Jumat, 26 Juli 2019

Kegiatan 3 Mengidentifikasi Struktur Teks Cerita Sejarah Mangir - Pramoedya Ananta Toer

Soal dan jawaban dari Kegiatan 3, Mengidentifikasi Struktur Teks Cerita Sejarah Mangir. Soal tersebut terdapat pada buku pelajaran Bahasa Indonesia Kelas 12 SMA/SMK?MA/MAK Kurikulum 2013 halaman 41-53.

Agar lebih jelas, silakan perhatikan soal dn jawabannya di bawah ini.



Soal:

Berdasarkan kutipan novel mangir lakukan kegiatan pengidentifikasian certa ke dalam tabel di bawah ini.

Jawab:

Silakan tonton video ini :




atau baca artikel di bawah ini:

1. Kutipan: 

Di bawah bulan malam ini, tiada setitik pun awan di langit. Dan bulan telah terbit bersamaan dengan tenggelamnya matari. Dengan cepat ia naik dan kaki langit, mengunjungi segala dan semua yang tersentuh cahayanya. Juga hutan, juga laut, juga hewan dan manusia. Langit jernih, bersih, dan terang. Di atas bumi Jawa lain lagi keadaannya gelisah, resah, seakan-akan manusia tak membutuhkan ketenteraman lagi.

1. Abad Keenam Belas Masehi

Bahkan juga laut Jawa di bawah bulan purnama sidhi itu gelisah. Ombak-ombak besar bergulung-gulung memanjang terputus, menggunung, melandai, mengejajari pesisir pulau Jawa. Setiap puncak ombak dan riak, bahkan juga busanya yang bertebaran seperti serakan mutiara-semua-dikuningi oleh cahaya bulan. Angin meniup tenang. Ombak-ombak makin menggila.

Sebuah kapal peronda pantai meluncur dengan kecepatan tinggi dalam cuaca angin damai itu. Badannya yang panjang langsing, dengan haluan dan buritan meruncing, timbul-tenggelam di antara ombak-ombak purnama yang menggila. Layar kemudi di haluan menggelembung membikin tunas menerjang serong gunung-gunung air itu-serong ke barat laut. Barisan dayung pada dinding kapal berkayuh berirama seperti kaki-kaki pada ular naga. Layarnya yang terbuat pilinan kapas dan benang sutra, mengilat seperti emas, kuning dan menyilaukan.
- Struktur: Orientasi
- Keterangan: Berisi penjelasan tentang latar waktu dan dan situasi cerita yang akan diceritakan yakni di Laut Jawa kira-kira pada abad keenam belas masehi.

2. Kutipan: Sang Patih berhenti di tengah-tengah pendodop, dekat dengan damarsewu, menegur, " Dingin-dingin begini anakanda datang. Pasti ada sesuatu keluarbiasaan.Mendekat sni, anakanda." Dan Patragading berjalan mendekat dengan lututnya sambil mengangkat sembah, merebahkan diri pada kaki Sang Patih. "Ampuni patik, membangunkan Paduka pada malam buta beini kabar duka, Paduka. Balatentara Demak di bawah Adipati Kudus memasuki Jepara tanpa diduga-duga.
Struktur: Pengungkapan Peristiwa
Keterangan: Pada bagian ini penulis menyajikan terjadinya peristiwa yaitu balatentara Demak di bawah adipati kudus memasuki Jepara tanpa diduga-duga.


3.Kutipan: " Bagaimana Bupati Jepara?" Tewas enggan menyerah Paduka, Patragading mengangkat sembah. " Sisa balatentara Tuban mundur ke timur kota. Jepara penuh dengan balatentara Demak. Lebih dari tiga ribu orang."
Begitulah kata warta, "Pada meneruskan dengan hati-hati matanya tertuju pada Boris," Semua bangunan batu di atas wilayah kota, gapura, arca, pagoda, kuil,candi akan dibongkar. Setiap batu berukir telah dijatuhi hukuman buang ke laut tinggal hanya pengumumannya."
Struktur: Puncak Konflik
Keterangan: Pada bagian ini terjadi peristiwa besar yaitu terbunuhnya Bupati Jepara dan rusaknya bangunan-bangunan di Jepara.

4. Kutipan: Seluruh Tuban kembali dalam ketenangan dan kedamaian-kota dan pedalaman. Sang Patih Tuban mendiang telah digantikan oleh Kala Cuwil, pemimpin pasukan gajah. Nama barunya WIrabumi. Panggilannya yang lengkap: Gusti Patih Tuban Kala CUwil Sang Wirabumi. Dan sebagai patih ia tetap memimpin pasukan ajah.

Pasar kota dan bandar ramai kembali seperti sediakala, Lalu lintas laut, kecuali atas angin pulih kembali.
Struktur: Resolusi
Keterangan: Pada bagian ini terjadi penyelesaian konflik. Tuban dibangun kembali oleh Demak dengan menjadikan WIrabumi sebagai bupati.


5.Kutipan: Sang Adipati telah menjatuhkan titah: kapal-kapal Tuban mendapat perkenan untuk berlabuh dan berdagan di Malaka ataupun Pasai
Struktur: Koda
Keterangan: Akhir cerita ditutup dengan diizinkannya kapal Tuban berlabuh dan berdagang di Malaka.

Tuliskan Pendapatmu Tentang Dampak Langsung dari Terjadinya Pemberontakan APRA

Soal dan Jawaban dari Tugas pada buku Sejarah Indonesia Kurikulum 2013 Kelas XII SMA/SMK/MA/MAK halaman 23. Peserta didik diminta mengerjakan soal berdasarkan gambar pada halaman tersebut.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawabannya di bawah ini


Soal:

TUGAS

Tuliskan pendapatmu tentang dampak langsung dari terjadinya pemberontakan APRA


Jawab:

jawaban ada dalam video ini




atau dalam artikel di bawah ini

Berdasarkan gambar, ada beberapa dampak yang terjadi karena pemberontakan APRA diantaranya:

1. Gugurnya puluhan tentara Indonesia yang saat itu masih bernama APRIS (Angkatan Perang Republik Indonesia Serikat). APRA di bawah pimpinan Westerling melakukan pembunuhan secara brutal dan sadis terhadap Tentara dan masyarakat di kota Bandung yang mereka temui. Mereka membunuh tentara APRIS yang mereka jumpai dengan kejam. Salah satunya terhadap Overste Adolf Gustaaf Lembong.

2. Terjadi situasi yang tidak aman di kota Bandung karena APRA membuat kekacauan di mana-mana. Penduduk sipil yang biasanya tinggal dengan aman di kota Bandung segera bersembunyi di rumah masing-masing. Para pemilik toko juga menutup tokonya masing-masing.

Kamis, 25 Juli 2019

Kegiatan 2 Menentukan Hal Hal Menarik Dalam Novel Sejarah Halaman 39 Kemelut di Majapahit

Soal dan jawaban dari Kegiatan 2 yaitu menentukan hal-hal menarik dalam novel sejarah. Soal tersebut terdapat dalam buku Bahasa Indonesia kurikulum 2013 kelas 9 terbitan kemendikbu halaman 39. Peserta didik diminta mengerjakan soal di bawah ini.



Soal:

Ketika mendengarkan pembacaan kutipan novel, tentulah terdapat bagian-bagia yang menarik. Kemenarkan itu dapat berpa waktu, tempat, tokoh yang mungkin bagi sebagian orang tidak asing.

Untuk mengukur kemampuan mendengarkan, jawablah pertanyaaan-pertanyaan berikut ini.

1. Kapankah latar belakang waktu cerita dalam kutipan novel sejarah tersebut dibuat?
2. Di manakah latar dalam kutipan novel sejarah tersebut dibuat ?
3. Peristiwa apa saja yang dikisahkan?
4. SIapa saja tokoh yang terlibat dalam penceritaan?
5. DI bagian apa sajakah yang menandakan bahwa novel tersebut tergolong ke dalam novel sejarah ?

Diskusikan hasil kerja dengan teman satu kelompkmu. Untuk memperdalam jawaban-jawabanmu, bersama tim kelompok telusuri lebih jauh mengenai kebenaran dari segi fakta dengan membaca buku-buku sejarah.


Jawab:

1. Latar belakang waktu terjadi ketika Raden Wijaya sudah menjadi raja dengan gelar Kertarajasa Jayawardana.
2. Latar tempat dalam peristiwa tersebut terjadi di kerajaan Majapahit.
3. Ada beberapa peristiwa dalam kisah tersebut:
a. Ranggalawe diangkat menjadi Bupati Tuban
b. Sang Prabu yang sudah memiliki empat istri, menikah lagi dengan Putri dari Kerajaan Pamalayu
c.Adipati Rangglawe sangat marah karena pernikahan tersebut
d. Adipati Ranggalawe mendatangi Prabu Kertarajasa Jayawardana.

4. Tokoh dalam penceritaan kisah tersebut
a. Prabu Kertarajasa jayawardana
b. Adipati Ranggalawe
c. Kebo Anabrang
d. Dewi Mertorogo
e. Nambi

5. Pada bagian awal yaitu tentang Majapahit. Sebab Majapahit merupakan fakta sejarah. Pengarang kemudian memilih para tokoh untuk diperankan.

Kegiatan 2.9 Perhatikanlah Iklan Berikut, Jawablah Pertanyaan Berikut

Soal dan jawaban dari Kegiatan 2.9 yang terdapat dalam buku Bahasa Indonesia kurikulum 2013 Kelas 8 SMP/ MTs terbitan Kemendikbud. Peserta didik diminta untuk mengerjakan soal dengan benar.



Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini

Soal

1. Perhatikanlah Iklan Berikut !
2. Jawablah pertanyaan berikut !
a. Mengiklankan produk apakah teks tersebut
b. Permasalahan apakah yang ditawarkannya
c. Solusi apakah yang diberikan oleh iklan tersebut
d. Adakah bukti-bukti yang meyakinkan khalayak di dalamnya
e. Bagaimana cara iklan tersebut menarik hati khalayak dengan harga yang ditawarkannya


Jawab:
a. Teks tersebut mengiklankan tentang ajakan untuk tetap bersemangat dalam kehidupan ini dengan cara menjaga kesehatan dengan baik.
b. Permasalahan yang ditawarkan adalah mengobati dan mencegah penyakit
c. Solusi mengatasi permasalahan tersebut adalah rasa solidaritas terhadap sesama manusia dengan cara ikhlas mendonorkan darah ke orang lain.
d. Buktinya tidak tertera dengan jelas.
e. Tidak ada harga karena bukan iklan komersial.

Rabu, 24 Juli 2019

Kegiatan 3 Menulis Pidato Persuasif Jangan Buang Sampah Sembarangan

Soal dan jawaban dari Kegiatan 3 Menulis Pidato persuasif. Kegiatan tersebut terdapat dalam buku Bahasa Indonesia Kelas 9 halaman 49. Peserta didik diminta untuk berpidato tanpa teks.

Agar lebih jelas, silakan perhatikan soal dan jawaban di bawah ini.



Soal: 

Tugas terakhir adalah berpidato secara spontan (tanpa teks). Caranya adalah mengundi tema dalam daftar di bawah ini. Pidato disampaikan berdasarkan tema yang didapat dari hasil undian. Gurumu akan mengatur jalannya undian. Pidato disampaikan dalam waktu antara 2-3 menit atau paling lama lima menit. Daftar tema sebagai berikut

1. Jangan buang sampah sembarangan
2. Kuasai bahasa kuasai dunia
3.Bayar pajak, negara makmur bangsa maju
4. Korupsi rugi dunia akhirat
5. Remaja unggul ? pasti bisa
6. Mengapa saya tidak merokok dan antimerokok


Jawab: 

 

Jawaban ada dalam video di bawah ini


 

atau silakan baca dalam artikel di bawah ini

Jangan Buang Sampah Sembarangan

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Rekan-rekan yang saya hormati, tak terasa sebentar lagi kita akan menghadapi musim penghujan. Apa yang ada dalam benak rekan-rekan semua saat terjadi hujan yang begitu deras di sekitar kita?
Air tergenang lalu terjadi banjir?

