Monday, May 6, 2019

Kegiatan 1 Mencermati Struktur Teks Laporan Kelelawar, Bahasa Indonesia Kelas 9

Soal dan jawaban kegiatan 1 mencermati struktur teks laporan kelelawar. Kegiatan ini terdapat dalam buku bahasa Indonesia Kelas 9 halaman 23 dan 24. Untuk lebih jelasnya, silakan simak soal dan pemabahasan di bawah ini.



1. Bagaimana informasi bagian pernyataan umum yang dikembangkan? Coba bandingkan dengan teks Venus!

Mengacu pada teks yang cukup singkat, pernyataan umum pada teks laporan kelelawar cukup lengkap. Diawali dengan pengertian tentang kelelawar sebagai bagian dari mamalia. Kemudian, dilanjutkan dengan adanya perbedaan antara kelelawar dengan mamalia pada umumnya, kelelawar bisa terbang. Setelah itu dideskripsikan bahwa kelelawar memiliki seribu jenis. Akan tetapi yang disebutkan hanya beberapa jenis kelelawar.

Sementara itu, pada teks laporan tentang planet venus, kita akan menemukan banyak informasi penting terkait dengan planet venus yang dimulai dengan pengertian planet venus. Bagaimana perbandingannya dengan bumi, bagaimana cara berotasi dan berevolusi dan lain-lain.

Secara umum teks tentang kelelawar dan venus hampir sama.


2. Bagaimana cara pembagian uraian teks "Kelelawar"?

Cara pembagian dimulai dengan penampilan, lalu kebiasaan makan, kapasitas dan perkembangbiakan

3. Apa yang dimaksud dengan kata teknis "nokturnal" dan "pupil"? Carilah informasi tentang kata tersebut!

Nokturnal berarti beraktivitas hidup (tentang hewan) pada malam hari; atau keadaan hewan yang sifatnya atau kebiasaannya aktif terutama pada malam hari. Pupil berarti
manik mata atau biji mata.
4. Dapatkah kamu menambahkan informasi tentang kelelawar khas daerahmu? Tuliskan tambahanmu tentang kelelawar di daerahmu!

Melihat kelelawar biasanya pada malam hari. Terkadang mereka tanpa sengaja masuk ke rumah. Jika dilihat jenisnya tentu sangat kesulitan bagi saya untuk menemukan termasuk jenis apa. Akan tetapi, apabila melihat beberapa buah mangga yang tiba-tiba seperti bekas dimakan hewan, kemungkinan besar buah tersebut dimakan oleh kalong/. codot.

5. Di beberapa daerah dikenal nama kampret dan kalong, jenis kelelawar yang manakah itu? Adakah nama khas dari daerahmu?

Kampret merupakan nama anak kelelawar. Sementara kalong (atau codot) adalah kelelawar pemakan buha-buahan

6. Apakah ada hubungannya kota Pekalongan dengan kata kalong?
Hubungannya adalah pada zaman dahulu ada leluhur pekalongan yang melakukan tapa ngalong yaitu bersikap seperti kelelawar, yaitu bergelantungan.

Kegiatan 1: Mencermati Struktur Teks Laporan Tentang Venus

Soal dan jawaban dari Kegiatan 1: mencermati Struktur Teks Laporan tentang Venus. Soal ini terdapat dalam buku bahasa Indonesia Kelas 9 pada halaman 20. Untuk lebih jelasnya silakan simak soal dan jawaban di bawah ini.




1. Apakah pernyataan umumnya sudah mengklasifikasikan Venus?
2. Kosakata teknis apa yg digunakan utk menjelaskan Venus? Berikan contoh!
3. Kata apa yg menggambarkan proses dan aksi?
4. Perhatikan cara mengurutkan gambaran tentang Venus! Sudah baik menurutmu?
5. Jika urutan penggambarannya belum baik, apa saranmu?

Jawab:

1. Sudah. Planet venus sudah diklasifikasi dengan baik.
2. Kosakata teknisnya antara lain: planet, rotasi, tata surya, hari bumi.
3. kata yang mengambarkan proses dan aksi adalah mengedari, berotasi.
4. Sudah cukup baik.
5. Saran saya,definisi tentang venus sebaiknya ditambah lagi.

Kegiatan 2 Mencermati Informasi Laporan Tentang Venus, Bahasa Indonesia Kelas 9

Soal dan jawaban dari Kegiatan 2 Bahasa Indonesia Kelas 9 yaitu tentang mencermati Informasi yang terdapat dalam laporan tentang Venus, laporan tentang kelelawar dan laporan tentang rantai makanan di antariksa. Peserta didik diminta untuk melengkapi catatan informasi dengan menggunakan kata benda (nomina) seperti pada contoh.

Untuk lebih jelasnya silakan simak soal dan jawaban di bawah ini.




Laporan tentang Venus



1. Venus adalah planet dalam sistem tata surya kita.

Catatan informasi: Pengertian planet Venus


2. Venus sama besarnya dengan bumi

Catatan informasi: Ukuran planet Venus


3. Venus adalah planet.

Catatan informasi: Jenis Planet Venus


4. Warnanya oranye kekuningan dengan beberapa kehitaman.

Catatan informasi: Warna planet Venus


5. Venus merupakan planet kedua dari Matahari antara Merkurius dan Bumi.

Catatan informasi: Posisi planet Venus.


6. Venus mengedari Matahari selama 235 hari Bumi.

Catatan informasi: waktu revolusi planet venus


7. Venus berotasi sekali setiap 244 hari Bumi.

Catatan informasi: waktu rotasi planet venus


8. Venus sangat tua dan berbatu.

Catatan informasi: kondisi permukaan fisik planet venus


9. Langitnya oranye dengan kilatan cahaya petir.

Catatan informasi: situasi langit venus



Laporan tentang Kelelawar

 1. Kelelawar merupakan mamalia
 Catatan informasi: Kategori hewan kelelawar
  
2. Mereka satu-satunya mamalia yang dapat terbang.
 Catatan informasi: Ciri kelelawar
  
3. Ada lebih dari 1000 jenis kelelawar seperti kelelawar vampir, kelelawar telinga-panjang, kelelawar ekor-tiga, dan kelelawar buah.
  Catatan informasi: Jenis kelelawar
  
4. Kelelawar tampangnya mirip tikus. Saat terbang bersama, mereka seperti tikus terbang.
 Catatan informasi: Ciri khas kelelawar

 5. Beberapa kelelawar makan darah, buah, ikan, dan kaktus.
 Catatan informasi: Makanan kelelawar

 6. Kelelawar dapat mendengar dari jarak satu kilometer.
 Catatan informasi: Kemampuan kelelawar

 7. Mereka jenis nokturnal.
 Catatan informasi: Sifat kelelawar

 8. Kelelawar melihat dengan pupil. Oleh sebab itu, mereka membuka matanya lebar-lebar untuk melihat.
 Catatan informasi: Indera penglihatan kelelawar


Laporan tentang Rantai Makanan di Antartika

  
1. Semua kehidupan di Antartika adalah di dalam laut. Di kedalaman laut biru ada jaringan makanan.
 Catatan informasi: Kehidupan Antartika

 2. Pertama, ada plankton, phyto-plankton (dua bentuk kehidupan yang sangat kecil, mikroskopik), dan diatom di dasar rantai makanan.
 Catatan informasi: Rantai makanan Antartika
  
3. Betuk kehidupan kecil ini merupakan bagian dari kelas 'Produsen Primer'.
  Catatan informasi: Produsen Primer Antartika

 4. Mereka dimakan oleh konsumen primer yang lebih besar seperti Krill, rebon (udang kecil), dan ikan-ikan kecil.
 Catatan informasi: Konsumen Primer Antartika
  
5. Krill adalah makhluk mirip ikan dengan sepuluh kaki.
 Catatan informasi: definisi krill

6. Rebon mirip udang.
 Catatan informasi: penampakan rebon

 7. Makhluk-makhluk ini memakan makhluk konsumen primer lebih kecil dan dimakan konsumen sekunder.
 Catatan informasi: Jaring makanan

8. Konsumen sekunder terdiri atas paus (khususnya paus biru), ikan-ikan lebih besar, dan penguin.
Catatan informasi: Konsumen sekunder di Antartika
  
9. Paus biru dapat mencapai berat seratus tujuh puluh empat ton dan merupakan paus terbesar yang pernah ada.
 Catatan informasi: Berat paus biru
  
10. Semua konsumen sekunder cukup tinggi dalam rantai makanan, tetapi tidak cukup tinggi (bukan predator).
 Catatan informasi: Posisi konsumen sekunder

 11. Predator puncak di Antartika hanya memiliki satu anggota - paus pembunuh, karnivora mesin pembunuh sepanjang 27 meter.
 Catatan informasi: Predator puncak di Antartika

 12. Dengan gigi luar biasa, mereka adalah puncak dari jaring makanan.
 Catatan informasi: Puncak jaring makanan di Antartika

Kegiatan 1: Membandingkan, Bahasa Indonesia Kelas 9 Halaman 10

Soal dan Jawaban dari Kegiatan 1: Membandingkan. Soal ini  terdapat dalam buku bahasa Indonesia Kelas 9 halaman 10. Peserta didik diminta untuk membaca tiga buah teks, setelah itu mereka harus menjawab soal. Untuk lebih jelasnya silakan simak tulisan di bawah ini.




Perhatikan tulisan berikut!

1. Sepedaku termasuk sepeda ontel-jengki yang tidak memiliki batangan, besi berbentuk pipa yang menghubungkan setang dan tempat duduk. Tempat duduknya terbuat dari kulit. Warnanya hitam, tetapi sudah memudar. Ban depan sepedaku memiliki garis putih yang jarang ditemukan untuk ban sepeda. Ukuran ban sekitar 18 inci. Rem tangan depan dan belakang terbuat dari besi bukan kabel. Bel sepeda khas berbunyi kring-kring terletak di setang kanan. Sepeda ini kupakai ke sekolah. Teman-temanku berkelakar bahwa aku seperti naik onta, badanku kecil tidak cocok dengan sepeda besar. Saat mengayuh, kakiku yang pendek tidak sepenuhnya dapat mengikuti kayuhan. kakiku menggantung di atas pedal bagian bawah.

2. "Fix gear" adalah gir (gigi) kaku yang menggerakkan sebuah sepeda ataupun kendaraan lain dan merupakan bagian yang disebut drivetrain. Drivetrain merupakan gabungan berbagai komponen yang saling terhubung dan merupakan sistem pada sepeda yang terdiri atas pedal, lengan engkol (crankarm), gir depan (chainring), gir belakang (cog) dan tentunya rantai. Gabungan komponen di bagian pedal, yaitu pedal, lengan engkol, dan gear depan. Rantai akan melingkari gir depan dan mengikatnya dengan gir belakang yang terhubung dengan roda belakang. ketika pedal diinjak lengan engkol akan mengikutinya, memutar gir depan yang tertempel. kemudian, menarik rantai yang juga otomatis mengajak gir belakang untuk berputar. Karena gir menempel pada roda belakang, berputar lah roda itu dan meluncur.

3. Sepeda adalah kendaraan beroda dua atau tiga, mempunyai setang, tempat duduk, dan sepasang pengayuh yang digerakkan kaki untuk menjalankannya. Salah satu sepeda yang banyak digunakan hingga tahun 1970-an adalah jenis ontel. Sepeda ontel memiliki ciri posisi duduk tegak, reputasi sangat kuat, dan bermutu tinggi. Rumah rantai tertutup. Dengan gigi yang tidak bisa diubah dan biasanya terdapat dinamo di bagian roda depan untuk menyalakan lampu. Sepeda ontel juga dilengkapi rem drum untuk pengereman. Berbagai merek sepeda ontel dari berbagai negara beredar di pasar Indonesia. Pada segmen premium, misalnya merek Fonger, Gazelle, dan Sunbeam. Kemudian, pada segmendibawahnya diisi oleh beberapa merek terkenal seperti Simplex, Burgers, Raleigh, Humber, Batavus, Philips, dan NSU


Pertanyaan:

1. Dapatkan kamu melihat perbedaan ketiga teks tersebut?
2. Manakah teks yang termasuk laporan?
3. Manakah teks yang termasuk eksplanasi?
4. Manakah teks yang termasuk deskripsi
5. Adakah istilah lain di daerahmu untuk menyebut bagian-bagian sepeda?

Jawab :

1. Dapat. Perbedaan ketiga teks tersebut terletak pada jenis teksnya.
Teks 1. Apabila kita perhatikan pada teks pertama lebih menekankan pada penggambaran secara konkret. Teks 1 juga bersifat personal dengan kandungan emosi sehingga menggunakan kata-kata dengan emosi kuat.

Teks 2. Pada teks ini, isi tullisan lebih menekankan pada penggambaran sebuah proses bagaimana roda berputar dan meluncur.

Teks 3. Teks ketiga ini berupa teks yang menggambarkan hasil pengamatan tentang sepeda, tanpa dibumbui dengan kata kata personal.

2. Yang termasuk teks laporan adalah teks ke 3. Teks laporan adalah teks yang berisi penjabaran umum / melaporkan sesuatu berupa hasil dari pengamatan.

3. Yang termasuk teks eksplanasi adalah teks 2. Teks eksplanasi adalah teks yang menjelaskan proses bagaimana terjadinya suatu fenomena alam dan sosio kultural.

4. Yang termasuk teks deskripsi adalah teks 1. Teks deskripsi adalah sebuah paragraf dimana gagasan utamanya disampaikan dengan cara menggambarkan secara jelas objek, tempat, atau peristiwa yang sedang menjadi topik kepada pembaca.

5. Ada. Bagian-bagian sepeda antara lain: setang, rem, lampu sepeda, sadel, gir, standar, roda, jari-jari, galangan, dll.

Sunday, May 5, 2019

Kegiatan 1.6 Bahasa Indonesia Kelas 8 SMP Perhatikan Kembali Berita

Soal dan Jawaban Kegiatan 1.6 Bahasa Indonesia Kelas 8 SMP/ MTs ini terdapat dalam buku Bahasa indonesia kurikulum 2013 edisi revisi 2017 halaman 14.

Kegiatan 1.6
1. Perhatikan kembali berita tentang berita yang telah kamu baca!
2. Temukanlah bagian kepala, tubuh, dan ekor berita secara berkelompok!
3. Sajikanlah hasil diskusi kelompokmu itu dalam bentuk laporan seperti
berikut!



Jawab:

1. Berita sebelumnya tersaji di bawah ini.

Sepuluh hari menjelang Lebaran, Sabtu (15/11), Pelabuhan Penyeberangan Merak mulai dipadati truk. Truk-truk tersebut mengangkut barang nonsembilan bahan pokok (non sembako).

Tingginya arus truk dalam dua hari terakhir berkaitan dengan adanya larangan melintas bagi truk nonsembilan bahan pokok (non sembako) pada tanggal 21–25 November. Larangan tersebut berlaku bagi truk bersumbu lebih dari dua. Truk gandengan, truk tempelan, dan truk kontainer.

Penumpukan truk bersumbu dua tersebut seperti di Pelabuhan Merak. menyebabkan antrean truk sekitar 100 meter dari pintu masuk kapal. Antrean terjadi di dermaga satu hingga dermaga empat. Tetapi, antrean tersebut masih dalam batas normal. Antrean belum membeludak ke luar area parkir
pelabuhan. Akan akibat penumpukan truk itu, beberapa sopir truk mengaku harus menunggu sekitar dua hingga empat hari untuk bisa masuk kapal.
(Sumber: Kompas dengan beberapa penyesuaian)


Judul Berita :Menjelang Lebaran, Pelabuhan Merak mulai Dipadati Truk Nonsembako

Struktur Berita
Bagian-Bagian Berita

a. Kepala :
Paragraf Ke: 1
Paparan Isi: Sepuluh hari menjelang Lebaran, Sabtu (15/11), Pelabuhan Penyeberangan Merak mulai dipadati truk. Truk-truk tersebut mengangkut barang nonsembilan bahan pokok (non sembako)


b. Tubuh
Paragraf Ke: 2
Paparan Isi: Tingginya arus truk dalam dua hari terakhir berkaitan dengan adanya larangan melintas bagi truk nonsembilan bahan pokok (non sembako) pada tanggal 21–25 November. Larangan tersebut berlaku bagi truk bersumbu lebih dari dua. Truk gandengan, truk tempelan, dan truk kontainer.

c. Ekor
Paragraf ke: 3
paparan isi:Tingginya arus truk dalam dua hari terakhir berkaitan dengan adanya larangan melintas bagi truk nonsembilan bahan pokok (non sembako) pada tanggal 21–25 November. Larangan tersebut berlaku bagi truk bersumbu lebih dari dua. Truk gandengan, truk tempelan, dan truk kontainer.



Kegiatan 1.5 Bahasa Indonesia Kelas 8 Manakah Contoh Tanggapan

Soal dan jawaban kegiatan 1.5 Bahasa Indonesia Kelas 8 SMP/ MTS. Soal tersebut terdapat dalam buku Bahasa Indonesia Kurikulum 2013 edisi revisi 2017 pada halaman 11. Silakan simak



A. Manakah contoh tanggapan yang berkaitan dengan isi suatu pemberitaan?
Bubuhkanlah dengan tanda centang (✓)

1. Informasi yang disampaikan berita itu berbelit-belit. Banyak pengulangan kata yang menyebabkan pendengar bingung. (✓)
2. Isi pemberitaan itu sudah diberitakan oleh stasiun televisi lainnya. Jadi, isi berita tidak ada yang baru dan layak saya simak lagi. (X )
3. Berita itu hanya menginformasikan peristiwa negatif. Seolah-olah dunia horor dan menakutkan. Apa tidak ada informasi lain yang membuat dunia menjadi lebih indah? (✓)

4. Saya kira berita itu tidak pantas disimak oleh kalangan anak-anak karena
banyak ungkapan kasar dan vulgar. (✓)

5. Kalau disampaikan dengan ungkapan yang sederhana saya kira informasi yang disampaikan tadi malam akan mudah diikuti oleh setiap kalangan. Hanya dipahami oleh kalangan intelektual. (✓)

B.
1. Perhatikan kembali berita yang pernah kamu baca!

2. Manakah pernyataan-pernyataan di bawah ini yang merupakan tanggapan atas informasi dalam berita tersebut?
Bubuhkanlah dengan tanda centang pada penyataan berikut!(✓)

a. Informasi yang disampaikan itu sangat menyentuh. Informasi berkaitan dengan masalah pendidikan di Indonesia. Semoga masalah tersebut tidak terjadi di sekolah saya. (✓)
b. Pemberitaan semacam itu sangat baik. Pemberitaan tersebut bisa menjadi perhatian pemerintah atas berbagai persoalan pendidikan yang terjadi di Indonesia. (✓)
c. Sekolah-sekolah itu memang tidak jauh dari tempat tinggal saya. Hanya saja sudah beberapa tahun lamanya saya tidak pernah berkunjung ke tempat itu lagi. (X)

d. Informasi tentang nasib yang menimpa sekolah-sekolah itu perlu ditindaklanjuti oleh pihak berwenang sehingga masalahnya bisa cepat diselesaikan. (✓)

e. Bahasa yang disampaikan dalam tulisan itu berbelit-belit. Berita banyak istilah pendidikan yang tidak bisa dipahami. Penulis artikel itu tampaknya belum bisa memahami tingkat pengetahuan para pembacanya. (✓)

Kegiatan 1.4 A. Bahasa Indonesia Kelas 8 SMP Rumuskanlah Simpulan Berita

 Silakan simak soal dan jawaban dari Kegiatan 1.4 Bahasa Indonesia Kelas 8 SMP yang terdapat dalam buku terbitan Kemendikbud halaman 8.

A. Rumuskanlah simpulan berita yang telah kamu dengarkan pada pelajaran sebelumnya. Tentukan Topik/ judul serta sumber berita itu.




Jawab:

1. Topik/ judul: Desainer Madiun Ulfa Mumtaza Pamerkan Pesona Busana Batik Khas Jatim
Sumber: https://madiun.solopos.com/read/20190503/516/989532/desainer-madiun-ulfa-mumtaza-pamerkan-pesona-busana-batik-khas-jatim
Isi/ unsur-unsur berita: Ulfa Mumtaza merupakan salah satu perancang busana muslim asal Madiun. Melalui tema Chondra Anindya Batik dalam show ini, Ulfa ingin menunjukkan batik di wilayah eks-Keresidenan Madiun memiliki produk batik yang tak kalah dengan daerah lain.

Kesimpulan: Berita tersebut menyampaikan informasi tentang sosok desainer asal kota Madiun, Ulfa Mumtaza yang menggelar pameran tunggal di Hotel Aston Madiun bertema Chondra Anindya batik.

2. Topik Berita: Perusahaan Sepatu Warren Buffett akan pindahkan produksinya dari China ke Vietnam
Sumber: https://internasional.kontan.co.id/news/perusahaan-sepatu-warren-buffett-akan-pindahkan-produksinya-dari-china-ke-vietnam

Isi Pokok: Brooks Running bagian dari  perusahaan Warren Buffett Berkshire Hathaway Inc, menyatakan akan mengurangi produksi di China dan memindahkan produksi sepatunya ke Vietnam. Hal ini sebagai dampak perang dagang antara China dan Amerika Serikat (AS).

Kesimpulan: Berita tersebut menyampaikan informasi tentang perusahaan Warren Buffet, Brooks Running yang akan memindahkan produksi sepatunya dari China Ke VIetnam. Hal tersebut merupakan dampak dari perang dagang antar China dan Amerika Serikat.

3. Topik Berita: Ducati Kuasai Free Practice II MotoGP Spanyol, Petrucci Tercepat
Sumber: https://sport.detik.com/moto-gp/d-4535215/ducati-kuasai-free-practice-ii-motogp-spanyol-petrucci-tercepat

Isi Pokok: Setelah Honda, kini giliran Ducati yang menguasai latihan bebas MotoGP Spanyol. Danilo Petrucci jadi pebalap tercepat di sesi kedua disusul Andrea Dovizioso.

Kesimpulan: Berita tersebut menginformasikan tentang keberhasilan Danilo Petruci yang merupakan anggota klub motor balap, Ducati. Dengan demikian, Ducati berhasil menguasai sesi latihan, Free Practice MotoGP Spanyol.

4. Topik Berita: Taman Sukowati Sragen, Wisata Perahu, Selfie & Perahu VOC

Sumber: https://soloraya.solopos.com/read/20190503/491/989213/taman-sukowati-sragen-wisata-perahu-selfie-perahu-voc
Tanggal: 3 Mei 2019
Isi Pokok:  Taman Sukowati Sragen yang dulu dicitrakan negatif kini berbenah. Kini, pengunjung bisa berwisata perahu bebek dengan bayaran seikhlasnya, ber-selfie dengan latar belakang payung hingga perahu VOC.

Kesimpulan: Berita di atas menginformasikan tentang perubahan citra Taman Sukowati Sragen yang semula negatif menjadi lebih positif. Pengunjung bisa menikmati beragam pilihan wisata yang lebih ramah keluarga.

5. Topik Berita: PMI Batang Akan Merenovasi Rumah Milik Janda Uzur yang Terbakar
Sumber: https://www.suaramerdeka.com/news/baca/183035/pmi-batang-akan-merenovasi-rumah-milik-janda-uzur-yang-terbakar

Isi Pokok: Ketua PMI Kabupaten Batang Achmad Taufiq melalui Kepala Markas PMI, Kusnadi mengatakan, pihaknya akan segera membantu merenovasi rumah milik Jumi (70), warga Desa Kalisari Rt 09/Rw 03, Kecamatan Reban, yang terbakar habis pada Kamis dinihari, (2/5).

Kesimpulan: Berita tersebut menginformasikan tindakan dari Ketua PMI Batang yang akan segera merenovasi rumah milik Jumi (70), warga Desa Kalisari Rt 09/Rw 03, Kecamatan Reban, yang terbakar habis pada Kamis dinihari, (2/5).

Saturday, May 4, 2019

Tugas Individu Bahasa Indonesia Kelas 8 SMP Halaman 6

Tugas Individu Bahasa Indonesia Kelas 8 ini terdapat dalam buku Bahasa Indonesia Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Tugas tersebut terdapat pada halaman 6. Peserta didik diminta untuk mengerjakan beberapa tugas, yaitu.

1. Baca atau dengarkan sekurang-kurangnya lima berita dari media cetak atau elektronik
2. Catatlah sumber, tanggal pemberitaan dan isi pokok berita-berita tersebut
3. Sajikan hasil kegiatanmu itu dalam format laporan berikut



Jawab:

1. Topik Berita: Desainer Madiun Ulfa Mumtaza Pamerkan Pesona Busana Batik Khas Jatim
Sumber: https://madiun.solopos.com/read/20190503/516/989532/desainer-madiun-ulfa-mumtaza-pamerkan-pesona-busana-batik-khas-jatim
Tanggal: 03 Mei 2019 20:05 WIB
Isi Pokok: Ulfa Mumtaza merupakan salah satu perancang busana muslim asal Madiun. Melalui tema Chondra Anindya Batik dalam show ini, Ulfa ingin menunjukkan batik di wilayah eks-Keresidenan Madiun memiliki produk batik yang tak kalah dengan daerah lain.

2. Topik Berita: Perusahaan Sepatu Warren Buffett akan pindahkan produksinya dari China ke Vietnam
Sumber: https://internasional.kontan.co.id/news/perusahaan-sepatu-warren-buffett-akan-pindahkan-produksinya-dari-china-ke-vietnam
Tanggal: Jumat, 3 Mei 2019
Isi Pokok: Brooks Running bagian dari  perusahaan Warren Buffett Berkshire Hathaway Inc, menyatakan akan mengurangi produksi di China dan memindahkan produksi sepatunya ke Vietnam. Hal ini sebagai dampak perang dagang antara China dan Amerika Serikat (AS).

3. Topik Berita: Ducati Kuasai Free Practice II MotoGP Spanyol, Petrucci Tercepat
Sumber: https://sport.detik.com/moto-gp/d-4535215/ducati-kuasai-free-practice-ii-motogp-spanyol-petrucci-tercepat
Tanggal: 3 Mei 2009
Isi Pokok: Setelah Honda, kini giliran Ducati yang menguasai latihan bebas MotoGP Spanyol. Danilo Petrucci jadi pebalap tercepat di sesi kedua disusul Andrea Dovizioso.

4. Topik Berita: Taman Sukowati Sragen, Wisata Perahu, Selfie & Perahu VOC
Sumber:https://soloraya.solopos.com/read/20190503/491/989213/taman-sukowati-sragen-wisata-perahu-selfie-perahu-voc
Tanggal: 3 Mei 2019
Isi Pokok:  Taman Sukowati Sragen yang dulu dicitrakan negatif kini berbenah. Kini, pengunjung bisa berwisata perahu bebek dengan bayaran seikhlasnya, ber-selfie dengan latar belakang payung hingga perahu VOC.


5. Topik Berita: PMI Batang Akan Merenovasi Rumah Milik Janda Uzur yang Terbakar
Sumber: https://www.suaramerdeka.com/news/baca/183035/pmi-batang-akan-merenovasi-rumah-milik-janda-uzur-yang-terbakar
Tanggal: 4 Mei 2019
Isi Pokok: Ketua PMI Kabupaten Batang Achmad Taufiq melalui Kepala Markas PMI, Kusnadi mengatakan, pihaknya akan segera membantu merenovasi rumah milik Jumi (70), warga Desa Kalisari Rt 09/Rw 03, Kecamatan Reban, yang terbakar habis pada Kamis dinihari, (2/5).



Tuesday, April 16, 2019

Kegiatan 1.9 A. Bahasa Indonesia Kelas 8 Peristiwa Manakah yang Layak Diberitakan

Kegiatan 1.9. A ini terdapat dalam buku bahasa Indonesia Kurikulum 2013 SMP/ MTs Kelas 8 tepatnya pada halaman 21. Peserta didik diminta untuk menjawab beberapa soal dengan benar. Adapun soal dan jawabnya tersaji dalam tulisan di bawah ini.



A. Peristiwa manakah yang layak diberitakan? Susunlah dari yang terpenting  ke yang kurang penting dengan membubuhkan nomor pada kotak yang tersedia.

Nama Peristiwa :
1. Letusan gunung berapi
2. Memancing ikan lele
3. Kecelakaan lalu lintas
4. Meninggalnya seorang penarik
becak
5. Pemilihan presiden/wakil presiden

Jawab: 
Urutan dari yang terpenting

1. Pemilihan Presiden/ wakil presiden
2. Letusan Gunung Berapi
3. Kecelakaan lalu lintas
4. Meninggalnya seorang penarik becak
5. Memancing ikan lele


B. Misalnya, kamu akan membuat berita tentang pementasan drama yang  dilakukan oleh kelompok teater di sekolah. Bagaimana pertanyaan- pertanyaan yang akan kamu ajukan kepada pemimpin dan anggota teater  tersebut?

Jawab

1. Apa
Pertanyaan:
a. Apa judul dari pementasan drama ini ?
b. apa tema dari pementasan drama ini?

2. Siapa
a. Siapakah sutradaranya?
b. siapa saja pemerannya?
c. siapa saja nama-nama yang diperankannya?

3. Kapan
a. Kapankah pementasan ini dilaksanakan?

4. Di mana
a. Di manakah pementasan ini akan dilaksanakan?
5. Mengapa
a. Apa alasan dari pementasan ini?

6. Bagaimana
a. Bagaimana skenario dari drama pementasan tersebut?

Sunday, April 14, 2019

Kegiatan 1.7 Bahasa Indonesia Kelas 8 Bacalah Salah Satu Berita

Kegiatan 1.7 Bahasa Indonesia Kelas 8 SMP ini terdapat dalam buku kurikulum 2013 pada halaman 17. Peserta didik diminta untuk mengerjakan soal. Adapun soal dan jawabannya terdapat dalam tulisan di bawah ini, silakan simak.



1. Bacalah salah satu berita yang tersaji pada bagian sebelumnya! Kamu dapat pula menggunakan berita lainnya.

2. Tunjukkanlah kaidah-kaidah kebahasaan yang menandai berita tersebut dengan berdiskusi.

3. Gunakanlah format berikut sebagai laporannya.
Judul Berita : ….
Sumber : ….

Jawab: 

1. Teks berita pada bagian sebelumnya adalah teks di bawah ini.

Sepuluh hari menjelang Lebaran, Sabtu (15/11), Pelabuhan Penyeberangan Merak mulai dipadati truk. Truk-truk tersebut mengangkut barang nonsembilan bahan pokok (non sembako).

Tingginya arus truk dalam dua hari terakhir berkaitan dengan adanya larangan melintas bagi truk nonsembilan bahan pokok (non sembako) pada tanggal 21–25 November. Larangan tersebut berlaku bagi truk bersumbu lebih dari dua. Truk gandengan, truk tempelan, dan truk kontainer.

 Penumpukan truk bersumbu dua tersebut seperti di Pelabuhan Merak menyebabkan antrean truk sekitar 100 meter dari pintu masuk kapal. Antrean terjadi di dermaga satu hingga dermaga empat. Tetapi, antrean tersebut masih dalam batas normal. Antrean belum membeludak ke luar area parkir
pelabuhan. Akan akibat penumpukan truk itu, beberapa sopir truk mengaku harus menunggu sekitar dua hingga empat hari untuk bisa masuk kapal. (Sumber: Kompas dengan beberapa penyesuaian)

3. Judul Berita : Antrean Truk Di Pelabuhan Merak Menjelang Lebaran
Sumber : Kompas

a. Kebakuan bahasa
Contoh:
Sepuluh hari menjelang Lebaran, Sabtu (15/11), Pelabuhan Penyeberangan Merak mulai dipadati truk. Truk-truk tersebut mengangkut barang nonsembilan bahan pokok (non sembako).

b. Kalimat langsung
tidak ada
c. Konjungsi bahwa
tidak ada
d. Konjungsi temporal/ kronologi
tidak ada
e. Keterangan waktu
Contoh:
- Sepuluh hari menjelang Lebaran, Sabtu (15/11), Pelabuhan Penyeberangan Merak mulai dipadati truk
- Akan akibat penumpukan truk itu, beberapa sopir truk mengaku harus menunggu sekitar dua hingga empat hari untuk bisa masuk kapal.

f. Kata Kerja mental
tidak ada.