Kamis, 08 Agustus 2019

Aktivitas 2.1 Coba Kalian Buat Tabel Bagan Hubungan Isi Proklamasi Kemerdekaan dan Pembukaan UUD 1945

Soal  dan jawaban dari Aktivitas 2.1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKN) Kurikulum 2013 Kelas 8 Bab 2 halaman 29. Peserta didik diminta untuk menjelaskan hubungan isi Proklamasi dan Pembukaan UUD 1945.

Agar lebih jelas, silakan perhatikan soal dan jawaban di bawah ini !



Soal

Aktivitas 2.1
Coba kalian buat tabel bagan hubungan isi Proklamasi Kemerdekaan dan Pembukaan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945.

Tabel 2.2. Bagan Hubungan Pembukaan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dan Proklamasi


Jawab: 

Uraian Hubungan Pembukaan dengan Proklamasi Kemerdekaan

Alinea 1
Dalam alinea 1 Pembukaan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 terdapat deklarasi kemerdekaan sekaligus penentangan terhadap penjajahan di seluruh dunia. Ini selaras dengan Proklamasi Kemerdekaan

Alinea 2
Dalam alinea 2 selain terdapat penjelasan bahwa bangsa Indonesia sudah saatnya merdeka demi mewujudkan Indonesia yang merdeka, bersatu, berdaulat adil dan makmur. Proklamasi Kemerdekaan menjelaskan dengan lebih singkat.

Alinea 3
Sebagai bangsa religius, bangsa Indonesia menyatakan bahwa kemerdekaan RI adalah karunia dan rahmat dari Allah Yang Mahakuasa.

Alinea 4
Merupakan cita-cita dan tujuan dari Pemerintah Negara Indonesia, melindungai segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia dan untuk memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa dan ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial. Dan dasar dari semua itu adalah Pancasila.

Artikel Terkait