Minggu, 05 Mei 2019

Kegiatan 1.4 A. Bahasa Indonesia Kelas 8 SMP Rumuskanlah Simpulan Berita

 Silakan simak soal dan jawaban dari Kegiatan 1.4 Bahasa Indonesia Kelas 8 SMP yang terdapat dalam buku terbitan Kemendikbud halaman 8.

A. Rumuskanlah simpulan berita yang telah kamu dengarkan pada pelajaran sebelumnya. Tentukan Topik/ judul serta sumber berita itu.




Jawab:

1. Topik/ judul: Desainer Madiun Ulfa Mumtaza Pamerkan Pesona Busana Batik Khas Jatim
Sumber: https://madiun.solopos.com/read/20190503/516/989532/desainer-madiun-ulfa-mumtaza-pamerkan-pesona-busana-batik-khas-jatim
Isi/ unsur-unsur berita: Ulfa Mumtaza merupakan salah satu perancang busana muslim asal Madiun. Melalui tema Chondra Anindya Batik dalam show ini, Ulfa ingin menunjukkan batik di wilayah eks-Keresidenan Madiun memiliki produk batik yang tak kalah dengan daerah lain.

Kesimpulan: Berita tersebut menyampaikan informasi tentang sosok desainer asal kota Madiun, Ulfa Mumtaza yang menggelar pameran tunggal di Hotel Aston Madiun bertema Chondra Anindya batik.

2. Topik Berita: Perusahaan Sepatu Warren Buffett akan pindahkan produksinya dari China ke Vietnam
Sumber: https://internasional.kontan.co.id/news/perusahaan-sepatu-warren-buffett-akan-pindahkan-produksinya-dari-china-ke-vietnam

Isi Pokok: Brooks Running bagian dari  perusahaan Warren Buffett Berkshire Hathaway Inc, menyatakan akan mengurangi produksi di China dan memindahkan produksi sepatunya ke Vietnam. Hal ini sebagai dampak perang dagang antara China dan Amerika Serikat (AS).

Kesimpulan: Berita tersebut menyampaikan informasi tentang perusahaan Warren Buffet, Brooks Running yang akan memindahkan produksi sepatunya dari China Ke VIetnam. Hal tersebut merupakan dampak dari perang dagang antar China dan Amerika Serikat.

3. Topik Berita: Ducati Kuasai Free Practice II MotoGP Spanyol, Petrucci Tercepat
Sumber: https://sport.detik.com/moto-gp/d-4535215/ducati-kuasai-free-practice-ii-motogp-spanyol-petrucci-tercepat

Isi Pokok: Setelah Honda, kini giliran Ducati yang menguasai latihan bebas MotoGP Spanyol. Danilo Petrucci jadi pebalap tercepat di sesi kedua disusul Andrea Dovizioso.

Kesimpulan: Berita tersebut menginformasikan tentang keberhasilan Danilo Petruci yang merupakan anggota klub motor balap, Ducati. Dengan demikian, Ducati berhasil menguasai sesi latihan, Free Practice MotoGP Spanyol.

4. Topik Berita: Taman Sukowati Sragen, Wisata Perahu, Selfie & Perahu VOC

Sumber: https://soloraya.solopos.com/read/20190503/491/989213/taman-sukowati-sragen-wisata-perahu-selfie-perahu-voc
Tanggal: 3 Mei 2019
Isi Pokok:  Taman Sukowati Sragen yang dulu dicitrakan negatif kini berbenah. Kini, pengunjung bisa berwisata perahu bebek dengan bayaran seikhlasnya, ber-selfie dengan latar belakang payung hingga perahu VOC.

Kesimpulan: Berita di atas menginformasikan tentang perubahan citra Taman Sukowati Sragen yang semula negatif menjadi lebih positif. Pengunjung bisa menikmati beragam pilihan wisata yang lebih ramah keluarga.

5. Topik Berita: PMI Batang Akan Merenovasi Rumah Milik Janda Uzur yang Terbakar
Sumber: https://www.suaramerdeka.com/news/baca/183035/pmi-batang-akan-merenovasi-rumah-milik-janda-uzur-yang-terbakar

Isi Pokok: Ketua PMI Kabupaten Batang Achmad Taufiq melalui Kepala Markas PMI, Kusnadi mengatakan, pihaknya akan segera membantu merenovasi rumah milik Jumi (70), warga Desa Kalisari Rt 09/Rw 03, Kecamatan Reban, yang terbakar habis pada Kamis dinihari, (2/5).

Kesimpulan: Berita tersebut menginformasikan tindakan dari Ketua PMI Batang yang akan segera merenovasi rumah milik Jumi (70), warga Desa Kalisari Rt 09/Rw 03, Kecamatan Reban, yang terbakar habis pada Kamis dinihari, (2/5).

Artikel Terkait