Wednesday, August 28, 2019

Apa Kamu Tahu Siapa Pangeran Nuku itu ?

Loading...
Jawaban dari soal dalam buku Sejarah Indonesia Kurikulum 2013 Kelas 11 SMA/ SMK/ MA/ MAK bab 2 halaman 74. Peserta didik diminta menjawab bebarapa soal.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawbaannya di bawah ini !



Soal

1) Nah, apa kamu tahu siapa Pangeran Nuku itu?
2) Mengapa Nuku melancarkan perlawanan terhadap Belanda?
3) Bagaimana wujud politik devide et impera Belanda dalam memerangi Nuku?
4) Nuku berjuang tidak sendirian, tetapi keberhasilan Nuku karena kerja sama antarkekuatan masyarakat. Coba tunjukkan kebersamaan yang dibangun Sultan Nuku sehingga berhasil memulihkan kedaulatan Tidore dan sekitarnya.


Jawab

1) Nama asli Pangeran nuku adalah Muhammad Amiruddin, seorang sultan dari Kesultanan Tidore yang dinobatkan pada tanggal 13 April 1779, dengan gelar “Sri Paduka Maha Tuan Sultan Saidul Jehad el Ma’bus Amiruddin Syah Kaicil Paparangan”. Selama masa perang dengan VOC, Nuku disebut juga sebagai Jou Barakati, artinya Tuan Yang Diberkahi.

2) Nuku tidak terima Tidore ditempatkan sebagai Vassal  (pengikut, budak) VOC.
- VOC turut campur dalam pengangkatan calon penerus Kerajaan Tidore.

3) Dengan cara mengadu domba Nuku dengan suku-suku dan penguasa lokal di wilayah setempat.

4) Nuku berjuang tidak sendirian dibuktikan dengan Nuku berhasil meyakinkan sultan Aharal dan pangeran Ibrahim dari ternate untuk bersama-sama melawan Belanda.Bahkan dalam perlawanan ini Inggris juga ikut serta memberikan dukungan terhadap sultan Nuku.Nuku berhasil mengembangkan pemerintahan yang berdaulat membebaskan diri dari dominasi Belanda di Tidore sampai akhir hanyatnya

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon