Selasa, 03 September 2019

Coba Diskusikan Dengan Anggota Kelompokmu, Apa Isi Perjanjian Saragosa

Kunci jawaban dari pertanyaan dalam buku Sejarah Indonesia Kurikulum 2013 terbitan kemendikbud kelas 11 SMA/ SMK/ MA/ MAK bab 2 halaman 79. Pertanyaannya tentang Perjanjian Saragosa.

Agar lebih jelas, silakan perhatikan soal dan jawabannya di bawah ini !



Soal

Coba diskusikan dengan anggota kelompokmu, apa isi perjanjian Saragosa, dan siapa pemrakarsa perjanjian tersebut !

Jawab

Isi Perjanjian Saragosa :

1. Bumi dibagi atas dua pengaruh, yaitu pengaruh bangsa Spanyol dan Portugis.
2. Wilayah kekuasaan Spanyol membentang dari Mexico ke arah barat sampai kepulauan Filipina dan wilayah kekuasaan Portugis membentang dari Brazillia ke arah timur sampai kepulauan Maluku.daerah disebelah utara garis saragosa adalah penguasaan portugis.

Perjanjian tersebut diprakarsai oleh Paus, yang melihat persaingan perebutan koloni yang dilakukan oleh Portugis dan Spanyol.

Kegiatan 3.4 Tentukanlah Jenis Paragraf-Paragraf di bawah Ini Berdasarkan Letak Gagasan Umum

Kunci jawaban dari Kegiatan 3.4 dalam buku Bahasa Indonesia Kurikulum 2013 Kelas 9 SMP/ Mts terbitan Kemendikbud Bab 3 Halaman 74. Peserta didik diminta mengerjakan soal dengan benar.

Agar lebih jelas, silakan perhatikan soal dan jawabannya di bawah ini !



Soal

Kegiatan 3.4

A. Tentukan jenis paragraf dibawah ini berdasarkan letak gagasan umum atau gagasan utamanya

1.Saat ini pasar untuk animasi remaja memang belum terbentuk. Di Indonesia, tayangan animasi remaja belum populer,baik ditelevisi maupun layar lebar.berbeda dengan di Amerika atau Jepang,keberadaan animasi remaja sudah menjadi hal biasa.

2. Bisa dikatakan kalau acara ini akan berlangsung seru. Pasalnya baru kali pertama kegiatan seperti ini digelar apalagi kegiatannya tidak hanya berkeliling ke tiga wilayah Jakarta. Ada acara Puncak yang bakal digelar di Kafe Tenda Semanggi (KST) isinya lebih banyak berupa hiburan buat anak-anak yatim tentu saja terbuka buat umum dan mereka pun sangat tertarik dengan acara tersebut.

Jawab:

1. Gagasan utama: Pasar animasi remaja Indonesia belum terbentuk.
Jenis paragraf: Paragraf deduksi.
2. Gagasan utama: Acara ini akan berlangsung seru.
Jenis paragraf : Paragraf deduksi

Kegiatan 3.3 Bentuklah Kelompok Kemudian Tunjukkanlah Gagasan Umum Serta Gagasan Khusus

Kunci Jawaban dari Kegiatan 3.3 dalam Buku Bahasa Indonesia Kurikulum 2013 Kelas 8 SMP/ MTs Bab 3 Halaman 71. Peserta didik diminta mengerjakan soal tentang gagasan umum dan gagasan khusus.

Agar lebih jelas, silakan perhatikan soal dan jawaban di bawah ini !



Soal

Kegiatan 3.3.
A. Bentuklah kelompok. Kemudian, tunjukkanlah gagasan umum serta gagasan khusus yang terdapat dalam teks di bawah ini. Rumuskanlah hasil diskusimu itu dalam tabel seperti di bawah ini.

Tabel, silakan lihat pada buku kalian masing-masing !

