. Dataran ini terletak di Provinsi Jawa Tengah dimana dengan ketinggian mencapai 95 meter sampai dengan 105 meter di atas permukaan laut.
  2. Dataran Rendah Semaran. Dataran rendah ini memiliki sebuah ketinggian berkisar antara 0 sampai dengan 3,5 meter dimana di atas permukaan laut serta berbatasan langsung dengan Laut Jawanya.
  3. Dataran Rendah Madiun. Terdapat di Kota Madiun, Provinsi Jawa Timur. Dataran rendah Madiun ini berada pada ketinggian berkisar antara 63 meter sampai dengan 67 meter dimana dari atas permukaan air laut. 
c. Nama-nama gunung:
  1. Gunung Lawu, Jawa Timur.
  2. Gunung Ijen, Jawa Timur.
  3. Gunung Argopuro, Jawa Timur.
  4. Gunung Semeru, Jawa Timur.
  5. Gunung Salak, Jawa Barat.
  6. Gunung Tangkupan Perahu, Jawa Barat.
  7. Gunung Sindoro, Jawa Tengah.
  8. Gunung Sumbing, Jawa Tengah.
  9. Gunung Merbabu, Jawa Tengah.
  10. Gunung Merapi, Jawa Tengah.
  11. Gunung Prau, Jawa Tengah.


Pulau Sumatera
Kondisi Geografis Sumatera berdasarkan peta.
1. Luas: 473.481 km²
2. Batas
a. Laut: Teluk Benggala, Laut Cina Selatan, Selat Sunda, Samudera Hindia, Selat Malaka.
b. Daratan: Malaysia, India, Kalimantan

3. Keadaan Alam
a. Nama-nama Pantai dan laut;
Pantai: Tanjung Tinggi, Carocok, Iboih, Pasir Putih, Pulau Jemur, Pasir Panjang, Trikora, Prai Tenggiri.
Laut: Laut Indonesia

b. Nama-nama dataran rendah
Meulaboh dan Singkil 

c. Nama-nama gunung
Gununt Singgalang, GUnung Kerinci, GUnung Talang, Gunung Marapi, Gunung Dempo, Gunung Talamau, Gunung Leuser, Gunung Perkison.

Pulau Kalimantan
Kondisi geografis Kalimatan berdasarkan peta.
1. Luas: 743.330 km2
2. Batas
a. Laut: Laut Cina Selatan, Laut Sulawesi, Laut Jawa
b. Daratan: Malaysia, Selat Karimata, Selat Makassar..

3. Keadaan Alam
a. Nama-nama pantai dan laut
Pantai maratua, Pantai kakaban, Sinka

b. Nama-nama dataran rendah
Pangkalanbun, Kuala Kapuas, Kuala pembuang, Teluk melano, Ketapang.

c. Nama-nama gunung:
Gunung bukit raya, Gunung Palung, Gunung Halau-halau, Gunung Liangpran

Pulau Sulawesi
Kondisi Geografis Pulau Sulawesi Berdasarkan Peta
1. Luas: 174.600 km2
2. Batas
a. Laut: Laut Banda, Laut FLores, Laut Sulawesi
b. Daratan: Kepulauan Maluku, Kalimantan, Filipina, NTT, NTB

3. Keadaan Alam
a. Nama-nama pantai dan laut
Pantai malalayang, Pantai Talise, Pantai Wakatobi, Pantai Likupang, Pantai Manakarra, Pantai Dato Majene.

b. Nama-nama dataran rendah:
Bukulumba, Bantaeng, Jeneponton, Takalar, Gowa, Majene, Selayar, Mamuju.

c. Nama-nama gunung:
Gunung Lokon, Gunung Bawakaraeng, Gunung Mahawu, GUnung Latimojong, Gunung Karangetang, Gunung Gondang Dewata.

Papua dan Maluku
Kondisi Geografis Pulau Papua dan Maluku
1. Luas: 1.133.019 km2
2. Batas: 
a. Laut: Laut sulawesi,Laut Halmahera, Laut Banda, Laut Arafuru, Laut Filipina, Samudera Pasifik
b. Daratan: Papua Nugini, Sulawesi, Timor Leste
3. Keadaan alam
a. Nama-nama pantai dan laut
Pantai: Raka Ampat, Pulau Venue, Tanjung kasuari, Pasir Panjang, Pintu Koto, Santai, Sopape.
Laut: Banda, Maluku

b. Nama-nama dataran rendah:
Pesisir Arafura, Pesisir Trans-Fly, Pesisir, Teluk Papua, Maluku Tenggara.

c. Nama-nama Gunung.
Gunung Gamsunoro, GUnung Kapalamadan, Gunung Waloolon, Gunung Jaya, Gunung Trikora
Pulau Bali dan Nusa Tenggara
Kondisi Geografis Pulau Bali dan Nusa Tenggara
1. Luas: 25.789,81 km
2. Batas 
a. laut: Selat Bali, Laut Bali, Laut Flores
b. Daratan: Pulau Jawa, Lombok

3. Keadaan Alam
a. Nama-nama Pantai dan Laut
Pantai: Nusa Dua, Kuta, Legian, Seger, Sanur
Laut: Laut Bali, Laut Timor, Laut Sawu

b. Nama-nama dataran rendah
Sungai Ayung, SUmbawa, LOmbok, FLores, Sungai Telaga Waja

c. Nama-nama gunung:
Gunung Agung, GUnung Batur, Gunung Tambora, GUnung Rinjani, Gunung Batur

Ayo Berlatih (Halaman 38)
Sebutkan ide pokok masing-masing paragraf pada teks “Gotong Royong Modal Dasar Pembangunan”.

Paragraf 1: Gotong royong merupakan modal dasar bagi terciptanya suasana kemasyarakatan yang harmonis

Paragraf 2: Tidak ada perbedaan dalam prinsip gotong royong.
Paragraf 3: Prinsip-prinsip gotong royong sangat bermanfaat bagi pelaksanaan pembangunan nasional

Ayo Menulis 

Berdasarkan ide pokok berikut, kembangkan menjadi sebuah paragraf.

Musyawarah mufakat adalah nilai luhur bangsa yang harus terus diterapkan dalam kehidupan
sehari-hari. Apabila ada perbedaan di kalangan masyarakat, mereka harus mengutamakan musyawarah.

Kebebasan memeluk agama atau kepercayaan adalah hak setiap warga negara. Tidak ada seorangpun yang boleh mengganggu atau memaksakan agama atau kepercayaannya kepada orang lain. Selain melanggar hukum, hal tersebut juga akan mengakibatkan terjadinya ketidakharmonisan di lmasyarakat.

Senin, 22 Juni 2020

Pembelajaran 3 Subtema 1 Tema 1 Kelas 5 Halaman 24,25,27, 29

Soal dan jawaban yang terdapat dalam buku Tematik Kelas 5 SD Tema 1 Subtema 1 Pembelajaran 3 halaman 24. Peserta didik diminta mengerjakan soal tentang Pancasila dan pengaamalannya.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini.



Ayo Berdiskusi
Diskusikan dengan teman sebangkumu mengenai sikap-sikap atau perilaku yang sesuai dengan nilai-nilai yang terkandung dalam sila-sila Pancasila.
Berilah tanda centang () pada kolom yang sesuai.

1. Gotong Royong (Sila ke-3)
2. Rajin beribadah (Sila ke-1)
3. Melaksanakan hasil keputusan musyawarah secara bertanggung jawab (Sila ke-4)
4. Tidak membeda-bedakan antara yang kaya dengan yang miskin (Sila ke-5)
5. Memberikan kesempatan kepada orang tua untuk duduk ketika berada di angkutan umum. (Sila ke-2)

Ayo Menulis
Tuliskan sikap-sikap dalam kehidupan sehari-hari yang sesuai dengan nilai-nilai yang terkandung dalam sila-sila Pancasila.

1. Sila Pertama
Sikap yang sesuai:
a. Rajin beribadah
b. Bertakwa kepada Tuhan
c. Rajin ke tempat ibadah
d. Saling menghormati agama lain

2. Sila Kedua
Sikap yang sesuai
a. Memberi sumbangan ke tempat ibadah/ lembaga sosial
b. Menolong tetangga yang kesusahan
c. Tenggang rasa
d. Membantu orang tua menyeberang di jalan raya

3. Sila Ketiga
Sikap yang sesuai
a. Gotong royong
b. Mengikuti upacara bendera
c. Mengikuti kerja bakti
d. Mengikuti kegiatan OSIS/ Pramuka dll

4. Sila Keempat
Sikap yang sesuai
a. Mengikuti Pemilu
b. Berdiskusi ketika ingin memecahkan masalah
c. Melaksanakan hasil musyawarah
d. Tidak memaksakan kehendak.

5. Sila Kelima
Sikap yang sesuai
a. Berusaha berlaku adil terhadap sesama manusa
b. Tidak bergaya hidup mewah
c. Patuh terhadap aturan hukum
d. Tidak memilih-milih dalam berteman

Amatilah perilaku dan sikap orang-orang di lingkungan sekitarmu, seperti di sekolah, rumah, atau masyarakat. Tuliskan perilaku atau sikap yang tidak sesuai dengan nilai-nilai yang terkandung dalam sila-sila Pancasila.
Berilah tanda centang () pada kolom yang sesuai.

