Thursday, August 15, 2019

Kegiatan 3.1 Jawablah Pertanyaan-Pertanyaan di Bawah Ini dengan Berdiskusi

Soal dan jawaban dari Kegiatan 3.1 dalam buku Bahasa Indonesia Kurikulum 2013 Kelas 8 SMP/ MTs Bab 3 halaman 62. Materi dari pelajaran pada bab ini mengenai teks eksposisi.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawabannya di bawah ini!



Soal

A. Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan berdiskusi!
1. Apa yang dimaksud dengan teks eksposisi?
2. Bagaimana ciri-ciri teks eksposisi?
3. Mengapa debat digolongkan ke dalam teks eksposisi?
4. Apa saja unsur-unsur utama teks eksposisi?
5. Apa fungsi fakta dalam teks eksposisi?

B. 1. Perhatikanlah ketiga teks berikut!
a. Bagi kami, komunikasi menjadi sarana cukup penting. Dengan komunikasi, kami bisa mengungkapkan gagasan kepada orang lain. Dengan komunikasi yang lancar, segala hal yang berkaitan dengan pengetahuan akan cepat tersebar. Demikian pula dengan keterampilan berbahasa, hubungan sosial akan tercipta.
b. Salah satu penyebab terjadinya unjuk rasa karena ketidakpercayaan mereka terhadap pelaksanaan berbagai aturan. Para pengunjuk rasa tidak menemukan sarana pelampiasan atas ketidakpuasan yang dirasakannya. Tekanan amarah yang tidak menemukan celah untuk keluar akhirnya menjadi amuk masa. Hal-hal tersebut mengakibatkan berbagai unjuk rasa sering berujung pada anarkisme masa jika aspirasi mereka tidak tersalurkan. Mereka ingin reaksi mereka diperhatikan.
c. Menabung di Bank Syariah banyak positifnya. Uang yang disimpan menjadi lebih aman. Semakin lama, uang yang ditabung bertambah nilainya. Apabila ingin belanja, uang tabungan tidak perlu diambil ke bank, cukup dengan memakai ATM. Yang paling penting, pemilik uang, tidak akan kehilangan uangnya.

2. Buktikan bahwa ketiga cuplikan itu merupakan bagian dari teks eksposisi bersama kelompokmu!


Jawab:
1. Teks eksposisi adalah teks yang menyajikan informasi atau ilmu pengetahuan kepada para pembaca dan pendengarnya dalam bentuk ringkas dan padat.

2. Ciri-ciri teks eksposisi

  • Menjelaskan informasi-informasi pengetahuan
  • Gaya informasi yang mengajak
  • Biasanya menjawab pertanyaan apa, siapa, kapan, dimana, mengapa, bagaimana
  • Berusaha menjelaskan tentang sesuatu
  • Gaya bersifat informatif
  • Fakta dipakai sebagai alat kontribusi
  • Singkat, Padat, Akurat
  • Berusaha menjelaskan sesuatu
  • Fakta juga dipakai sebagai alat konkritasi
  • Penyampaian secara lugas serta memakai bahasa yang baku
  • Tak memihak, yang berarti tak memaksakan kemauan penulis pada pembaca
  • Fakta dipakai sebagai alat kontribusi dan alat kontritasi
  • Paragraf eksposisi umumnya menjawab tentang askadimega


3. Debat digolongkan sebagai teks eksposisi karena dalam sebuah perdebatan, para pelaku debat akan selalu menyajikan fakta untuk memperkuat argumen-argumen yang disampaikan. Argumen yang disertai fakta yang kuat ini sangat penting agar bisa mematahkan argumen lawan.

4. Unsur utama teks eksposisi adalah :
a. Gagasan yang terdiri dari kritik, penilaian, prediksi, harapan, dan saran)
b. Fakta.

5. Fakta dalam teks eksposisi berfungsi untuk memperkuat opini atau gagasan

B. a. Bukti teks tersebut termasuk teks eksposisi karena terdapat gagasan yaitu, komunikasi menjadi sarana cukup penting. Fakta, dengan komunikasi yang lancar, segala hal yang berkaitan dengan pengetahuan akan cepat tersebar.
b. Bukti teks tersebut termasuk teks eksposisi karena terdapat gagasan yaitu, Salah satu penyebab terjadinya unjuk rasa karena ketidakpercayaan mereka terhadap pelaksanaan berbagai aturan. Fakta, Tekanan amarah yang tidak menemukan celah untuk keluar akhirnya menjadi amuk masa.

c. Bukti teks c termasuk teks eksposisi karena terdapat gagasan dan fakta. Gagasan, Menabung di Bank Syariah banyak positifnya. Uang yang disimpan menjadi lebih aman. Fakta, semakin lama, uang yang ditabung bertambah nilainya. Apabila ingin belanja, uang tabungan tidak perlu diambil ke bank, cukup dengan memakai ATM.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon