Kamis, 24 Oktober 2019

Tugas Individu Bagaimana Pendapat Kamu tentang Berbagai Teori Masuknya Islam Ke Indonesia



Kunci jawaban dari Uji Kompetensi dalam buku Sejarah Indonesia Kelas 10 bab 3 halaman 175 terbitan kemendikbud kurikulum 2013. Peserta didik diminta mengerjakan 5 soal tugas individu tentang teori masuknya Islam ke Indonesia.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini !

SOAL

Tugas Individu
1. Bagaimana pendapat kamu tentang berbagai teori masuknya Islam ke Indonesia? Jelaskan pendapat kamu!
2. Proses Islamisasi di Indonesia berlangsung dalam waktu yang panjang bahkan masih terus berlangsung. Berikan penjelasan!
3. Sebutkan beberapa peran tokoh pengembang agama Islam di Indonesia!
4. Mengapa Islam bisa cepat diterima oleh masyarakat di Indonesia?
5. Coba kamu diskusikan tentang upacara tabot di Bengkulu atau tabuik di Pariaman! Jelaskan hubungannya dengan proses masuknya Islam ke Indonesia!

JAWAB:

1. Berbagai teori tentang masuknya agama Islam di Indonesia menunjukkan bahwa Islam masuk tidak hanya melalui satu pintu, melainkan banyak pintu. Hal ini menunjukkan bahwa agama Islam sudah tersebar lebih dahulu di wilayah lain, baru ke Indonesia.

2. Memang benar, proses Islamisasi berlangsung secara perlahan-lahan. Para penyebar agama Islam tidak serta merta mengajarkan agama Islam begitu saja, namun melalui proses yang panjang dan lama melalui hubungan dagang maupun melalui pergaulan sehari-hari. Proses tersebut semakin berhasil ketika banyak raja-raja maupun bangsawan yang juga memeluk agama Islam.

3. Tokoh pengembang agama Islam di Indonesia antara lain yang kita kenal dengan nama Walisongo,

  • Sunan Kalijaga (raden mas said/jaka said). Murid sunan bonang menyiarkan islam di jawa tengah.
  • Sunan Giri(raden paku) menyiarkan islam di luar jawa. Yaitu madura ,bawean,nusa tenggara,maluku.
  • Sunan Kudus(jafar sodiq) menyiarkan islam di kudus,jawa tengah.
  • Sunan Muria(raden umar said) menyiarkan islam di lereng gunung muria, jawa tengah.
  • Sunan Gunung Jati(syarif hidayatullah) menyiarkan islam di banten sunda kelapa,dan cirebon. Seorang pemimpin yg berjiwa besar.
  • Sunan Gresik (maulanan Malik Ibrahim. inilah wali pertama datang ke jawa pda abad ke 13 dan menyiarkan islam di sekitar gresik, dimakamkan di gresik, jawa timur.
  • Sunan Ampel(raden rahmat) menyiarkan Islam di ampel surabaya., jawa timur. Beliau merupakan perancang masjid di demak.
  • Sunan Drajad (syarifudin) anak dari sunan ampel. Menyiarkan agama di sekitar surabaya. Seorang suna yg sangat berjiwa sosial.
  • Sunan Bonang (makdum ibrahim). Anak dri sunan ampel. Menyiarkan islam di tuban,lasem,dan rembang.
4. Islam bisa cepat diterima oleh masyarakat Indonesia karena beberapa hal:
a. Islam mengajarkan kesetaraan (tidak mengenal kasta)
b. Islam mengajarkan banyak kebaikan
c. Islam mengajarkan anti kekerasan.

5.  Kedua uacara ini (Tabot dan Tabuik ) adalah :

Tabot adalah Upacara asal India yang masuk ke Bengkulu karena ada percampuran dengan Agama Islam di Iniia. 
Tabuik adalah upacara untuk memperingati kematian cucu nabi muhammad dan mengenang atas jasanya.
Pada saat itu lah Islam masuk ke Indonesia secara berangsur angsur.

Uji Kompetensi Buatlah Ringkasan Tulisan Tentang Bab ini dalam Dua Format Berbeda



Kunci jawaban dari uji kompetensi dalam buku Sejarah Indonesia kelas 10 bab 2 halaman 164 terbitan kemendikbud kurikulum 2013. Dalam uji kompetensi ini ada empat soal yang harus dikerjakan dengan benar oleh para peserta didik.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini !

Soal

Uji Kompetensi

1. Buatlah ringkasan tulisan tentang bab ini dalam dua format berbeda: (i) dalam bentuk bagan atau skema-skema dengan keterangan singkat dan (ii) narasi tentang bagan pada tugas pertama sekitar satu sampai dua halaman untuk membantu menjelaskan keringkasan dalam tugas pertama (bagan)!  Carilah bahan bacaan terkait dengan pembahasan ini!
2. Buatlah pertanyaan kritis mengenai tahap-tahap sejarah Hindu-Buddha sejak zaman praaksara hingga terbentuknya sistem organisasi kenegaraan (kerajaan) tradisional yang tersebar di Nusantara. Masing-masing peserta didik diminta memilih dan membuat deskripsi profil salah satu kerajaan tersebut dan menyusun pertanyaan-pertanyaan kritis dalam kaitannya dengan kepemimpinannya, ketatanegaraannya dan kisah sukses serta kegagalannya. Bagaimana pendapat kamu tentang hipotesis ahli mengenai hubungan budaya Hindu-Buddha dengan Nusantara? Diskusikan hasil tulisan kamu!

3. Cobalah eksplorasi (jelajah) apakah sisa-sisa kebudayaan material (material culture) dan kebudayaan kerohanian (spiritual culture) masa Hindu-Buddha masih ada di lingkungan tempat tinggal kamu atau di kampung asal nenek atau orang tua kamu? Deskripsikan bentuk-bentuk peninggalan itu dan adakah sesuatu (gagasan) yang berharga jika dikaitkan dengan masa sekarang?
4. Tulis tugasmu dalam satu esei pendek. Terbitkan dalam koran lokal atau majalah sekolah

Jawab:

1. Ringkasan tulisan tentang Bab 2 dalam format :
i. Bagan : 
ii. Narasi tentang bagan pada tugas pertama.

Bab 2 Pedagang, Penguasa, dan Pujangga pada Masa Klasik (Hindu Buddha)

Pengaruh Kebudayaan India
Jejak masuknya Budaya India di nusantara bisa dilihat dalam bentuk bangunan Candi Prambanan dan  Candi Borobudur di Jawa Tengah, Prasasti di pelbagai tempat di nusantara misalnya di dekat sungai Cisadane, di Jakarta, di Kutai dan lain-lain
Di  Sumatera juga terdapat kerajaan Sriwijaya yang menjadi pusat belajar agama Buddha bangsa-bangsa di seluruh dunia, termasuk Cina dan India.
Dalam bidang perdagangan, bangsa India dan Cina juga membeli gaharu dan kapur dari barus.
Dalam bidang sosial, muncullah sistem kerajaan-kerajaan dengan raja sebagai keturunan dewa, juga adanya sistem kasta yang merupakan tradisi dalam Agama Hindu, di mana ada  empat kasta yaitu: Brahmana, Ksatria, Waisya, dan Sudra.
Ada banyak teori mengenai proses masuknya bangsa India ke nusantara antara lain: teori Ksatria, Teori Waisya, teori Brahmana, dan teori arus balik.

Kerajaan-Kerajaan pada Masa Hindu Buddha
1. Kerajaan Kutai di Kalimantan. Merupakan kerajaan Hindu-Buddha pertama di Indonesia.
2. Kerajaan Taruma Negara. Diperkirakan berada di Jawa Barat, dekat dengan Sungai Citarum. Ada tujuh buah prasasti: Tugu, Ciatereun, Kebon Kopi, Muara Cianten, Jambu, Cidangheang, Pasir Awi.
3. Kerajaan Kalingga. Diperkirakan terletak di Kecamatan Keling, Jepara, Jawa Tengah.
4. Kerajaan Sriwijaya. Terletak di Sumatera, merupakan kerajaan terbesar. Ada beberapa prasasti: Kedukan Bukit, Talang Tuo, Telaga Batu, Kota Kapur, Karang Berahi.
5. Kerajaan Mataram Kuno. Diperkirakan terletak di Jawa Timur.
6. Kerajaan Kediri. Terletak di Jawa Timur. Di Kerajaan inilah muncul karya sastra yaitu: Kitab Baratayudha, Kresnayana, Smaradahana, Lubdaka.
7. Kerajaan Singhasari. Raja yang terkenal adalah Kertanegara.
8. Kerajaan Majapahit. Kerajaan yang paling terkenal dengan rajanya yaitu Hayam Wuruk dan Mahapatih Gajahmada.
9. Kerajaan Buleleng dan Kerajaan Dinasti Warmadewa di Bali
10. Kerajaan Tulang Bawang
11. Kerajaan Kota Kapur.

Terbentuknya Jaringan Nusantara melalui Perdagangan.
Jalur perdagangan berkembang di Nusantara sangat ditentukan oleh kepentingan ekonomi penduduk dunia. Nusantara menjadi tujuan karena kaya dengan rempah-rempah yang sangat dibutuhkan. Selat Malaka menjadi jalur penting dalam pelayaran dan perdagangan. 

Akulturasi Kebudayaan Nusantara dan Hindu Buddha
Terjadi proses pencampuran antara kebudayaan satu dengan kebudayaan yang lain antara lain: 
1. Seni Bangunan
2. Seni Rupa dan Seni Ukir
3. Seni Pertunjukan
4. Seni Sastra dan Aksara
5. Sistem Kepercayaan.

2. Deskripsi Profil salah satu kerajaan. Saya memilih Kerajaan Majapahit.

Profil Kerajaan Majapahit.
Kerajaan Majapahit adalah kerajaan paling terkenal di Indonesia. Raja-Raja Majapahit merupakan keturunan dari Ken Arok. Pada sekitar tahun 1292, Raja Jayakatwang menduduki Kerajaan Singhasari dengan rajanya saat itu Prabu Kertanegara. 
Menantunya yang bernama Raden Wijaya, bergerilnya mencari cara agar bisa merebut kembali tahta kerajaan Singhasari dari tangan Raja Jayakatwang. Saat itu datanglah Pasukan Mongol yang ingin menuntut balas atas perlakuan kejam dari Kerajaan Singhasari yang saat itu dipimpin Raja Kertanagera terhadap utusan Mongol. Dengan cerdik, Raden Wijaya mengajak tentara Mongol untuk menyerang Singhasari yang masih dikuasai Jayakatwang.

Singhasari berhasil dikalahkan oleh pasukan Mongol bersama anak budah Raden Wijaya. Ketika prajurit mongol sedang berpesta pora merayakan kemenangan, Raden Wijaya justru menyerang mereka. Setelah itu berdirilah kerajaan Majapahit dengan raja pertama Raden Wijaya.
Kerajaan Majapahit terkenal ketika masa kepemimpinan Raja Hayam Wuruk dan Mahapatih Gajah Mada. Kekuasaannya terbentang di penjuru nusantara bahkan hingga ke luar negeri. Seiring perkembangan zaman, terjadilah perselisihan di antara keturunan-keturunan Majapahit.

Pemberontakan demi pemberontakan juga terjadi karena adanya ketidakpuasan atas kepemimpinan raja Jayanegara dan raja-raja lain.
Majapahit runtuh, lalu berdirilah kerajaan Demak.
Pertanyaan Kritis :
1. Mengapa Raden Wijaya mengkhianati Pasukan Mongol?
2. Mengapa Kuti, Nambi,para pemberontak lain memberontak kerajaan Majapahit?
3. Mengapa kepemimpinan Jayanegara sangat lemah?
4. Mengapa Hayam Wuruk berhasil membuat kerajaan Majapahit berjaya?
5. Bagaimana Gajah Mada berhasil menjadi mahapatih terbesar di Majapahit?
6. Bagaimana keadaan ekonomi pada masa Raja Hayam Wuruk
7. Bagaimana keadilan pada masa Raja Jayanegara?

Pendapat saya mengenai hipotesis para ahli tentang hubungan Hindu Buddha dengan nusantara.
Saya cenderung setuju dengan pendapat dari N.J. Krom bahwa kelompok yang berperan dalam penyebaran Hindu Buddha adalah kaum pedagang. Nusantara dikunjungi oleh bangsa-bangsa di dunia karena adanya magnet yaitu rempah-rempah. Bangsa India juga datang ke Nusantara untuk berdagang. Pada saat itulah terjadi akulturasi dan agama Hindu Buddha bisa diterima di Nusantara.


Nomor 3 dan nomor 4 masih dalam proses pengerjaan..mohon bersabar yaa :)


Setelah Kamu Mencermati Cuplikan Artikel di Atas, Bagaimana Kesan Kamu

Kunci jawaban dari tugas dalam buku Sejarah Indonesia Kelas 10 SMA/SMK/ MA/ MAK halaman 157 terbitan kemendikbud kurikulum 2013. Tugas ini tentang pengaruh budaya India.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini



Soal

1. Setelah kamu mencermati cuplikan artikel di atas, bagaimana kesan kamu tentang bacaan di atas?
2. Menurut kamu bagaimanakah pengaruh budaya India itu dapat diterima oleh penduduk saat itu?
3. Coba kamu gali jenis kuliner yang terdapat di sekitar kamu yang mendapat pengaruh dari India!
4. Bagaimanakah proses masuk dan berkembangnya kuliner yang mendapat pengaruh India itu di sekitar kamu?
5. Apakah saat ini masih ada pengaruh budaya India yang masih melekat dalam kehidupan kita sehari-hari? Berilah contohnya!
6. Budaya Cina juga membawa pengaruh pada kuliner kita saat ini. Coba kamu identifikasi, pengaruh budaya Cina pada kuliner di sekitar tempat tinggalmu!

Jawab

1. Kesan saya terhadap bacaan tersebut, terkejut, sebab ternyata bumbu kari merupakan makanan yang berasal dari India Selatan.

2. Budaya India bisa diterima oleh penduduk karena terdapat kecocokan antara budaya lokal dan budaya India, meskipun tidak sama persis.

3. Kuliner India di sekitar daerah saya sepertinya tidak ada.

4. Belum ada jejak

5. Budaya India yang masih melekat dalam kehidupan kita sehari-hari di antaranya kesenian wayang yaitu sebuah pertunjukan boneka bernama wayang di mana tokoh-tokoh dalam wayang tersebut merupakan tokoh dari India.

6. Pengaruh budaya Cina dalam bidang kuliner sangat banyak misalnya: mi, teh, tahu dll.

Selasa, 22 Oktober 2019

Cermatilah Teks Hasil Observasi Kunang-Kunang



Kunci jawaban dari tugas dalam buku Bahasa Indonesia Kelas 7 SMP/ MTs kurikulum 2013 terbitan kemendikbud bab 4 halaman 136. Dalam tugas ini peserta didik diminta mengerjakan soal tentang observasi kunang-kunang.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini !


Soal

Cermatilah teks hasil observasi Kunang-Kunang

a) Tentukan kalimat utama pada teks 1 dan 2 di atas
b) Tentukan gagasan pokok tiap paragraf

Jawab:

Paragraf 1

Kalimat utama : Kunang-kunang adalah sejenis serangga yang dapat mengeluarkan cahaya yang jelas terlihat saat malam hari.

Gagasan utama : Kunang-kunang adalah serangga yang dapat mengeluarkan cahaya pada malam hari.

Paragraf 2

Kalimat utama: Habitat kunang-kunang di tempat-tempat lembab, seperti rawa-rawa dan daerah yang dipenuhi pepohonan.

Gagasan utama : Habitat kunang-kunang di tempat yang lembab.

Paragraf 3

Kalimat utama: Seperti ciri-ciri serangga pada umumnya badan kunang-kunang dibagi menjadi tiga bagian: kepala, thorax, dan perut (abdomen).

Gagasan utama: Ciri-ciri badan kunang-kunang.

Paragraf 4

Kalimat utama: Makanan kunang-kunang adalah cairan tumbuhan, siput-siputan kecil, cacing, atau serangga.

Gagasan utama : Makanan kunang-kunang.

Paragraf 5

Kalimat utama: Cahaya yang dikeluarkan oleh kunang-kunang tidak berbahaya, malah tidak mengandung ultraviolet dan inframerah.

Gagasan utama : Cahaya yang dikeluarkan oleh kunang-kunang.

Paragraf 6

Kalimat utama : Kunang-kunang salah satu jenis serangga unik bukti kebesaran Sang Pencipta. 

Gagasan utama : Kunang-kunang adalah serangga unik ciptaan Sang Pencipta.

Latihan 1.1 Apa yang Dibahas pada Teks Tersebut !

Soal dan jawaban dari latihan 1.1. dalam buku Bahasa Indonesia Kelas 7 SMP/ MTs kurikulum 2013 terbitan kemendikbud bab 4 halaman 134. Peserta didik diminta mengerjakan soal tentang teks yang tertulis sebelumnya.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini.



Soal

Latihan 1.1.

a) Apa yang dibahas pada teks tersebut ?
b) APa saja bagian-bagian yang diperinci ? Tuliskan pada diagram berikut ! Ide pokok paragraf yang diberi nomor (satu paragraf satu)
c) Isilah pohon perikut untuk memilih topik utama dan bagian-bagian (terdapat pada tiap paragraf) tulis judul utama pad akar dan rincian bagian-bagian pada daun-daun pohon !


Jawab: 


a) Bab yang dibahas pada teks tersebut adalah tentang Manggis

b) Bagian-bagian yang diperinci adalah  

paragraf 1: tentang manggis secara umum  

ide pokok : Manggis (Garcinia mangostana L.) merupakan salah satu tanaman buah asli Indonesia.  

paragraf  2 : tentang ciri khusus pohon dan daun manggis  

ide pokok : Pohon dan daun manggis memiliki ciri khas.  

paragraf  3 : tentang ciri khusus bunga manggis  

ide pokok : Manggis juga memiliki ciri khusus pada bunganya.  

paragraf  4 : manfaat buah manggis  

ide pokok : Buah manggis memiliki beberapa manfaat.  

paragraf  5: ringkasan  

ide pokok: Manggis buah asli Indonesia yang mempunyai rasa manis dan penampilan yang enak dilihat, serta memiliki banyak kandungan yang bermanfaat untuk kesehatan  

c) Judul/topik utama pada akar dan rincian bagian-bagian daun-daun pohon (dari kiri ke kanan)  

1. Ciri umum pohon manggis  

2. Ciri khusus pohon manggis  

3. Cri khusus daun manggis  

4. Ciri khusus bunga manggis  

5. Manfaat dari manggis  

d) Informasi penting yang terdapat pada paragraf teks di atas!  

paragraf  1: termasuk keluarga manggis adalah kokam, asam kandis, dan asam gelugur  

paragraf  2:  

- Tinggi pohon manggis rata-rata 6-25 meter.  
 - Daunnya rapat (rimbun), duduk daun berlawanan, dan tangkai daun pendek.  
 - Daun manggis tebal serta lebar.  
 - Semua bagian tanaman mengeluarkan eksudat getah kuning  

Paragraf 3:  

- Bunga manggis berumah dua.  
 - Bunga manggis berdiameter 5.5 cm.  
 - Daun kelopak dua pasang, daun mahkota dua pasang, tebal dan berdaging. Berwarna hijau-kuning dengan pinggir kemerah-merahan.  
 - Berat buah bervariasi antara 75-150 gram.  
 - Buahnya mempunyai 4-8 segmen dan mengandung satu bakal biji diselimuti oleh aril (salut biji) berwarna pulih empuk dan mengandung sari buah.  

Paragraf 4:  

- Buah manggis dapat menyembuhkan beberapa penyakit.  
 - Kulit Manggis mengandung air 62.05%, lemak 0.63%, protein 0,71%, karbohidrat 35,61%.  

Paragraf 5:  

- Manggis buah asli Indonesia.  
 - Rasanya manis dan penampilan yang enak dilihat, serta memiliki banyak kandungan yang bermanfaat untuk kesehatan.  

Minggu, 20 Oktober 2019

Buktikan Bahwa Kedua Teks 1 dan Teks 2 Mengandung Aspek Bahasa yang Menjadi CIri Teks Laporan

Kunci jawaban dari tugas dalam buku bahasa Indonesia kelas 7 SMP/ MTs terbitan kemendikbud kurikulum 2013 bab 4 halaman 131 tentang aspek bahasa yang menjadi ciri teks laporan.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini !



Soal

Tugas
Buktikan bahwa kedua teks 1 dan 2 mengandung aspek bahasa yang menjadi ciri teks laporan hasil observasi !

Jawab:

Kedua teks memang mengandung aspek bahasa yang menjadi ciri teks laporan hasil observasi! dibuktikan dengan beberapa kata/ kalimat di bawah ini :

a. Hutan bakau disebut juga hutan mengrove
b. Hutan bakau merupakan bagian dari ekosistem pantai
c. Hutan bakau adalah hutan yang tumbuh di atas rawa-rawa berair payau dan terletak di garis pantai.
d. Hutan bakau ini termasuk lingkup ekosistem pantai sebab terletak di kawawan perbatasan laut dan darat.
e. Indonesia menjadi negara dengan hutan bakau paling luas di dunia. Menurut data Kementerian Negara Lingkungan Hidup, luas hutan bakau Indonesia mencapai 4,3 juta ha.
f. Museum merupakan salah satu tempat penting dalam upaya pelestarian sejarah.
g. GUnsi museum uyang utama adalah menyimpan, merawat, mengamankan dan memanfaatkan koleksi museum berupa benda cagar budaya.

Mendaftar Kalimat Klasifikasi

Soal dan jawaban dari tugas huruf c pada buku Bahasa Indonesia SMP / MTs kelas 7 bab 4 halaman 131 kurikulum 2013 terbitan kemendikbud. Peserta didik diminta mengerjakan soal tentang kalimat klasifikasi.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini !



Soal

c) Mendaftar Kalimat Klasifikasi


Jawab:

Mendaftar kalimat klasifikasi pada teks hutan bakau:
- Hutan bakau memiliki ciri yang khas.
- Hutan bakau memiliki beberapa fungsi dan manfaat.

pada teks museum:
- Museum dibedakan berdasarkan koleksi dan kedudukannya.
- Jenis museum berdasarkan koleksi yang dimiliki dibedakan menjadi dua jenis yaitu museum umum dan museum khusus.
- Berdasarkan kedudukannya, terdapat tiga jenis museum.
- Benda-benda yang dikoleksi di museum mencakup benda-benda dari berbagai disiplin ilmu.

Mendaftar Kalimat Definisi Judul/ Nomor Teks

Kunci jawaban tugas dalam buku Bahasa Indonesia kelas 7 SMP/ MTs halaman 131 kurikulum 2013 terbitan kemendikbud. Dalam tugas ini, peserta didik diminta untuk mendaftar kalimat definisi dalam teks 1 maupun teks 2.

Agar lebih jelas, silakan perhatikan soal dan jawaban di bawah ini !



Soal

b) mendaftar kalimat definisi


Jawab:

Judul/ Teks : Hutan bakau Teks 1
Kalimat definisi pada teks:


  • Hutan bakau merupakan bagian dari ekosistem pantai.
  • Hutan bakau adalah hutan yang tumbuh di atas rawa-rawa berair payau dan terletak di garis pantai.
  • Hutan bakau merupakan hutan yang tumbuh di wilayah pasang dan surut.


Judul/ teks: Museum (teks 2)

  • Museum merupakan salah satu tempat penting dalam upaya pelestarian sejarah.
  • Museum adalah lembaga yang berfungsi mengumpulkan, merawat, dan menyajikan serta melestarikan warisan budaya masyarakat untuk tujuan studi, penelitian, dan kesenangan atau hiburan.
  • Fungsi museum yang utama adalah menyimpan, merawat, mengamankan, dan memanfaatkan koleksi museum berupa benda cagar budaya.
  • Dengan demikian, museum memiliki fungsi besar yaitu sebagai tempat pelestarian.
  • Museum Umum adalah museum yang koleksinya terdiri dari kumpulan bukti material manusia dan atau lingkungannya yang berkaitan dengan berbagai cabang seni, disiplin ilmu, dan teknologi.
  • Sementara Museum Khusus adalah museum yang koleksinya terdiri atas kumpulan bukti material manusia atau lingkungannya yang berkaitan dengan satu cabang seni, satu cabang ilmu, atau satu cabang teknologi.
  • Museum Nasional adalah museum yang koleksinya terdiri atas kumpulan benda yang berkaitan dengan bukti material manusia dan atau lingkungannya dari seluruh wilayah Indonesia yang bernilai nasional.
  • Museum Provinsi adalah museum yang koleksinya terdiri dari kumpulan benda yang berkaitan dengan bukti material manusia dan atau lingkungannya dari wilayah provinsi. 
  • Museum Lokal, museum yang koleksinya terdiri atas kumpulan benda yang berkaitan dengan bukti material manusia dan atau lingkungannya dari wilayah kabupaten atau kotamadya. (tanda hubung yang menunjukkan definisi pada kalimat ini  ada tanda koma)
  • Koleksi dari disiplin ilmu antropologi merupakan hasil budaya atau identitas suatu etnis.
  • Selain itu, benda koleksi juga merupakan peninggalan budaya sejak masa prasejarah sampai masuk pengaruh barat.
  • Heraldika adalah lambang, tanda jasa dan tanda pangkat resmi (cap atau stempel).
  • Koleksi keramonologi yaitu koleksi barang pecah belah yang terbuat dari tanah liat yang dibakar


Sabtu, 19 Oktober 2019

Isilah Tabel dengan Istilah yang Kamu Temukan pada Teks 1 dan 2

Kunci jawaban dari tugas dalam buku bahasa Indonesia kelas 7 SMP/ MTS bab 4 halaman 130 kurikulum 2013 terbitan kemendikbud. Dalam tugas ini, peserta didik diminta menuliskan istilah-istilah yang ada pada teks 1 dan teks 2.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini !



Soal

Tugas
Isilah tabel dengan istilah yang kamu temukan pada teks 1 dan 2 !



Jawab:

Istilah pada Teks 1:

mangrove, ekosistem, garis pantai, habitat, payau,abrasi, intrusi, karbondioksida (CO2), bahan-bahan pencemar, biologi, biota,

Istilah pada Teks 2:
museum, cagar budaya, museum umum, museum khusus, seni, ilmu geologi, fosil, batuan, mineral, andesit, granit, rangka manusia, tengkorak, hewan, antropologi, etnis, prasejarah, heraldika, keramonologi.

Kamis, 17 Oktober 2019

Bacalah Hikayat Berikut ini Kemudian Tuliskan Alur Ceritanya (Rangkaian Peristiwanya) Secara Singkat

Kunci jawaban  dari pertanyaan nomor 2 dan nomor 3 dalam tugas Bahasa Indonesia Kelas 10 SMA/ SMK/ MA/ MAK bab 4 halaman 140 kurikulum 2013 terbitan kemendikbud. Soal nomor 2 ini tentang alur cerita hikayat Bayan Budiman.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini !



Soal

2. Bacalah Hikayat Berikut ini kemudian tuliskan alur ceritanya (rangkaian peristiwanya) secara singkat
3. Bandingkan alur cerpen dan hikayat tersebut

Jawab:

2. Alur Cerita Hikayat Si Miskin

Maka adalah seorang miskin laki bini berjalan mencari rizkinya berkeliling negara antah-berantah. Hatta, maka pada suatu hari baginda sedang ramai dihadapi oleh segala raja-raja, menteri, hulubalang, rakyat sekalian di penghadapannya. Maka dilemaprilah akan si miskin itu kena tubuhnya habis bengkak-bengka dan berdarah. Maka diusir oranglah akan si Miskin hingga sampailah ke tepi hutan. Maka haripun malamlah. Maka bagindapun berangkatlah masuk ke dalam istanaya itu. Maka segala raja-raja dan menteri, hulubalang rakyat sekalian itupun masing-masing pulang ke rumahnya.

Adapun akan si Miskin itu apabila malam iapun tidurlah di dalam hutan itu. Setelah siang hari maka ia pun pergi berjalan masuk ke dalam negeri mencari riskinya. Maka apabila sampailah dekat kepada kampung orang. Apabila orang yang empunya kampung itu akan melihat akan dia. Mak diusirlah dnegan kayu. Maka si Miskin itupun larilah. Ia lalu ke pasar. Mak apabila dilihat oleh orang pasar itu si Miskin datang, maka masing-masing pun datang ada yang melempari dengan batu, ada yang memalu dengan kayu. Maka si Miskin itupun larilah tungng langgang.

Maka digalinyalah tanah itu hendak mendirikan tiang teratak itu


3. Jika kita bandingkan alur cerita antara cerpen dan hikayat, kita akan menemukan beberapa hal :
a. Pada cerpen, alur ceritanya tidak terlalu rapat, sebalknya pada hikayat si Miskin, kita akan menemukan rangkaian peristiwa yang digambarkan dengan sangat detail dan berurutan.