Tuesday, January 22, 2019

Apa yang Terjadi Saat Kuda menarik Bendi?

Loading...
Apa yang Terjadi Saat Kuda menarik Bendi? Pertanyaan tersebut muncul dalam Buku Kelas 4 Tematik Indahnya Keragaman di Negeriku pada Subtema 1: Keragaman Suku Bangsa dan Agama di Negeriku halaman 4.

gambar: Buku Kelas 4 Tematik Indahnya Keberagaman di Negeriku K13

Jawaban dari pertanyaan tersebut adalah, Bendi akan bergerak mengikuti kemana arah kuda.

Baca Juga: Kata Sulit dan Pokok Pikiran dalam Bacaan Suku Bangsa di Indonesia 

Setelah mengetahui jawabannya, apakah kalian masih memiliki pertanyaan seputar bendi? Jika kalian masih belum mengetahui apa pengertian bendi, saya akan menjelaskan pengertian bendi. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), bendi adalah kereta beroda dua yang ditarik oleh kuda.

Pada masa lampau, sebelum kamu lahir, ketika sarana transportasi belum menggunakan teknologi mesin, masyarakat menggunakan bendi untuk bepergian dari satu tempat ke tempat lain, misalnya dari rumah ke pasar, dari desa satu ke desa lain.

Kini, setelah jalan raya dibangun dan kendaraan bermesin juga semakin banyak jenisnya, bendi sudah jarang dipakai oleh masyarakat. Sekarang, bendi biasa digunakan di berbagai tempat wisata misalnya di pantai parangtritis, di malioboro, di alun-alun purwodadi grobogan dan lain-lain. Bendi di tempat wisata terlihat lebih menarik dengan berbagai macam hiasan.

Makanya tidak heran, jika ada pertanyaan apakah di sekitarmu masih ada bendi, kemungkinan besar sudah jarang sekali ada bendi yang masih beroperasi.

Nah sekarang mari kita menjawab pertanyaan, apa yang terjadi saat kerbau atau kuda menarik pedati?

Jawab: Pedati akan bergerak mengikuti arah kerbau atau kuda.

Baca Juga: Puisi Cita-cita untuk Anak SD

Pedati adalah gerobak yang dihela kuda, lembu, atau kerbau. Apakah kalian pernah melihat pedati ? Saya yakin kalian sudah jarang melihat bagaimana bentuk pedati yang sesungguhnya. Pedati hampir mirip dengan bendi atau dokar. Akan tetapi ada perbedaan antara bendi dan pedati. Meskipun KBBI menyatakan bahwa pedati ditarik oleh kuda, namun sebagian besar pedati ditarik oleh lembu atau kerbau. Perbedaan lain adalah kegunaan dari alat transportasi tersebut. Bendi biasa digunakan untuk mengangkut penumpang manusia, sementara pedati biasa digunakan untuk mengangkut benda-benda misalnya genting, kayu, bambu dan lain-lain.

Demikianlah soal, jawaban dan keterangan tentang Bendi dan Pedati.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon