Friday, January 10, 2020

Berdiskusilah Untuk Menyimpulkan Jenis-Jenis Fabel Ditinjau dari Latar Cerita

Soal dan jawaban dari tugas dalam buku Bahasa Indonesia kelas 7 SMP/ MTs kurikulum 2013 terbitan kemendikbud bab 7 halaman 204. Peserta didik diminta menyimpulkan jenis-jenis fabel.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawabannya di bawah ini !



Soal

1) Berdiskusilah untuk menyimpulkan jenis-jenis fabel ditinjau dari latar cerita dan watak tokoh dalam kehidupan nyata dibandingkan dalam cerita!

2) Dari informasi tentang fabel di atas jelaskan jenis fabel ditinjau dari jenis alurnya !

Jawab

Jika kita meninjau berdasar pemberian watak dan latarnya, kita bisa membedakan menjadi dua yaitu: fabel alami dan fabel adaptasi. Fabel Alami menggunakan watak asli tokoh binatangseperti pada kondisi alam sesungguhnya. Misalnya, harimau diberi watak tegas, buas, dan ganas, siput lamban dan cengeng. Dalam hal latar tempat, fabel menggunakan alam sesungguhnya sebagai latar misalnya hutan, sungai, kolam, dan sebagainya. Fabel adaptasi adalah fabel yang memberikan watak tokoh yang berbeda dari watak aslinya di dunia nata dan menggunakan tempat lain yang tidak identik dengan tempat asli hewan tersebut.

Ditinjau dari kemunculan pesan dibedakan fabel dengan koda dan tanpa koda. Fabel dengan koda berarti fabel dengan memunculkan pesan secara eksplisit pesan pengarang di akhir cerita. Sebaliknya, fabel tanpa koda tidak memberikan secara eksplisit pesan pengarang di akhir cerita.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon