Thursday, October 17, 2019

Bacalah Hikayat Berikut ini Kemudian Tuliskan Alur Ceritanya (Rangkaian Peristiwanya) Secara Singkat

Loading...
Kunci jawaban  dari pertanyaan nomor 2 dan nomor 3 dalam tugas Bahasa Indonesia Kelas 10 SMA/ SMK/ MA/ MAK bab 4 halaman 140 kurikulum 2013 terbitan kemendikbud. Soal nomor 2 ini tentang alur cerita hikayat Bayan Budiman.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini !



Soal

2. Bacalah Hikayat Berikut ini kemudian tuliskan alur ceritanya (rangkaian peristiwanya) secara singkat
3. Bandingkan alur cerpen dan hikayat tersebut

Jawab:

2. Alur Cerita Hikayat Si Miskin

Maka adalah seorang miskin laki bini berjalan mencari rizkinya berkeliling negara antah-berantah. Hatta, maka pada suatu hari baginda sedang ramai dihadapi oleh segala raja-raja, menteri, hulubalang, rakyat sekalian di penghadapannya. Maka dilemaprilah akan si miskin itu kena tubuhnya habis bengkak-bengka dan berdarah. Maka diusir oranglah akan si Miskin hingga sampailah ke tepi hutan. Maka haripun malamlah. Maka bagindapun berangkatlah masuk ke dalam istanaya itu. Maka segala raja-raja dan menteri, hulubalang rakyat sekalian itupun masing-masing pulang ke rumahnya.

Adapun akan si Miskin itu apabila malam iapun tidurlah di dalam hutan itu. Setelah siang hari maka ia pun pergi berjalan masuk ke dalam negeri mencari riskinya. Maka apabila sampailah dekat kepada kampung orang. Apabila orang yang empunya kampung itu akan melihat akan dia. Mak diusirlah dnegan kayu. Maka si Miskin itupun larilah. Ia lalu ke pasar. Mak apabila dilihat oleh orang pasar itu si Miskin datang, maka masing-masing pun datang ada yang melempari dengan batu, ada yang memalu dengan kayu. Maka si Miskin itupun larilah tungng langgang.

Maka digalinyalah tanah itu hendak mendirikan tiang teratak itu


3. Jika kita bandingkan alur cerita antara cerpen dan hikayat, kita akan menemukan beberapa hal :
a. Pada cerpen, alur ceritanya tidak terlalu rapat, sebalknya pada hikayat si Miskin, kita akan menemukan rangkaian peristiwa yang digambarkan dengan sangat detail dan berurutan.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon