Thursday, August 8, 2019

Tabel 2.1 Daftar Pertanyaan PPKn Kelas 8 Halaman 27

Soal dan jawaban dari Tabel 2.1. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Kelas 8 Bab 2 halaman 27. Peserta didik diminta mengisi tabel dengan pertanyaan dengan berdasarkan Pembukaan UUD Negara Republik Indonesia


Agar lebih jelas, silakan perhatikan soal dan jawaban di bawah ini !



Soal

Setelah kalian membaca secara cermat dan mencatat hal yang penting, mungkin ada hal yang ingin kalian ketahui secara lebih mendalam tentang Pembukaan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945. Kembangkan rasa ingin tahu kalian sehingga memperoleh pemahaman pengatahuan yang lebih tinggi. Cobalah kalian kembangkan dan tambahkan pertanyaan dalam tabel berikut dengan pertanyaan kalian.

Tabel 2.1 Daftar Pertanyaan
1. Bagaimana kedudukan Pembukaan dalam UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945
2. Bagaimana hubungan Pembukaan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dan Proklamasi Kemerdekaan

Jawab:

Pertanyaan yang muncul setelah membaca UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945:

3. Siapa saja yang merumuskan Pembukaan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 ?
4. Menurutmu, apakah tujuan berdirinya Republik Indonesia dalampembukaan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 bisa benar-benar tercapai?
5. Apa yang harus dilakukan generasi muda terhadap pembukaan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 ?


Selanjutnya, cobalah kalian mencari informasi dari berbagai sumber belajar untuk menjawab semua rasa ingin tahun kalian.

Jawaban dari daftar pertanyaan di atas:
1. Kedudukan Pembukaan UUD dalam UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 lebih tinggi dibanding batang tubuh karena Pembukaan merupakan pokok kaidah negara yang fundamental bagi Negara Republik Indonesia.. Dalam pembukaan UUD Negara Republik Indonesia tahun 1945 terdapat latar belakang berdirinya Republik Indonesia. Selain itu dalam Pembukaan tersebut juga terdapat cita-cita dan tujuan bangsa Indonesia. Dengan demikian, Pembukaan UUD 1945 adalah fondasi yang begitu kokoh, sementara batang tubuhnya merupakan aturan yang harus ditaati untuk mencapai semua cita-cita dan tujuan bangsa Indonesia.

2. Di antara pembukaan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dan Proklamasi terdapat hubungan yang erat. Ada persamaan di antara keduanya. Dalam proklamasi dan Pembukaan UUD Negara Republik Indonesia tertulis secara jelas tentang pernyataan kemerdekaan Republik Indonesia.

3. Perumus pembukan UUD 1945

  1. Ir. Soekarno :
  2. Drs. Mohammad Hatta
  3. Dr. Rajiman Wediodiningrat
  4. Mr. Mohammad Yamin
  5. Prof. Dr. R. Supomo
  6. Mr.Ahmad Soebardjo\
4. Bisa, meskipun membutuhkan waktu dan proses yang tidak mudah.
5. Sebagai generasi muda, sudah seharusnya menjadikan pembukaan UUD 1945 bersama Pancasila sebagai pedoman dalam tingkah laku dan perbuatan. Selain berfikir dan bertindak sebagai individu, generasi muda juga wajib menempatkan dirinya sebagai bagian dari warga negara yang mencintai tanah airnya.


Artikel Terkait


EmoticonEmoticon