Jumat, 14 Juni 2019

Kegiatan 2 Perhatikan Gambar 2.2 dan Kegiatan 1 atau Sumber yang lain

Soal dan Jawaban dari Kegiatan 2 Aktivitas Individu pada Buku pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Kelas 8 halaman 6. Materi ini masih membahas seputar negara ASEAN. Pada kegiatan 2 tersebut, peserta didik diminta untuk mengisi tabel.



Untuk lebih jelasnya, silakan simak soal dan jawaban di bawah ini.

1. Perhatikan Gambar 2.2 dan Kegiatan 1 atau sumber yang lain seperti internet
atau atlas.
2. Identifikasikan letak astronomis masing-masing negara ASEAN.
3. Identifikasikan iklim dari masing-masing negara ASEAN dan tuliskan pada
tabel.

Jawab:


Negara: Indonesia
Letak bujur: 95˚ BT s.d. 141˚BT
letak lintang:  6˚LU s.d. 11˚LS
Iklim: Tropis

Negara: Filipina
Letak bujur: 117˚BT s.d. 126˚BT
Letak Lintang:   5˚LU s.d. 21˚LU
Iklim: Tropis

Negara: Singapura
Letak bujur:  103˚BT s.d. 104˚BT
Letak Lintang: 1˚15’ LU s.d. 1˚26’ LU
Iklim: Tropis

Negara: Malaysia
Letak bujur: 100˚BT s.d. 119˚BT
Letak Lintang:   1˚LU s.d. 7˚LU
Iklim: Tropis

Negara: Thailand
Letak bujur: 97˚BT s.d. 106˚BT
Letak Lintang: 5˚LU s.d. 21˚LU
Iklim: Tropis

Negara: Myanmar
Letak bujur: 92˚ BT - 101˚ BT
Letak Lintang: 10˚ LU s.d. 29˚ LU
Iklim: Tropis dan subtropis

Negara: Kamboja
Letak bujur : 102˚ BT s.d. 108˚ BT
Letak Lintang: 10˚ LU s.d. 14˚ LU
Iklim: Tropis

Negara: Brunei Darusalam
Letak bujur:114˚ BT s.d. 115,5˚ BT
Letak Lintang: 4˚ LU s.d. 5˚ LU
Iklim: Tropis

Negara: Vietnam
Letak bujur: 102˚ BT s.d. 109˚ BT
Letak Lintang: 8˚ LU s.d. 23˚ LU
Iklim: Tropis

Negara: Laos
Letak bujur: 100˚ BT s.d. 107˚ BT
Letak Lintang: 14˚ LU s.d. 22˚ LU
Iklim: Tropis

Kamis, 13 Juni 2019

Negara yang Terletak Paling Utara, Barat, Timur, Selatan di Asia Tenggara

Soal dan jawaban pada buku Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) kelas 8 halaman 3. Peserta didik diminta untuk menentukan letak negara-negara ASEAN sesuai dengan kondisi geografis.

Untuk lebih lengkapnya, silakan simak soal dan jawabannya di bawah ini.




Negara yang terletak di paling utara di ASEAN adalah Myanmar

Negara yang terletak di paling selatan di ASEAN adalah Indonesia

Negara yang terletak di paling barat di ASEAN adalah Myanmar

negara yang terletak di paling timur di ASEAN adalah Indonesia 

Selasa, 04 Juni 2019

Uji Kompetensi Pkn Kelas 9 Bab 1 Halaman 29 Kurikulum 2013

Soal dan Jawaban Uji Kompetensi Pendidikan Kewarganegaraan Kelas 9 Bab 1 Halaman 29 Kurikulum 2013. Peserta didik diminta mengerjakan soal berdasarkan materi pada bab I.



Untuk lebih jelas, silakan perhatikan soal dan jawaban di bawah ini.

Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan benar !

1. Bagaimana penerapan pancasila sebagai dasar negara pada masa awal kemerdekaan
2. Jelaskan latar belakang pemberontakan DI/ TII dan RMS di Indonesia
3. Bagaimana penerapan Pancasila pada masa orde baru ?
4. Jelaskan tantangan bangsa Indonesia dalam menerapkan Pancasila sebagai dasar negara pada masa Reformasi
5. Jelaskan arti penting mempertahankan Pancasila sebagai dasar negara.
6. Jelaskan kedudukan Pancasila sebagai satu ideologi terbuka
7. Berikan masing-masing 1 (satu) contoh perilaku dalam mewujudkan nilai ketuhanan, kemanusiaan, persatuan, kerakyatan, dan keadilan dalam kehidupan sehari-hari
8. Berikan 3 (tiga) contoh perwujudan nilai-nilai Pancasila dalam bidang politik di lingkungan sekolah
9. Bagaimana perwujudan nilai-nilai Pancasila dalam bidang pertahanan keamanan di lingkungan masyarakat.
10. Keteladanan apa saja yang patut dicontoh dari tokoh nasional dalam mewujudkan nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara.
Jawab :

