Senin, 28 Oktober 2019

Apa yang Disampaikan Lia kepada Bu Mia, Bagaimana Cara Lia Meyakinkan Bu Mia

Kunci jawaban dari tugas dalam buku Bahasa Indonesia Kelas 10 SMA/ SMK/ MA/MAK bab 5 halaman 153-154 terbitan kemendikbud kurikulum 2013. Dalam tugas ini, peserta didik diharuskan menjawab soal berdasarkan teks berjudul Terima Kasih Bu Mia.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini !



Soal

Terima Kasih Bu Mia

Kamis pagi usai pelajaran olah raga, Bu Mia, guru Kimia masuk kelas X MIPA tepat waktu. Tak seperti biasanya, hari itu anak-anak belum selesai berganti pakaian. Penyebabnya, mereka baru saja mengikuti ujian lari mengelilingi stadion.

Sebenarnya hari itu Bu Mia akan memberikan ulangan. Beberapa siswa yang napasnya masih memburu dan keringatnya bercucuran, mengajukan usul pada Dani.
“Dan ... minta Bu Mia menunda ulangan dong. Capek nih,” kata Ali.
“Waduuuh aku gak berani,” jawab Dani. “Lia saja suruh bilang. Dia kan ketua kelas, ” sambung Dani.
“Baiklah, aku akan mencoba merayu Bu Mia. Doakan berhasil,” kata Lia.
“Beres. Kamu kan ketua kelas.”
Dengan santun, Lia menghadap Bu Mia yang wajahnya tampak kaku melihat murid-muridnya belum juga siap mengikuti pelajaran.
“Maaf, Bu. Boleh Lia berbicara sebentar?” tanya Lia sambil duduk.
“Iya. Ada apa?”
“Begini, Bu, saya mewakili teman-teman, Lia minta maaf karena teman-teman belum selesai ganti baju. “
“Biasanya kan tidak terlambat seperti ini?” tanya Bu Mia.
“Iya, Bu. Sekali lagi maafkan, kami. Kami kelelahan, Bu. Tadi baru saja ujian lari mengelilingi stadion 2 kali.”
“Oh ... kenapa tidak bilang tadi? Kalian sudah minum?” suara Bu Mia berubah ramah setelah tahu penyebab Lia dan kawan-kawannya terlambat ganti baju.
“Belum sempat, Bu. Kami takut ketinggalan ulangan,” jawab Lia tetap dengan sopan. “Kalau boleh, kami minta waktu sepuluh menit untuk minum dan ganti baju, Bu. Biar badan kami segar.”
“Ya sudah, kalian istirahat 15 menit. Ulangannya minggu depan saja. Nanti kita latihan soal saja,” jawab Bu Lia mengagetkan Mia dan teman-teman.
“Makasih, Bu,” kata Lia.
“Eit ... tapi ingat. Kalian harus tertib. Tidak boleh gaduh dan mengganggu kelas lain. Dan masuk kelas lagi tepat pukul 09.00 WIB.”
“Iya, Bu. Makasih.”
Teman-teman Lia yang sejak tadi ikut menyimak pembicaraan Lia dan Bu Mia bertepuk tangan gembira mendengar keputusan Bu Mia.

Pertanyaan-pertanyaan tentang isi teks.
1. Apa yang disampaikan Lia kepada Bu Mia?
2. Bagaimana cara Lia meyakinkan Bu Mia?
3. Bagaimana tanggapan Bu Mia atas permintaan Lia?
4. Apakah Bu Lia mengabulkan permintaan Lia?
5. Adakah syarat yang ditetapkan Bu Mia?


Jawab:

Silakan tonton video di bawah ini



atau perhatikan jawaban di bawah ini

1. Yang disampaikan Lia kepada Bu Mia adalah Mia mewakili teman-teman sekelas meminta maaf kepada Bu Mia karena terlambat berganti pakaian dan meminta waktu 10 menit untuk berganti pakaian dan minum agar badan kembali segar.

2. Cara Lia meyakinkan Bu Mia adalah dengan berbicara dengan sopan dan meminta maaf atas keterlambatan setelah ujian lari mengelilingi stadion 2 kali.

3. Tanggapan Bu Mia atas permintaan Lia adalah beliau menanggapi dengan ramah, yaitu memberi anak-anak waktu untuk minum selama 15 menit dan mengundurkan waktu ulangan menjadi minggu depan.

4. Iya, Bu Mia mengabulkan permintaan Lia.

5. Ada. Syarat yang ditetapkan Bu Mia adalah harus tertib, tidak boleh gaduh dan mengganggu kelas lain, serta masuk lagi ke kelas tepat pukul 09.00.

Teks 2 HP Baru, Apa yang Diajukan Rani Kepada Ayahnya

Kunci jawaban dari tugas dalam buku Bahasa Indonesia Kelas 10 SMA/SMK/MA/ MAK bab 5 halaman 152-153 terbitan kemendikbud kurikulum 2013. Peserta didik diminta memperhatikan teks pada halaman tersebut kemudian mengerjakan soal tentang negosiasi.

Agar kalian lebih memahami soal dan jawabannya, silakan perhatikan dengan seksama tulisan selanjutnya



Soal

Teks 2

HP Baru

Perihal HP barunya itu, sesungguhnya sudah lama Rani menginginkannya. Beberapa kali ia membujuk Ayahnya agar dibelikan HP. Gagal meminta langsung pada Ayahnya, Rani pun minta bantuan ibunya. Namun, tetap saja usaha Rani gagal.
Minggu lalu, Rani benar-benar berusaha meyakinkan ayahnya betapa ia sangat membutuhkan HP.
“Yah ... Rani benar-benar perlu HP. Belikan ya Yah?” kata Rani pada ayahnya.
“Ayah belum punya cukup uang untuk membeli HP, Ran. Lagipula kan
sudah ada telepon rumah,” kata ayah sambil meletakkan koran ke atas meja.
“Tapi, Yah ... semua teman Rani punya HP. Mereka dapat dengan
mudah menelepon orangtuanya saat terpaksa pulang telat.”
“Lha kalau begitu kamu jangan pulang telat,” kata ayah lagi.
Rani hampir saja menangis.
“Tak hanya itu, Yah ... Rani iri sama teman-teman Rani yang dapat dengan mudah mengunduh materi pembelajaran, mengirim tugas, bahkan berdiskusi untuk mengerjakan tugas-tugas tanpa harus keluar rumah,” kata Rani dengan kalimat yang runtut dan jelas. Kalimat yang sudah beberapa  hari ia rancang untuk merayu Ayahnya.
Mendengar penjelasan Rani, Ayah melepas kacamatanya dan menatap Rani dengan lembut.
“Sebegitu pentingkah HP itu bagimu, Nak?”
Rani hampir saja melonjak kegirangan mendengar reaksi ayahnya.
“Iya, Yah. Apalagi guru-guru sering menugaskan kami untuk mengirim tugas ke grup facebook atau mengunggah tugas di blog. Kalau Rani punya HP kan enak. Bisa buat diskusi bareng teman-teman sekaligus dapat mengakses internet melalui HP.”
“Hm ... Ayah akan membelikan HP untuk Rani, asal ....” ayah seakan sengaja menggoda Rani.
“Asal apa, Yah?” tanya Rani tak sabar.
“Asal Rani rajin belajar dan berjanji akan menggunakan HP itu untuk hal-hal yang positif.”
“Rani janji, Yah. Makasih ya Ayah,” janji Rani sambil memeluk Ayahnya.

Pertanyaan-pertanyaan tentang isi teks.
1. Apa yang diajukan Rani pada Ayahnya?
2. Apakah Ayah langsung mengabulkan permintaan Rani? Jelaskan alasannya!
3. Bagaimana cara Rani meyakinkan Ayahnya?
4. Bagaimana cara Ayah memenuhi permintaan Rani?
5. Apakah permintaan Rani dikabulkan oleh Ayahnya? Adakah syarat
yang harus dipenuhi Rani?

Jawab:

Silakan tonton video jawaban di bawah ini





atau perhatikan jawaban dalam tulisan di bawah ini

1. Rani meminta Ayahnya sebuah HP baru
2. Tidak ! Awalnya Ayah menolak permintaan Rani karena di rumah sudah ada telepon dan Ayah juga belum memiliki uang yang cukup
3. Rani meyakinkan Ayahnya dengan cara:
a. Rani mempersiapkan kalimat-kalimat beberapa hari sebelum bernegosiasi minta HP
b. Dengan jelas dan runtut, Rani menyampaikan kalimat yang berupa alasan-alasan mengapa Rani harus memiliki HP, misalnya dengan adanya HP Rani akan lebih mudah mengerjakan tugas.
4. Ayah memenuhi permintaan Rani dengan cara mengajukan syarat yang harus dipenuhi Rani
5. Iya, syaratnya HP harus digunakan untuk hal-hal yang positif saja.

Kegiatan 1 Merumuskan Ciri Negosiasi

Kunci jawaban dari kegiatan 1 dalam buku Bahasa Indonesia Kelas 10 SMA/ SMK/ MA/ MAK bab 5 halaman 151 terbitan kemendibud kurikulum 2013. Ini merupakan kegiatan dengan materi negosiasi.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini !





Soal

Kegiatan 1
Merumuskan Ciri Negosiasi

Untuk mengetahui apakah sebuah teks termasuk ke dalam negosiasi atau bukan, kamu harus mengetahui batasan teks negosiasi. Sekarang, kamu akan belajar mengenali teks yang termasuk teks negosiasi. Tutuplah bukumu dan mintalah temanmu secara berpasangan untuk memperagakan dialog berikut ini di depan kelas. Setiap selesai pembacaan satu teks, dikusikanlah pertanyaan- pertanyaan
yang disediakan pada setiap akhir teks.

Teks 1
Pembeli : “Berapa harga sekilo mangga ini,Bang?”
Penjual : “Tiga puluh ribu, Bu. Murah.”
Pembeli : “Boleh kurang kan,bang?”
Penjual : “Belum boleh, Bu. Barangnya bagus lho, Bu. Ini bukan karbitan. Matang pohon.”
Pembeli : “Iya, Bang, tapi harganya boleh kurang kan? Kan lagi musim, Bang. Dua puluh ribu saja ya?”
Penjual : “Belum boleh, Bu. Dua puluh delapan ribu, ya, Bu. Biar saya dapat untung, Bu.”
Pembeli : “Baiklah, tapi saya boleh milih sendiri, kan Bang?”
Penjual : “Asal jangan pilih yang besar-besar, Bu. Nanti saya bisa rugi.”
Pembeli : “Iya, Bang. Yang penting saya dapat mangga yang bagus dan tidak busuk.”
Penjual : “Saya jamin, Bu. Kalau ada yang busuk boleh ditukarkan.”
Pembeli : “Baiklah, saya ambil 3 kilo ya Pak.”
Akhirnya, penjual mempersilakan pembeli untuk memilih dan menimbang sendiri mangga yang dibelinya.

Pertanyaan-pertanyaan tentang isi teks.

1. Siapa pelaku dalam dialog tersebut?
2. Bagaimana cara pembeli menawar harga mangga tersebut?
3. Bagaimana tanggapan penjualnya?
4. Apakah pada akhir dialog terjadi kesepakatan antara penjual dan pembeli?
5. Bagaimana kesepakatan itu terjadi?

Jawab:

Silakan tonton video jawaban di bawah ini



Atau perhatikan jawaban di bawah ini

1. Penjual dan Pembeli
2. Pembeli menginginkan harga murah, yaitu dua puluh ribu perkilo. Kalimat yang dipilih untuk menawar harga adalah dengan mengatakan bahwa sekarang sedang musim buah mangga.
3. Penjual menurunkan harga dari tiga puluh ribu rupiah menjadi dua puluh delapan ribu rupiah.
4. Terjadi kesepakatan
5. Kesepakatan itu terjadi setelah penjual menurunkan harga yang disetujui oleh pembeli dengan syarat pembeli diperbolehkan memilih buah sendiri.

Kegiatan 4.5 Jelaskan Tema dari Puisi "Hujan Bulan Juni" dan Gadis Peminta-minta"?



Kunci jawaban dari kegiatan 4.4. dalam buku Bahasa Indonesia kelas 8 SMP/ MTs bab 4 halaman 112 terbitan kemendikbud kurikulum 2013. Peserta didik diminta menjelaskan tema dari puisi "Hujan Bulan Juni" dan "Gadis Peminta-minta".

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini !

Soal

Kegiatan 4.5
A. 1. Jelaskan tema dari puisi ”Hujan Bulan Juni” dan ”Gadis Peminta-minta”? Apakah maksud penyair-penyair dengan masing-masing puisinya itu?
2. Apa yang menyamakan dan membedakan dari tema kedua puisi itu? Jelaskanlah!

B. 1. Bacalah pula puisi berikut!
Sajak
oleh Sanusi Pane

Di mana harga karangan sajak,
Bukan dalam maksud isinya;
Dalam bentuk, kata nan rancak,
Dicari timbang dengan pilihnya
Tanya pertama keluar di hati,
Setelah sajak dibaca tamat,
Sehingga mana tersebut sakti,
Mengikat diri di dalam hikmat.
Rasa bujangga waktu menyusun,
Kata yang datang berduyun-duyun
Dari dalam, bukan nan dicari.
Harus kembali dalam pembaca,
Sebagai bayang di muka kaca.
Harus bergoncang hati nurani.


2. Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut!
a. Puisi ”Sajak” terdiri atas berapa larik dan berapa bait?
b. Apa arti sajak dalam puisi tersebut? Bagaimana amanat yang ingin
disampaikan penyair dalam puisi ”Sajak”?
d. Menurut sang penyair, sajak itu harus menggoncang hati nurani
pembacanya. Setujukah Anda dengan pendapat tersebut? Jelaskan
alasan-alasannya!
e. Bagaimana penyataan-pernyataan penting penyair tentang sajak di dalam
puisinya itu? Jelaskan secara naratif!


Jawab

A.

1. Tema dari puisi "Hujan Bulan Juni" adalah tentang Kebaikan dalam Kehidupan Manusia. Penulis menggunakan majas personifikasi untuk menggambarkan kebaikan

Tema dari puisi "Gadis Peminta-Minta" adalah kemanusiaan.

Karena keseluruhan isi puisi menggambarkan sisi kemanusiaan bahwa martabat gadis peminta-minta itu sama dengan martabat manusia lainnya. 

2. Yang menyamakan tema kedua puisi itu adalah ungkapan penggambaran suasana  batin penyair terhadap keadaan di sekitarnya.

Yang membedakan adalah puisi Hujan Bulan Juni menggambarkan kebaikan manusia dalam bentuk suasana alam ketika hujan yang turun di musim kemarau, sedangkan puisi Gadis Peminta-minta menggambarkan suatu keprihatinan dan simpati kepada lingkungan dan masyarakat di sekitarnya.

Kegiatan 4.4 Berdasarkan Cara Pengungkapannya, Termasuk Ke dalam Jenis Puisi



Kunci jawaban dari Kegiatan 4.4 dalam buku Bahasa Indonesia Kelas 8 SMP/ MTs bab 4 halaman 108 terbitan kemendikbud kurikulum 2013. Tugas ini masih berkaitan dengan puisi.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini !

Kegiatan 4.4.
1. Berdasarkan cara pengungkapannya, termasuk ke dalam jenis apakah puisi-puisi di bawah ini


2.Sajikanlah pendapat-pendapatmu itu ke dalam format laporan seperti berikut. Buatlah laoran dalam kertas manila, postit, dan kertas sejenis lainnya. Kerjakanlah bersama kelompokmu !
3. Pajang atau tempelkan laporan kelompokmu itu di papan tulis atau di dinding kelas dengan perekat yang tidak mengotorinya.
4. Mintalah kelompok lain untuk mengunjungi pajangan kelompokmu itu untuk memberikan tanggapan/ penilaian dengan membubuhkannya langsung
5. RUmuslanlah simpulan kelas tentang jenis-jenis dari ketiga puisi itu berdasarkan kesepahaman pendapat dari setiap kelompok

Jawab

1. Puisi 1
Jenis : Puisi Lirik yaitu elegi
Alasan : Karena pada puisi ini menceritakan kesedihan penyair mengenai peristiwa tadi pagi yang ia alami.

Puisi II
Jenis:  termasuk dalam Puisi Dekriptif yaitu Satire
ALasan: Karena pada puisi ini penyair mengungkapkan ketidakpuasannya atas diri sendiri dengan menggunakan kata-kata yang menyindir atau merendahkan diri.

