Wednesday, August 14, 2019

Bacalah Teks Berita di Bawah ini,Kemudian Kerjakan Tugas-Tugasnya

Soal dan jawaban dari Tugas dalam buku Bahasa Indonesia Kurikulum 2013 Kelas 12 SMA/ SMK / MA /MAK halaman 103. Peserta didik diminta untuk mengerjakan tugas yang masih berkaitan dengan penyusunan argumen atau pendapat tentang isu aktual.

Agar lebih jelas, silakan perhatikan soal dan jawabannya di bawah ini !


Soal

Tugas
Bacalah teks berita di bawah in, kemudian kerjakan tugas-tugasnya
1. Tentukan isu aktualnya.
2. Buatlah argumen berisi penilain, kritik, prediksi (dugaan berdasarkan fakta-fakta empiris), harapan, dan saran penyelesaian masalah terkait isu aktual



Jawab:

1. Isu aktual dari artikel berjudul "Banyak Tenaga Kerja RI Tak Kompeten" adalah Banyak tenaga kerja di Indonesia yang tidak memiliki kemampuan yang dibutuhkan oleh Industri.

2. Argumen
a. Penilaian: - Namun sayangnya, di tengah besarnya permintaan akan tenaga kerja tersebut Sumber daya manusia (SDM) yang tersedia justru tidak mampu memenuhi kriteria yang dibutuhkan oleh sektor industri.
- Sementara itu belum bisa dipenuhi oleh lulusan sekolah ddi Republik ini karena kesenjangan kompetensi lulusan dan kebutuhan dunia industri. Jadi pengangguran banyak, tapi industri sebenarnya butuh.
b. Kritik: Makanya kurikulum harus mengacu pada standar kompetensi nasional Indonesia bidang industri tertentu.

c. Prediksi: Pemberlakuan MEA 2015 akan menjadi tantangan bagi Indonesia. Apalagi mengingat jumlah penduduk yang sangat besar sehingga menjadi tujuan pasar bagi produk-produk negara ASEAN Lainnya.

d. Harapan:
e. Saran:Syarif menyatakan pihaknya akan mendorong perbaikan kurikulum pendidikan kejuruan yang sesuai dengan kompetensi yang dengan kompetensi yang dibutuhkan industri nasional.Memang harus begitu.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon