Kamis, 01 Februari 2018

Amanat Pembina Upacara SD, SMP, SMA tentang Sopan Santun

Pesan Sponsor

Amanat pembina upacara merupakan salah satu rangkaian kegiatan upacara bendera yang selalu ada. Para guru/ karyawan akan memberikan sedikit nasihat kepada putra-putri peserta didik yang sudah berbaris rapi di halaman sekolah.

Salah satu tema aktual yang sering disampaikan pembina upacara adalah tema tentang sopan santun. Bersikap sopan merupakan hal yang wajib dilakukan oleh peserta didik demi menunjang proses belajarnya di sekolah.

Di bawah ini merupakan amanat pembina upacara Sekolah Dasar tentang sopan santun, tata krama, etika dan etiket yang bisa bapak ibu gunakan sebagai bahan pidato saat upacara bendera.



Contoh 1 

Yang Terhormat Bapak/ Ibu Kepala SD....
Yang saya hormati para guru dan karyawan
yang saya banggakan siswa SD....

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Shalom
Om Swastiastu
Namo Buddhaya
Rahayu

Dengan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, pada kesempatan pagi ini kita berkumpul bersama untuk melaksanakan upacara bendera hari senin.

Anak-anakku murid SD.....

Dalam suasana pagi yang berbahagia ini, bapak bermaksud menyampaikan beberapa hal yang penting yang menjadi perhatian kita bersama. Yang pertama, bapak hendak mengevaluasi jalannya upacara bendera pada pagi ini. Secara umum, para petugas upacara sudah menjalankan tugas dengan baik. Begitu juga dengan peserta upacara, semua terlihat berbaris rapi dan memperlihatkan kedisiplinan yang baik.

baca juga : Contoh Amanat Pembina Upacara tentang Kejujuran

Yang kedua, bangsa Indonesia terkenal sebagai bangsa yang memiliki tata krama, etika, etiket dan sopan santun yang baik. Hubungan pergaulan antar sesama manusia diatur dengan baik melalui aturan sopan santun. Jika orang tua bertemu orang yang lebih muda, wajib baginya untuk menyayangi. Sebaliknya, jika para pemuda atau anak-anak bertemu dengan sosok yang lebih dewasa wajib baginya untuk menghormati. Begitupun jika usianya setara.

Hal itu merupakan warisan kebudayaan yang sudah diturunkan para pendahulu kita, para kakek dan nenek kita, jauh sebelum kita terlahir ke dunia. Tujuannya agar tercipta kehidupan masyarakat yang harmonis dan tidak timbul persoalan antar sesama manusia.

Sopan santun harus terus kita lakukan, apalagi kalian semua merupakan peserta didik yang saban hari menerima ilmu dari para guru dan maupun menyerap ilmu dari buku-buku yang kalian baca. Kalian wajib menjaga sopan santun terhadap sesama teman dan juga terhadap bapak/ ibu guru yang hampir setiap hari momong dan mendidik kalian. Bapak/ ibu guru pun akan melakukan hal yang sama, menjaga sopan santun dengan cara menyayangi kalian.

Apabila seluruh anggota keluarga besar sekolah ini menjaga tata krama, etika, etiket dan sopan santun, terciptalah suasana pendidikan yang harmonis sehingga tujuan pendidikan yaitu mencerdaskan kalian akan tercapai. Kalian akan menerima ilmu yang optimal yang sangat bermanfaat untuk mengarungi kehidupan kalian kelak.

Apabila masih belum jelas mengenai sopan santun, sila bertanya pada rekan-rekan kalian, bapak/ ibu guru maupun orangtua di rumah.

Kiranya cukup sekian, amanat bapak. Saya percaya ada tutur kata yang kurang berkenan di hati kalian, untuk itu saya mohon maaf

Wassalamualaikum Warahmatullahi wabarakatuh.
Shalom
Om Swastiastu
Namo Buddhaya
Rahayu

Contoh 2

Yang Terhormat Bapak/ Ibu Kepala SD....
Yang saya hormati para guru dan karyawan
yang saya banggakan siswa SD....

Assalamualaikum Warahmatullahi wabarakatuh
Salam sejahtera bagi kita semua

Puji syukur ke hadirat Tuhan yang Maha Esa, atas karunianya kita semua bisa melaksanakan kegiatan rutin upacara bendera setiap hari senin.

Anak-anakku yang saya banggakan

baca juga : contoh amanat pembina upacara tentang Kebersihan diri dan lingkungan

Tak terasa ujian mid semester/ semester sudah akan tiba. Bapak ibu guru tentu sedang bekerja keras mempersiapkan diri kalian agar bisa menghadapi ujian dengan baik. Akan tetapi, di luar itu semua ada hal penting yang perlu kalian perhatikan dengan seksama. Selain belajar giat menimba ilmu di sekolah, kalian juga tak boleh abai terhadap perilaku selama di sekolah. Kalian harus menanamkan nilai nilai sopan santun di dalam diri kalian.

Sebab, walaupun nilai sopan santun tidak diperoleh melalui ujian, namun bapak ibu guru akan menilai sopan santun kalian selama belajar di sekolah ini. Tujuannya, selain untuk menyukseskan pendidikan karakter yang terintegrasi dengan kurikulum yang berlaku, juga sebagai upaya untuk menjaga keharmonisan suasana belajar di sekolah.

Sopan santun bukan hal yang baru dalam budaya bangsa kita tercinta ini. Di rumah, kalian pasti sering mendapat nasihat dari ayah ibu, bagaimana cara bicara dengan orang yang lebih tua. Dalam tradisi masyarakat jawa, ada aturan tata berbahasa yang perlu kalian pahami dengan baik.

Meskipun sulit, perlahan tapi pasti selama kalian belajar di sekolah ini, kalian akan bisa menjalankan sopan santun dengan baik. Sopanlah saat berbicara dengan teman, saat berbicara dengan bapak ibu guru. Kalian juga harus sopan dalam tingkah laku.

Demikian yang dapat, bapak/ ibu sampaikan. Ada kekurangan saya mohon maaf.

Wassalamuaaikum warahmatullahi wabarakatuh
Pesan Sponsor


EmoticonEmoticon