Puisi III
Jenis: termasuk dalam jenis puisi Deskriptif, yaitu kritik sosial
Perhatikan larik berikut
Petani-petani yang miskin semakin tersingkir di sana
Nelayan-nelayan sakit, keracunan lautnya
Burung-burung satu per satu meledak di udara

Pada kutipan larik-larik tersebut, penyair mengungkapkan ketidaksenangan penyair pada peninjuan nuklir dengan menunjukkan ketidakberesan keadaan yang terjadi dengan uji coba nuklir.

Minggu, 27 Oktober 2019

Jelaskan Secara RInci Isi Puisi Surat dari Ibu" Bersama Kelompokmu



Kunci Jawaban dari Kegiatan 4.3 dalam buku Bahasa Indonesia Kelas 8 SMP/ MTs bab 4 halaman 104 Kurikulum 2013 terbitan Kemendikbud. Dalam tugas ini, peserta didik masih harus mengerjakan soal yang berkaitan dengan puisi.

Agar lebih jelas, kalian bisa membaca puisi di bawah ini kemudian silakan perhatikan soal dan jawaban dari kegiatan 4.3.

Surat dari Ibu

Pergi ke dunia anak-anaku sayang
pergi ke hidup bebas!
Sesama angin masih angin buritan
dan matahari pagi menyinar daun-daunan
dalam rimba dan padang hijau.

Pergi ke laut lepas, anakku sayang
pergi ke alam bebas!
Sesama hari belum petang
dan warna senja belum kemerah-merahan
menutup pintu waktu lampau.

Jika bayang telah pudar
dan elang laut pulang ke sarang
angin bertiup ke benua
Tiang-tiang akan kering sendiri
dan nakhoda sudah tahu pedoman
Boleh engkau datang padaku!

Kembali pulang, anakku sayang
kembali ke balik malam!
Jika kapalmu telah rapat ke tepi
Kita akan bercerita
"Tentang cinta dan hidupmu pagi hari"
(Asrul Sani, 1948)

Soal

A. Jelaskanlah secara rinci isi puisi "Surat dari Ibu" bersama kelompokmu !

Jawab:

Penjelasan Bait I : Menceritakan tentang harapan dari orang tua kepada anak-anaknya untuk meraih cita-cita setinggi langit
Isi Kata-kata Penunjuk dalam puisi: pergi ke dunia luas, anakku sayang

Penjelasan bait II: Masih menggambarkan harapan dari orang tua kepada anaknya, selama masih muda agar terus meraih cita-cita setinggi langit
Isi kata-kata penunjuk dalam puisi:  Pergi ke laut lepas, anakku sayang
pergi ke alam bebas!
Sesama hari belum petang
dan warna senja belum kemerah-merahan
menutup pintu waktu lampau.

Penjelasan Bait III: Menceritakan harapan dan impian orangtua, jika kelak sudah berhasil meraih cita-cita, segeralah pulang ke rumah tempat lahir.

Isi kata-kata penunjuk dalam puisi: Tiang-tiang akan kering sendiri
dan nakhoda sudah tahu pedoman
Boleh engkau datang padaku!

Penjelasan Bait IV: Masih menggambarkan harapan dan impian orangtua. Harapan itu disertai keinginan yang kuat untuk bercengkerama, berdialog dengan hangat bersama anak tercinta.

Isi kata-kata penunjuk dalam puisi: Kembali pulang, anakku sayang

kembali ke balik malam!

Jika kapalmu telah rapat ke tepi

Kita akan bercerita

"Tentang cinta dan hidupmu pagi hari"

Kegiatan 4.2 Simaklah Puisi Berikut Temanmu Akan Membacakannya



Kunci jawaban dari kegiatan 4.2 dalam buku bahasa Indonesia kelas 8 SMP/ Mts kurikulum 2013 terbitan kemendikbud. Peserta didik masih harus menyimak dan menafsirkan puisi tentang Serenada Hijau.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini !

Soal

Kegiatan 4.2
A. Simaklah puisi berikut. Temanmu akan membacakannya !

B. Bentuklah Kelompok lalu Berdiskusilah
1. Majas apa saja yang ada dalam puisi 'Serenada Hijau"
2. Bagaimana irama yang tergambar di dalamnya ?
3. Tunjukkanlah kata-kata yang bermakna konotasi dalam puisi "Serenada Hijau" di dalamnya. Jelaskan pula makna dari setiap kata itu.
4. Adakah lambang-lambang pada puisi "Serenada Hijau" ? Jika adaa, jelaskanlah artinya

C. 1. Berdiskusilah, cermati pula pengimajinasian yang ada dalam puisi itu, Catatlah kata-katanya ke dalam format berikut: kemudian simpulkan efek yang ditimbulkannya.
2. Laporkanlah hasil diskusimu dalam forum diskusi kelas untuk mendapat tanggapan dari teman temanmu.



Jawab:
A. Sudah saya simak

B. Hasil diskusi
1. Majas yang terdapat dalam puisi Serenada Hijau antara lain: majas personifikasi, majas repetisi
2. Irama yang tergambar di dalamnya  terdapat pada “kupacu kudaku” yang menjadi penekanan sehingga menimbulkan estetika tersendiri.
3. Makna konotasi dalam puisi Serenada Hijau antara lain
a. Kupacu kudaku
Pemaknaan: semangat yang menggebu
Makna dasar : menambah kecepatan kuda

b. Batu yang terendam
Pemaknaan: dari hati yang paling dalam
Makna dasar : batu yang berada di dalam air

c.. Bila Bulan menegur salam
Pemaknaan : malam telah tiba

d. syahdu malam bergantung di dahan-dahan
Pemaknaan: di keheningan malam

4. a) kudaku = anggota tubuh
ws rendra melambangkan anggota tubuhnya sebagai kuda, karena kuda terkenal sebagai hewan yang kuat berlari.

b) bila bulan = waktu nya malam hari.

c) batu = suara hati
dalam puisi dikatakan dari batu yang terendam, maksud dari ws rendra dari suara hati yang tak tak pernah diungkapkan.

C. Imajinasi auditif:
terdengar keluhan
dari batu yang terdendam

Imajinasi visual:
dan kubayangkan
sedang kau tunggu daku

imajinasi taktil:

sambil kau jalin
rambutmu yang panjang
Imajinasi taktil

Kegiatan 4.1 Baca Kembali Puisi Berjudul Hujan Bulan Juni, Kemudian Jawablah Pertanyaan



Kunci jawaban tugas 4.1 dalam buku Bahasa Indonesia Kelas 8 SMP/ MTs halaman 93 bab 4 kurikulum 2013 terbitan kemendikbud. Peserta didik diminta membaca kembali puisi hujan bulan juni karya Sapadi Djoko Damono.

Tak ada yang lebih tabah
Dari hujan bulan Juni
Dirahasiakannya rintik rindunya
Kepada pohon berbunga itu

Tak ada yang lebih bijak
Dari hujan bulan Juni
Dihapuskannya jejak-jejak kakinya
Yang ragu-ragu di jalan itu

Tak ada yang lebih arif
Dari hujan bulan Juni
Dibiarkannya yang tak terucapkan diserap akar pohon bunga itu

karya: Sapadi Djoko Damono


Soal
Kegiatan 4.1
Agar lebih jelas sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini !

A. Baca kembali puisi berjudul "Hujan Bulan Juni". Kemudian, jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut!
1. Mengapa teks itu dikatakan sebagai puisi?
2. Teks itu mengungkapkan perasaan apa: sedih, kagum, cemburu, rindu, atau sayang?
3. Keindahan apa yang tampak pada rangkaian kata di dalam teks tersebut?
4. Ditunjukan kepada siapakah maksud dari teks itu?
5. Bagaimana sikapmu sendiri berkaitan dengan masalah yang diangkat di dalamnya?

Jawab:

1. Teks tersebut disebut puisi karena mengandung  irama, matra, rima, serta penyusunan larik dan bait. Selain itu juga terdapat bahasa yang bentuknya dipilih dan ditata secara cermat sehingga mempertajam kesadaran orang akan pengalaman dan membangkitkan tanggapan khusus lewat penataan bunyi, irama, dan makna khusus.

2. Teks tersebut mengungkapkan kekaguman, kerinduan dan juga sayang.
3. Kata-kata dalam puisi tersebut sangat indah karena disusun dengan cermat dan sepenuh perasaan sehingga kita bisa merasakan keindahan dari kerinduan seseorang kepada orang yang lain. Alih-alih menulis nama orang, Sang Pengarang memilih nama "Hujan Bulan Juni" dan "pohon berbunga". Semua itu membuat kita seolah-olah turut merasa rindu entah kepada siapa, dan rindu itu semakin menjadi kala kita membayangkan hujan menyirami pohon yang berbunga.

4. Teks tersebut ditujukan kepada orang yang sangat dirindukan.

5. Sikap saya berkaitan dengan masalah yang diangkat dalam puisi tersebut membuat saya seolah-olah turut merasakan kerinduan.

Catatan: Hal di atas merupakan penafsiran kami, tentu saja kalian boleh saja memiliki penafsiran lain terhadap puisi Hujan Bulan juni , sehingga bisa didiskusikan bersama-sama guru dan teman-teman kalian.

Jumat, 25 Oktober 2019

Kegiatan 3.7 Tulislah Sebuah Teks EKsposisi yang Berkaitan Dengan Isu Rendahnya Kesantunan Berbahasa



Kunci jawaban kegiatan 3.7 dalam buku Bahasa Indonesia Kelas 8 SMP/ MTs Kurikulum 2013 terbitan kemendikbud bab 3 halaman 85. Peserta didik diminta membuat teks eksposisi sesuai dengan ketentuan.

Agar lebih jelas, silakan perhatikan soal dan jawaban di bawah ini !

Soal

Kegiatan 3.7

A. Tulislah sebuah teks eksposisi yang berkaitan dengan isu rendahnya kesantunan berbahasa dalam masyarakat. Adapun langkah-langkah pengembangannya sebagai berikut.
1. Bacalah berbagai sumber, baik itu berupa surat kabar, internet, ataupun buku-buku yang menjelaskan masalah kesantunan berbahasa.
2. Lakukan pula pengamatan terhadap kebiasaan berbahasa warga masyarakat di sekitarmu.
3. Catatlah hal-hal penting, baik yang kamu dapatkan melalui membaca maupun kegiatan pengamatan itu.
4. Susunlah catatan itu ke dalam kerangka yang berlaku di dalam teks eksposisi, yakni terdiri atas tesis, rangkaian argumen, dan penegasan ulang.
5. Kembangkanlah kerangka itu menjadi sebuah teks eksposisi yang lengkap dengan memperhatikan pula kaidah-kaidah kebahasaannya.

B. 1. Lakukanlah silang baca dengan seorang teman untuk saling memberikan tanggapan terhadap teks eksposisi yang telah kamu buat.
2. Gunakanlah format berikut.

Jawab:

Mohon Maaf masih dalam proses pengerjaan dari tim.....Silakan tinggalkan komentar

Kamis, 24 Oktober 2019

Buatlah Denah dan Peta tentang Proses Kedatangan Islam di Indonesia



Kunci jawaban dari tugas uji komptensi tugas kelompok dalam buku Sejarah Indonesia kelas 10 SMA/ MA/ SMK/ MAK kurikulum 2013 terbitan kemendikbud halaman 175. Tugas kelompok ini mengharuskan peserta didik untuk mengerjakan dua pertanyaan.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban dari tugas kelompok tersebut.

Soal

Tugas Kelompok !

Setelah kamu memahami proses masuk dan berkembangnya Islam di Nusantara, coba amati dan perhatikan beberapa fenomena sosial yang terkait dengan Islam di sekitar tempat tinggal kamu. Buatlah kelompok dan catatan atas permasalahan berikut ini:
1. Buatlah denah dan peta tentang proses kedatangan Islam di Indonesia!
2. Di lingkungan masyarakat di Indonesia terutama di pedesaan masih sering ada kegiatan kenduri atau selamatan untuk suatu kegiatan, peristiwa atau peringatan kejadian tertentu yang disertai dengan doa-doa secara Islam, sementara kalau dilihat asal usulnya di ajaran Islam tidak ada. Mengapa dan bagaimana pendapat kamu?

Jawab:

1. Denah dan Peta tentang Proses Kedatangan Islam di Indonesia

2. Menurut saya hal tersebut boleh-boleh saja sebab dapat memperkaya khazanah kebudayaan dan tradisi di Indonesia. Selain itu, keberadaan kenduri dengan menggunakan doa-doa juga menandakan bahwa agama-agama di Indonesia saling berinteraksi tanpa harus dengan cara-cara kekerasan.