Sabtu, 26 Januari 2019

Apa yang Menyebabkan mobil pada Gambar di Samping Dapat Bergerak

Pada halaman 6 buku kelas 4 Kurikulum 2013 edisi revisi 2017 terdapat beberapa pertanyaan yang harus dijawab. Pertanyannya adalah




Apa yang menyebabkan mobil pada gambar di samping bergerak ?
Jawab : Penyebab mobil bergerak adalah karena dorongan dari manusia yang menggunakan gaya otot


Apa yang menyebabkan lampu dapat menyala ?
Jawab: Penyebab lampu dapat menyala adalah gaya listrik



Apa yang menyebabkan jarum menempel pada batang magnet?
Jawab: Penyebabnya adalah karena gaya magnet


Apa yang menyebabkan buah jatuh dari pohon ?
Jawab: Gaya gravitasi


Apa yang menyebabkan kursi mudah dipindahkan ?
Jawab : Karena gaya gesek

Demikianlah soal dan jawaban untuk pertanyaan pada halaman 6 buku kelas 4 Kurikulum 2013 edisi revisi 2017.

Selasa, 22 Januari 2019

Apa yang Terjadi Saat Kuda menarik Bendi?

Apa yang Terjadi Saat Kuda menarik Bendi? Pertanyaan tersebut muncul dalam Buku Kelas 4 Tematik Indahnya Keragaman di Negeriku pada Subtema 1: Keragaman Suku Bangsa dan Agama di Negeriku halaman 4.

gambar: Buku Kelas 4 Tematik Indahnya Keberagaman di Negeriku K13

Jawaban dari pertanyaan tersebut adalah, Bendi akan bergerak mengikuti kemana arah kuda.

Baca Juga: Kata Sulit dan Pokok Pikiran dalam Bacaan Suku Bangsa di Indonesia 

Setelah mengetahui jawabannya, apakah kalian masih memiliki pertanyaan seputar bendi? Jika kalian masih belum mengetahui apa pengertian bendi, saya akan menjelaskan pengertian bendi. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), bendi adalah kereta beroda dua yang ditarik oleh kuda.

Pada masa lampau, sebelum kamu lahir, ketika sarana transportasi belum menggunakan teknologi mesin, masyarakat menggunakan bendi untuk bepergian dari satu tempat ke tempat lain, misalnya dari rumah ke pasar, dari desa satu ke desa lain.

Kini, setelah jalan raya dibangun dan kendaraan bermesin juga semakin banyak jenisnya, bendi sudah jarang dipakai oleh masyarakat. Sekarang, bendi biasa digunakan di berbagai tempat wisata misalnya di pantai parangtritis, di malioboro, di alun-alun purwodadi grobogan dan lain-lain. Bendi di tempat wisata terlihat lebih menarik dengan berbagai macam hiasan.

Makanya tidak heran, jika ada pertanyaan apakah di sekitarmu masih ada bendi, kemungkinan besar sudah jarang sekali ada bendi yang masih beroperasi.

Nah sekarang mari kita menjawab pertanyaan, apa yang terjadi saat kerbau atau kuda menarik pedati?

Jawab: Pedati akan bergerak mengikuti arah kerbau atau kuda.

Baca Juga: Puisi Cita-cita untuk Anak SD

Pedati adalah gerobak yang dihela kuda, lembu, atau kerbau. Apakah kalian pernah melihat pedati ? Saya yakin kalian sudah jarang melihat bagaimana bentuk pedati yang sesungguhnya. Pedati hampir mirip dengan bendi atau dokar. Akan tetapi ada perbedaan antara bendi dan pedati. Meskipun KBBI menyatakan bahwa pedati ditarik oleh kuda, namun sebagian besar pedati ditarik oleh lembu atau kerbau. Perbedaan lain adalah kegunaan dari alat transportasi tersebut. Bendi biasa digunakan untuk mengangkut penumpang manusia, sementara pedati biasa digunakan untuk mengangkut benda-benda misalnya genting, kayu, bambu dan lain-lain.

Demikianlah soal, jawaban dan keterangan tentang Bendi dan Pedati.

Minggu, 20 Januari 2019

Bentuklah kelompok diskusi. Kemudian, Mintalah Salah Satu Kelompok Membaca Teks

Dalam Buku Kelas 8 SMP Bahasa Indonesia Siswa Kurikulum 2013 pada halaman 180 Kegiatan 7.2. Bab 7 Berbahasa Persuasif, terdapat perintah bagi peserta didik untuk mengerjakan soal. Soal A. Kegiatan 7.2 Perhatikan Kedua Teks di Bawah ini sudah kita bahas bersama. Sekarang kita akan mengerjakan soal B.


Baca Juga: Kegiatan 7.1 Apa yang Dimaksud Teks Persuasi

B.

1. Bentuklah kelompok diskusi. Kemudian, mintalah salah satu anggota kelompok untuk membaca teks berikut !
2. Tentukanlah topik beserta kaliamt-kalimat ajakan yang ada dalam teks tersebut secara berdiskusi
3. Bacakan hasilnya untuk mendapatkan tanggapan dari kelompok lain.


