Thursday, August 29, 2019

Nah Bagaimana Penilaian Kamu Tentang Surat Belanda terhadap Sultan Aceh

Kunci Jawaban dari pertanyaan dalam buku Sejarah Indonesia Kurikulum 2013 kelas 11 SMA/ SMK/ MA/ MAK bab 2 halaman 76. Peserta didik diminta menjawab sebuah pertanyaan yang berkaitan dengan Belanda dan Sultan Aceh.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawabannya di bawah ini !



Soal

Nah, bagaimana penilaian kamu tentang surat Belanda terhadap Sultan Aceh? Benarkah hal itu berangkat dari sebuah kejujuran dan kata hati ataukah memiliki tujuan-tujuan yang lebih jauh, coba beri penjelasan.

Jawab: 

Menurut saya, apa yang dilakukan oleh Pangeran Maurits dari Belanda terhadap Sultan Aceh adalah bentuk diplomasi yang menghalalkan segala cara. Tokoh Belanda tersebut menulis surat penuh puji-pujian dan sanjungan kepada Sultan Aceh bukan berlandaskan hati nurani yang jernih, melainkan berdasarkan kepentingan jangka panjang yaitu memperoleh izin berdagang di wilayah Aceh. Belanda dan VOC nya sudah terkenal dengan berbagai taktik yang licik demi meraup keuntungan sebanyak mungkin di bumi nusantara termasuk Aceh. Sayang sekali, Sultan Aceh akhirnya termakan rayuan Belanda, beliau mengizinkan VOC berdagang di wilayah Aceh.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon