Minggu, 20 Januari 2019

Bentuklah kelompok diskusi. Kemudian, Mintalah Salah Satu Kelompok Membaca Teks

Dalam Buku Kelas 8 SMP Bahasa Indonesia Siswa Kurikulum 2013 pada halaman 180 Kegiatan 7.2. Bab 7 Berbahasa Persuasif, terdapat perintah bagi peserta didik untuk mengerjakan soal. Soal A. Kegiatan 7.2 Perhatikan Kedua Teks di Bawah ini sudah kita bahas bersama. Sekarang kita akan mengerjakan soal B.


Baca Juga: Kegiatan 7.1 Apa yang Dimaksud Teks Persuasi

B.

1. Bentuklah kelompok diskusi. Kemudian, mintalah salah satu anggota kelompok untuk membaca teks berikut !
2. Tentukanlah topik beserta kaliamt-kalimat ajakan yang ada dalam teks tersebut secara berdiskusi
3. Bacakan hasilnya untuk mendapatkan tanggapan dari kelompok lain.


1) Sekarang ini bangsa Indonesia ada di dalam suasana memperingati hari Sumpah Pemuda yang jatuh pada setiap tanggal 28 Oktober suatu hari yang sangat bersejarah bangsa Indonesia khususnya dari golongan pemuda masa itu tahun 1928 telah berhasil mewujudkan persatuan bangsa yang kemudian melahirkan ikrar bersama yang kita kenal dengan Sumpah Pemuda .

2) Dalam menyambut hari sumpah pemuda kamu harus bisa mengambil hikmah yang terkandung di dalamnya. Salah satu hikmahnya dan sangat penting adalah semangat persatuan bangsa Indonesia yang pada waktu itu sedang menghadapi penjajah Belanda perlu bersatu untuk menghadapinya secara bersama-sama Karena itulah disepakati bersama untuk mengucapkan ikrar sebagai kebulatan tekad di dalam mengusir penjajah Belanda yang selama itu telah memporak-porandakan kehidupan bangsa.

3) Dari modal persatuan itulah kemudian bangsa Indonesia dapat mencapai kemerdekaan yang telah diproklamasikan pada tanggal 17 Agustus 1945. Meskipun memakan waktu yang agak lama dapat dikatakan bahwa Sumpah Pemuda yang dilandasi semangat persatuan. Itulah senjata ampuh yang dapat membawa bangsa Indonesia mencapai kemerdekaannya.

4) Persatuan bangsa diibaratkan sebuah gedung 1 per 1 bagiannya saling mengait sehingga menjadikan gedung itu Kukuh. Begitu juga bangsa kita hendaknya demikian sehingga dalam mengikuti derap langkah Pembangunan yang dilaksanakan pemerintah sekarang bisa seirama menuju satu sasaran masyarakat yang adil dan makmur dalam limpahan rahmat Allah Yang Maha Kuasa. hadirin yang berbahagia.

5) Bagi para pemuda dan pelajar yang kini sering menyandang predikat sebagai generasi penerus bangsa. Sudah sewajarnya jika pada masa masa sekarang mempelopori semangat persatuan yang dahulu pernah diwujudkan dalam Sumpah Pemuda. Jangan sampai api persatuan itu padam lantaran kita tenggelam dalam kemelut perselisihan atau pencernaan dalam menekuni kepentingan pribadi

6) Sesungguhnya menghidupkan semangat persatuan dan kekompakan termasuk upaya kita dalam mensyukuri nikmat Allah. Rasa syukur tersebut kita tingkatkan lagi dengan menjalankan berbagai amal kebijakan, terutama dengan mengajak semua generasi muda Indonesia untuk lebih giat beribadah kepada Allah sesuai dengan bidang masing-masing. Dengan demikian citra Pemuda semakin harum di masyarakat.

7) Demikianlah semoga semangat persatuan yang tercermin dalam Sumpah Pemuda tetap dapat kita warisi untuk dijadikan modal perjuangan pembela bangsa dan negara (Ahmad Sunarto, 1991 dengan beberapa penyesuaian)

Jawab:

1. Topik: Peringatan hari Sumpah Pemuda yang jatuh pada setiap tanggal 28 Oktober.
Teks Persuasi : -

2. Topik: Hikmah Sumpah Pemuda adalah semangat persatuan bangsa Indonesia
Teks Persuasi: Dalam menyambut hari sumpah pemuda kamu harus bisa mengambil hikmah yang terkandung di dalamnya

3) Topik: Persatuan adalah modal untuk mencapai Indonesia merdeka
Teks Persuasi: -

4) Topik: Persatuan bangsa diibaratkan sebuah gedung 1 per 1 bagiannya saling mengait sehingga menjadikan gedung itu Kukuh
Teks Persuasi: -

5)Topik: Bagi para pemuda dan pelajar yang kini sering menyandang predikat sebagai generasi penerus bangsa
Teks persuasi:
-Sudah sewajarnya jika pada masa masa sekarang mempelopori semangat persatuan yang dahulu pernah diwujudkan dalam Sumpah Pemuda.
-Jangan sampai api persatuan itu padam lantaran kita tenggelam dalam kemelut perselisihan atau pencernaan dalam menekuni kepentingan pribadi.

Baca Juga: Kegiatan 7.2 Perhatikan Teks Di Bawah ini.

6)Topik: Sesungguhnya menghidupkan semangat persatuan dan kekompakan termasuk upaya kita dalam mensyukuri nikmat Allah.
Teks persuasi: Rasa syukur tersebut kita tingkatkan lagi dengan menjalankan berbagai amal kebijakan, terutama dengan mengajak semua generasi muda Indonesia untuk lebih giat beribadah kepada Allah sesuai dengan bidang masing-masing

7) Topik: semoga semangat persatuan yang tercermin dalam Sumpah Pemuda tetap dapat kita warisi
Teks persuasi: semoga semangat persatuan yang tercermin dalam Sumpah Pemuda tetap dapat kita warisi untuk dijadikan modal perjuangan pembela bangsa dan negara.

Artikel Terkait