Kamis, 08 Agustus 2019

Jelaskan Faktor-Faktor Penyebab Terjadi Pelanggaran Hak dan Pengingkaran Warga Negara

Soal dan jawaban dari Uji Kompetensi Bab 1 nomor 3 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Kurikulum 2013 halaman 32. Peserta didik diminta untuk menjawab soal yaitu

3. Jelaskan faktor-faktor penyebab terjadinya pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban warga negara baik yang bersifat internal maupun eksternal ?



Jawab:

Jawaban ada dalam video di bawah ini: 


 

Atau silakan baca artikel di bawah ini 


Pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban warga negara disebabkan oleh faktor-faktor berikut:

a. Faktor internal, yaitu dorongan untuk melakukan pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban warga negara yang berasal dari dalam diri sendiri, antara lain
1) Sikap egois atau terlalu mementingkan diri sendiri atau hanya memedulikan hak pribadi tanpa memedulikan hak orang lain
2) Kesadaran hukum yang rendah
3) Sikap tidak peduli
4) Tidak memiliki rasa kemanusiaan

b. Faktor Eksternal, yaitu faktor-faktor di luar diri manusia yang mendorong seseorang atau  sekelompok orang melakukan pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban warga negara,
diantaranya sebagai berikut:
1) Ada kesempatan
2) Rendahnya penegakan hukum
3) Dorongan dari pihak lain,
4) Memiliki hubungan dengan penyelenggara kekuasaan. Sehingga beranggapan kebal hukum dsb.

Kemukakan Hak dan Kewajiban Warga Negara yang Terdapat dalam UUD NRI 1945

Soal dan jawaban dari Uji Kompetensi Bab 1 nomor 2 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan halaman 32. Peserta didik diminta untuk menjawab soal yaitu

2. Kemukakanlah hak dan Kewajiban warga negara yang terdapat dalam UUD NRI 1945 ?




Jawab: 

 

Jawaban ada dalam video di bawah ini


 

atau silakan baca artikel di bawah ini

Hak dan kewajiban warga negara sudah diatur dalam Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 yaitu :

Hak Warga Negara

• Hak atas pekerjaan dan penghidupan yang layak bagi kemanusiaan Pasal 27 Ayat (2)
• Hak untuk ikut serta dalam upaya pembelaan negara, Pasal 27 ayat (3)
• Hak untuk berserikat dan berkumpul, mengeluarkan pikiran dengan lisan dan tulisan, Pasal 28
• Hak memperoleh kesempatan yang sama dalam pemerintahan, Pasal 28 D Ayat (3)
• Hak untuk memeluk agamanya masingmasing dan untuk beribadat menurut agamanya dan kepercayaannya itu,Pasal 29 Ayat (2)
• Hak untuk ikut serta dalam usaha pertahanan dan keamanan negara, Pasal 30 Ayat (1)
• Hak mendapat pendidikan, Pasal 31 ayat (1)
• Hak untuk memelihara dalam mengembangkan nilai-nilai budayanya, Pasal 32 ayat (1)
• Hak mendapatkan perlindungan kesejahteraan sosial Pasal 34

Kewajiban Warga Negara

• Menjunjung hukum dan pemerintahan , Pasal 27 Ayat (1)
• Menghormati hak asasi warga negara lainnya Pasal 28 J ayat (1)
• ikut serta dalam usaha pertahanan dan keamanan negara Pasal 30 ayat (1)
• Mengikuti pendidikan dasar Pasal 31 ayat (2)
• Ikut serta dalam upaya pembelaan negara Pasal 27 Ayat (3)

Uji Kompetensi Bab 1 Pkn Kelas 12 Jawablah Soal-Soal di Bawah ini Secara jelas dan Akurat

Soal dan jawaban dari Uji Kompetensi Bab 1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Kurikulum 2013 Kelas 12. Peserta didik diminta untuk mengerjakan lima soal tentang Hak asasi, hak warga negara, kewajiban asasi dan kewajiban warga negara.

Agar lebih jelas, silakan perhatikan soal dan jawaban di bawah ini !



Soal

Uji Kompetensi Bab 1
1. Jelaskan konsep hak asasi, hak warga negara, kewajiban asasi, dan kewajiban warga negara. Uraikan perbedaan dan persamaan konsep-konsep tersebut.
2. Kemukakan hak dan kewajiban warga negara yang terdapat dalam UUD NRI Tahun 1945.
3. Jelaskan faktor-faktor penyebab terjadinya pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban warga negara baik yang bersifat interntal maupun eksternal
4. Menurut Anda, apa yang harus dilakukan pemerintah dalam menyelesaikan pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban sebagai warga negara.
5. Bagaimana cara Anda untuk menghindarai melakukan pelanggaran terhadap hak orang lain dan pengingkaran terhadap kewajiban sehari-hari.

Jawab:

Silakan tonton video di bawah ini




atau perhatikan tulisan dibawah ini 

1. Hak asasi, hak warga negara, kewajiban asasi dan kewajiban warga merupakan konsep yang selalu melekat dalam diri setiap individu manusia.

Hak asasi manusia adalah hak yang melekat pada diri setiap pribadi manusia. Karena itu, hak asasi manusia berbeda dari pengertian hak warga negara. Hak warga negara merupakan seperangkat hak yang melekat dalam diri manusia dalam kedudukannya sebagai anggota dari sebuah negara. Hak asasi sifatnya universal, tidak terpengaruh status kewarganegaraan seseorang.

Akan tetapi, hak warga negara dibatasi oleh status kewarganegaraannya. Dengan kata lain, tidak semua hak warga negara adalah hak asasi manusia, akan tetapi dapat dikatakan bahwa semua hak asasi manusia juga merupakan hak warga negara, misalnya hak setiap warga negara untuk menduduki jabatan dalam pemerintahan Republik Indonesia adalah hak asasi warga negara Indonesia, tidak berlaku bagi setiap orang yang bukan warga negara Indonesia.

Kewajiban warga negara dapat diartikan sebagai tindakan atau perbuatan yang harus dilakukan oleh seorang warga negara sebagaimana diatur dalam ketentuan perundang-undangan yang berlaku.

Kewajiban asasi merupakan kewajiban dasar setiap orang. Dengan kata lain, kewajiban hak asasi terlepas dari status kewarganegaraan yang dimiliki oleh orang tersebut. Sementara itu, kewajiban
warga negara dibatasi oleh status kewarganegaran seseorang, akan tetapi meskipun demikian konsep kewajiban warga negara memiliki cakupan yang lebih luas, karena meliputi pula kewajiban asasi. Misalnya, di Indonesia menghormati hak hidup merupakan kewajiban setiap orang terlepas apakah ia warga negara Indonesia atau bukan, sedangkan kewajiban bela negara hanya merupakan kewajiban warga negara Indonesia saja, sementara warga negara asing tidak dikenakan kewajiban tersebut.

Untuk jawaban soal nomor 2 hingga nomor lima, silakan pilih tautan di bawah ini.

2. Hak dan kewajiban warga negara yang terdapat dalam UUD NRI Tahun 1945.
3. Jelaskan faktor-faktor penyebab terjadinya pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban warga negara baik yang bersifat interntal maupun eksternal
4. Menurut Anda, apa yang harus dilakukan pemerintah dalam menyelesaikan pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban sebagai warga negara.
5. Bagaimana cara Anda untuk menghindari melakukan pelanggaran terhadap hak orang lain dan pengingkaran terhadap kewajiban sehari-hari.

Daftarlah Topik yang Berkaitan Dengan Kegiatan Belajar di Sekolahmu

Soal dan jawaban Tugas  Bab 2 halaman 72 Bahasa Indonesia Kurikulum 2013 Kelas 11. Peserta didik diminta untuk membuat daftar topik yang berkaitan dengan kegiatan belajar mengajar di sekolah masing-masing.

Agar lebih jelas, silakan perhatikan soal dan jawabannya di bawah ini !



Soal

Tugas !
Lakukan kegiatan berikut !
1. a. Daftarlah topik yang berkaitan dengan kegiatan belajar di sekolahmu !
b. Susunlah topik-topik secara runtut ke dalam struktrur eksplanasi: identifikasi fenomena, proses kejadian, dan ulasan
c. Kembangkan kerangka itu menjadi sebuah karangan eksplanasi dengan memperhatikan kaidah-kaidah kebahasaan yang benar !

Jawab:

1. 

a. Topik yang berkaitan dengan kegiatan belajar di sekolah saya

1. Pada tanggal 21 April, SMA merayakan hari kartini
2. Setiap peserta didik diwajibkan mengenakan pakaian adat
3. Bagi peserta didik putra mengenakan beskap
4. Peserta didik putri mengenakan kebaya
5. Ada perlombaan Kartono dan Kartini
6. Penilaian berdasarkan keluwesan, penampilan dan tata busana

b. Identifikasi Fenomena: 
1.  Pada tanggal 21 April, SMA merayakan hari kartini

Proses Kejadian: 
 
1. Setiap peserta didik diwajibkan mengenakan pakaian adat
2. Bagi peserta didik putra mengenakan beskap
3. Peserta didik putri mengenakan kebaya
4. Ada perlombaan Kartono dan Kartini

Ulasan: 
1. Penilaian berdasarkan keluwesan, penampilan dan tata busana

Pada tanggal 21 April 2020, SMA Negeri 1 Kartanegara menyelenggarakan peringatan hari Kartini. Oleh sebab itu, seluruh peserta didik diwajibkan untuk turut meramaikan kegiatan tersebut. Setiap peserta didik diwajibkan mengenakan pakaian adat jawa. Bagi peserta didik putra mengenakan beskap. Sementara peserta didik putri mengenakan kebaya. Mereka diwajibkan mengenakan adat jawa untuk meniru gaya pakain R.A. Kartini yang pada saat itu mengenakan pakaian adat jawa. Agar lebih seru, pada hari itu diselenggarakan perlombaan Kartono dan Kartini. Yakni perlombaan untuk memilih peserta yang memiliki gaya busana dan penampilan terbaik.

Susunlah Kalimat-Kalimat di Bawah ini Sehingga Menjadi Teks-Teks yang Utuh dan Padu

Soal dan jawaban dari pertanyaan nomor 2 tugas halaman 69 Bahasa Indonesia kurikulum 2013 Kelas 11 Bab 2. Peserta didik diminta untuk mengurutkan teks yang masih belum padu.

Agar lebih jelas, silakan perhatikan soal dan jawaban di bawah ini !



Soal

2. Susunlah kalimat-kalimat di bawah ini sehingga menjadi teks-teks yang utuh dan padu

1. a. Kayu Ramin diimpor oleh pedagang-pedangan Singapura dari Kalimantan Barat.
b. Di sana diolah menjadi perabot rumah tangga
c. Tentu saja harga sudah 7 atau 8 kali lipat harga di Kalimantan Barat.
d. Kemudian dikirim ke Jakarta, dan dikenal sebagai kayu Jati Singapura.

2. a. Bahkan kalau goyangan atau goncangannya besar, bumi seakan-akan mau runtuh.
b. Ketika itu, seolah-olah bumi ini bergerak-gerak, bukan?
c. Gempa bumi sering diartikan sebagai getaran atau goncangan yang terjadi pada permukaan bumi.
d. Ketika terjadi gempa bumi, memang kita akan merasakan bumi yang kita diami ini bergetar atau bergoyang-goyang.


Jawab:

1. a, b, d,c

Kayu Ramin diimpor oleh pedagang-pedangan Singapura dari Kalimantan Barat. Di sana diolah menjadi perabot rumah tangga. Kemudian dikirim ke Jakarta, dan dikenal sebagai kayu Jati Singapura. Tentu saja harga sudah 7 atau 8 kali lipat harga di Kalimantan Barat.

2. c, b,d,a

Gempa bumi sering diartikan sebagai getaran atau goncangan yang terjadi pada permukaan bumi.  Ketika itu, seolah-olah bumi ini bergerak-gerak, bukan?Ketika terjadi gempa bumi, memang kita akan merasakan bumi yang kita diami ini bergetar atau bergoyang-goyang. Bahkan kalau goyangan atau goncangannya besar, bumi seakan-akan mau runtuh.

Menurutmu Ketiga Cuplikan teks tersebut Dikembangkan Dengan Pola Apa ?

Soal dan jawaban dari Tugas 1 Bahasa Indonesia Kurikulum 2013 Kelas 11 Bab 2 halaman 68. Peserta didik diminta untuk menentukan pola pengembangan dari teks yang ada.

Agar lebih jelas, silakan perhatikan soal dan jawaban di bawah ini !

Soal



Tugas 1

1. Cermatilah ketiga cuplikan teks di bawah ini !

a. Dua puluh tahun lalu,ponsel hanyalah telepon tanpa kabel.Namun demikian, teknologi berkembang cepat. Kerja sama operator dengan produsen ponsel serta aliansi perusahaan di bidang teknologi, membuat ponsel tidak cuma untuk berbicara lisan. Dua tahun terakhir, kemampuan ponsel melakukan komunikasi data bertambah banyak. Ponsel generasi kedua ini, tidak hanya bisa mengirim dan menerima pesan teks SMS (short message service), E-maildownload nada dering,atau games juga dapat terselenggara dengan baik.

b. Penampung limbah pabrik marmer PT CIM yang terletak di puncak Gunung Kapur Desa Citatah Kabupaten Bandung jebol. Akibatnya, 21 rumah di sekitarnya hancur dan rusak berat diterjang longsoran limbah padat pabrik. Tidak ada korban tewas dalam musibah itu, tetapi sedikitnya tujuh orang dibawa ke rumah sakit Cibabat.

c.Anarkisme massa pada umumnya terjadi akibat sikap kritis mereka yang tidak mendapat tanggapan secara wajar. Massa kemudian frustrasi dan marah. Mereka merasa aspirasinya dilecehkan, tidak dihargai. Dalam kondisi itulah, sikap rasional bisa melemah. Emosilah yang kemudian lebih berperan. Apalagi dalam kerumunan massa, emosi mudah menjalar dan tidak terkendali. Terjadilah akhirnya aksi perusakan yang sesungguhnya cara tersebut bertentangan dengan sikap kritis itu sendiri.

Menurutmu, ketiga cuplikan teks tersebut dikembangkan dengan pola apa ? Diskusikan pola topik dari setia teks

Jawab:

a. Topik : Perkembangan teknologi ponsel
Pola Pengembangan: Sebab akibat

b. Topik:  Hancurnya 21 rumah di sekitar PT CIM diterjang longsoran limbah padat pabrik.
Pola pengembangan: Proses

c. Topik: Anarkisme Massa
Pola Pengembangan: Sebab Akibat.

Aktivitas 2.3 Coba Kalian Diskusikan Secara Kelompok Pertanyaan Berikut

Soal dan jawaban dari Aktivitas 2.3 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) Kurikulum 2013 Bab 2 halaman 41. Peserta didik diminta berdiskusi bersama kelompok masing-masing tentang manfaat UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dan sebagainya.

Agar lebih jelas, silakan perhatikan soal dan jawaban di bawah ini !



Soal

Aktivitas 2.3
Coba kalian diskusikan secara berkelompok pertanyaan berikut !
1. Apa manfaat UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 bagi warga negara serta bangsa dan negara
2. Apa akibat bagi warga negara serta bangsa dan negara apabila Indonesia tidak memiliki UUD ?
3. Apa kesimpulan yang dapat kalian rumuskan tentang arti penting UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945
4. Tulislah hasil diskusi kalian dalam tabel berikut !

Jawab:

1. Manfaat UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945
Bagi warga negara
a. Merasa aman menjalankan aktivitas sehari-hari
b. Memberikan batasan apa saja yang boleh dilakukan dan apa saja yang tidak diperbolehkan dalam kehidupan sehari-hari
c. Mendapat kepastian hukum
d. Mendapat keadilan
e. Menanamkan jiwa nasionalisme dan patriotisme
f. Bisa bekerja mencari nafkah dengan lancar

Bagi Bangsa dan Negara
a. Memiliki landasan untuk menentukan dasar dari segala sumber hukum
b. Memiliki visi dan misi pembangunan sebuah bangsa
c. Memiliki perangkat untuk melakukan tindakan hukum
d. Memiliki arah dan tujuan sebuah bangsa
e. Merupakan motor penggerak untuk mencapai cita-cita nasional


2. Akibat jika warga negara serta bangsa dan negara tidak memiliki undang-undang dasar (UUD) antara lain
a. Tujuan bernegara akan gagal total
b. Warganegara akan selalu bertikai dengan sesama warganegara
c. Terjadi banyak kerusuhan dan keributan
d. Negara akan segera bubar


3.


NoHak warga negaraBentuk aturan dalam UUD Negara Republik IndonesiaTahun 1945Manfaat Diatur dalam UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945Apabila tidak Diatur dalam UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945
1Mendapatkan pendidikanPasal 31 UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945Agar terselenggara pendidikan dengan baik dan berhasil.Terjadi kericuhan dalam bidang pendidikan, misalnya: Banyak anak tidak sekolah, pembayaran SPP mahal dll
2Beragama dan beribadahPasal 28E ayat 2, Pasal 28I ayat 1, Pasal 29 ayat (2)Suasana beribadah akan tenangTerjadi kerusuhan antar umat beragama.
3Perlindungan hukumPasal 27 ayat (1), Pasal 28D ayat (1), Pasal 28 ayat (5), Pasal 30 ayat (4), pasal 24 ayat (1)Menciptakan keadilan, ketenteraman, keamanan dan kenyamananTerjadi ketidakadilan di mana-mana, kerusuhan antar warga negara
4Memilih dan dipilihPasal 1 ayat (2), Pasal 2 ayat (1), Pasal 6A (1), Pasal 19 ayat (1) dan Pasal 22C (1) UUD 1945Berdemokrasi secara benar, memberikan kesempatan kepasa setiap warga negara untuk menjadi pemimpinPeperangan antar warganegara, peperangan antara warga negara dengan pemimpin.
5Berserikat dan berkumpulPasal 28Masyarakat bisa menyampaikan pendapat dengan aman, masyarakat bisa mengkritik pemerintah dengan amanTerjadi suasana pemerintahan yang otoriter dan mencekam

Aktivitas 2.2. Diskusikan Dalam Kelompok Apa Akibat Apabila Pembukaan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 Diubah

Soal dan jawaban dari Aktivitas 2.2 dalam buku Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) Kurikulum 2013 halaman 30. Peserta didik diminta untuk berdiskusi dengan kelompok tentang Perubahan Pembukaan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945.

Agar lebih jelas, silakan perhatikan soal dan jawaban di bawah ini



Soal :

Aktivitas 2.2
Diskusikan dalam kelompok, apa akibatnya apabila Pembukaan UUD 1945 diubah. Bagaimana sikap kalian terhadap hal ini ?

Jawab:

Dalam Pembukaan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 terdapat empat alinea yang memuat tentang:
1. Pokok-pokok pikiran yang diciptakan dan diwujudkan dalam pasal-pasal UUD 1945
2. Pengakuan kemerdekaan hak segala bangsa
3. Cita-cita nasional
4. Pernyataan kemerdekaan
5. Tujuan negara
6. Kedaulatan rakyat
7, Dasar negara Indonesia.

Kira-kira pada bagian manakah perubahan UUD 1945 itu akan dilakukan? Hal yang mungkin dilakukan seandainya terjadi perubahan adalah perubahan atau penambahan cita-cita nasional dan tujuan bernegara. Jika terjadi perubahan atau penambahan, berarti bangsa Indonesia memiliki tujuan baru yang harus lebih baik.

Sebagai generasi muda, saya berpendapat, selama perubahan itu demi kepentingan bangsa dan negara, bukan tidak mungkin perubahan UUD Republik Indonesia Tahun 1945 akan dilakukan. Akan tetapi dalam waktu dekat ini, perubahan UUD 1945 belum perlu dilakukan.

Aktivitas 2.1 Coba Kalian Buat Tabel Bagan Hubungan Isi Proklamasi Kemerdekaan dan Pembukaan UUD 1945

Soal  dan jawaban dari Aktivitas 2.1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKN) Kurikulum 2013 Kelas 8 Bab 2 halaman 29. Peserta didik diminta untuk menjelaskan hubungan isi Proklamasi dan Pembukaan UUD 1945.

Agar lebih jelas, silakan perhatikan soal dan jawaban di bawah ini !



Soal

Aktivitas 2.1
Coba kalian buat tabel bagan hubungan isi Proklamasi Kemerdekaan dan Pembukaan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945.

Tabel 2.2. Bagan Hubungan Pembukaan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dan Proklamasi


Jawab: 

Uraian Hubungan Pembukaan dengan Proklamasi Kemerdekaan

Alinea 1
Dalam alinea 1 Pembukaan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 terdapat deklarasi kemerdekaan sekaligus penentangan terhadap penjajahan di seluruh dunia. Ini selaras dengan Proklamasi Kemerdekaan

Alinea 2
Dalam alinea 2 selain terdapat penjelasan bahwa bangsa Indonesia sudah saatnya merdeka demi mewujudkan Indonesia yang merdeka, bersatu, berdaulat adil dan makmur. Proklamasi Kemerdekaan menjelaskan dengan lebih singkat.

Alinea 3
Sebagai bangsa religius, bangsa Indonesia menyatakan bahwa kemerdekaan RI adalah karunia dan rahmat dari Allah Yang Mahakuasa.

Alinea 4
Merupakan cita-cita dan tujuan dari Pemerintah Negara Indonesia, melindungai segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia dan untuk memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa dan ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial. Dan dasar dari semua itu adalah Pancasila.

Tabel 2.1 Daftar Pertanyaan PPKn Kelas 8 Halaman 27

Soal dan jawaban dari Tabel 2.1. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Kelas 8 Bab 2 halaman 27. Peserta didik diminta mengisi tabel dengan pertanyaan dengan berdasarkan Pembukaan UUD Negara Republik Indonesia


Agar lebih jelas, silakan perhatikan soal dan jawaban di bawah ini !



Soal

Setelah kalian membaca secara cermat dan mencatat hal yang penting, mungkin ada hal yang ingin kalian ketahui secara lebih mendalam tentang Pembukaan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945. Kembangkan rasa ingin tahu kalian sehingga memperoleh pemahaman pengatahuan yang lebih tinggi. Cobalah kalian kembangkan dan tambahkan pertanyaan dalam tabel berikut dengan pertanyaan kalian.

Tabel 2.1 Daftar Pertanyaan
1. Bagaimana kedudukan Pembukaan dalam UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945
2. Bagaimana hubungan Pembukaan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dan Proklamasi Kemerdekaan

Jawab:

Pertanyaan yang muncul setelah membaca UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945:

3. Siapa saja yang merumuskan Pembukaan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 ?
4. Menurutmu, apakah tujuan berdirinya Republik Indonesia dalampembukaan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 bisa benar-benar tercapai?
5. Apa yang harus dilakukan generasi muda terhadap pembukaan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 ?


Selanjutnya, cobalah kalian mencari informasi dari berbagai sumber belajar untuk menjawab semua rasa ingin tahun kalian.

Jawaban dari daftar pertanyaan di atas:
1. Kedudukan Pembukaan UUD dalam UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 lebih tinggi dibanding batang tubuh karena Pembukaan merupakan pokok kaidah negara yang fundamental bagi Negara Republik Indonesia.. Dalam pembukaan UUD Negara Republik Indonesia tahun 1945 terdapat latar belakang berdirinya Republik Indonesia. Selain itu dalam Pembukaan tersebut juga terdapat cita-cita dan tujuan bangsa Indonesia. Dengan demikian, Pembukaan UUD 1945 adalah fondasi yang begitu kokoh, sementara batang tubuhnya merupakan aturan yang harus ditaati untuk mencapai semua cita-cita dan tujuan bangsa Indonesia.

2. Di antara pembukaan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dan Proklamasi terdapat hubungan yang erat. Ada persamaan di antara keduanya. Dalam proklamasi dan Pembukaan UUD Negara Republik Indonesia tertulis secara jelas tentang pernyataan kemerdekaan Republik Indonesia.

3. Perumus pembukan UUD 1945

  1. Ir. Soekarno :
  2. Drs. Mohammad Hatta
  3. Dr. Rajiman Wediodiningrat
  4. Mr. Mohammad Yamin
  5. Prof. Dr. R. Supomo
  6. Mr.Ahmad Soebardjo\
4. Bisa, meskipun membutuhkan waktu dan proses yang tidak mudah.
5. Sebagai generasi muda, sudah seharusnya menjadikan pembukaan UUD 1945 bersama Pancasila sebagai pedoman dalam tingkah laku dan perbuatan. Selain berfikir dan bertindak sebagai individu, generasi muda juga wajib menempatkan dirinya sebagai bagian dari warga negara yang mencintai tanah airnya.