Thursday, August 8, 2019

Menurutmu Ketiga Cuplikan teks tersebut Dikembangkan Dengan Pola Apa ?

Soal dan jawaban dari Tugas 1 Bahasa Indonesia Kurikulum 2013 Kelas 11 Bab 2 halaman 68. Peserta didik diminta untuk menentukan pola pengembangan dari teks yang ada.

Agar lebih jelas, silakan perhatikan soal dan jawaban di bawah ini !

Soal



Tugas 1

1. Cermatilah ketiga cuplikan teks di bawah ini !

a. Dua puluh tahun lalu,ponsel hanyalah telepon tanpa kabel.Namun demikian, teknologi berkembang cepat. Kerja sama operator dengan produsen ponsel serta aliansi perusahaan di bidang teknologi, membuat ponsel tidak cuma untuk berbicara lisan. Dua tahun terakhir, kemampuan ponsel melakukan komunikasi data bertambah banyak. Ponsel generasi kedua ini, tidak hanya bisa mengirim dan menerima pesan teks SMS (short message service), E-maildownload nada dering,atau games juga dapat terselenggara dengan baik.

b. Penampung limbah pabrik marmer PT CIM yang terletak di puncak Gunung Kapur Desa Citatah Kabupaten Bandung jebol. Akibatnya, 21 rumah di sekitarnya hancur dan rusak berat diterjang longsoran limbah padat pabrik. Tidak ada korban tewas dalam musibah itu, tetapi sedikitnya tujuh orang dibawa ke rumah sakit Cibabat.

c.Anarkisme massa pada umumnya terjadi akibat sikap kritis mereka yang tidak mendapat tanggapan secara wajar. Massa kemudian frustrasi dan marah. Mereka merasa aspirasinya dilecehkan, tidak dihargai. Dalam kondisi itulah, sikap rasional bisa melemah. Emosilah yang kemudian lebih berperan. Apalagi dalam kerumunan massa, emosi mudah menjalar dan tidak terkendali. Terjadilah akhirnya aksi perusakan yang sesungguhnya cara tersebut bertentangan dengan sikap kritis itu sendiri.

Menurutmu, ketiga cuplikan teks tersebut dikembangkan dengan pola apa ? Diskusikan pola topik dari setia teks

Jawab:

a. Topik : Perkembangan teknologi ponsel
Pola Pengembangan: Sebab akibat

b. Topik:  Hancurnya 21 rumah di sekitar PT CIM diterjang longsoran limbah padat pabrik.
Pola pengembangan: Proses

c. Topik: Anarkisme Massa
Pola Pengembangan: Sebab Akibat.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon