Minggu, 05 Mei 2019

Kegiatan 1.5 Bahasa Indonesia Kelas 8 Manakah Contoh Tanggapan

Soal dan jawaban kegiatan 1.5 Bahasa Indonesia Kelas 8 SMP/ MTS. Soal tersebut terdapat dalam buku Bahasa Indonesia Kurikulum 2013 edisi revisi 2017 pada halaman 11. Silakan simak



A. Manakah contoh tanggapan yang berkaitan dengan isi suatu pemberitaan?
Bubuhkanlah dengan tanda centang (✓)

1. Informasi yang disampaikan berita itu berbelit-belit. Banyak pengulangan kata yang menyebabkan pendengar bingung. (✓)
2. Isi pemberitaan itu sudah diberitakan oleh stasiun televisi lainnya. Jadi, isi berita tidak ada yang baru dan layak saya simak lagi. (X )
3. Berita itu hanya menginformasikan peristiwa negatif. Seolah-olah dunia horor dan menakutkan. Apa tidak ada informasi lain yang membuat dunia menjadi lebih indah? (✓)

4. Saya kira berita itu tidak pantas disimak oleh kalangan anak-anak karena
banyak ungkapan kasar dan vulgar. (✓)

5. Kalau disampaikan dengan ungkapan yang sederhana saya kira informasi yang disampaikan tadi malam akan mudah diikuti oleh setiap kalangan. Hanya dipahami oleh kalangan intelektual. (✓)

B.
1. Perhatikan kembali berita yang pernah kamu baca!

2. Manakah pernyataan-pernyataan di bawah ini yang merupakan tanggapan atas informasi dalam berita tersebut?
Bubuhkanlah dengan tanda centang pada penyataan berikut!(✓)

a. Informasi yang disampaikan itu sangat menyentuh. Informasi berkaitan dengan masalah pendidikan di Indonesia. Semoga masalah tersebut tidak terjadi di sekolah saya. (✓)
b. Pemberitaan semacam itu sangat baik. Pemberitaan tersebut bisa menjadi perhatian pemerintah atas berbagai persoalan pendidikan yang terjadi di Indonesia. (✓)
c. Sekolah-sekolah itu memang tidak jauh dari tempat tinggal saya. Hanya saja sudah beberapa tahun lamanya saya tidak pernah berkunjung ke tempat itu lagi. (X)

d. Informasi tentang nasib yang menimpa sekolah-sekolah itu perlu ditindaklanjuti oleh pihak berwenang sehingga masalahnya bisa cepat diselesaikan. (✓)

e. Bahasa yang disampaikan dalam tulisan itu berbelit-belit. Berita banyak istilah pendidikan yang tidak bisa dipahami. Penulis artikel itu tampaknya belum bisa memahami tingkat pengetahuan para pembacanya. (✓)

Artikel Terkait