Kamis, 15 Agustus 2019

Cobalah Menganalisis Isi Pokok Teks Anekdot Cara Keledai Membaca Buku

Soal dan jawaban dari Tugas dalam buku Bahasa Indonesia Kurikulum 2013 terbitan kemendikbud Kelas 8 Bab 3 halaman 83 -84. Peserta didik diminta untuk mengerjakan soal tentang teks anekdot.

Agar lebih jelas, silakan perhatikan soal dan jawabannya di bawah ini  !



Soal

Tugas

Nah sekarang cobalah menganalisis isi pokok teks anekdot Cara Keledai Membaca Buku. Buktikanlah bahwa anekdot tersebut berisi kritik terhadap suatau masalah atau tokoh publik yang disampaikan secara halus melalui humor singkat.

Untuk memudahkan analisismu, gunakan tabel berikut ini.

Tabel, silakan lihat pada buku kalian masing-masing

Setelah mendiskusikan hasil kerjamu, kerjakan tugas berikut.
1. Jelaskan batasan anekdot dengan singkat dan jelas
2. Sebutkan isi pokok anekdot
3. Jelaskan fungsi anekdot. Apabila perlu, sertai dengan contoh

Jawab

Masalah yang dibahas: Raja Timur Lenk menghadiahi Nasrudin seekor keledai dengan syarat Nasrudin mengajari terlebih dahulu Keledai tersebut agar dapat membaca.

Unsur humor: Terletak pada paragraf terakhir, "Jadi, kalau kita juga membuka-buka buku tanpa mengerti isinya, berarti kita sebodoh keledai, bukan?" kata Nasrudin dengan mimik serius.
Makna tersirat yang disampaikan: Nasrudin sedang menyindir betapa bodohnya orang-orang yang membaca buku tapi tidak dipelajari dengan sungguh-sungguh.

1. Anekdot merupakan salah satu tulisan berisi humor namun ada unsur kritik dan sindiran di dalamnya. Selama ada sebuah tulisan humor yang mengandung sindiran atau kritik, tulisan tersebut bisa disebut anekdot.
2. Isi pokok anekdot:
- Masalah yang dibahas
- Ada humor
- kritik
- sindiran
- makna tersirat
3. Fungsi anekdot antara lain:
a. Menghibur orang, contoh: tulisan tentang Nasrudin pada teks di atas
b. Menyampaikan kritik. Contoh, teks Dosen yang Menjadi Pejabat.

Buktikanlah Bahwa Kedua Teks di Bawah ini Bagian dari Eksposisi

Soal dan jawaban dari Kegiatan 3.2 B dalam buku Bahasa Indonesia Kurikulum 2013 terbitan kemendikbud kelas 8 SMP/ MTs Bab 3 halaman 66. Para siswa kelas 8 diminta untuk membuktikan bahwa teks yang tertulis merupakan teks eksposisi.

SIlakan kerjakan sebisa kalian, akan tetapi jika kalian membutuhkan referensi silakan simak soal dan jawabannya di bawah ini !


Soal


B. Buktikanlah bahwa kedua teks di bawah ini bagian dari eksposisi. Tunjukkan gagasan umum, pendapat, dan fakta (jika ada) yang ada di dalam bagian teks tersebut!

1. Sayangnya, tidak banyak putra-putri bangsa Indonesia yang bisa diteladani karena prestasinya. Lebih banyak yang mementingkan diri sendiri dan golongannya saat sudah berkuasa. Hal itu terlihat sekali dalam jajaran pemerintahan (birokrasi), legislatif, dan yudikatif. Mereka benar-benar memanfaatkan peluang yang ada untuk memperkaya diri. Sementara itu, rakyat yang membutuhkan perhatian malah diabaikan.

2. Kerja sama kepala sekolah dan guru-guru sekolahku amat baik. Kondisi ini membuat hubungan siswa dan guru juga terjalin harmonis. Guru mata pelajaran, seperti guru agama, bahasa Indonesia, dan olahraga, dapat melaksanakan pembelajaran yang bermutu. Siswa pun dapat belajar dengan aktif dan penuh prestasi.

Jawab:

1. Ide pokok: Tidak banyak putra-putri Indonesia yang bisa diteladani karena prestasinya.
Pendapat: Lebih banyak yang mementingkan diri sendiri dan golongannya saat sudah berkuasa.
Fakta: Hal itu terlihat sekali dalam jajaran pemerintahan (birokrasi), legislatif, dan yudikatif

2. Ide pokok:Kerja sama kepala sekolah dan guru-guru sekolahku amat baik
Pendapat:Kondisi ini membuat hubungan siswa dan guru juga terjalin harmonis
Fakta:Guru mata pelajaran, seperti guru agama, bahasa Indonesia, dan olahraga, dapat melaksanakan pembelajaran yang bermutu. Siswa pun dapat belajar dengan aktif dan penuh prestasi.



Kegiatan 3.2 Manakah yang Merupakan Bagian dari Teks Eksposisi

Soal dan jawaban dari kegiatan 3.2 dalam buku Bahasa Indonesia Kurikulum 2013 terbitan kemendikbud kelas 8 SMP/ MTs halaman 65. Peserta didik diminta untuk memilih mana teks yang merupakan teks eksposisi dan menjelaskan alasannya

Agar lebih jelas, silakan perhatikan soal dan jawabannya di bawah ini



Soal

Kegiatan 3.2
A. Teks manakah yang merupakan bagian dari teks eksposisi? Diskusikan pula
alasan-alasannya!
1. Setelah dituang dari tabung bambu, cairan manis (nira) tersebut disaring; ditampung dalam tempayan lalu direbus sampai mendidih. Dalam waktu lebih kurang dua jam, cairan tersebut akan mengental dan berwarna cokelat. Selanjutnya, diturunkan dan diaduk dengan posisi miring agar menjadi dingin. Lebih kurang dua puluh menit, cairan gula merah tersebut siap dicetak, sesuai dengan bentuk yang diinginkan.

2. Ada dua macam sarana pendidikan, yaitu pendidikan formal dan pendidikan nonformal. Pendidikan formal memiliki standar kurikulum yang sudah ditentukan oleh Pemerintah, seperti SD/MI, SMP/MTs,  SMA/MA/SMK dan sejenisnya. Pendidikan nonformal yang lebih
dikenal dengan pendidikan luar sekolah, seperti kursus-kursus, biasanya menyusun kurikulum sendiri sesuai dengan kebutuhan dan kebijakan lembaga yang bersangkutan.

3. Pada momentum Hari Pahlawan ini kami mengimbau para pejabat di jajaran pemerintahan, termasuk BUMN/BUMD, pimpinan DPR dan MPR, serta seluruh anggota dewan agar kembali ke fitrah. Ingatlah perjuangan dan cita-cita para pahlawan kusuma bangsa. Mari, kita berjuang untuk memakmurkan rakyat. Untuk itu, bekerjalah dengan keras, profesional, dan bertanggung jawab.

4. Dua hari berturut-turut hujan deras mengguyur Ibu Kota Jakarta. Saluran air di mana-mana tidak lancar. Penduduk yang tidak bertanggung jawab membuang sampah di sungai-sungai. Sampah-sampah memenuhi sungai-sungai sehingga tersumbat. Resapan air di daerah yang telah ditentukan kini telah berubah fungsinya sebagai tempat hiburan.  Gedung-gedung berdiri kukuh di sana.

5. Salah satu penyebab terjadinya unjuk rasa karena ketidakpercayaan terhadap pelaksanaan berbagai aturan. Para pengunjuk rasa tidak dapat melampiaskan rasa ketidakpuasan itu. Tekanan amarah yang tersalurkan akhirnya menjadi amuk massa. Hal-hal tersebut mengakibatkan berbagai unjuk rasa sering berujung pada anarkisme masa jika aspirasi mereka tidak tersalurkan. Mereka ingin reaksi mereka diperhatikan.


Jawab:

1. Tidak termasuk teks eksposisi karena tidak terdapat opini, gagasan, saran yang merupakan ciri teks eksposisi. Teks tersebut termasuk teks prosedur.
2. Termasuk Teks eksposisi karena terdapat fakta dan gagasan.
3. Termasuk ke dalam Teks persuasi karena mengandung ajakan untuk berbuat sesuatu.
4. Termasuk jenis teks eksposisi karena terdapat informasi dan ilmu pengetahuan. Juga terdapat gagasan atau opini
5. Termasuk jenis teks eksposisi karena terdapat gagasan dan fakta.

Kegiatan 3.1 Jawablah Pertanyaan-Pertanyaan di Bawah Ini dengan Berdiskusi

Soal dan jawaban dari Kegiatan 3.1 dalam buku Bahasa Indonesia Kurikulum 2013 Kelas 8 SMP/ MTs Bab 3 halaman 62. Materi dari pelajaran pada bab ini mengenai teks eksposisi.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawabannya di bawah ini!



Soal

A. Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan berdiskusi!
1. Apa yang dimaksud dengan teks eksposisi?
2. Bagaimana ciri-ciri teks eksposisi?
3. Mengapa debat digolongkan ke dalam teks eksposisi?
4. Apa saja unsur-unsur utama teks eksposisi?
5. Apa fungsi fakta dalam teks eksposisi?

B. 1. Perhatikanlah ketiga teks berikut!
a. Bagi kami, komunikasi menjadi sarana cukup penting. Dengan komunikasi, kami bisa mengungkapkan gagasan kepada orang lain. Dengan komunikasi yang lancar, segala hal yang berkaitan dengan pengetahuan akan cepat tersebar. Demikian pula dengan keterampilan berbahasa, hubungan sosial akan tercipta.
b. Salah satu penyebab terjadinya unjuk rasa karena ketidakpercayaan mereka terhadap pelaksanaan berbagai aturan. Para pengunjuk rasa tidak menemukan sarana pelampiasan atas ketidakpuasan yang dirasakannya. Tekanan amarah yang tidak menemukan celah untuk keluar akhirnya menjadi amuk masa. Hal-hal tersebut mengakibatkan berbagai unjuk rasa sering berujung pada anarkisme masa jika aspirasi mereka tidak tersalurkan. Mereka ingin reaksi mereka diperhatikan.
c. Menabung di Bank Syariah banyak positifnya. Uang yang disimpan menjadi lebih aman. Semakin lama, uang yang ditabung bertambah nilainya. Apabila ingin belanja, uang tabungan tidak perlu diambil ke bank, cukup dengan memakai ATM. Yang paling penting, pemilik uang, tidak akan kehilangan uangnya.

2. Buktikan bahwa ketiga cuplikan itu merupakan bagian dari teks eksposisi bersama kelompokmu!


Jawab:
1. Teks eksposisi adalah teks yang menyajikan informasi atau ilmu pengetahuan kepada para pembaca dan pendengarnya dalam bentuk ringkas dan padat.

2. Ciri-ciri teks eksposisi

  • Menjelaskan informasi-informasi pengetahuan
  • Gaya informasi yang mengajak
  • Biasanya menjawab pertanyaan apa, siapa, kapan, dimana, mengapa, bagaimana
  • Berusaha menjelaskan tentang sesuatu
  • Gaya bersifat informatif
  • Fakta dipakai sebagai alat kontribusi
  • Singkat, Padat, Akurat
  • Berusaha menjelaskan sesuatu
  • Fakta juga dipakai sebagai alat konkritasi
  • Penyampaian secara lugas serta memakai bahasa yang baku
  • Tak memihak, yang berarti tak memaksakan kemauan penulis pada pembaca
  • Fakta dipakai sebagai alat kontribusi dan alat kontritasi
  • Paragraf eksposisi umumnya menjawab tentang askadimega


3. Debat digolongkan sebagai teks eksposisi karena dalam sebuah perdebatan, para pelaku debat akan selalu menyajikan fakta untuk memperkuat argumen-argumen yang disampaikan. Argumen yang disertai fakta yang kuat ini sangat penting agar bisa mematahkan argumen lawan.

4. Unsur utama teks eksposisi adalah :
a. Gagasan yang terdiri dari kritik, penilaian, prediksi, harapan, dan saran)
b. Fakta.

5. Fakta dalam teks eksposisi berfungsi untuk memperkuat opini atau gagasan

B. a. Bukti teks tersebut termasuk teks eksposisi karena terdapat gagasan yaitu, komunikasi menjadi sarana cukup penting. Fakta, dengan komunikasi yang lancar, segala hal yang berkaitan dengan pengetahuan akan cepat tersebar.
b. Bukti teks tersebut termasuk teks eksposisi karena terdapat gagasan yaitu, Salah satu penyebab terjadinya unjuk rasa karena ketidakpercayaan mereka terhadap pelaksanaan berbagai aturan. Fakta, Tekanan amarah yang tidak menemukan celah untuk keluar akhirnya menjadi amuk masa.

c. Bukti teks c termasuk teks eksposisi karena terdapat gagasan dan fakta. Gagasan, Menabung di Bank Syariah banyak positifnya. Uang yang disimpan menjadi lebih aman. Fakta, semakin lama, uang yang ditabung bertambah nilainya. Apabila ingin belanja, uang tabungan tidak perlu diambil ke bank, cukup dengan memakai ATM.

Rabu, 14 Agustus 2019

Dari Dua Contoh Anekdot di Atas, Jawablah Pertanyaan-pertanyaan Berikut ini

Soal dan jawaban dari pertanyaan dalam buku Bahasa Indonesia Kurikulum 2013 Kelas 10 SMA/ MA/ SMK/MAK bab 3 halaman 83. Peserta didik kelas 10 diminta untuk menjawab soal berdasarkan teks anekdot.

Agar lebih jelas, silakan perhatikan soal dan jawabannya di bawah ini !



Soal


Dari dua contoh anekdot di atas, jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini.
1. Siapa yang diceritakan dalam anekdot tersebut?
2. Masalah apa yang diceritakan dalam anekdot?
3. Temukan unsur humor dalam anekdot tersebut ?
4. Menurut pendapatmu, selain menceritakan hal yang lucu, adakah pesan tersirat yang hendak disampaikan pencerita alam anekdot tersebut?
5. Mengapa ceria lucu tersebut disebut anekdot ?

Jawab:

1. Nasrudin, Timur Lenk
2. Bagaimana cara mengajari keledai membaca buku
3. "memang demikianlah cara keledai membaca, hanya membolak-balik halaman tanpa mengerti isinya.
4. Ada, agar tidak seperti keledai, kita harus membaca buku dengan sungguh-sungguh bukan hanya dibolak-balik saja.
5. Karena ada unsur sindiran atau kritik.

Apa Isu Aktual Fenomenal dan Kontroversial dalam Berita Tersebut

Soal dan jawaban dari tugas dalam buku bahasa Indonesia Kurikulum 2013 kelas 12 SMA/ SMK/ MA/ MAK bab 3 halaman 105. Peserta didik diminta untuk mengerjakan tugas yang berkaitan dengan penyusunan saran terhadap isu aktual.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini !



Soal

Tugas
Bacalah kembali teks berita yang berjudul 'Banyak Tenaga Kerja RI Tak Kompeten kemudian kerjakan tugas-tugas berikut ini !

1. Apa isu aktual, fenomenal, dan kontroversial dalam berita tersebut
2. Siapa saja pihak-pihak yang terlibat dalam isu tersebut
3. Jelaskan permasalahan yang dihadapi oleh masing-masing pihak
4. Berdasarkan fakta yang berkaitan dengan pihak-pihak yang terkait dengan permasalahan tersebut, buatlah saran/ rekomendasi sebagai bagian dari pemecahan masalah !


Jawab:

Silakan tonton video di bawah ini




atau simak tulisan di bawah ini 


1. Isu Aktual: Banyak tenaga kerja RI tidak memiliki kemampuan yang cukup untuk bekerja di sektor Industri
 Isu fenomenal: Pengangguran banyak ,tapi industri sebenarnya butuh.
Isu Kontroversial: Pemberlakuan MEA, di mana pekerja Indonesia akan bersaing dengan pekerja asing.


2. Pihak-pihak yang terlibat dalam isu tersebut:
- Kalangan industri
- pekerja lokal
- pekerja asing
- kementerian terkait
- Sekolah kejuruan

3. Permasalahan yang dihadapi masing-masing pihak
- Kalangan industri kekurangan pekerja profesional.
- pekerja lokal akan bersaing ketat dengan pekerja asing
- pekerja asing mengalami kendala bahasa dan budaya
- Kementerian perindustrian harus segera menyelesaikan semua persoalan pihak-pihak di atas
- Sekolah kejuruan dituntut disiplin dan mengajarkan ilmu yang kompeten dengan kebutuhan
4. Tidak mudah mengajukan saran terhadap peliknya dunia kerja di tanah air, namun demikian saya akan mencoba mengutarakan saran demi kemajuan bangsa dan negara antara lain:
a. Tanamkan kedisiplinan
b. Kurikulum Sekolah kejuruan harus diperbaiki
c. Bagi pekerja, silakan terus tingkatkan kemampuan bekerja dan berfikir.

Bacalah Teks Berita di Bawah ini,Kemudian Kerjakan Tugas-Tugasnya

Soal dan jawaban dari Tugas dalam buku Bahasa Indonesia Kurikulum 2013 Kelas 12 SMA/ SMK / MA /MAK halaman 103. Peserta didik diminta untuk mengerjakan tugas yang masih berkaitan dengan penyusunan argumen atau pendapat tentang isu aktual.

Agar lebih jelas, silakan perhatikan soal dan jawabannya di bawah ini !


Soal

Tugas
Bacalah teks berita di bawah in, kemudian kerjakan tugas-tugasnya
1. Tentukan isu aktualnya.
2. Buatlah argumen berisi penilain, kritik, prediksi (dugaan berdasarkan fakta-fakta empiris), harapan, dan saran penyelesaian masalah terkait isu aktual



Jawab:

Silakan tonton dalam video di bawah ini



atau simak artikel di bawah ini 

1. Isu aktual dari artikel berjudul "Banyak Tenaga Kerja RI Tak Kompeten" adalah Banyak tenaga kerja di Indonesia yang tidak memiliki kemampuan yang dibutuhkan oleh Industri.

2. Argumen
a. Penilaian: - Namun sayangnya, di tengah besarnya permintaan akan tenaga kerja tersebut Sumber daya manusia (SDM) yang tersedia justru tidak mampu memenuhi kriteria yang dibutuhkan oleh sektor industri.
- Sementara itu belum bisa dipenuhi oleh lulusan sekolah ddi Republik ini karena kesenjangan kompetensi lulusan dan kebutuhan dunia industri. Jadi pengangguran banyak, tapi industri sebenarnya butuh.
b. Kritik: Makanya kurikulum harus mengacu pada standar kompetensi nasional Indonesia bidang industri tertentu.

c. Prediksi: Pemberlakuan MEA 2015 akan menjadi tantangan bagi Indonesia. Apalagi mengingat jumlah penduduk yang sangat besar sehingga menjadi tujuan pasar bagi produk-produk negara ASEAN Lainnya.

d. Harapan:
e. Saran:Syarif menyatakan pihaknya akan mendorong perbaikan kurikulum pendidikan kejuruan yang sesuai dengan kompetensi yang dengan kompetensi yang dibutuhkan industri nasional.Memang harus begitu.

Berdasarkan Teks Berita Tersebut Tentukan Isu Aktual yang Disajikan

Soal dan jawaban dati tugas Kegiatan 1 dalam buku Bahasa Indonesia kurikulum 2013 kelas 12 SMA/SMK/MA/ MAK bab 3 halaman 102-103. Para peserta didik diminta untuk menjawab soal yang berkaitan dengan menyusun argumen atau pendapat terhadap isu aktual.

Silakan kerjakan soal-soal tersebut sebisa mungkin. Akan tetapi jika kalian memerlukan referensi jawaban, di bawah ini merupakan soal dan jawaban dari tugas tersebut.



Soal

Tugas
1. Berdasarkan teks berita tersebut, tentukan isu aktual yang disajikan.
2. Carilah dari sumber lain data mengenai isu yang terdapat dalam berita tersebut secukupnya.
3. Hubungkan isu-isu yang kamu peroleh serta melengkapinya dengan pendapatmu
4. Apa simpulan dari rekomendasi yang dapat kamu berikan.

Kemukakan hasil kerjamu ke dalam tabel berikut ini !

Jawab:

Silakan tonton video ini




atau baca tulisan di bawah ini 

1. Isu aktual yang disajikan dalam teks tersebut yaitu tentang PHK yang dialami ribuan buruh pabrik Toshiba dan Panasonic karena lesunya penjualan produk.

2. Argumentasi :
a. Penilaian:
- Penutupan tiga pabrik Toshiba dan Panasonic di Indonesia membawa dampak Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) sebanyak lebih dari 2500 karyawan
- Hal ini terimbas dari lesunya penjualan produk elektronik dua perusahaan raksasa asal Jepang itu akibat penurunan daya beli masyarakat.
b. Kritik:  "Ini jadi sinyal negatif bagi investasi di Indonesia,"
c. Prediksi : 
d. Harapan :

3. Saran/ rekomendasi: Sebaiknya perusahaan harus selalu kreatif dalam merespon kebutuhan masyarakat akan produk mereka.

Setelah Membaca Kedua Berita di Atas, Jawablah Pertanyaan Berikut

Soal dan jawaban dari Kegiatan 1 dalam buku Bahasa Indonesia kurikulum 2013 Kelas 12 SMA/ SMK/ MA/ MAK bab 3 halaman 93- 96. Dalam tugas tersebut, para siswa diminta untuk mengerjakan soal tentang isu aktual dari berbagai media.

Berikut ini soal dan jawaban dari kegiatan tersebut, silakan perhatikan dengan seksama



Soal

1. Bacalah teks berita berjudul "Rio Ingin Jadi Pembalap Utama berikut ini secara mendalam!
2. Bacalah juga teks berita berjudul "Rio Haryanto Berlaga di F1 Grand Prix Australia berikut ini secara mendalam
3. Setelah membaca kedua berita di atas, jawablah pertanyaan berikut!
a. Peristiwa apa saja yang diberitakan dalam dua teks berita tersebut ?
b. Sebutkan fakta yagng terdapat dalam kedua teks berita tersebut?
c. Berdasarkan peristiwa yang terjadi serta fakta yang terdata, ungkapkan isu aktual dari kedua teks berita tersebut menggunakan kalimatmu?

Jawab:

Silakan tonton dalam video di bawah ini




Atau silakan baca artikel di bawah ini: 

1. Silakan baca buku masing-masing
2. Silakan baca buku masing-masing
3. a. Kedua teks tersebut memberitakan peristiwa yang tengah dialami oleh Rio Haryanto. Meskipun demikian terdapat perbedaan antara artikel pertama dan artikel kedua. Dalam artikel teks pertama, tema yang digulirkan penulis mengupas tentang kepastian Rio Haryanto menjadi pembalap utama Tim Manor. Selain itu, juga dituliskan bagaimana kekurangan dana yang dialami oleh Rio Haryanto.
Sementara pada teks kedua, hanya dituliskan tentang persiapan Rio Haryanto sebagai bagian dari Tim Manor dalam menghadapai balapan resmi, Australian Grand Prix.
b. Fakta dalam teks pertama:
- Manajemen Rio, PT Kiky Sport baru membayarkan 3 juta Euro dari total 15 juta euro yang diminta oleh Manor.
- Pada selasa, 16/2), Indah bersama Rio dan Hunniset menemui pendiri PT Saratoga Investama Sedaya, Sansiaga S. Uno.

Fakta dalam teks kedua:
- Tim asal Inggris, Manor Racing LTD memastikan secara resmi bahwa mereke mengontrak Rio Haryanto sebagai salah satu pembalap utama ajang F1 musim 2016 ini.
- Balapan resmi perdana Rio nanti adalah Australian Grand Prix yang bertempat di Melbourne Grand Prix Circuit pada Maret.
- Sebelum ke Melborne, Rio akan menjalani dua kali uji coba di Sirkuit Barcelona-Katalunya, Spanyol.

c. Rio Haryanto merupakan sosok pembalap berbakat yang mengawali karirnya dari pembalap Gokart. Hingga akhirnya berusaha untuk tampil dalam ajang balapan paling bergengsi di muka bumi ini, Formula 1. Meskipun membutuhkan biaya yang tidak sedikit, Rio tetap akan berusaha masuk dalam klub balapan Manor Racing Ltd untuk bertarung melawan pebalap F1 lainnya. Salah satu solusi untuk membiayai balapannya selain melalui PT Kiky Sport adalah menggalang dana sebanyak-banyaknya.

Selasa, 13 Agustus 2019

Kegiatan 2 Melanjutkan Cerpen Sepatu Butut

Soal dan jawaban dari kegiatan 2 dalam buku bahasa Indonesia Kurikulum 2013 SMP/ MTs Kelas 9 pada halaman 84. Peserta didik diminta untuk melanjutkan cerpen berjudul Sepatu Butut.

Agar lebih jelas silakan perhatian soal dan jawaban di bawah ini !



Soal:

Kegiatan 2: Melanjutkan cerpen

Melanjutkan cerpen
Lanjutkan cerpen "Sepatu Butut" ini secara bebas. Alur yang diputus adalah yang menuju bagian klimaks: membuang sepatu butut atau tidak. Apa keputusannya dan bagaimana melakukannya? Selanjutnya tentukan bagaimana cerita berakhir.

Sepatu Butut
Cerpen Ely Chandra Perangin-angin

Entah sudah berapa kali aku mengatakan padanya untuk mengganti sepatu bututnya itu. Kalau sepatu itu masih layak pakai sih mungkin tidak apa-apa. tetapi sepatu itu sudah kelihatan sangat kumal, jauh dari kategori layak pakai. Walaupun orang tua kami bukanlah orang yang kaya. tetapi kurasa mereka masih mampu membelikan Andi sebuah sepatu baru yang lebih Iayak pakai.

Entah mengapa pula. hanya aku yang selalu memperhatikan sepatu bututnya Andi. Sepatu butut itu begitu menggangu pandanganku. Orang tua kami tidak pernah protes kalau Andi menggenakan sepalu butut itu lagi.

Pagi ini kami akan berangkat sekolah. Lagi-lagi sepatu butut itu Iagi yang kuperhatikan. Tidak ada yang lain yang kuperhatikan dari Andi. Aku jadi malas bila berjalan dengannya. Aku malu bila harus berjalan dengannya. Seperti berjalan dengan seorang gembel.

Sepatu butut itu begitu mengganggu pikiranku kenapa Andi tidak minta sepatu baru saja biar keren seperti teman-temannya, si Ivan dengan sepatu ketsnya, atau seperti Dodi dengan sepatu sportnya?

Di suatu malam, aku berpikir untuk menyingkirkan sepatu butut itu. Aku berencana membuangnya di hari Sabtu malam, karena kutahu ia akan mencucinya di hari Minggu. Jadi kalau di hari Minggu ia tidak menemukannya, masih ada kesempatan untuk membeli yang baru sehingga ia masih bisa masuk di hari Seninnya.

Untuk membuang sepatu butut tentu saja tidak memerlukan rencana yang rumit. cukup sederhana saja pasti aku bisa melakukannya, hanya tinggal menunggu Andi tidur di malam hari, dan kemudian aku tinggal menjalankan misinya. Hari yang kunantikan pun tiba. Segera aku bersiap menjalankan misiku. Kulihat Andi sedang tidak ada di rumah.

..................................

Jawab:

Kelanjutannya

Aku segera keluar dari kamarku, kulihat jam dinding di tembok menunjukan pukul 20.00. Aku menghela nafas panjang, biasanya Andi bermain hingga pukul 22.00. Ayah membiarkan Andi bermain selarut itu karena mengetahui bahwa besok adalah hari Minggu, hari libur.

Perlahan-lahan aku melangkahkan kaki menuju rak sepatu yang terletak tidak jauh dari kamarku. Di situlah semua sepatu di keluarga kami diletakkan, baik sepatu ayah, ibu, sepatuku dan sepatu Andi. Tidak berselang lama, aku sudah menemukan sepatu Andi. Dengan cepat, aku ambil sepasang sepatu itu.

Di luar dugaan, tiba-tiba pintu depan dibuka. Alangkah kagetnya aku melihat siapa yang membuka pintu itu. Andi!. Andi terlihat heran melihatku sedang memegang sepasang sepatu kesayangannya. Tertangkap basah, aku mengakui bahwa aku hendak membuang sepatu Andi.

Bukannya marah, Andi justru memeluk aku. Sebagi seorang adik, aku benar-benar merasakan pelukan itu begitu tulus. Kemudian, Andi mengajakku duduk. Ia bercerita mengapa tidak mau menggunakan sepatu lain. Sebenarnya, ia  sedang menabung dari uang saku yang diberikan Ayah setiap hari. Jika sudah terkumpul cukup banyak, ia hendak menggunakan uang tabungannya untuk membeli sepatu baru. Akhirnya sepatu Andi tidak jadi kubuang, tapi kuserahkan kepadanya yang kemudian disimpannya di lemari di dekat pintu masuk dapur.