Thursday, August 15, 2019

Kegiatan 3.2 Manakah yang Merupakan Bagian dari Teks Eksposisi

Soal dan jawaban dari kegiatan 3.2 dalam buku Bahasa Indonesia Kurikulum 2013 terbitan kemendikbud kelas 8 SMP/ MTs halaman 65. Peserta didik diminta untuk memilih mana teks yang merupakan teks eksposisi dan menjelaskan alasannya

Agar lebih jelas, silakan perhatikan soal dan jawabannya di bawah ini



Soal

Kegiatan 3.2
A. Teks manakah yang merupakan bagian dari teks eksposisi? Diskusikan pula
alasan-alasannya!
1. Setelah dituang dari tabung bambu, cairan manis (nira) tersebut disaring; ditampung dalam tempayan lalu direbus sampai mendidih. Dalam waktu lebih kurang dua jam, cairan tersebut akan mengental dan berwarna cokelat. Selanjutnya, diturunkan dan diaduk dengan posisi miring agar menjadi dingin. Lebih kurang dua puluh menit, cairan gula merah tersebut siap dicetak, sesuai dengan bentuk yang diinginkan.

2. Ada dua macam sarana pendidikan, yaitu pendidikan formal dan pendidikan nonformal. Pendidikan formal memiliki standar kurikulum yang sudah ditentukan oleh Pemerintah, seperti SD/MI, SMP/MTs,  SMA/MA/SMK dan sejenisnya. Pendidikan nonformal yang lebih
dikenal dengan pendidikan luar sekolah, seperti kursus-kursus, biasanya menyusun kurikulum sendiri sesuai dengan kebutuhan dan kebijakan lembaga yang bersangkutan.

3. Pada momentum Hari Pahlawan ini kami mengimbau para pejabat di jajaran pemerintahan, termasuk BUMN/BUMD, pimpinan DPR dan MPR, serta seluruh anggota dewan agar kembali ke fitrah. Ingatlah perjuangan dan cita-cita para pahlawan kusuma bangsa. Mari, kita berjuang untuk memakmurkan rakyat. Untuk itu, bekerjalah dengan keras, profesional, dan bertanggung jawab.

4. Dua hari berturut-turut hujan deras mengguyur Ibu Kota Jakarta. Saluran air di mana-mana tidak lancar. Penduduk yang tidak bertanggung jawab membuang sampah di sungai-sungai. Sampah-sampah memenuhi sungai-sungai sehingga tersumbat. Resapan air di daerah yang telah ditentukan kini telah berubah fungsinya sebagai tempat hiburan.  Gedung-gedung berdiri kukuh di sana.

5. Salah satu penyebab terjadinya unjuk rasa karena ketidakpercayaan terhadap pelaksanaan berbagai aturan. Para pengunjuk rasa tidak dapat melampiaskan rasa ketidakpuasan itu. Tekanan amarah yang tersalurkan akhirnya menjadi amuk massa. Hal-hal tersebut mengakibatkan berbagai unjuk rasa sering berujung pada anarkisme masa jika aspirasi mereka tidak tersalurkan. Mereka ingin reaksi mereka diperhatikan.


Jawab:

1. Tidak termasuk teks eksposisi karena tidak terdapat opini, gagasan, saran yang merupakan ciri teks eksposisi. Teks tersebut termasuk teks prosedur.
2. Termasuk Teks eksposisi karena terdapat fakta dan gagasan.
3. Termasuk ke dalam Teks persuasi karena mengandung ajakan untuk berbuat sesuatu.
4. Termasuk jenis teks eksposisi karena terdapat informasi dan ilmu pengetahuan. Juga terdapat gagasan atau opini
5. Termasuk jenis teks eksposisi karena terdapat gagasan dan fakta.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon