Rabu, 24 Juli 2019

Kegiatan 2 Menulis Pidato Singkat tentang Konsumsi BBM Mau Hemat atau Boros

Soal dan jawaban dari Kegiatan 2 dalam buku Bahasa Indonesia kelas 9 SMP/ MTs kurikulum 2013 halaman 48. Peserta didik diminta untuk menulis teks pidato singkat dengan berbagai tema.

Agar lebih jelas, silakan perhatikan dengan seksama soal dan jawabannya di bawah ini.



Soal

Tulislah Teks Pidato singkat untuk disampaikan di depan kelas ! Perhatikan struktur pidato. Tema Pidato dapat dipilih dari daftar berikut.

Kemukakan pendapatmu tentang kejadian/ peristiwa dari daftar berikut

1. Konsumsi BBM mau hemat atau boros
2. Aturan sekolah tertentu yang perlu dikritisi jika ada
3. Bersih dan hijau di lingkungan sekolah
4. Narkoba
5. Kesetiakawanan sosial sesama bangsa
6. Hidup rukun dan damai


Jawab:

Jawaban ada dalam video di bawah ini


atau tulisan di bawah ini

Konsumsi BBM mau hemat atau boros

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Puji syukur ke hadirat Allah atas limpahan karunia kesehatan sehingga kita bisa mengikuti peringatan hari Bumi pada 22 April 2019 ini

Teman-teman yang saya banggakan, sebagaimana yang kita ketahui bersama banyak sekali kemajuan zaman yang terjadi akhir-akhir ini. Kemajuan tersebut terjadi dalam segala bidang.

Salah satunya adalah transportasi. Kita lihat bagaimana tempat parkir kita dipenuhi dengan kendaraan bermotor, sepeda motor kita semua. Sepuluh bahkan tiga puluh tahun yang lalu hal tersebut tidak terjadi di sekolah kita.

Keberadaan sepeda motor memang memudahkan kita ketika berangkat sekolah maupun pergi ke tempat lain dalam waktu relatif cepat. Semua itu menjadikan sepeda motor menjadi kendaraan wajib pada setiap keluarga, bahkan sekarang ini, setiap anggota keluarga memiliki kendaraan sendiri.

Akan tetapi ada dampak kurang menyenangkan dari keberadaan sepeda motor yang semakin lama semakin banyak. Di antaranya pemborosan energi. Energi yang digunakan BBM diambil dari energi bensin. Bensin diambil dari minyak bumi yang suatu saat nanti akan habis. Tentu kita tidak bisa menghentikan seketika pemakaian sepeda motor, kita hanya bisa mengurangi pemakaian dengan cara :
1. Naik sepeda untuk bepergian ke lokasi yang dekat
2. Menggunakan transportasi umum jika bepergian ke tempat yang agak jauh
3. Memilih kendaraan yang hemat BBM
4. Mengendarai sepeda motor tidak setiap hari.

Kiranya cukup sekian solusi agar bumi kita semakin hijau dan agar kita bisa menghemat BBM.

Wassalamualaikum Warah matullahi wabarakatuh.

Artikel Terkait