Betul sekali, kita sering khawatir banjir akan terjadi di sekitar kita karena mungkin kita sudah menyadari bagaimana keberadaan sampah di sekitar kita, di sungai, di jalan raya, di trotoar dan sebagainya. Padahal sudah banyak tempat sampah disediakan di tempat umum.

Sampah-sampah itu terutama sampah plastik yang dibuang di sungai akan menyumbat aliran sungai yang akibatnya akan terjadi banjir. Mungkin kita sudah terbiasa dengan banjir, namun terjadinya banjir membuat kita menderita.

Kita harus mengakhiri semua itu, meskipun butuh waktu yang lama dan kesadaran dari kita semua agar kita bisa membuang sampah di tempatnya.

Selain itu, mari kita juga mengurangi pemakaian bahan plastik demi kebaikan diri kita sendiri dan demi lingkungan yang sehat dan demi masa depan anak cucu kita kelak.

Demikian pidato saya, wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Kegiatan 2 Menulis Pidato Singkat Bersih Hijau di Lingkungan Sekolah

Soal dan Jawaban dari kegiatan 2 dalam Buku Bahasa Indonesia Kelas 9 SMP/ MTs Kurikulum 2013. Peserta didik diminta untuk membuat pidato dengan pilihan tema yang disediakan. Kali ini tema yang dipilih adalah Bersih dan Hijau di Lingkungan Sekolah




Bersih dan Hijau di Lingkungan Sekolah

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Yang saya hormati teman-teman SMA Negeri 1 Suryalaya, berbahagia sekali pada kesempatan kali ini kita bisa berkumpul bersama untuk berdiskusi tentang pentingnya kebersihan di lingkungan sekolah. Bukan hanya bersih, melainkan juga harus ramah lingkungan, hijau dan hemat energi.

Rekan-rekan, sudah jamak kita ketahui bahwa kebersihan adalah sebagian dari Iman. Akan tetapi dalam kenyatannya, perilaku kita sehari-hari jauh dari hal tersebut. Kita masih sering membuang sampah sembarangan, dan tak acuh terhadap kebersihan.

Kebersihan sejatinya berjalan selaras dengan kepedulian kita terhadap hijaunya pepohonan di sekitar kita. Apabila salah satu dari kedua hal tersebut, kebersihan dan peduli alam tidak dilakukan dengan selaras, yang terjadi adalah ketimpangan dan bukan tidak mungkin akan terjadi bencana semacam banjir.

Untuk itulah marilah kita bersama-sama menjaga kebersihan dan pada saat yang sama kita juga merawat tumbuh-tumbuhan. Keberadaan tumbuh-tumbuhan akan menghasilkan udara segar dan sehat bagi kita. Jika tubuh kita sehat kita bisa melakukan banyak hal positif. Selain itu keberadaan pepohonan, bunga dan tanaman lainnya di sekolah kita akan bisa dilihat oleh generasi yang akan datang.

Demikian yang bisa saya sampaikan, jika ada kesalahan saya mohon maaf.

Wassalamualaikum warah matullahi wabarakatuh.

Kegiatan 2 Menulis Pidato Singkat tentang Konsumsi BBM Mau Hemat atau Boros

Soal dan jawaban dari Kegiatan 2 dalam buku Bahasa Indonesia kelas 9 SMP/ MTs kurikulum 2013 halaman 48. Peserta didik diminta untuk menulis teks pidato singkat dengan berbagai tema.

Agar lebih jelas, silakan perhatikan dengan seksama soal dan jawabannya di bawah ini.



Soal

Tulislah Teks Pidato singkat untuk disampaikan di depan kelas ! Perhatikan struktur pidato. Tema Pidato dapat dipilih dari daftar berikut.

Kemukakan pendapatmu tentang kejadian/ peristiwa dari daftar berikut

1. Konsumsi BBM mau hemat atau boros
2. Aturan sekolah tertentu yang perlu dikritisi jika ada
3. Bersih dan hijau di lingkungan sekolah
4. Narkoba
5. Kesetiakawanan sosial sesama bangsa
6. Hidup rukun dan damai


Jawab:

Jawaban ada dalam video di bawah ini


atau tulisan di bawah ini

Konsumsi BBM mau hemat atau boros

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Puji syukur ke hadirat Allah atas limpahan karunia kesehatan sehingga kita bisa mengikuti peringatan hari Bumi pada 22 April 2019 ini

Teman-teman yang saya banggakan, sebagaimana yang kita ketahui bersama banyak sekali kemajuan zaman yang terjadi akhir-akhir ini. Kemajuan tersebut terjadi dalam segala bidang.

Salah satunya adalah transportasi. Kita lihat bagaimana tempat parkir kita dipenuhi dengan kendaraan bermotor, sepeda motor kita semua. Sepuluh bahkan tiga puluh tahun yang lalu hal tersebut tidak terjadi di sekolah kita.

Keberadaan sepeda motor memang memudahkan kita ketika berangkat sekolah maupun pergi ke tempat lain dalam waktu relatif cepat. Semua itu menjadikan sepeda motor menjadi kendaraan wajib pada setiap keluarga, bahkan sekarang ini, setiap anggota keluarga memiliki kendaraan sendiri.

Akan tetapi ada dampak kurang menyenangkan dari keberadaan sepeda motor yang semakin lama semakin banyak. Di antaranya pemborosan energi. Energi yang digunakan BBM diambil dari energi bensin. Bensin diambil dari minyak bumi yang suatu saat nanti akan habis. Tentu kita tidak bisa menghentikan seketika pemakaian sepeda motor, kita hanya bisa mengurangi pemakaian dengan cara :
1. Naik sepeda untuk bepergian ke lokasi yang dekat
2. Menggunakan transportasi umum jika bepergian ke tempat yang agak jauh
3. Memilih kendaraan yang hemat BBM
4. Mengendarai sepeda motor tidak setiap hari.

Kiranya cukup sekian solusi agar bumi kita semakin hijau dan agar kita bisa menghemat BBM.

Wassalamualaikum Warah matullahi wabarakatuh.

Selasa, 23 Juli 2019

Kegiatan 2.5 Perhatikanlah Iklan Berikut, Jawablah Pertanyaan Berikut

Soal dan jawaban dari kegiatan 2.5 dalam buku bahasa Indonesia Kelas 8 Kurikulum 2013 SMP/ MTS halaman 39. Peserta didik diminta untuk mengerjakan soal tentang jenis, sasaran, tindakan dan apa saja pesan pengiklan.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini !




SOAL:


A. 1. Perhatikanlah iklan berikut !

2. Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut !
a. Termasuk jenis apakah iklan tersebut
b. Siapakah sasaran dari pengiklanan barang tersebut ?
C. Tindakan apa yang diharapkan dari khalayaknya ?
d. Pengiklan menyampaikan pesan apa saja
e. Adakah yang menarik dari iklan tersebut.


JAWAB:

2.
a. Iklan non komersial atau iklan layanan masyarakat
b.  Sasaran dari iklan anti roko tersebut adalah para perokok
c. DIharapkan, para perokok akan segera berhenti menghisap rokok dan memulai hidup sehat tanpa disertai kepulan asap rokok/
d. Pesan yang disampaikan:
    1. Ajakan untuk hidup sehat
    2. ajakan untuk berhenti merokok agar sehat

e. Yang paling menarik dari artikel tersebut adanaya aksi sukarela dari peserta aksi untuki mengajak para perokok berhenti merokok.

Kegiatan 1 Mendata Informasi dalam Teks Sejarah Kemelut di Majapahit

Soal dan Jawaban dari kegiatan 1 dalam buku Bahasa Indonesia SMA/ SMK Kurikulum 2013 kelas 12 halaman 35. Peserta didik diminta untuk membaca teks yang berupa novel sejarah, lalu memilih dan memilah manakah yang disebut fakta sejarah dan mana yang disebut imajinasi pengarang.

Agar lebih jelas, silakan perhatikan soal dan jawabannya di bawah ini



Soal

Kegiatan 1 Mendata Informasi dalam Teks Sejarah

Latihan

Berikut ini disajikan kutipan novel sejarah berjudul Kemelut di Majapahit karya SH. Mintardja (hal. 22-21). Sebelum dibaca, cobalah membentuk kelompok (misalnya 4 orang). Salah satu anggota kelompok diminta membacakan kutipan. Siswa yang lain mendengarkan sambil mencatat informasi penting (fakta-fakta sejarah dan imajinasi pengarang). Selama mendengarkan tutuplah bukumu. Nikmatilah ceritanya sambil konsentrasi penuh.

Jawab:

Fakta Sejarah:
1. Raden Wijaya berhasil menjadi Raja Majapahit pertama bergelar Kertarajasa Jayawardhana.
2. Ronggo Lawe diangkat menjadi Adipati Tuban.
3. Sang Prabu menikah dengan empat putri Raja Kertanegara.
4. Dyah Dara Petak menjadi istri yang kelima
5. Pasukan Pamalayu dipimpin oleh Mahisa Anabrang atau Kebo Anabrang


Imajinasi pengarang:
1. Dyah Gayatri memang cantik jelita seperti dewi kahyangan
2. Terjadilah persaingan diam diam di antara para istri
3.  Nasi yang sudah dikepak Ronggo Lawe dibanting ke atas lantai dan karena dalam kemarahan  tadi Sang Adipati menggunakan kedigdayannya, maka nasi sekepal itu amblas ke dalam lantai.
4. Dialog-dialog antar tokoh, kemungkinan besar tidak terjadi persis seperti yang digambarkan penulis
5.Senopati Kebo Anabrang mukanya menjadi merah seperti udang direbus.

Kegiatan 2.4 Jelaskan Iklan atau Poster Berdasarkan Jenisnya.

Soal dan jawaban dari pertanyaan pada buku bahasa Indonesia kelas 8 SMP/ MTs Kurikulum 2013 halaman 37.  Peserta didik diminta untuk menjawab soal.

Agar lebih jelas, silakan perhatikan soal dan jawabannya di bawah ini!



Soal:


Kegiatan 2.4.

1. Jelaskan iklan atau poster berikut berdasarkan jenisnya informasi pesan yang disampaikan, serta respon khalayak yang diharapkan
2. Presentasikan pendapat kelompokmu di depan kelompok lain
3. Mintalah mereka memberikan penilaian/ komentar-komentar
4. Gunakan rubrik berikut ini


Jawab:

1. Iklan: Budayakanlah Membaca, Baca Buku Buka Dunia

Jenis: Termasuk dalam kategori iklan atau poster transformer

Informasi pesan yang disampaikan: Memberitahu khalayak bahwa dengan membaca dapat mengetahui banyak hal di dunia ini.

Respons khalayak yang diharapkan: Khalayak diharapkan akan tergerak untuk segera membaca buku atau mengubah kebiasaannya dengan membaca buku baik dengan membaca di perpustakaan, perpustakaan dalam jaringan, maupun membeli buku di toko buku

2. Iklan: Jangan Lupa Bahasa Ibu Kalian.

Jenis iklan: termasuk dalam katergori iklan atau poster transformasional.

Informasi pesan yang disampaikan: Mengingatkan khalayak agar tidak melupakan bahasa ibu, yaitu bahasa daerah.

Respons khalayak yang diharapkan: Tindakan khalayak untuk menggunakan bahasa ibu atau bahasa daerah dalam berkomunikasi setiap harinya.

3. Iklan: Gratis Jemput Kiriman Paket

Jenis iklan: termasuk dalam kategori iklan atau poster informasional.

Informasi pesan yang disampaikan: Memberitahu khalayak bahwa agen pos telah mempunyai fasilitas gratis jemput kiriman paket tanpa batasan minimum berat kiriman.

Respons khalayak yang diharapkan: Khalayak tertarik untuk menggunakan fasilitas gratis jemput kiriman paket