Jawab

Paragraf 1
Gagasan umum: Sampah dipandang sebagai barang yang tidak berguna bisa dijadikan sumber pendapatan apabila dikelola dengan baik.
Gagasan khusus:
- Sampah dapat diolah menjadi barang bernilai ekonomi
- Tindakan warga Pasar Ciputat, Tangerang patut dijadikan contoh.
- Warga setempat berhasil mengolah sampah dengan peralatan yang disediakan pihak swasta

Paragraf 2
Gagasan umum: Kegiatan yang dilakukan warga Kaliabang, Kota Bekasi.
Gagasan khusus:
- Warga serta pengurus RW melakukan pengolahan sampah lingkungan. 
- Sampah dapur atau sampah rumah tangga diubah menjadi kompos dan pupuk cair. 
- Langkah yang dilakukan dengan sosialisasi kepada warga agar memisahkan sampah basah dan kering. 
- Hasil kompos yang diperoleh bisa mencukupi kebutuhan warga dan lingkungan sekitarnya. Di samping itu, hasil kompos dijual ke instansi pemerintah dan swasta di lingkungan setempat. 
- Produksi kompos dari sampah lingkungan bisa memberi kegiatan bagi warga dan pemasukan yang positif. Termasuk juga produksi pupuk cair bisa dirasakan untuk menyuburkan tanah warga.

Paragraf 3 
Gagasan umum: Pengolahan sampah tidak lepas dari keterlibatan warga masyarakat.

Gagasan khusus:
- Masyarakat diajari memilah sampah organik dan anorganik. 
- Peranan pemerintah diperlukan di dalam masalah sosialisasi dan pembudayaannya. 
- Banyak warga yang belum tahu cara mengumpulkan dan mengolah sampah yang mereka hasilkan. 

Paragraf 4 
Gagasan umum: Dalam mengolah sampah diperlukan teknologi.
Gagasan khusus:
- Biaya penyediaan teknologi pengolahan sampah tersebut tidak sebanding dengan keharusan pemerintah untuk perbaikan jalan gara-gara sampah. 
- Apabila pemerintah berhasil menggandeng pihak swasta di dalam penyediaan teknologi pengolahan sampah, biaya dapat lebih ditekan. 
- Peran swasta juga dapat dilibatkan di dalam penyaluran dan pembelian produk-produknya.

Senin, 02 September 2019

Siapakah Indera Bangsawan ? (Tugas Bahasa Indonesia Kelas 10 Halaman 111)

Kunci Jawaban dari Tugas 1 dalam buku Bahasa Indonesia Kurikulum 2013 Kelas 10 SMA/ SMK/ MA/ MAK Bab 4 halaman 111. Peserta didik diminta mengerjakan 10 soal dengan benar berdasarkan teks sebelumnya.

Agar lebih jelas, silakan perhatikan soal dan jawabannya di bawah ini !



Soal:

Tugas 1
Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini

1. Siapakah indra bangsawan ?
2. Bagaimana keadaan kelahiran Indra Bangsawan ?
3. Siapakah putri yang ditolong oleh saudara kembar Indra Bangsawan ?
4. Apa yang dilakukan syah peri setelah berpisah dengan Indra Bangsawan ?
5.  Mengapa Indra Bangsawan dan syah peri berpisah ?
6. Bagaimana cara Indra Bangsawan mengalahkan buraksa ?
7. Bagaimana cara Indra Bangsawan masuk ke istana raja kabir ?
8. Siapa yang selalu menolong Indra Bangsawan sehingga ia selalu bisa melakukan hal sulit untuk diminta raja kabir ?
9. Apakah putri kemala sari mengetahui penyamaran Indra Bangsawan ?
10.Apa amanat yang dapat di petik dari hikayat Indra Bangsawan

Jawab

1. Indera Bangsawan adalah putra kedua seorang raja yang bernama Indera Bungsu dari Negeri Kobat Syahrial.

2. Kelahiran Indera Bangsawan bersamaan dengan sebilah pedang disambut dengan suka cita.

3. Puteri Ratna Sari yang ditolong oleh saudara kembar Indera bangsawan, Syah Peri.

4. Syah Peri berjalan menuju ke sebuah taman dan menemukan sebuah mahligai setelah berpisah dengan Indera Bangsawan.

5.Indera Bangsawan dan Syah Peri terpisah karena angin ribut.

6. Cara Indera Bangsawan mengalahkan Buraksa adalah dengan memasukkan ramuan daun-daunan ke dalam gentong minum Buraksa sehingga ketika Buraksa terbangun dari tidurnya menjadi lumpuh akibat ramuan daun-daunan dalam air minumnya

7. Cara Indera Bangsawan masuk ke dalam istana Raja Kabir adalah dengan membawa air susu harimau yang beranak muda yang dapat menyembuhkan penyakit Putri Kemala Sari, putri Raja Kabir.

8. Seorang raksasa yang ditemuinya di padang yang kemudian menjadi neneknya yang selalu menolong Indera Bangsawan sehingga ia selalu bisa melakukan hal sulit yang diminta Raja Kabir.

9. Di dalam teks hikayat yang diceritakan di atas, tidak diceritakan mengenai penyamaran Indera Bangsawan.

10. Amanat yang dapat dipetik dari hikayat dalam teks di atas adalah
 a. Usaha harus dibarengi dengan doa kepada Tuhan
b. Pentingnya membekali anak dengan pendidikan agama.
c. Pentingya membekali anak dengan pendidikan dan ilmu yang berguna pada masanya.
d.Optimisme meraih harapan dan cita-cita
e. Saat tertimpa masalah, yakinlah kepada pertolongan Allah.
f. Manusia harus saling tolong menolong.

Jumat, 30 Agustus 2019

Menurut Pendapat Kamu Teori atau Pendapat Mana yang Paling Kuat Terkait dengan Masuknya Budaya Hindu-Buddha

Kunci Jawaban Uji Kompetensi Sejarah Indonesia Kurikulum 2013 kelas 10 SMA/ SMK/ MA/ MAK bab 2 halaman 85. Peserta didik diminta mengerjakan soal tentang persebaran agama Hindu-Buddha di nusantara.

Agar lebih jelas, silakan perhatikan soal dan jawabannya di bawah ini



Soal

Uji Kompetensi


Nah, bagaimana selanjutnya dengan persebaran agama Hindu-Buddha? Beberapa bukti arkeologis menunjukkan perkembangan masuknya agama Hindu-Buddha di Kepulauan Indonesia. Pengaruh
Hindu ditemukan pada abad ke-5 Masehi. Prasasti yang ditemukan di Kutai dan Tarumanegara yang menyebutkan sapi sebagai hewan persembahan menunjukkan bahwa agama Hindu berkembang di
daerah itu. Juga adanya penyebutan Dewa Trimurti yaitu, Brahma, Wisnu, dan Siwa.

1. Menurut pendapat kamu teori atau pendapat mana yang paling kuat terkait dengan masuknya budaya Hindu-Buddha? Jelaskan!
2. Jelaskan kelemahan dan kelebihan masing-masing teori atau pendapat tersebut!
3. Mengapa rakyat Indonesia mudah menerima ajaran Hindu-Buddha?

Jawab: 

1. Teori terkuat perihal masuknya agama Hinddu Buddha di Indonesia menurut saya adalah teori Waisya. Teori ini terkait dengan pendapat N.J. Krom yang mengatakan bahwa kelompok yang berperan dalam penyebaran Hindu-Buddha di Asia Tenggara, termasuk Indonesia adalah kaum pedagang.  Berdasarkan sejarah, nusantara sudah terkenal dengan arus perdagangan dari berbagai penjuru dunia. Jadi merupakan hal yang wajar apabila banyak bangsa-bangsa asing termasuk India yang berduyun-duyun datang ke Indonesia.

2. Kelemahan masing-masing teori:

Kelemahan teori brahmana: Menurut saya, hal pertama yang dilakukan bangsa India ke Indonesia adalah berdagang, baru setelah itu menyebarkan agama.

Kelemahan teori ksatria: Teori ini juga kurang tepat karena tidak adanya catatan sejarah perihal kehadiran tentara-tentara India yang melakukan ekspansi ke wilayah lain.

Kelemahan teori arusbalik:teori ini juga kurang tepat. Arusbalik mungkin terjadi apabila sebelumnya sudah terdapat ajaran agama yang sama baik di India maupun Indonesia yaitu Hindu-Buddha.

3. Alasan mengapa rakyat Indonesia mudah menerima ajaran tersebut:
Rakyat Indonesia dapat menerima ajaran tersebut karena pada dasarnya bangsa Indonesia sudah memiliki kepercayaan spiritual yang hampir sama dengan agama Hindu dan Buddha. Sebelum kedatangan agama-agama tersebut masyarakat Indonesia sudah melakukan berbagai hal-hal spiritual, mistis dan religius.

Coba Kamu Diskusikan Mengapa Manusia Purba Membuat Peralatan dari Bahan Batu, Kayu dan Tulang

Kunci Jawaban dari Uji Kompetensi dalam buku Sejarah Indonesia Kurikulum 2013 Kelas 10 SMA/ SMK/ MA/ MAK bab 1 halaman 68. Peserta didik diharuskan menjawab soal tentang kebudayaan manusia purba pada zaman batu.

Agar lebih jelas, silakan perhatikan soal dan jawabannya di bawah ini



Soal

1. Coba kamu diskusikan, mengapa manusia purba membuat peralatan dari bahan batu, kayu, dan tulang?
2. Peralatan yang dibuat oleh manusia purba dari batu dapat digunakan sebagai alat serba guna, coba jelaskan dan beri contoh!
3. Coba kamu inventarisir alat-alat manusia purba pada zaman batu dan masukkan ke dalam tabel di bawah ini:
4. Setelah selesai mengisi tabel di atas, kamu likiskan dalam bentuk peta persebaran peralatan manusia purba !

Jawab:

1. Karena pada masa itu manusia purba belum mengalami kemajuan akal dan pikiran seperti sekarang ini. Mereka belum mampu membuat alat-alat untuk mempermudah hidup mereka. Akibatnya, mereka hanya memanfaatkan alat-alat yang ada di sekitar mereka , seperti bebatuan, kayu, dan tulang yang dapat digunakan dengan mudah.

2. a. Zaman batu tua (paleolitikum)

  • Kapak genggam
  • Chopper (alat penetak)
  • Alat Serpih (flakes)

b. Zaman batu tengah (Mesolitikum):

  • Kapak Genggam Sumatera (pebble culture)
  • Kapak pendek

c. Zaman batu muda (Neolitikum):

  • Kapak persegi
  • Kapak lonjong
  • Kapak bahu.


3. a) Kapak Perimbas
Berburu
Pacitan
b)  Pahat Genggam  (Hand Adze)
Berburu
Pacitan
c)  Artefak Flakke
Sebagai penusuk / Belati
Ngandong
d)  Kapak Genggam
Berburu
Sumatera Timur
e)  Batu Pipisan
Alat Penggiling
Sumatera
f)  Kapak Persegi
Bercocok Tanam
Sumatera, Jawa, Bali
g)  Kapak Lonjong
Alat Perkakas
Papua, Seram, Minahasa

4. Peta persebaran peralatan manusia purba


Kamis, 29 Agustus 2019

Nah Bagaimana Penilaian Kamu Tentang Surat Belanda terhadap Sultan Aceh

Kunci Jawaban dari pertanyaan dalam buku Sejarah Indonesia Kurikulum 2013 kelas 11 SMA/ SMK/ MA/ MAK bab 2 halaman 76. Peserta didik diminta menjawab sebuah pertanyaan yang berkaitan dengan Belanda dan Sultan Aceh.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawabannya di bawah ini !



Soal

Nah, bagaimana penilaian kamu tentang surat Belanda terhadap Sultan Aceh? Benarkah hal itu berangkat dari sebuah kejujuran dan kata hati ataukah memiliki tujuan-tujuan yang lebih jauh, coba beri penjelasan.

Jawab: 

Menurut saya, apa yang dilakukan oleh Pangeran Maurits dari Belanda terhadap Sultan Aceh adalah bentuk diplomasi yang menghalalkan segala cara. Tokoh Belanda tersebut menulis surat penuh puji-pujian dan sanjungan kepada Sultan Aceh bukan berlandaskan hati nurani yang jernih, melainkan berdasarkan kepentingan jangka panjang yaitu memperoleh izin berdagang di wilayah Aceh. Belanda dan VOC nya sudah terkenal dengan berbagai taktik yang licik demi meraup keuntungan sebanyak mungkin di bumi nusantara termasuk Aceh. Sayang sekali, Sultan Aceh akhirnya termakan rayuan Belanda, beliau mengizinkan VOC berdagang di wilayah Aceh.

Latih Uji Kompetensi Sejarah Indonesia Kelas 11 Halaman 101

Kunci Jawaban dari Latih Uji Kompetensi dalam buku Sejarah Indonesia Kurikulum 2013 Kelas 11 SMA/ SMK/ MA/ MAK bab 2 halaman 101. Ada tujuh soal yang harus kalian kerjakan.

Agar lebih jelas, silakan perhatikan soal dan jawabannya di bawah ini !




Soal

1. Jelaskan mengapa terjadi perlawanan rakyat Aceh terhadap Portugis pada pertengahan abad ke-16?
2. Ceritakan secara singkat perlawanan rakyat Maluku terhadap dominasi Portugis!
3. Mengapa sultan Agung bersikeras untuk mengusir VOC dari Batavia?  Mengapa tidak berhasil?
4. Bagaimana pendapat dan penilaian kamu tentang pandangan bahwa Aru Palaka itu bukan penghianat tetapi justru merupakan tokoh pejuang dari Bone?
5. Jelaskan apa,  mengapa dan bagaimana "siasat,  hadiah sultan, "
6. Coba lakukan telaah hal ihwal tentang surat izin bermukim atau "surat pas" bagi orang-orang Cina dan coba kaitkan dengan fenomena kehidupan masyarakat Indonesia sekarang.
7. Coba jelaskan jalannya perlawanan Pangeran Mangkubumi dan Raden Mas Said, tunjukkan pula pembagian wilayah perlawanan antara kedua pasukan itu ! Siapa De Clerq, bagaimana nasibnya?

Jawab:

1. Rakyat Aceh melakukan perlawananan terhadap Portugis karena Portugis terus menerus melakukan serangan terhadap Aceh. Portugis berusaha melemahkan Aceh karena Aceh dianggap sebagai ancaman dalam bisnis dan perdagangan negara tersebut di wilayah Nusantara. Akan tetapi dengan kegigihan rakyat Aceh, hampir semua serangan Portugis berhasil digagalkan. Peristiwa serangan tersebut terjadi mulai tahun 1523.

2. Pada tahun 1565 muncul perlawanan rakyat Ternate di bawah pimpinan Sultan Khairun.  Portugis mulai kewalahan kemudian menawarkan perundingan.  Dengan pertimbangan kemanusiaan Sultan Khairun menerimwa tawaran perundingan. Pada saat perundingan berlangsung,  Sultan Khairun ditangkap dan dibunuh.  Setelah Sultan Khairun dibunuh,  perlawanan dilanjutkan oleh putranya,  Sultan Baabullah.  Melihat tindakan portugis yang tidak mengenal nilai kemanusiaan,  semangat rakyat maluku untuk melawannya semakin berkobar.  Seluruh rakyat Maluku berhasil dipersatukan termasuk Ternate dan Tidore untuk melancarkan serangan besar-besaran terhadap portugis.  Akhirnya Portugis dapat didesak dan berhasil diusir pada tahun 1575 dari ternate.

3. Sultan Agung bersikeras mengusir  VOC karena
a. tindakan monopoli yang dilakukan VOC
b. VOC sering menghalang-halangi kapa-kapal dagang Mataram yang akan berdagang ke malaka;
c. VOC menolak untuk mengakui kedaulatan Mataram; dan
d. keberadaan VOS di Batavia telah memberikan ancaman serius bagi masa depan pulau Jawa

Akan tetapi pengusiran tersebut mengalami kegagalan karena:
a. Kompeni VOC menghalang-halangi Pasukan Mataram yang berusaha membangun pos-pos pertahanan.
b. Persenjataan VOC yang lebih unggul
c.VOC mengirimkan kapal perang untuk menghancurkan lumbung-lumbung beras pasukan Mataram.


4. Bagi kerajaan Gowa, sosok Aru Palaka adalah seorang musuh. Bagaimana tidak, Aru Palaka yang merupakan pangeran Bugis dari Bone telah bekerja sama dengan VOC untuk menghancurkan Kerajaan Gowa. Melalui politik devide et impera, VOC berhasil menjalin hubungan dengan kerajaan Bone. Hubungan tersebut tidak lepas dari sejarah masa lalu, di mana sekitar 10000 rakyat Kerajaan Bone dipaksa oleh Kerajaan Gowa untuk menggali kanal demi melawan VOC. Aru Palaka geram menyaksikan semua itu. Ia bertekad melawan Gowa. Hingga akhirnya tiba waktunya ia berhasil mengalahkan kerajaan Gowa, menjadi pahlawan bagi Bone.

5. Apa= adalah satu siasat yang digunakan sultan dengan memberi hadiah kepada Belanda dan berpura-pura berdamai.
Mengapa= karena siasat yang diragukan sebelumnya untuk menembus Benteng pertahanan VOC sangat sulit  jadi digunakan siasat hadiah.
Bagaimana= setelah memberi hadiah untuk berdamai dan VOC setuju,  lalu sultan VOC mengadakan perundingan dan sultan memberi kode kepada anaknya untuk membawa kemenangan.

6. Surat pas merupakan surat yang dikeluarkan oleh VOC berisi ketentuan bahwa setiap orang Cina yang tinggal di Batavia harus memiliki surat izin bermuki yang disebut permissiebriefjes. VOC mengeluarkan ketentuan tersebut karena saat itu banyak orang Cina yang datang ke Batavia dalam keadaan miskin, ada yang menjadi pengemis bahkan pencuri. Hal tersebut tentu merepotkan VOC. Akan tetapi, surat tersebut hanya taktik VOC untuk mengusir orang-orang Cina tersebut. VOC mengeluarkan syarat kepada orang-orang Cinta untuk mendapatkan surat tersebut dengan mewajibkan mereka membayar sebanyak dua ringgit bahkan lebih. Tentu saja banyak orang Cina yang tidak mampu membayar, akhirnya diusir ke Srilanka atau dikembalikan ke Cina.

Jika hal tersebut kita kaitkan dengan keadaan sekarang, nampaknya sudah tidak ada lagi syarat khusus bagi warga Cina  yang ingin tinggal di Indonesia. Bagi warga negara Cina yang ingin sekadar berada di Indonesia, mereka wajib memiliki paspor.

7. Perlawanan Pangeran Mangkubumi dan Raden Mas Said terjadi di wilayah Jawa. Pada awalnya keduanya berada pada pihak yang saling berlawanan yaitu ketika Pangeran Mangkubumi atas permintaan Pakubuwana II diminta memadamkan perlawanan Raden Mas Said ketika melawan VOC. Akan tetapi karena sama-sama memendam kebencian terhadap VOC, kedua tokoh tersebut akhirnya bersatu melawan VOC. Bahkan Raden Mas Said dijadikan menantu oleh Pangeran Mangkubumi.

Mereka berdua kemudian membagi wilayah perjuangan. Raden Mas Said bergerak di bagian timur, daerah Surakarta ke selatan terus ke Madiun, Ponorogo dengan pusatnya Sukowati. Sedangkan Pangeran Mangkubumi konsentrasi di bagian barat Surakarta terus ke barat dengan pusat di Hutan Beringin dan Desa Pacetokan, dekat Plered (termasuk daerah Yogyakarta sekarang).

- De Clerq adalah Seorang pendiri dan pemimpin Flemish kolaborator nasionalis dan ia adalah pemimpin VOC.Nasibnya adalah yaitu tewas dalam perlawanan rakyat Mataram

Rabu, 28 Agustus 2019

Apa Kamu Tahu Siapa Pangeran Nuku itu ?

Jawaban dari soal dalam buku Sejarah Indonesia Kurikulum 2013 Kelas 11 SMA/ SMK/ MA/ MAK bab 2 halaman 74. Peserta didik diminta menjawab bebarapa soal.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawbaannya di bawah ini !



Soal

1) Nah, apa kamu tahu siapa Pangeran Nuku itu?
2) Mengapa Nuku melancarkan perlawanan terhadap Belanda?
3) Bagaimana wujud politik devide et impera Belanda dalam memerangi Nuku?
4) Nuku berjuang tidak sendirian, tetapi keberhasilan Nuku karena kerja sama antarkekuatan masyarakat. Coba tunjukkan kebersamaan yang dibangun Sultan Nuku sehingga berhasil memulihkan kedaulatan Tidore dan sekitarnya.


Jawab

1) Nama asli Pangeran nuku adalah Muhammad Amiruddin, seorang sultan dari Kesultanan Tidore yang dinobatkan pada tanggal 13 April 1779, dengan gelar “Sri Paduka Maha Tuan Sultan Saidul Jehad el Ma’bus Amiruddin Syah Kaicil Paparangan”. Selama masa perang dengan VOC, Nuku disebut juga sebagai Jou Barakati, artinya Tuan Yang Diberkahi.

2) Nuku tidak terima Tidore ditempatkan sebagai Vassal  (pengikut, budak) VOC.
- VOC turut campur dalam pengangkatan calon penerus Kerajaan Tidore.

3) Dengan cara mengadu domba Nuku dengan suku-suku dan penguasa lokal di wilayah setempat.

4) Nuku berjuang tidak sendirian dibuktikan dengan Nuku berhasil meyakinkan sultan Aharal dan pangeran Ibrahim dari ternate untuk bersama-sama melawan Belanda.Bahkan dalam perlawanan ini Inggris juga ikut serta memberikan dukungan terhadap sultan Nuku.Nuku berhasil mengembangkan pemerintahan yang berdaulat membebaskan diri dari dominasi Belanda di Tidore sampai akhir hanyatnya

Latih Uji Kompetensi Sejarah Indonesia Bab 2 Halaman 76

Soal dan jawaban dari Latih Uji Kompetensi halaman 76 dalam buku Sejarah Indonesia Kurikulum 2013 SMA/ SMK/ MA/ MAK Kelas 12 bab 2. Peserta didik diminta mengerjakan soal dengan benar.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawabannya di bawah ini !


Soal
Latih Uji Kompetensi Halaman 76
1. Tuliskan penyebab langsung jatuhnya kabinet Sukiman. Jelaskan!
2. Berikan alasan mengapa sistem kepartaian yang dianut pada tahun 1950-an adalah multi partai. Kaitkan alasan kalian dengan pendapat yang pernah dikemukakan oleh Mohammad Hatta!
3. Jelaskan persamaan dan perbedaan antara pemilu pertama tahun 1955 dengan pemilu tahun 2014!
4. Jelaskan tujuan diberlakukannya kebijakan ekonomi Benteng. Jelaskan pula mengapa program ekonomi Benteng ini akhirnya mengalami kegagalan!


Jawab:
1. Bermula dari penandatanganan perjanjian Mutual Security Art (MSA) antara Menteri Luar Negeri Achmad Soebarjo dan Merte Cochran, Duta Besar AS yang berisi pernyataan bahwa Indonesia bersedia menerma bantuan dari AS. Mosi ini keudian disusul oleh pernyataan PNI agar kabinet mengembalikan mandatnya kepada presiden untuk mengatasi kesulitan-kesulitan yang dihadapi. Sukiman pun menyerahkan mandatnya kepada Presiden Soekarno pada 23 Februari 1952

2. Pemilu pertama Indonesia pada tahun 1955, diikuti oleh 178 partai ditambah dengan calon perorangan, sehingga pada saat itu sistem kepartaian Indonesia disebut sebagai Sistem Multipartai. Alasan ini berkaitan dengan pendapat "Multipartai adalah partai yang memiliki lebih dari satu dalam sistem kepartaian yang dianut pada tahun 1950-an" yang dikemukakan Mohammad Hatta

3. A. Persamaan
   a. Sama-sama menganut multi partai
   b. Dilakukan secara demokratis, dipilih oleh rakyat secara langsung

B. Perbedaan
   a. Pada tahun 1955, angkatan senjata dan polri ikut memilih; pada tahun 2014 angkatan senjata dan polri tidak ikut
   b. Pemilu tahun 1955 dilakukan secara sederhana; pemilu tahun 2014 memerlukan biaya yang sangat banyak karena melibatkan banyak hal

4. Tujuan diberlakukannya kebijakan ekonomi Benteng:
a. Mencadangkan impor barang-barang tertentu bagi kelompok pribumi
b. Membuka kesempatan bagi para pedagang pribumi membangun basis modal dibawah perlindungan pemerintah
c. Menumbuhkan kaum pengusaha pribumi agar mampu bersaing dalam usaha dengan pengusaha cina/asing lainnya

Program ekonomi Benteng ini mengalami kegagalan karena pemberian lisensi impor banyak yang disalahgunakan. Pembelinya orang-orang pribumi namun pelakunya adalah orang-orang keturunan.