1) Sekarang ini bangsa Indonesia ada di dalam suasana memperingati hari Sumpah Pemuda yang jatuh pada setiap tanggal 28 Oktober suatu hari yang sangat bersejarah bangsa Indonesia khususnya dari golongan pemuda masa itu tahun 1928 telah berhasil mewujudkan persatuan bangsa yang kemudian melahirkan ikrar bersama yang kita kenal dengan Sumpah Pemuda .

2) Dalam menyambut hari sumpah pemuda kamu harus bisa mengambil hikmah yang terkandung di dalamnya. Salah satu hikmahnya dan sangat penting adalah semangat persatuan bangsa Indonesia yang pada waktu itu sedang menghadapi penjajah Belanda perlu bersatu untuk menghadapinya secara bersama-sama Karena itulah disepakati bersama untuk mengucapkan ikrar sebagai kebulatan tekad di dalam mengusir penjajah Belanda yang selama itu telah memporak-porandakan kehidupan bangsa.

3) Dari modal persatuan itulah kemudian bangsa Indonesia dapat mencapai kemerdekaan yang telah diproklamasikan pada tanggal 17 Agustus 1945. Meskipun memakan waktu yang agak lama dapat dikatakan bahwa Sumpah Pemuda yang dilandasi semangat persatuan. Itulah senjata ampuh yang dapat membawa bangsa Indonesia mencapai kemerdekaannya.

4) Persatuan bangsa diibaratkan sebuah gedung 1 per 1 bagiannya saling mengait sehingga menjadikan gedung itu Kukuh. Begitu juga bangsa kita hendaknya demikian sehingga dalam mengikuti derap langkah Pembangunan yang dilaksanakan pemerintah sekarang bisa seirama menuju satu sasaran masyarakat yang adil dan makmur dalam limpahan rahmat Allah Yang Maha Kuasa. hadirin yang berbahagia.

5) Bagi para pemuda dan pelajar yang kini sering menyandang predikat sebagai generasi penerus bangsa. Sudah sewajarnya jika pada masa masa sekarang mempelopori semangat persatuan yang dahulu pernah diwujudkan dalam Sumpah Pemuda. Jangan sampai api persatuan itu padam lantaran kita tenggelam dalam kemelut perselisihan atau pencernaan dalam menekuni kepentingan pribadi

6) Sesungguhnya menghidupkan semangat persatuan dan kekompakan termasuk upaya kita dalam mensyukuri nikmat Allah. Rasa syukur tersebut kita tingkatkan lagi dengan menjalankan berbagai amal kebijakan, terutama dengan mengajak semua generasi muda Indonesia untuk lebih giat beribadah kepada Allah sesuai dengan bidang masing-masing. Dengan demikian citra Pemuda semakin harum di masyarakat.

7) Demikianlah semoga semangat persatuan yang tercermin dalam Sumpah Pemuda tetap dapat kita warisi untuk dijadikan modal perjuangan pembela bangsa dan negara (Ahmad Sunarto, 1991 dengan beberapa penyesuaian)

Jawab:

1. Topik: Peringatan hari Sumpah Pemuda yang jatuh pada setiap tanggal 28 Oktober.
Teks Persuasi : -

2. Topik: Hikmah Sumpah Pemuda adalah semangat persatuan bangsa Indonesia
Teks Persuasi: Dalam menyambut hari sumpah pemuda kamu harus bisa mengambil hikmah yang terkandung di dalamnya

3) Topik: Persatuan adalah modal untuk mencapai Indonesia merdeka
Teks Persuasi: -

4) Topik: Persatuan bangsa diibaratkan sebuah gedung 1 per 1 bagiannya saling mengait sehingga menjadikan gedung itu Kukuh
Teks Persuasi: -

5)Topik: Bagi para pemuda dan pelajar yang kini sering menyandang predikat sebagai generasi penerus bangsa
Teks persuasi:
-Sudah sewajarnya jika pada masa masa sekarang mempelopori semangat persatuan yang dahulu pernah diwujudkan dalam Sumpah Pemuda.
-Jangan sampai api persatuan itu padam lantaran kita tenggelam dalam kemelut perselisihan atau pencernaan dalam menekuni kepentingan pribadi.

Baca Juga: Kegiatan 7.2 Perhatikan Teks Di Bawah ini.

6)Topik: Sesungguhnya menghidupkan semangat persatuan dan kekompakan termasuk upaya kita dalam mensyukuri nikmat Allah.
Teks persuasi: Rasa syukur tersebut kita tingkatkan lagi dengan menjalankan berbagai amal kebijakan, terutama dengan mengajak semua generasi muda Indonesia untuk lebih giat beribadah kepada Allah sesuai dengan bidang masing-masing

7) Topik: semoga semangat persatuan yang tercermin dalam Sumpah Pemuda tetap dapat kita warisi
Teks persuasi: semoga semangat persatuan yang tercermin dalam Sumpah Pemuda tetap dapat kita warisi untuk dijadikan modal perjuangan pembela bangsa dan negara.

Jumat, 18 Januari 2019

Kegiatan 7.2 Perhatikan Kedua Teks di Bawah ini



Dalam Buku Kelas 8 SMP Bahasa Indonesia Siswa Kurikulum 2013 pada halaman 179 Kegiatan 7.2. Bab 7 Berbahasa Persuasif, terdapat perintah bagi peserta didik untuk mengerjakan soal.

A. 1. Perhatikan kedua teks di bawah ini !

Pembangunan kota di Jakarta dan sekitarnya harus betul-betul mengacu pada peruntukan wilayah. Perusakan lingkungan di wilayah resapan air seperti Puncak dan Bogor juga harus bisa dihentikan. Nah, kalau bisa begitu sudah barang tentu banjir di Jakarta tidak akan terjadi.

Kalau Anda kehabisan tempat menginap di hotel-hotel berbintang, jangan khawatir. Toh tujuan Anda menikmati alam perdesaan. Anda bisa memilih penginapan–penginapan sederhana dengan harga sangat murah. Hampir semua penginapan kecil ini juga terjaga kebersihannya. Ada yang unik menyangkut tempat-tempat penginapan di Sangkanhurip. Hampir semua hotel berbintang atau penginapan kecil, menyediakan fasilitas air panas alami. Bedanya, di hotel-hotel bisa diatur suhunya, di penginapan kecil benar-benar mengandalkan kehendak alam.
2.  Manakah yang merupakan teks tersebut yang tergolong ke dalam bagian dari jenis teks persuasif ? jelaskan alasan-alasanmu.

Baca Juga: Kegiatan 7.1. Apa yang dimaksud dengan Teks Persuasi

Jawab:

Untuk menjawabnya, perlu kita ketahui bahwa teks eksposisi merupakan teks yang berisi ajakan. Ajakan bisa berupa kata-kata tersurat seperti harus, sebaiknya, jangan, hindarilah dan sebagainya. Bisa juga berupa kata-kata tersirat yang apabila sudah berpadu dengan kata yang lain berisi ajakan. Sekarang mari kita perhatikan kedua teks di atas, lalu kita menjawabnya.

Teks A merupakan teks persuasif dengan alasan pada teks tersebut terdapat ajakan yang bisa kita baca dalam kalimat berikut.

(a) Pembangunan kota di Jakarta dan sekitarnya harus betul-betul mengacu pada peruntukan wilayah.
(b) Perusakan lingkungan di wilayah resapan air seperti Puncak dan Bogor juga harus bisa dihentikan.

Pada kedua kalimat tersebut terdapat kata harus.

Teks B juga merupakan teks persuasif karena terdapat ajakan yang tersirat yaitu dalam rangkaian kalimat di bawah ini.

Kalau Anda kehabisan tempat menginap di hotel-hotel berbintang, jangan khawatir. Toh tujuan Anda menikmati alam perdesaan. Anda bisa memilih penginapan–penginapan sederhana dengan harga sangat murah.

Selasa, 15 Januari 2019

Kegiatan 7.1 Apa yang Dimaksud dengan Teks Persuasi

Dalam Buku Kelas 8 SMP Bahasa Indonesia Siswa Kurikulum 2013 pada Kegiatan 7.1. Bab 7 Berbahasa Persuasif  peserta didik diminta untuk mengerjakan soal berdasarkan sebuah teks sebagai berikut.


Baca Juga: Kata Sulit dan Pokok Pikiran dalam Bacaan Suku Bangsa di Indonesia

A. Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut berdasarkan kutipan teks berikut!

Kegiatan nonakademik sah-sah saja buat dijalankan. Apalagi dapat memaksimalkan diri sehingga menghasilkan prestasi yang gemilang. Satu yang mesti kamu ingat, sebagai pelajar kegiatan utama kamu adalah belajar. Kamu harus pintar-pintar membagi waktu. Percaya deh, segala kegiatan positif akan menghasilkan kesuksesan.
1. Apa yang dimaksud dengan teks persuasi
2. Hal apa saja yang membedakan teks persuasi dengan yang lainnya
3. Apa yang diharapkan penulis teks persuasi untuk pembacanya?
4. Apa fungsi fakta di dalam teks persuasi?
5. Mengapa cuplikan teks tersebut persuasif? Jelaskan!

B. 1. Tunjukkanlah sekurang-kurangnya dua cuplikan yang persuasif, baik dari rekaman (tuturan lisan) ataupun melalui tulisan.


Jawab: 

A. 

1. Pengertian dari teks Persuasi adalah sebuah teks yang berisi ajakan, bujukan dan harapan dengan tujuan agar pembaca terpengaruh, lalu mengikuti apa yang telah disampaikan dalam teks tersebut.

2. Perbedaan antara Teks Persuasi dengan yang lainnya terletak pada isi teks. Pada teks persuasi terdapat unsur ajakan yang begitu kuat yang ditandai dengan adanya kata-kata semacam harus, hendaknya, sebaiknya, usahakanlah, jangan, hindarilah, dan sejenisnya.

3. Penulis teks persusi berharap pembaca bisa tergerak untuk melakukan perbuatan atau mengikuti  apa yang menjadi maksud dan tujuan penulisan teks persuasi.

4. Fungsi fakta dalam teks persuasi sebagai dasar untuk meyakinkan pembaca bahwa apa yang disampaikan penulis memang benar adanya.

5. Cuplikan tersebut bersifat persuasif ditandai dengan adanya kata "harus" dalam kalimat Kamu harus pintar-pintar membagi waktu.

Baca Juga:Tuliskan Tentang CIta-Citamu, Kegiatan Utama dan Keahlian yang Harus Kamu Miliki

B. Dua Cuplikan yang bersifat persuasif

Contoh Pertama


Pemlihan Presiden Republik Indonesia akan dilaksanakan pada tanggal 17 April 2019. Ada dua kandidat yang akan bertanding yaitu Jokowi dan Prabowo Subianto. Dampak dari Pilpres ini memberi kesan seolah-olah rakyat terbelah menjadi dua kelompok pendukung. Dalam demokrasi hal tersebut wajar-wajar saja selama tidak terjadi pelanggaran hukum. Rakyat Indonesia boleh saja menggebu-nggebu mendukung calon presidennya, namun hendaknya tetap menjaga jangan sampai melakukan perbuatan melanggar hukum. Rakyat harus cerdas dalam memilih, pilihlah sesuai dengan hati nurani dan kepentingan bersama.
Contoh Kedua

Bersamaan dengan euforia pemilihan presiden Republik Indonesia, muncullah informasi-informasi yang berkaitan dengan hal tersebut. Sayangnya, selain muncul informasi yang berupa fakta, juga muncul informasi yang bersifat hoax atau berita bohong. Dalam menanggapi berita bohong, rakyat Indonesia sebaiknya rajin menolak berita hoax dan tidak tergesa-gesa membagikan berita yang belum jelas kebenarannya. Untuk mengetahuinya, masyarakat harus mengecek kebenaran berita tersebut. dengan cara melakukan selancar di internet atau mengunjungi situs-situs anti hoax. 

Sabtu, 12 Januari 2019

Kata Sulit dan Pokok Pikiran dalam Bacaan Suku Bangsa di Indonesia



Dalam Buku Kelas 4 SD Tematik 7 Indahnya Kebersamaan pada subtema 1 Keragaman Suku Bangsa dan Agama Negeriku terdapat bacaan yang harus kalian baca. Judulnya "Suku Bangsa di Indonesia". Teks lengkapnya tertulis di bawah ini.

Baca Juga: Tuliskan Tentang CIta-Citamu, Kegiatan Utama dan Keahlian yang Harus Kamu Miliki


Suku Bangsa di Indonesia

Sejak dahulu kala bangsa Indonesia hidup dalam keragaman. Kalimat Bhinneka Tunggal Ika pada lambang negara Garuda Pancasila bukan cuma slogan. Penduduk Indonesia terdiri atas beragam suku bangsa, agama, bahasa, adat, dan budaya  tetapi semua dapat hidup rukun berdampingan.

Berdasarkan hasil sensus Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2010, bangsa Indonesia terdiri atas 1.331 suku. Berdasarkan sensus itu pula, suku bangsa terbesar adalah suku Jawa yang meliputi 40,2 persen dari penduduk Indonesia. Suku Jawa ini merupakan gabungan suku-suku bangsa di Pulau Jawa, yaitu: Jawa, Osing, Tengger,Samin, Bawean, Naga dan suku-suku lainnya. Suku yang paling sedikit jumlahnya adalah Suku Nias dengan jumlah 1.041.925 jiwa atau hanya 0,44 persen dari jumlah penduduk indonesia. namun, suku-suku Papua yang terdiri atas 466 suku, jumlahnya hanya 2.693.630 jiwa atau 1,14 persen dari jumlah penduduk Indonesia. sedangkan etnis Tionghoa jumlahnya 1.832.510 jiwa atau 1,2 persen penduduk Indonesia.

(sumber: Buku Kelas 4 SD Tematik 7 Indahnya Kebersamaan)

Dari teks bacaan di atas, para peserta didik diminta untuk menjawab pertanyaan.

1. Adakah kata sulit yang kalian temukan. Jika ada tuliskan lalu carilah artinya. Tuliskan dalam tabel !
Jawab:

a. Bhineka:  beraneka ragam
b. Tunggal: satu
c: Ika: itu
d. Lambang: sesuatu seperti tanda (lukisan, lencana, dan sebagainya) yang menyatakan suatu hal atau mengandung maksud tertentu; simbol
e. Negara: organisasi dalam suatu wilayah yang mempunyai kekuasaan tertinggi yang sah dan ditaati oleh rakyat
f. Slogan: perkataan atau kalimat pendek yang menarik atau mencolok dan mudah diingat untuk memberitahukan sesuatu
g. Sensus: penghitungan jumlah penduduk, ekonomi, dan sebagainya yang dilakukan oleh pemerintah dalam jangka waktu tertentu, misalnya waktu sepuluh tahun, dilakukan secara serentak dan bersifat menyeluruh dalam batas wilayah suatu negara untuk kepentingan demografi negara yang bersangkutan; cacah jiwa;
h. Suku: golongan bangsa sebagai bagian dari bangsa yang besar
i. Etnis: etnik; bertalian dengan kelompok sosial dalam sistem sosial atau kebudayaan yang mempunyai arti atau kedudukan tertentu karena keturunan, adat, agama, bahasa, dan sebagainya
j. Adat: aturan (perbuatan dan sebagainya) yang lazim diturut atau dilakukan sejak dahulu kala
k. Budaya: pikiran; akal budi

2. Ada berapa paragraf pada  teks "Suku Bangsa di Indonesia" ? Tuliskan pokok pikiran dari setiap paragraf.

Baca Juga: Kumpulan Puisi CIta-Cita Menjadi Pelukis

Jawab:

Cara menentukan pokok pikiran pada paragraf sebagai berikut.
1. Membaca seluruh kalimat dalam paragraf.
2. Menandai kalimat awal, kalimat akhir, atau kalimat awal dan kalimat akhir paragraf.
3. Menandai pikiran pokok yang terdapat di awal, akhir, atau awal dan akhir pada paragraf


Pokok pikiran paragraf 1: Sejak dahulu kala bangsa Indonesia hidup dalam keragaman.
Pokok pikiran paragraf 2: Suku bangsa terbesar adalah suku Jawa.

Jumat, 11 Januari 2019

Tuliskan Tentang CIta-Citamu, Kegiatan Utama dan Keahlian yang Harus Kamu Miliki

Dalam Buku Kelas 4 Kurikulum 2013, peserta didik mendapat tugas yaitu tuliskan tentang cita-citamu, kegiatan utama, dan keahlian yang harus kamu miliki sehubungan dengan cita-citamu itu! 

Untuk menjawabnya, terlebih dahulu, kalian harus menentukan apa cita-cita kalian. Akan tetapi sebelum itu, kalian perlu melihat contoh yang sudah tersedia. Dalam buku kelas 4 tersebut, sudah ada beberapa contoh gambar pekerjaan. Kalian diminta untuk menjawabnya dengan mengisi titik-titik yang sudah disediakan. Kita akan membahas satu persatu pertanyaan dan jawaban berdasarkan gambar dalam buku tersebut.

A. Jawaban Berdasarkan Gambar

Aku Seorang Guru. Kegiatan utamaku sehari-hari adalah... mengajari murid-murid berbagai mata pelajaran dan memastikan semua murid memahami apa yang sudah aku terangkan.



Aku seorang... Arsitek. Kegiatan utamaku sehari-hari adalah... mendesain bentuk bangunan.

Aku seorang... Dokter Hewan. Kegiatan utamaku sehari-hari adalah... memeriksa, mendiagnosa penyakit pada hewan kemudian memberinya obat.

Aku seorang...Pelukis. Kegiatan utamaku sehari-hari adalah. melukis obyek berupa pemandangan alam, wajah seseorang dan lain-lain.



Aku seorang pilot kegiatan utamaku sehari-hari adalah.. mengemudikan pesawat terbang untuk mengantarkan penumpang dari satu tempat ke tempat lainnya.


B. Tuliskan Tentang Cita-Citamu, Kegiatan Utama dan Keahlian yang Harus Kamu Miliki

Sekarang kita akan menulis cita-cita masing-masing dengan format kurang lebih sama seperti pada soal dan jawaban di atas.

1. Cita-Cita Menjadi Tentara

Aku ingin menjadi Tentara. Kegiatan utama sehari-hari jika nanti menjadi tentara adalah berlatih strategi perang dengan sungguh-sungguh, melakukan berbagai bentuk kegiatan dalam rangka menjaga kedaulatan NKRI. Keahlian yang harus aku miliki, aku harus sehat lahir dan batin, jujur, disiplin dan bisa menggunakan senjata dengan baik.

2. Cita-cita Menjadi Polisi
Aku ingin menjadi Polisi. Kegiatan utama sehari-hari adalah menjaga keamanan dan menegakkan hukum di Indonesia. Keahlian yang harus aku miliki aku harus sehat lahir dan batin dan bisa bersikap adil, jujur, dan disiplin.

3. Cita-cita Menjadi Dokter.
Aku ingin menjadi dokter. Kegiatan utama sehari-hari adalah mendiagnosa penyakit manusia kemudian memberikan obat yang tepat untukny sehingga bisa sembuh. Keahlian yang harus aku miliki, aku harus cerdas, memahami ilmu kedoktertan dengan baik, dan bisa mengambil keputusan dengan tepat.

4. Cita-cita Menjadi Penyanyi
Aku ingin menjadi penyanyi. Kegiatan utamaku sehari hari adalah menyanyikan lagu, direkam kemudian diedarkan baik melalui media online maupun penjualan digital. Keahlian yang harus aku miliki, suaraku harus merdu, aku juga harus mengetahui selera pasar.

5. Cita-cita Menjadi Wartawan
Aku ingin menjadi wartawan. Kegiatan utamaku sehari-hari adalah melakukan liputan ke berbagai tempat, mewawancarai orang dan melaporkan baik melalui media cetak maupun elektronik. Keahlian yang aku miliki, aku harus jujur, memiliki sikap dan penampilan yang menarik, mampu memilih kejadian yang paling menarik, mampu menggali informasi dengan baik, dan lain-lain.

Kumpulan Puisi CIta-Cita Menjadi Pelukis

Jika diibaratkan, seorang anak adalah kertas putih yang masih kosong. Orangtua, lingkungan dan segala yang ditemuinya di dunia inilah yang akan mengisi kertas itu. Ayah dan ibu harus peka dengan perkembangan yang terjadi pada anak-anak. Dengan cara itu, orangtua bisa mengenali minat dan bakat anak-anak sehingga bisa membantu mengarahkannya.

Dengan cara itu, orangtua bisa membantu anak tercinta untuk menggapai cita-citanya di masa depan. Apakah itu menjadi seorang polisi hingga menjadi seorang pelukis. Banyak yang bilang, dunia lukis adalah dunia seni. Jika anak-anak kita memiliki jiwa seni, misalnya ia pandai melukis tanpa kita ajari, kita bisa mengarahkannya agar semakin profesional.  Itulah yang mungkin bisa dilakukan oleh para orangtua.

Sementara itu, saya hanya akan mencoba menebak-nebak isi hati anak-anak tercinta yang sedang bercita-cita menjadi pelukis. Puisi-puisi di bawah ini merupakan puisi dengan tema cita-cita menjadi seorang pelukis baik profesional maupun sekadar hobi.


Baca Juga: Kumpulan Puisi Cita-Cita untuk Anak SD

\
Aku Ingin Menjadi Pelukis

Tahukah engkau, kawan
apakah cita-citaku?

Aku ingin menjadi pelukis
yang setiap aku memegang kuas
dan cat minyak
lalu menggoreskannya di kanvas
akan kulukis semua yang aku suka

melukis pemandangan alam
melukis rumah
melukis keluargaku
melukis sekolahku
melukis wajah teman-temanku

dan melukis kebahagiaanku



Seorang Pelukis Modern

Aku suka pelajaran menggambar
Ibu guru bilang
gambarku bagus sekali

Semua itu membuatku
bercita-cita tuk menjadi seorang pelukis

bukan hanya di kanvas
aku juga akan melukis
dengan  komputer

menggambar dengan teknologi
yang semakin canggih

lalu aku pamerkan
menggunakan teknologi internet
agar bisa dilihat oleh semua orang di dunia

Itulah cita-citaku
Semoga aku bisa meraihnya


Cita-citaku Menjadi Seorang Pelukis Terkenal


Buku gambar ini
telah penuh dengan gambarku
ada gambar pemandangan alam
gambar para pahlawan
dan gambar rumah

dengan pensil warna
aku mewarnai dengan hati-hati
aku membayangkan pemandangan
lalu kugambar dan kuwarnai

aku menggambar wajah pahlawan
lalu kuwarnai

Kegemaranku adalah menggambar
cita-citaku menjadi seorang pelukis terkenal


Menjadi Pelukis Profesional

Melihat indahnya alam semesta
dengan sawah yang menghijau
pepohonan yang rindang
sungai-sungai yang airnya jernih

membuatku ingin mengabadikannya
melalui lukisan

Aku ingin menjadi pelukis profesional
yang bisa melukis pemandangan
dan lain sebagainya

Lalu mengajarkannya kepada
murid-murid sekolah
agar mereka semakin cinta
pada alam semesta
di bumi nusantara tercinta

Baca Juga: Kumpulan Puisi Cita-Cita Menjadi Polisi


Menjadi Pelukis yang disenangi anak-anak

Di televisi
sedang berlangsung acara anak-anak

seorang pelukis
yang dikelilingi anak-anak

di kertas besar
tampak ia sedang menggambar hewan
dengan cara yang sederhana

Aku terinspirasi
agar bisa menjadi seorang pelukis
yang bisa menggambar di berbagai media
dengan cara yang mudah

agar bisa ditiru anak-anak sekolah dasar
Cita-citaku menjadi pelukis yang lukisannya
disenangi anak-anak

Kamis, 10 Januari 2019

10 + Contoh Teks Deskripsi yang Benar dan Lengkap

Teks deskripsi merupakan pelajaran siswa kelas 7 Sekolah Menengah Pertama (SMP). Peserta didik diharapkan melakukan kegiatan-kegiatan antara lain :

  1. Menentukan ciri isi dan tujuan teks deskripsi. 
  2. Menentukan isi teks deskripsi, 
  3. Menelaah struktur dan bahasa teks deskripsi 
  4. Menyajikan lisan dan menulis teks deskripsi.

Akan tetapi sebelum membahas keempat hal tersebut, terlebih dahulu saya akan memberikan contoh teks deskripsi selain teks deskripsi yang terdapat dalam buku kelas 7 Bahasa Indonesia kurikulum 2013.



Teks Deskripsi tentang Sekolahku

Aku bersekolah di SMP Negeri 1 Purwodadi*  Sebuah sekolah favorit yang terletak di tengah-tengah kota Purwodadi. Luas sekolahku kira-kira 2 hektar. Begitu memasuki gerbang, kita akan disuguhi pemandangan sekolah yang sangat indah. Di sisi kiri dan kanan jalan utama terdapat pepohonan rindang yang membuat sekolah kami terasa sangat nyaman. Kami sering mendengar suara burung bersahut-sahutan.

Di sebelah kiri jalan utama, di sebelah lapangan  terdapat dua lapangan bola voli yang representatif. Di dekatnya, terdapat gedung berlantai dua yang digunakan sebagai ruang kelas 1. Gedungnya bagus dan sangat modern berlantai keramik dengan tembok yang juga keramik..Setiap ruang di kelas tersebut dilengkapi dengan sarana dan prasarana modern misalnya, AC, layar proyektor, komputer dan lain-lain.

Di antara lapangan voli dan gedung terdapat taman yang indah. Setiap tumbuh-tumbuhan di dalam taman dilengkapi dengan tulisan dalam bahasa Indonesia dan latin. Misalnya kayu jati ( tectona grandis ).
.
Sementara itu, apabila kita melihat di sebelah kanan jalan terdapat lapangan bola basket indoor yang baru selesai dibangun.  Hampir sama dengan sisi kiri jalan, di sisi kanan jalan di dekat lapangan bola basket tersebut juga terdapat ruang kelas yaitu ruang kelas 2. Di antara kompleks ruang kelas 2 dan lapangan basket juga terdapat taman yang indah.

Ruang kantor dan ruang kelas 3 terletak dalam satu gedung. Di belakangnya terdapat beberapa ruang yang digunakan sebagai laboratorium dan ruang multimedia.

Secara umum. bangunan di SMP N 1 Purwodadi merupakan bangunan baru yang sangat bagus. Meskipun demikian, ada juga bangunan zaman Belanda yang tetap dilestarikan hingga sekarang.



Teks Deskripsi tentang Kambingku

Aku punya seekor kambing jantan. Kata ayah, harganya 1 juta rupiah. Ayah membelikanku di pasar hewan kira-kira enam bulan yang lalu.  Kambingku berwarna hitam, namun kedua daun telinganya berwarna putih, begitupun keempat kakinya. Sekarang kambingku sudah agak besa

Kambingku tinggal di kandang di belakang rumahku. Sebuah kandang sederhana yang terbuat dari kayu dan bambu.

Setiap hari, aku menyabit rumput yang sudah ditanam ayah di sawah. Setelah itu, aku bawa rumput itu dengan sepeda ke rumah, tepatnya ke kandang kambing kesayanganku. Herannya, setiap kali aku datang, kambing itu selalu mengembik, seolah-olah tahu bahwa majikannya akan datang.

Lalu aku letakkan sepedaku, aku angkut rumputnya ke tempat makan kambing. Dengan lahap, kambingku makan rumput itu. Aku melakukan hal tersebut setiap hari, terutama pada sore hari.

Kini kambingku semakin besar. Sebentar lagi Idul Adha tiba. Ayah menyarankan agar kambingku dijual saja karena menjelang idul adha harga kambing pasti naik.

Dengan berkaca-kaca, aku melangkah gontai menuju kandang. Kupandangi kambingku yang sedang makan rumput dengan sedih. Sejenak, kambing itu menghentikan makannya lalu menatap ke arahku. Aku semakin sedih. Akan tetapi, mau bagaimana lagi, kambing itu harus kujual.

Keesokan harinya, datanglah penmbeli kambing lalu membeli kambingku dengan harga Rp1.800.000.



Teks Deskripsi tentang Rumahku

Aku tinggal di rumah bersama ayah, ibu dan dua kakakku. Aku tinggal di desa di sebuah rumah rumah sederhana yang terbuat dari kayu yang sudah dicat berwarna hijau. Meskipun demikian, rumahku ditopang dengan pondasi yang cukup kokoh.

Rumahku kira-kira berukuran 105 meter persegi. Panjangnya 7 meter, lebarnya 15 meter. Pada bagian rumahku terdapat teras. Di dalam rumahku ada empat kamar tidur. Satu kamar digunakan sebagai mushola kecil, sementara tiga kamar lainnya dibagi untuk ayah dan ibu, kakak pertamaku, aku dan kakak keduaku.

Ada ruang tamu yang cukup luas untuk digunakan menerima tamu. Ada juga ruang dapur yag selalu digunakan ibu untuk memasak. Selain itu, di bagian belakang rumah, ada kamar mandi.

Selain bagian dalam rumah, pada bagian luar, tepatnya pada bagian depan juga terdapat pekarangan.yang ditanami dua pohon mangga, masing-masing di sisi kiri dan kanan jalan masuk ke rumahku.


Teks Deskripsi tentang Sepatu Baruku

Aku memiliki sepasang sepatu baru berwarna hitam  Ayah yang membelikannya untukku dengan harga Rp200.000,00 di toko sepatu Gaya Baru. Sepatuku berbahan kombinasi antara kulit, kanvas kain. d Merk sepatuku adalah Ardilla dengan ukuran 39. Setiap hari aku memakainya ke sekolah.

Di sekolah, aku melakukan berbagai aktivitas dengan memakai sepatuku, mulai dari belajar di dalam kelas dan berolah raga. Aku selalu berhati-hati agar sepatuku tidak cepat kotor.

Sepulang sekolah, aku meletakkannya kembali di rak yang terdapat di bagian depan rumahku. Setiap pekan sekali, aku mencuci sepatuku, lalu kujemur di bawah terik matahari.



Teks Deskripsi tentang Sepedaku yang Baru

Aku memiliki sebuah sepeda baru berwarna biru dan putih. Sepeda itu merupakan hadiah atas prestasiku menjadi juara kelas pada tahun ajaran yang lalu. Merk sepedaku Win Cycle,sebuah merk sepeda yang cukup terkenal di Indonesia. Harga sepedaku Rp2.000.000,00.

Sepedaku sangat nyaman dikendarai anak perempuan sepertiku. Aku sering menyebut sepedaku adalah sepeda mini. Bobotnya tidak terlalu berat, sadelnya terbuat dari kulit yang didesain khusus untuk duduk.

Di bagian depan sepeda terdapat keranjang yang biasanya aku gunakan untuk menaruh tas atau benda-benda yang tidak terlalu berat. Sepedaku juga dilengkapi dengan pengganti gigi sepeda, sehingga jika aku mengendarai sepeda, aku bisa memindahkan rantainya ke gigi yang ringan.

Selasa, 08 Januari 2019

5 Contoh Kalimat yang Menceritakan Keindahan Pantai

Memperkenalkan dunia kepada anak-anak harus dimulai sejak dini. Salah satunya adalah melalui pelajaran sekolah. Dalam buku Kelas 1 SD Tematik Peristiwa Alam Kurikulum 2013, anak-anak diajak mengenali lingkungan dan alam. Salah satunya adalah pantai.

Pantai memang indah. Di sana kita bisa melihat hamparan laut biru yang luasnya tidak terbatas. Tidak heran, tiap kali liburan, pantai-pantai yang bertebaran di seantero nusantara selalu penuh dengan pengunjung.

Di bawah ini merupakan contoh kalimat-kalimat yang menceritakan keindahan pantai yang saya rangkai menjadi paragraf-paragraf.

Baca Juga: Kumpulan Puisi Keindahan Pantai untuk Anak SD

Contoh 1

Pada hari pertama libur sekolah, ayah dan ibu mengajak Silvi bertamasya ke pantai Bandengan. Pemandangannya sangat indah. Kita bisa melihat laut biru membentang dan langit yang juga berwarna biru dengan awan putih yang berarak. Sementara, saat menjejakkak kaki, kita akan merasakan lembutnya pasir putih.

Contoh 2

Riak ombak perlahan membasahi kaki Hilda ketika ia menginjakkan kaki di pantai. Sepasang tangannya terbuka menangkap air laut. Debur dan buih ombak nampak berkejaran menuju pantai. Pandangan matanya lepas memandang cakrawala nun jauh di depan. Sementara burung camar terbang sambil sesekali meneriakkan suaranya yang khas.

Contoh 3

Dengan bertamasya ke pantai, kita bisa melihat betapa indahnya alam semesta. Lautan berwarna biru yang begitu luas tanpa batas. Kapal-kapal terlihat bagai titik-titik di kejauhan. Para wisatawan asyik dengan kegembiraan masing-masing. Ada yang menyusuri pantai, ada yang naik speed boat dan lain-lain.

Baca Juga: Kumpulan Puisi Senja di Pantai yang Indah

Contoh 4

Sinar matahari di pantai ini terasa hangat. Beberapa orang terlihat berjalan-jalan bersama keluarga di pantai. Ada juga yang duduk-duduk bersama di tikar di bawah pepohonan. Di kejauhan, buih ombak terlihat berwarna putih. Di sudut lain, beberapa wisatawan berfoto di dekat perahu nelayan yang masih belum berlayar. Suasana di pantai ini sangat menyenangkan.

Contoh 5

Angin lembut sepoi-sepoi mengibar-ngibarkan rambut Ana. Di pantai indah ini, ia sedang berwisata bersama ayah, ibu dan dua kakak perempuannya. Mereka berlima berjalan menyusuri pantai. Sesekali diraihnya riak ombak yang datang menghampiri. Akan tetapi, jika riak ombak agak besar, ayah dan ibu berlari-lari kecil menghindarinya. Mereka berlibur untuk men