Senin, 23 Mei 2022

Menurut Anda, Apa yang Harus Dilakukan Pemerintah dalam Menyelesaikan Pelanggaran Hak dan Pengingkaran Kewajiban Sebagai Warga Negara

Soal dan jawaban dari Uji Kompetensi Bab 1 Kelas 12 nomor 4 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Kurikulum 2013 halaman 32.

Peserta didik diminta untuk menjawab soal yaitu

4. Menurut Anda, apa yang harus dilakukan pemerintah dalam menyelesaikan pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban sebagai warga negara.



Jawab :

Untuk menyelesaikan Pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban sebagai warga negara, pemerintah perlu menggunakan pendekatan hukum yang berlaku di negara Indonesia. Selain itu juga terdapat instrumen lain yaitu dengan pendekatan yang lebih mengedepankan asas kekeluargaan dan kemanusiaan. Kita mengenalnya dengan nama Keadilan Restoratif.  Keadilan Restoratif adalah sebuah pendekatan hukum pidana yang memuat sejumlah nilai tradisional. Hal ini didasarkan pada dua indikator yaitu nilai-nilai yang menjadi landasannya dan mekanisme yang ditawarkannya. Hal tersebut menjadi dasar pertimbangan mengapa keberadaan keadilan restoratif diperhitungkan kembali. Keberadaan pendekatan ini barangkali sama tuanya dengan hukum pidana itu sendiri.

Artikel Terkait