Friday, January 18, 2019

Kegiatan 7.2 Perhatikan Kedua Teks di Bawah ini

Loading...


Dalam Buku Kelas 8 SMP Bahasa Indonesia Siswa Kurikulum 2013 pada halaman 179 Kegiatan 7.2. Bab 7 Berbahasa Persuasif, terdapat perintah bagi peserta didik untuk mengerjakan soal.

A. 1. Perhatikan kedua teks di bawah ini !

Pembangunan kota di Jakarta dan sekitarnya harus betul-betul mengacu pada peruntukan wilayah. Perusakan lingkungan di wilayah resapan air seperti Puncak dan Bogor juga harus bisa dihentikan. Nah, kalau bisa begitu sudah barang tentu banjir di Jakarta tidak akan terjadi.

Kalau Anda kehabisan tempat menginap di hotel-hotel berbintang, jangan khawatir. Toh tujuan Anda menikmati alam perdesaan. Anda bisa memilih penginapan–penginapan sederhana dengan harga sangat murah. Hampir semua penginapan kecil ini juga terjaga kebersihannya. Ada yang unik menyangkut tempat-tempat penginapan di Sangkanhurip. Hampir semua hotel berbintang atau penginapan kecil, menyediakan fasilitas air panas alami. Bedanya, di hotel-hotel bisa diatur suhunya, di penginapan kecil benar-benar mengandalkan kehendak alam.
2.  Manakah yang merupakan teks tersebut yang tergolong ke dalam bagian dari jenis teks persuasif ? jelaskan alasan-alasanmu.

Baca Juga: Kegiatan 7.1. Apa yang dimaksud dengan Teks Persuasi

Jawab:

Untuk menjawabnya, perlu kita ketahui bahwa teks eksposisi merupakan teks yang berisi ajakan. Ajakan bisa berupa kata-kata tersurat seperti harus, sebaiknya, jangan, hindarilah dan sebagainya. Bisa juga berupa kata-kata tersirat yang apabila sudah berpadu dengan kata yang lain berisi ajakan. Sekarang mari kita perhatikan kedua teks di atas, lalu kita menjawabnya.

Teks A merupakan teks persuasif dengan alasan pada teks tersebut terdapat ajakan yang bisa kita baca dalam kalimat berikut.

(a) Pembangunan kota di Jakarta dan sekitarnya harus betul-betul mengacu pada peruntukan wilayah.
(b) Perusakan lingkungan di wilayah resapan air seperti Puncak dan Bogor juga harus bisa dihentikan.

Pada kedua kalimat tersebut terdapat kata harus.

Teks B juga merupakan teks persuasif karena terdapat ajakan yang tersirat yaitu dalam rangkaian kalimat di bawah ini.

Kalau Anda kehabisan tempat menginap di hotel-hotel berbintang, jangan khawatir. Toh tujuan Anda menikmati alam perdesaan. Anda bisa memilih penginapan–penginapan sederhana dengan harga sangat murah.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon