Jumat, 10 Januari 2020

Tugas 1 Bacalah Kembali Teks Negosiasi Antara Pembeli dan Pedagang, serta Terima Kasih Bu Mia

Kunci jawaban dari tugas 1 dalam buku Bahasa Indonesia Kelas 10 SMA/ SMK/ MA/ MAK kurikulum 2013 terbitan kemendikbud halaman 160 bab 5. Peserta didik diminta menganalisis alasan dalam negosiasi.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini !



Soal

Tugas 1
Bacalah kembali teks negosiasi antara pembeli dan pedagang, serta Terima Kasih Bu Mia. Analisislah alasan-alasan yang dikemukakan partisipan untuk meyakinkan pihak lain !

Jawab

Pembeli dan Pedagang

1. Penjual merasa barangnya bagus, bukan karbitan dan matang pohon
2. Penjual akhirnya menurunkan harga dengan alasan agar mendapat untung
3. Penjual menjamin kalau ada yang busuk boleh ditukarkan

Terima Kasih Bu Mia

1. Lia mengemukakan alasan bahwa dia dan teman-teman merasa kelelahan karena mengelilingi stadion 2 kali
2. Lia juga mengemukakan alasan bahwa mereka belum minum karena tergesa-gesa akan mengikuti ulangan.

Tugas Berlatihlah Untuk Menganalisis Faktor yang Menentukan Keberhasilan Negosiasi

Kunci jawaban dari tugas dalam buku Bahasa Indonesia Kelas 10 SMA/SMK/ MA/MAK kurikulum 2013 terbitan kemendikbud bab 5 halaman 159. Dalam tugas ini, kalian harus menganalisis faktor yang menentukan keberhasilan negosiasi.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini !



Soal

Tugas
Berlatihlah untuk menganalisis faktor yang menentukan keberhasilan negosiasi dalam teks dialog antara pedagang dan pembeli, HP baru, dan Terima Kasih Bu Mia

Gunakan tabel berikut ini. Kamu boleh mengubah kolom tabel sesuai dengan kebutuhan


Jawab

Pedagang dan Pembeli

- Alasan yang disampaikan mampu meyakinkan pembeli bahwa harga dua puluh delapan ribu rupiah merupakan harga yang tepat
Bukti kutipan: "Belum boleh, Bu. Dua puluh delapan ribu, ya, Bu. Biar saya dapat untung, Bu."

- Tidak memaksa pihak lain:
Bukti kutipan: "Baiklah, tapi saya boleh milih sendiri, kan Bang?"

- Kesediaan partisipan untuk berkompromi, menerima perbedaan pendapat
Bukti kutipan: "Asal jangan pilih yang besar-besar, Bu. Nanti saya bisa rugi."
"Iya, Bang. Yang penting saya dapat mangga yang bagus dan tidak busuk."

HP Baru

- Alasan yang disampaikan mampu meyakinkan Ayah untuk membelikan Rani sebuah HP.
Bukti kutipan: "Tak hanya itu, Yah ... Rani iri sama teman-teman Rani yang dapat dengan mudah mengunduh materi pembelajaran, ngirim tugas, bahkan berdiskusi untuk mengerjakan tugas-tugas tanpa harus keluar rumah,”

"Iya, yah. Apalagi guru-guru sering menugaskan kami untuk mengirim tugas ke grup facebook atau mengunggah tugas di blog. Kalau Rani punya HP kan enak. Bisa buat diskusi bareng teman-teman sekaligus dapat mengakses internet melalui HP."

- Tidak memaksa pihak lain
Bukti kutipan: Sebegitu pentingkah HP itu bagimu, Nak?"

- Kesediaan partisipan untuk berkompromi menerima perbedaan pendapat
bukti kutipan: "Ayah akan membelikan HP untuk Rani, asal ...."
“Asal Rani rajin belajar dan berjanji akan menggunakan HP itu untuk hal-hal yang positif."


Terima Kasih Bu Mia

- Alasan yang disampaikan mampu meyakinkan Bu Mia
Bukti kutipan: "Iya, Bu. Sekali lagi maafkan, kami. Kami kelelahan, Bu. Tadi baru saja ujian lari mengelilingi stadion 2 kali."

- Tidak memaksa pihak lain
Bukti kutipan: "Belum sempat, Bu. Kami takut ketinggalan ulangan,” jawab Lia tetap dengan sopan. “Kalau boleh, kami minta waktu sepuluh menit untuk minum dan ganti baju, Bu. Biar badan kami segar."

- Kesediaan partisipan untuk berkompromi menerima perbedaan pendapat
bukti kutipan: "Ya sudah, kalian istirahat 15 menit. Ulangannya minggu depan saja. Nanti kita latihan soal saja,"

Urutkanlah Peristiwa Fabel di Atas ke Dalam Tabel Struktur Berikut Ini !

Kunci jawaban dari pertanyaan dalam buku Bahasa Indonesia kelas 7 SMP/ MTs bab 6 halaman 221 kurikulum 2013 terbitan kemendikbud. Peserta didik diminta mengerjakan soal tentang urutan peristiwa fabel.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini !



Soal

a) Urutkanlah peristiwa fabel di atas ke dalam tabel struktur berikut ini!

Jawab

Orientasi
bukti dalam teks: Seekor kuda sedang berjalan dari sebuah ladang gandum menuju sebuah hutan yang lebat.

-Komplikasi
bukti dalam teks: Ketika dia menuju hutan lebat dan melihat kulit harimau.

-Resolusi
bukti dalam teks: Saat ia mengaum seperti halnya harimau tetapi rupanya ia tidak sadar bahwa bukannya mengaum dia malah meringkik.

Berdiskusilah Untuk Menyimpulkan Jenis-Jenis Fabel Ditinjau dari Latar Cerita

Soal dan jawaban dari tugas dalam buku Bahasa Indonesia kelas 7 SMP/ MTs kurikulum 2013 terbitan kemendikbud bab 7 halaman 204. Peserta didik diminta menyimpulkan jenis-jenis fabel.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawabannya di bawah ini !



Soal

1) Berdiskusilah untuk menyimpulkan jenis-jenis fabel ditinjau dari latar cerita dan watak tokoh dalam kehidupan nyata dibandingkan dalam cerita!

2) Dari informasi tentang fabel di atas jelaskan jenis fabel ditinjau dari jenis alurnya !

Jawab

Jika kita meninjau berdasar pemberian watak dan latarnya, kita bisa membedakan menjadi dua yaitu: fabel alami dan fabel adaptasi. Fabel Alami menggunakan watak asli tokoh binatangseperti pada kondisi alam sesungguhnya. Misalnya, harimau diberi watak tegas, buas, dan ganas, siput lamban dan cengeng. Dalam hal latar tempat, fabel menggunakan alam sesungguhnya sebagai latar misalnya hutan, sungai, kolam, dan sebagainya. Fabel adaptasi adalah fabel yang memberikan watak tokoh yang berbeda dari watak aslinya di dunia nata dan menggunakan tempat lain yang tidak identik dengan tempat asli hewan tersebut.

Ditinjau dari kemunculan pesan dibedakan fabel dengan koda dan tanpa koda. Fabel dengan koda berarti fabel dengan memunculkan pesan secara eksplisit pesan pengarang di akhir cerita. Sebaliknya, fabel tanpa koda tidak memberikan secara eksplisit pesan pengarang di akhir cerita.

Tulislah Hasil Simpulanmu Tentang Ciri Fabel pada Tabel di Bawah ini!

Soal dan jawaban dari tugas dalam buku Bahasa Indonesia kelas 7 SMP/ MTs bab 6 halaman 200 kurikulum 2013 terbitan kemendikbud. Peserta didik diminta mengerjakan soal tentang ciri-ciri fabel.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini !



Soal

a) Tulislah hasil simpulanmu tentang ciri fabel pada tabel di bawah ini ! (lengkapi yang belum diisi)

Jawab:

Tema
CIri yang ditemukan: Bertema kehidupan binatang
Latar
Ciri yang ditemukan: Berlatar di alam bebas seperti hutan, sungai.
Tokoh
Ciri yang ditemukan: Tokohnya berupa hewan jinak atau hewan liar
Konflik
Ciri yang ditemukan: Konflik biasanya disebabkan oleh pengkhianatan, kelicikan, penghinaan, kesombongan, persahabatan, perilaku buruk yang akhirnya diperbaiki.

Amanat
Ciri yang ditemukan: Amanat biasanya berupa ajaran untuk berbuat kebaikan yang selaras dengan nilai moral dan karakter manusia yang baik.

Kamis, 09 Januari 2020

Berdasarkan Objeknya, Termasuk ke Dalam Bentuk Resensi Apakah Teks Tersebut

Kunci jawaban dari tugas dalam buku Bahasa Indonesia kelas 11 SMA/ SMK/MA/ MAK kurikulum 2013 terbitan kemendikbud bab 7 halaman 222. Dalam buku ini, peserta didik diminta menjawab pertanyaan tentan bentuk resensi buku.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini !



Soal

2. Berdasarkan objeknya, termasuk ke dalam bentuk resensi apakah teks tersebut? Jelaskan alasan-alasannya secara berdiskusi! Sertakan pula kutipan-kutipan dari teks tersebut untuk memperkuat alasan-alasan itu.

Jawab

Objek Resensi: Cerita rakyat dalam bentuk Syair
Alasan: Pada teks resensi yang ditulis, jelas disebutkan bahwa resensi tersebut adalah resensi cerita rakyat yang dikisahkan dari mulut ke mulut.
Kutipan isi teks: " Sementara itu, Layla dan Majnun merupakan sebuah cerita yang dikisahkan dari mulut ke mulut dan baru pada abad ke-12 dituliskan oleh seorang penyair dari Azerbaijan, Nizami Ganjavi, dalam bentuk syair. Versi Nizami inilah yang kemudian merupakan ceita yang paling populer.

Berdasarkan Teks Tersebut, Informasi Manakah yang Sesuai Dengan yang Tersaji

Soal dan jawaban dari tugas dalam buku Bahasa Indonesia kelas 11 SMA/ SMK/ MA/ MAK kurikulum 2013 terbitan kemendikbud bab 7 halaman 221. Tugas dalam buku ini masih tentang resensi buku.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini !



Soal

Berdasarkan teks tersebut, informasi manakah yang sesuia dengan yang tersaji di dalam tabel berikut ?

Jawab:

a. Dilengkapi ilustrasi-ilustrasi menarik. Tidak sesuai
b. Banyak diwarnai kisah cinta yang romantik. Sesuai
c. Cocok dibaca oleh kalangan remaja. Sesuai
d. Berawal dari kisah yang disampaikan dari mulut ke mulut. Sesuai
e. Masih ada beberapa kata yang tidak dijelaskan secara jelas. Sesuai
f.Telah mengalami cetak ulang beberapa kali. Sesuai
g. Bisa mendorong pembaca untuk mengingat masa lalu. Sesuai
h. Mirip-mirrip cerita dalam novel "Romeo and Juliet". Sesuai
i. Banyak menggunakan ragam bahasa klasik. Sesuai
j. Buku ini bermanfaat sebagai pengobat rindu. Sesuai

Secara Berkelompok, identifikasilah Resensi Tersebut Berdasarkan Aspek-Aspek Berikut

Soal dan jawaban dari tugas dalam buku Bahasa Indonesia kelas 11 SMA/ SMK/ MA/ MAK kurikulum 2013 terbitan kemendikbud bab 7 halaman 214. Peserta didik diminta mengerjakan soal tentang identifikasi resensi.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini



Soal

Tugas

1. a. Bacalah kembali contoh teks resensi di atas dengan baik
b. Secara berkelompok, identifikasilah resensi tersebut berdasarkan aspek-aspek berikut !
1) identitas buku
2) ringkasan isi buku
3) keunggulan buku
4) kelemahan buku
5) rekomendasi

c. Selain aspek-aspek tersebut, adakah aspek lain yang dibahas dalam resensi tersebut ? jelaskan !

2. a. Cermatilah contoh resensi lainnya, untuk buku nonfiksi !
b. Cermati unsur-unsur yang ada pada resensi tersebut!
c. Tuliskanlah hasil penilaian kamu pada teks tersebut !
d. Gunakan rubrik seperti di bawah ini !

Jawab

1. a. Saya sudah membaca teks resensi dengan baik.
b. 1. Identitas buku :
 Judul Novel: Saksi Mata
Pengarang: Suparto Brata
Penerbit: Penerbit Buku Kompas
Tebal: x + 434 halaman
2. Ringkasan isi buku: Paragraf 2, 3,4,5,6.
3. Keunggulan buku: terletak pada paragraf 7,8, 9 dan sebagian paragraf 10
4. Kelemahan buku: "Namun uniknya, tidak ada satupun terjemahan untuk kosakata Jepang tersebut. Jadi, bagi yang tidak mengerti bahasa Jepang, seperti saya juga, ya tebak-tebak sendiri saja sendiri. (paragraf 10)
5. Rekomendasi: "Namun uniknya, tidak ada satupun terjemahan untuk kosakata Jepang tersebut. Jadi, bagi yang tidak mengerti bahasa Jepang, seperti saya juga, ya tebak-tebak sendiri saja sendiri. (paragraf 10)

c. Ada, yaitu pendahuluan pada paragraf pertama.



Untuk soal no. 2 masih dalam proses pengerjaan.

Rabu, 08 Januari 2020

Setelah membaca Kedua Cuplikan Resensi Buku di Atas, Kemukakan Karakteristik Resensi

Soal dan jawaban dari pertanyaan dalam buku bahasa Indonesia kelas 11 SMA/ SMK/ MA/ MAK bab 7 halaman 210 kurikulum 2013 terbitan kemendikbud. Peserta didik diminta mengerjakan soal tentang perbandingan karakteristik dua resensi buku yang berbeda.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini !



Soal

Setelah membaca kedua cuplikan resensi buku di atas, kemukakanlah karakteristik resensi berdasarkan isi resensi dengan mengikuti format berikut !

Jawab

Isi Resensi
Teks 1: Pada teks resensi ini, peresensi mengawali dengan pendahuluan berupa pendapat umum tentang menulis. Pendapat tersebut mengatakan bahwa bakat merupakan syarat utama untuk menjadi penulis. Pendapat tersebut disanggah dengan menggunakan paragraf ke-2. Dan dipertegas pada paragraf ke-3.

Teks 2: Pada teks resensi dari buku berjudul Istanbul (Kenangan Sebuah Kota) saya melihat pendahuluan yang berupa penjelasan tentang Istanbul dan masa lalunya. Penjelasan tersebut berlanjut pada paragraf ke-2. Sedangkan paragraf ke-2 berisi tentang keadaan masayrakat Istanbul.

Tanggapan/ komtentar: Saya menganggap bahwa teks 2 lebih jelas dalam menyajikan resensi buku. Kita bisa melihat cuplikan-cuplikan dalam buku ditampilkan dalam resensi tersebut.


Carilah Makna Kata Sulit Pada Syair Tersebut Simpulkan Nilai-Nilai Moral/ Nasihat

Soal dan jawaban dari pertanyaan dalam buku Bahasa Indonesia Kelas 7 SMP/ MTs Kurikulum 2013 terbitan kemendikbud bab 5 halaman 177. Peserta didik diminta mengerjakan soal tentang makna kata sulit pada syair.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawabannya di bawah ini



Soal

Syair Perahu

Inilah gerangan suatu madah
Mengarangkan syair terlalu indah
Membetuli jalan tempat berpindah
Di sanalah iktikat diperbetuli sudah

Wahai mudah kenali dirimu
Ialah perahu tamsil hidupmu
Tiadalah berapa lama hidupmu
ke akhirat jua kekal hidupmu

Hai muda arif budiman
Hasilkan kemudi dengan pedoman
Alat perahumu jua kerjakan
Itulah jalan membetuli insan

Perteguh jua alat perahumu
Hasilkan bekal air dan kayu
Dayung pengayuh taruh di situ
Supaya laju perahumu itu

Sudahlah hasil kayu dan ayar
Angkatlah pula sauh dan layar
Pada beras bekal jantanlah taksir
Niscaya sempurna jalan yang kabir

Latihan
a) Carilah makna kata sulit pada syair tersebut
b) Simpulkan nilai-nilai moral/ nasihat yang terdapat pada syair di atas!

Jawab

a) Kata sulit pada syair di atas antara lain:
1. madah: kata-kata pujian
2. iktikat: keyakinan yang teguh
3. tamsil: persamaan dengan umpama
4. akhirat:alam setelah kehidupan dunia
5. insan: manusia
6. ayar: air
7. taksir: kira-kira
8. kabir: mahabesar


b)  Setelah membaca bait-bait syair di atas saya menyimpulkan bahwa syair tersebut mengandung nilai-nilai moral/ nasihat yang sangat baik bagi pembacanya. Nilai tersebut berupa nasihat atau pengingat bagi manusia agar senantiasa mengingat kehidupan akhirat. Bukan hanya itu, manusia harus menjalankan kehidupan di dunia berdasarkan pertimbangan akhirat. Untuk itu, dalam melakukan aktivitas sehari-hari manusia harus berpedoman pada agama yang dianut agar sempurna kehidupan di akhirat.