1. Tidak memberikan kesempatan kepada salah satu penganut agama untuk melaksanakan ibadah (Tidak sesuai dengan Sila pertama)
2. Bersikap arogan terhadap anak kecil (Tidak sesuai dengan sila kedua)
3. Tidak mau melaksanakan kerja bakti (Tidak sesuai dengan sila ketiga)
4. Lebih mengutamakan arogansi ketika menyelesaikan masalah (tidak sesuai dengan sila keempat)
5. Bersikap semena-mena terhadap teman yang tidak disukai ( tidak sesuai dengan sila kelima)

Ayo Berdiskusi (Halaman 27)

Berdasarkan pada peta di atas, diskusikan dengan temanmu mengenai luas dan letak negara Indonesia. 
Tuliskan hasil diskusimu pada kolom berikut.

Memiliki luas 5.148.111 km2 dan di antara 2 benua, yaitu Benua Asia dan Benua Australia serta di antara 2 Samudra, yaitu Samudra Hindia dan Samudra Pasifik.

Ayo menulis (halaman 29)
Mengenali wilayah tempat tinggal kita akan menjadikan kita lebih mencintai lingkungan tempat tinggal kita. Bagaimana dengan kamu? Seberapa kenalkah kamu terhadap lingkungan tempat tinggalmu?
Agar semakin mengenal lingkunganmu, buatlah cerita singkat berdasarkan peta wilayah yang telah kamu buat.
Bacakan ceritamu di depan teman-temanmu. Pada saat salah seorang temanmu bercerita tentang wilayah tempat tinggalnya, dengarkan dengan
saksama dan temukan ide-ide pokok ceritanya. Tuliskan hasilnya pada kolom berikut.

Paragraf 1
Ide Pokok
Kalimat pengembang:

Paragraf 2
Ide Pokok
Kalimat pengembang:

Paragraf 3
Ide Pokok
Kalimat pengembang:

Paragraf 4 
Ide Pokok
Kalimat pengembang:

Ayo renungkan 
Tuliskan sikap dan perilakumu yang sudah sesuai dengan nilai-nilai yang terkandung dalam sila-sila Pancasila.

1. Rajin beribadah
2. Saling menyayangi orangtua, dan saudara
3. Selalu mengikuti upacara bendera
4. Saling berdiskusi untuk menyelesaikan masalah
5. Bersikap adil.
Mintalah evaluasi kepada orang tuamu.

Jumat, 19 Juni 2020

Jawaban Pembelajaran 2 Subtema 1 Kelas 5 Halaman 12,13,14,17,18

Soal dan jawaban dari pembelajaran 2 subtema 1 kelas 5 SD halaman 8 kurikulum 2013 terbitan kemendikbud. Peserta didik diminta mengerjakan beberapa soal dengan benar.

Agar lebih jelas, sial perhatikan soal dan jawaban di bawah ini.

Ayo Mencoba (Halaman 12)
Untuk dapat menceritakan apa yang terkandung di dalam gambar diperlukan ketelitian dalam mengamati gambar. Selain itu juga diperlukan kemampuan dalam berbahasa, baik lisan maupun tulis. Coba ceritakan rangkaian gambar ilustrasi berikut sesuai pemahamanmu !


1. Seekor induk kelinci memiliki tiga ekor anak dengan warna bulu berwarna warni: biru muda, abu-abu dan kuning. Induk kelinci sangat menyayangi ketiga anaknya. Ia menyusui ketiganya dengan penuh kasih sayang.

2. Setelah puas berkumpul bersama induk dan saudara-saudaranya, salah satu kelinci yang berwarna abu-abu berburu wortel di kebun yang ada di sekitarnya.

3. Sementara kelinci yang berwarna biru tua memilih bermain-main di lapangan yang luas.


Ayo Mengamati (Halaman 13)
Tahukah kamu bahwa kelinci termasuk binatang mamalia? Binatang mamalia tergolong hewan vertebrata, yaitu hewan yang bertulang belakang. Nah, di sekitarmu pasti banyak sekali hewan vertebrata lain selain kelinci.
Bersama temanmu, amati dan identifikasi organ gerak hewan-hewan tersebut.

Tuliskan hasilnya pada tabel berikut.

1. Ikan
Nama organ gerak : Sirip, ekor, Otot dan tulang belakang yang fleksibel
Fungsinya: Membantu ikan untuk berenang. Sirip ikan terdiri dari sepasang sirip (kanan & kiri) serta sirip ekor. Sirip-sirip ini yang mendorong ikan untuk bergerak maju ke depan, berbelok dan memutar balik.

2. Katak 
Nama organ gerak: kaki dan tangan.
Fungsinya:  Sebagi alat bagi katak berpindah tempat, di-mana tiap-tiap kaki dilengkapi selaput di antara jari untuk membantu katak saat berenang.

3. Burung
Nama organ gerak:sayap
Fungsinya: Membantu burung terbang dan mengendalikan arah terbang


4. Ular
Nama organ gerak: Otot perut
Fungsinya:  Sebagai alat bagi ular untuk berpindah tempat dengan cara melata.


5. Kadal
Nama organ gerak: Kaki
Fungsinya: Membantu kadal berjalan di daratan dan berenang saat di permukaan air

6. Kambing
Nama organ gerak: Kaki
Fungsinya: Sebagai alat bagi kambing untuk berpindah tempat.

Ayo Membaca (Halaman 16,17)

Berdasarkan bacaan tentang “Gerak Ikan dalam Air”, temukan ide pokok dan kalimat pengembang setiap paragrafnya.

Paragraf 1
Ide Pokok: Ikan memiliki sistem gerak yang unik
Kalimat Pengembang: 
-Sistem gerak pada ikan berbeda dengan hewan vertebrata yang lain. 
- Hal tersebut dikarenakan habitat ikan adalah di air.

Paragraf 2
Ide Pokok: Salah satu bentuk tubuh yang paling banyak dimiliki oleh hewan air adalah bentuk rudal
Kalimat Pengembang:
  • Bentuk tubuh ini memungkinkan ikan meliuk ke kiri dan ke kanan. 
  • Bentuk tubuh yang seperti ini juga berfungsi untuk mengurangi hambatan pada saat bergerak di dalam air. 
  • Ekor dan sirip ekor yang lebar berfungsi untuk mendorong gerakan ikan dalam air.

Paragraf 3
Ide Pokok: Ikan dapat berenang karena memanfaatkan bentuk tubuhnya yang unik.
Kalimat Pengembang: 
  • Ikan memiliki gelembung renang dalam tubuhnya yang berguna untuk mengatur gerak naik dan turun. 
  • Ikan memiliki susunan otot dan tulang belakang yang fleksibel untuk mendorong gerakan ekornya di dalam air.
Ayo Renungkan (Halaman 18)
Buatlah sebuah karangan singkat dengan ide pokok berikut ini.
• Paragraf 1: Aku mempunyai hewan kesayangan.
• Paragraf 2: Aku bermain dengan hewan kesayanganku setiap hari.
• Paragraf 3: Aku rajin memberinya makan.
• Pargaraf 4: Aku rajin membersihkan tubuh dan kandangnya.


Kucingku

Aku memunyai hewan kesayangan yaitu seekor kucing. Ia kuberi nama Si Hitam karena sebagian besar bulunya berwarna hitam, kecuali sepsang daun telinganya, berwarna putih. Selain itu, Si Hitam juga memiliki sepasang mata yang sangat lucu.

Aku bermain dengan Hitam setiap hari. Setelah bangun tidur, si Hitam sudah berada di dekat tempat tidurku, membangunkanku dengan suaranya yang lucu. Setelah itu, ia berlari-lari kecil mengikutiku.

Setiap hari, aku memberinya makan. Aku menyisihkan uang sakuku untuk membelikan makanan khusus kucing.

AKu juga rajin membersihkan tubuh dan kandangnya. Aku membersihkan bulunya dengan sikat khusus. Terkadang juga kumandikan. Begitu juga kandangnya, selalu kubersihkan jika memang sudah terlihat agak kotor.

2. Perbedaan organ gerak pada hewan vertebrata merupakan karunia dan bentuk keadilan Tuhan.
Amatilah salah satu binatang yang ada di sekitarmu.
Catatlah gerakan-gerakan yang dilakukan hewan tersebut dan organ gerak yang digunakan.
Tuliskan hasilnya pada kolom berikut.

Sapi:
organ gerak: kaki
Gerakan yang dilakukannya:
1. Berdiri
2. Berjalan

Kupu-kupu
organ gerak: sayap
gerakan yang dilakukan: terbang

Rabu, 17 Juni 2020

Jawaban Pembelajaran 1 Subtema 1 Tema 1 Kelas 5 Halaman 4,5,6

Kunci jawaban dari pembelajaran 1 Subtema 1 Tema 1 Kelas 5 dalam buku Kurikulum 2013 terbitan kemendikbud halaman 4.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini





Ayo Berlatih

Teks berjudul “Organ Gerak Manusia dan Hewan” terdiri atas lima paragraf. Masing-masing paragraf tersusun dari ide atau gagasan pokok ditambah dengan kalimat-kalimat pengembang.
Ide pokok adalah gagasan yang menjadi dasar sebuah paragraf. Ide pokok disajikan ke dalam bentuk kalimat utama. Kalimat utama yang memuat ide pokok ini bisa berada di awal paragraf, di tengah paragraf, atau di akhir paragraf.
Contoh:

PARAGRAF 1
Ide Pokok :
Salah satu ciri dari makhluk hidup adalah bergerak.
Kalimat Pengembang: 
Secara umum gerak dapat diartikan berpindah tempat atau perubahan posisi sebagian atau seluruh bagian dari tubuh makhluk hidup.
Berdasarkan informasi di atas, temukan ide pokok dan kalimat pengembang dari masing-masing paragraf.

PARAGRAF 2
Ide Pokok:
Gerak pada manusia dan hewan menggunakan organ gerak yang tersusun dalam sistem gerak
Kalimat Pengembang: 
Organ gerak berguna untuk berjalan, berlari, melompat, meloncat, memegang, menggali, memanjat, berenang, dan sebagainya.

PARAGRAF 3
Ide Pokok: Organ gerak pada hewan dan manusia memiliki kesamaan.
Kalimat Pengembang: 
Alat-alat gerak yang digunakan pada manusia dan hewan ada dua macam, yaitu alat gerak pasif berupa tulang dan alat gerak aktif berupa otot.

PARAGRAF 4
Ide Pokok :
Tulang disebut alat gerak pasif karena tulang tidak dapat bergerak dengan sendirinya.
Kalimat Pengembang:
Walaupun merupakan alat gerak pasif, akan tetapi tulang mempunyai peranan yang
besar dalam sistem gerak manusia dan hewan.

PARAGRAF 5
Ide Pokok:
Otot disebut alat gerak aktif karena otot memiliki suatu senyawa kimia yang membuatnhya dapat bergerak.

Kalimat Pengembang:
Pada saat otot yang menempel pada tulang bergerak, otot tersebut akan membuat tulang bergerak.

AYO MENULIS
Kembangkan Ide-Ide Pokok berikuti menjadi sebuah paragraf

Organ Gerak terdiri atas dua macam: 
Ada dua organ gerak manusia dan hewan yaitu organ gerak pasif dan organ gerak aktif. Tulang merupakan organ gerak pasif, sedangkan otot merupakan organ gerak aktif. Baik tulang mau[un otot memiliki fungsi masing-masing dalam sistem gerak manusia dan hewan.

Organ gerak banyak sekali fungsinya:
Organ memiliki banyak sekali fungsi. Kita bisa melakukan gerakan-gerakan dalam kegiatan sehari-hari. Misalnya berjalan, berlari, memanjat, berenang, menggenggam, menoleh, dan lain-lain.

Tanpa organ gerak, manusia tidak dapat bergerak:
Tanpa organ gerak, manusia tidak akan bisa melakukan gerakan apa-apa. Manusia tidak akan bisa melakukan aktivitas sehari-hari. Hal tersebut disebabkan organ gerak adalah sistem yang meneruskan perintah dari otak dalam mengendalikan gerakan-gerakan spontan karena adanya rangsangan dari luar maupun gerakan-gerakan terencana. 

Ayo Berdiskusi
Kamu sudah berhasil menentukan ide pokok dari masing-masing paragraf bacaan “Organ Gerak Manusia dan Hewan” di atas. Sekarang, coba diskusikan dengan temanmu tentang Ide Pokok suatu bacaan.
Diskusikan tentang hal-hal berikut:

1. Pengertian Ide Pokok Bacaan
Ide Pokok merupakan gagasan utama dari sebuah paragraf.

2. Fungsi Ide Pokok Bacaan:
Untuk memberikan informasi kepada pembaca perihal ide/tema/gagasan dari penulis.

3. Cara menentukan Ide Pokok Bacaan
Dengan membaca secara perlahan-lahan setiap kalimat dengan hati-hati.

Tuliskan Kesimpulan yang dapat kalian ambil dari diskusi ini
Ide Pokok merupakan gagasan utama dari sebuah paragraf. Ia harus memberikan informasi yang jelas kepada pembaca, agar mendapat gambaran awal perihal tema dari sebuah paragraf. Kita bisa menentukan ide pokok dengan membaca paragraf awal.

Minggu, 14 Juni 2020

Kunci Jawaban Pembelajaran 6 Subtema 2 Tema 1 Kelas 4 Halaman 123

Soal dan jawaban dalam buku Kelas 4 SD Tema 1 Subtema 2 pembelajaran 5 halaman 123. Kalian diminta mengerjakan soal dengan benar.


Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini.



Amati gambar dan baca teks dalam hati

Udin, Edo, dan Beni merupakan sahabat dekat. Mereka berasal dari latar belakang budaya yang berbeda-beda. Mereka juga memeluk keyakinan yang berbeda pula. Udin beragama Islam, Edo beragama Katolik, sedangkan Beni beragama Kristen.
Perbedaan budaya dan agama bukanlah merupakan penghalang bagi mereka untuk bekerja sama. Mereka saling bahu-membahu mengerjakan tugas atau pekerjaan yang harus dikerjakan bersamasama.

Pada peringatan hari ulang tahun kemerdekaan Indonesia yang lalu, Udin, Edo, dan Beni mewakili kelasnya dalam perlombaan Bakiak beregu. Sebelum berlomba mereka bersama-sama mendiskusikan dan merancang strategi agar mereka dapat meraih prestasi dalam lomba tersebut. Mereka pun secara bersama-sama menunjukkan usaha terbaik ketika lomba berlangsung. Alhasil, tim mereka meraih juara dalam lomba tersebut.

Jawab pertanyaan berikut.
1. Bagaimana pendapatmu tentang persahabatan Udin, Edo, dan Beni?
Menurut saya, persahabatan mereka sangat tulus karena tidak memandang perbedaan budaya, suku dan agama. Persahabatan seperti itu sangat penting bagi anak-anak Indonesia.

2. Apakah kamu pernah mempunyai pengalaman bekerja sama dengan teman-teman yang berbeda agama?
Jika pernah, ceritakan secara tertulis.
Pernah, teman saya beragama Katolik. Suatu hari, kami harus mengerjakan tugas dari guru yang mengharuskan kami saling bekerja sama.
Jika belum pernah, tuliskan sikapmu jika suatu hari mempunyai kesempatan bekerja sama dengan teman yang berbeda agama.

3. Apa yang dapat kamu pelajari dari cerita di atas?
Cerita di atas mengajarkan kepada kita akan pentingnya saling menghargai perbedaan di antara sesama manusia khususnya sahabat. Jika itu bisa dilakukan, tujuan kita akan tercapai.

Ayo menulis (Halaman 125)
Kamu masih ingat tentang cerita ‘Perbedaan Bukanlah Penghalang’?
Apa hal penting yang kamu ketahui dari cerita tersebut? Diskusikan dengan teman secara berpasangan.
Setelah itu, buatlah ringkasan tentang cerita tersebut

Paragraf 1
Gagasan pokok:Tidak seperti biasa, hari Minggu ini sekolah terlihat ramai.
Gagasan pendukung: 
  1. Hari itu, semua siswa diminta datang ke sekolah untuk menghias kelas masing-masing.
  2.  Hari Senin akan diadakan lomba menyambut hari kemerdekaan. 
  3. Bapak kepala sekolah berpesan, tiap kelas harus terlihat unik dengan kreasi anak-anak. 
  4. Udin dan teman-teman sekelasnya juga datang ke sekolah. 
  5. Pembagian tugas membuat hiasan telah dilakukan Udin dan teman-teman di hari Jumat yang lalu. Menghias kelas merupakan tanggung jawab bersama.

Paragraf 2
Gagasan pokok:Pagi-pagi hampir semua siswa di kelas Udin sudah hadir. 
Gagasan pendukung:
  1. Hanya Edo dan Martha yang belum terlihat. 
  2. Edo dan Martha sudah meminta izin pada teman-temannya untuk hadir terlambat. 
  3. Mereka harus pergi ke Sekolah Minggu di gereja untuk melakukan ibadah pagi. 
  4. Udin dan teman-teman lainnya tidak keberatan. 
  5. Sebelum ke sekolah, Udin dan Siti mampir ke rumah Edo, lalu ke rumah Martha untuk mengambil bahan dan hiasan kelas yang telah disiapkan. 
  6. Udin dan teman-teman memahami bahwa hari Minggu pagi merupakan waktu ibadah bagi Edo dan Martha yang beragama Katolik. 
  7. Perbedaan waktu dan cara beribadah tidak menghalangi niat kerja sama mereka. 
Paragraf 3
Gagasan pokok:Siang hari sekolah semakin ramai. 
Gagasan pendukung: 
  1. Kelas-kelas sudah terlihat indah dan semarak dengan hiasan merah putih buatan siswa sekelas. 
  2.  Edo dan Martha juga sudah terlihat di antara  mereka. 
  3. Selesai ibadah pagi di gereja Edo dan Martha menyusul datang ke sekolah. 
  4. Senang sekali Udin dan teman-teman berbagi tugas. Ada yang menggunting kertas, ada yang naik ke atas meja untuk menggantung lampion kertas, ada juga yang menghias pintu dengan pita kertas merah putih. Lelah tidak terasa. 
  5. Ketika tiba waktu sholat Zuhur, Udin, Siti, serta teman-teman lain yang beragama Islam menjalankan ibadahnya. 
  6. Edo, Martha, Dayu serta beberapa teman lain yang tidak menjalankan ibadah sholat melanjutkan pekerjaan menghias kelas. 
  7. Menjelang sore, pekerjaan sudah selesai. Kelas Udin sudah terlihat semarak.
  8.  Walaupun berbeda-beda, bekerja sama selalu menyenangkan.
  9.  Perbedaan tidak menjadi penghalang untuk bekerja sama.

Ringkasan

Berbeda dengan hari Minggu sebelumnya, hari ini suasana sekolah tampak riuh oleh suara para siswa. Mereka mempersiapkan lomba. Pada hari Senin, sekolah menggelar lomba kebersihan dalam rangka hari kemerdekaan. .

Anak-anak datang pagi-pagi sekali. Karena pergi ke gereja, Edo dan Martha belum nampak di sekolah. Teman-teman memberi izin. Udin  Siti datang ke sekolah dengan membawa hiasan yang telah disiapkan oleh Edo dan Martha. Meskipun Edo dan Martha belum hadir, mereka tetap melanjutkan kegiatan menghias dengan penuh semangat, yang penting kelas bersih dan indah.

Siang hari, Edo dan Martha sudah berada di tengah-tengah para siswa. Udin dan teman-teman semakin giat menghias sesuai tugas masing-masing. Saat azan Zuhur berkumandang, Udin, Siti dan teman-teman muslim bergegas menunaikan salat. Edo, Martha, Dayu dan teman yang tidak beragama Islam melanjutkan tugasnya. Suasana tetap seru dan menyenangkan. Walau berbeda agama, pekerjaan menghias akhirnya selesai. Kelas terlihat indah dan bersih.

Jumat, 12 Juni 2020

Pembelajaran 4 Subtema 2 Tema 1 Kelas 4 Halaman 110,111, 113,114

Halo Assalamualaikum anak-anak, peserta didik kelas 4 SD, masih tetap semangat ? Pada kesempatan kali ini, kita akan belajar be3rsama tentang pembelajaran 4 subtema 2 tema 1 Kelas 4 Halaman 110, 111.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawabannya di bawah ini 



Dengan kerja sama maka kebersamaan dalam keberagaman akan semakin terjalin dengan baik.
Seperti apa, ya, bentuk kerja sama yang lain?
Bacalah teks berikut.

Perbedaan Bukanlah Penghalang
Tidak seperti biasa, hari Minggu ini sekolah terlihat ramai. Hari itu, semua siswa diminta datang ke sekolah untuk menghias kelas masing-masing. Hari Senin akan diadakan lomba menyambut hari
kemerdekaan. Bapak kepala sekolah berpesan, tiap kelas harus terlihat unik dengan kreasi anak-anak. Udin dan teman-teman sekelasnya juga datang ke sekolah. Pembagian tugas membuat hiasan telah dilakukan Udin dan teman-teman di hari Jumat yang lalu. Menghias kelas merupakan tanggung jawab bersama.

Pagi-pagi hampir semua siswa di kelas Udin sudah hadir. Hanya Edo dan Martha yang belum terlihat. Edo dan Martha sudah meminta izin pada teman-temannya untuk hadir terlambat. Mereka harus pergi
ke Sekolah Minggu di gereja untuk melakukan ibadah pagi. Udin dan teman-teman lainnya tidak keberatan. Sebelum ke sekolah, Udin dan Siti mampir ke rumah Edo, lalu ke rumah Martha untuk mengambil bahan dan hiasan kelas yang telah disiapkan. Udin dan teman-teman memahami bahwa hari Minggu pagi merupakan waktu ibadah bagi Edo dan Martha yang beragama Katolik. Perbedaan waktu dan cara beribadah tidak menghalangi niat kerja sama mereka. 

Siang hari sekolah semakin ramai. Kelas-kelas sudah terlihat indah dan semarak dengan hiasan merah putih buatan siswa sekelas. Begitupun kelas Udin. Edo dan Martha juga sudah terlihat di antara  mereka. Selesai ibadah pagi di gereja Edo dan Martha menyusul datang ke sekolah. Senang sekali Udin dan teman-teman berbagi tugas. Ada yang menggunting kertas, ada yang naik ke atas meja untuk menggantung lampion kertas, ada juga yang menghias pintu dengan pita kertas merah putih. Lelah tidak terasa. Ketika tiba waktu sholat Zuhur, Udin, Siti, serta teman-teman lain yang beragama Islam menjalankan ibadahnya. Edo, Martha, Dayu serta beberapa teman lain yang tidak menjalankan ibadah sholat melanjutkan pekerjaan menghias kelas. Menjelang sore, pekerjaan sudah selesai. Kelas Udin sudah terlihat semarak. Walaupun berbeda-beda, bekerja sama selalu menyenangkan. Perbedaan tidak menjadi penghalang untuk bekerja sama.

Dari teks di atas carilah gagasan pokok dan gagasan pendukungnya. Tulislah pada tabel berikut. 

Paragraf 1
Gagasan pokok: Tidak seperti biasa, hari Minggu ini sekolah terlihat ramai.
Gagasan pendukung:
  1. Hari itu, semua siswa diminta datang ke sekolah untuk menghias kelas masing-masing.
  2.  Hari Senin akan diadakan lomba menyambut hari kemerdekaan. 
  3. Bapak kepala sekolah berpesan, tiap kelas harus terlihat unik dengan kreasi anak-anak. 
  4. Udin dan teman-teman sekelasnya juga datang ke sekolah. 
  5. Pembagian tugas membuat hiasan telah dilakukan Udin dan teman-teman di hari Jumat yang lalu. Menghias kelas merupakan tanggung jawab bersama.

Paragraf 2
Gagasan pokok:Pagi-pagi hampir semua siswa di kelas Udin sudah hadir. 
Gagasan pendukung:
  1. Hanya Edo dan Martha yang belum terlihat. 
  2. Edo dan Martha sudah meminta izin pada teman-temannya untuk hadir terlambat. 
  3. Mereka harus pergi ke Sekolah Minggu di gereja untuk melakukan ibadah pagi. 
  4. Udin dan teman-teman lainnya tidak keberatan. 
  5. Sebelum ke sekolah, Udin dan Siti mampir ke rumah Edo, lalu ke rumah Martha untuk mengambil bahan dan hiasan kelas yang telah disiapkan. 
  6. Udin dan teman-teman memahami bahwa hari Minggu pagi merupakan waktu ibadah bagi Edo dan Martha yang beragama Katolik. 
  7. Perbedaan waktu dan cara beribadah tidak menghalangi niat kerja sama mereka. 

Paragraf 3
Gagasan pokok:Siang hari sekolah semakin ramai. 
Gagasan pendukung: 
  1. Kelas-kelas sudah terlihat indah dan semarak dengan hiasan merah putih buatan siswa sekelas. 
  2.  Edo dan Martha juga sudah terlihat di antara  mereka. 
  3. Selesai ibadah pagi di gereja Edo dan Martha menyusul datang ke sekolah. 
  4. Senang sekali Udin dan teman-teman berbagi tugas. Ada yang menggunting kertas, ada yang naik ke atas meja untuk menggantung lampion kertas, ada juga yang menghias pintu dengan pita kertas merah putih. Lelah tidak terasa. 
  5. Ketika tiba waktu sholat Zuhur, Udin, Siti, serta teman-teman lain yang beragama Islam menjalankan ibadahnya. 
  6. Edo, Martha, Dayu serta beberapa teman lain yang tidak menjalankan ibadah sholat melanjutkan pekerjaan menghias kelas. 
  7. Menjelang sore, pekerjaan sudah selesai. Kelas Udin sudah terlihat semarak.
  8.  Walaupun berbeda-beda, bekerja sama selalu menyenangkan.
  9.  Perbedaan tidak menjadi penghalang untuk bekerja sama.
Ayo Berdiskusi (Halaman 113)
Duduklah dalam kelompok. Satu kelompok terdiri dari 5 siswa. Carilah informasi tentang salah satu kerja sama di lingkunganmu. Presentasikan hasilnya di depan kelas. 

1. Kerja sama membangun masjid
2. Kerja sama membangun jembatan
3. Kerja sama membangun jalan
4. Kerja sama membangun poskamling
5. Kerja sama membersihkan lingkungan sekitar.

Tahukah kamu tentang Jam Gadang. Jam Gadang adalah menara jam yang terletak di pusat kota Bukittinggi, di Provinsi Sumatra Barat. Dinamai Jam Gadang karena menara ini
memiliki jam dengan ukuran besar pada empat sisinya. 
Temukan sudut-sudut yang ada di Jam Gadang tersebut!
Ukurlah besarnya sudut dengan menggunakan busur!
Mengukur Susut Pada Rumah Gadang
Bagian rumah GadangPrediksikuBesar Sudut Sebenarnya
Bagian atap50°40°
Bagian pondasi160°140°
Bagian pondasi sebelah kanan90°90°



Gambar pertama
sudut A : 60 derajat
sudut B : 60 derajat
sudut C : 60 derajat

Gambar kedua

Sudut A : 90 derajat
Sudut B : 90 derajat
Sudut C : 135 derajat
Sudut D : 140 derajat
Sudut E : 90 derajat