1. Pada masa tersebut penerapan Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup mengalami masalah. Ada upaya untuk mengganti Pancasila sebagai dasar negara dan penyimpangan terhadap nilai Pancasila. Upaya tersebut di antaranya adalah.
a. Pemberontakan Partai Komunis Indonesia (PKI) di Madiun pada 1948.
b.Pemberontakan Darul Islam/ Tentara Islam Indonesia (DI/ TII) oleh S.M. Kartosoewirjo
c. Pemberontakan Republik Maluku Selatan (RMS)
d. Pemberontakan PRRI/ Permesta  oleh Sjafrudin Prawiranegara dan Ventje Sumual
e. APRA (Angkatan Perang Ratu Adil) oleh Westerling
f. Perubahan bentuk negara dari Republik Indonesia Serikat (RIS) ke Negara Kesatuan Republik Indonesia, sedangkan konstitusi yang berlaku adalah UUDS 1950.

2. Latar belakang pemberontakan DI/ TII. Kartosoewirjo mendirikan negara Islam Indonesia (NII) pada 7 Agustus 1949. Tujuan utamanya adalah untuk mengganti Pancasila sebagai dasar negara dengan syariat Islam.

Latar belakang pemberontakan Republik Maluku Selatan (RMS). RMS merupakan sebuah gerakan separatisme dipimpin oleh Christian Robert Steven Soumokil, bertujuan untuk membentuk negara sendiri, yang didirikan tanggal 25 April 1950

3. Penerapan Pancasila pada masa Orde Baru
- Presiden Suharto dipandang sebagai tokoh yang berhasil membubarkan PKI
- Berhasil menciptakan stabilitas keamanan dalam negeri dalam waktu relatif singkat.
- Melaksanakan Repelita yang tertuang dalam GBHN
- Presiden Suharto hanya mengizinkan tiga partai politik di Indonesia.
- Membatasi kebebasan berpendapat dengan cara membredel pers dengan semena-mena.
- Menangkapi lawan politik tanpa pengadilan
- Pelanggaran HAM misalnya kasus tanjung priok, Marsinah, wartawan Udin dan lain-lain.


4. Tantangan Bangsa Indonesia dalam menerapkan Pancasila sebagai dasar negara pada masa reformasi misalnya:
a. Kesaktian Pancasila diuji manakala terjadi peristiwa yang dianggap merugikan negara namun belum ada perangkat hukum untuk menjeratnya
b. Munculnya kebebasan berbicara yang terkadang berupa kritik, hinaan, ujaran kebencian dan lain-lain. Pancasila harus mampu memilah manakah pembicaraan yang berupa kritik atau hanya kebencian.
c. Munculnya hoax atau berita palsu yang sangat merugikan banyak pihak. Pancasila harus mampu menindak tegas dan cerdas.

5. Arti penting mempertahanakan Pancasila sebagai dasar negara karena Pancasila merupakan sebuah ideologi bangsa Indonesia. Ia menjadi sumber dari segala sumber hukum di Indonesia. Ia juga menjadi pandangan hidup bangsa. Untuk itu kita harus mempertahankannya.

6. Kedudukan Pancasila sebagai ideologi terbuka mengandung pengertian bahwa Pancasila senantiasa mampu berinteraksi secara dinamis. Nilai-nilai Pancasila tidak berubah, namun pelaksanaannya disesuaikan dengan kebutuhan dan tantangan nyata yang kita hadapi dalam setiap waktu.

Berarti juga Pancasila memiliki nilai nilai dan cita-cita yang tidak dipaksakan dari luar, melainkan digali dan diambil dari kekayaan rohani moral dan budaya masyarakat sendiri. Selain itu ideologi tersebut bersifat terbuka yang senantiasa mendorong terjadinya perkembangan pemikiran baru tentang ideologi tersebut tanpa kehilangan jati dirinya.

7. Contoh perilaku dalam mewujudkan nilai
- Ketuhanan : Rajin beribadah
- Kemanusiaan: Bersikap welas asih terhadap sesama manusia
- Persatuan: mengikuti Upacara bendera
- Kerakyatan: mengikuti Pemilu
- Keadilan: Tidak memilih-milih teman

8. Tiga contoh perwujudan nilai-nilai Pancasila dalam bidang politik di lingkungan sekolah:
a. Mengikuti pemilihan ketua OSIS
b. Berani mengemukakan pendapat di hadapan teman maupun guru
c. Bersikap baik terhadap teman maupun guru.

9. Perwujudan nilai-nilai Pancasila dalam bidang pertahanan keamanan di lingkungan masyarakat antara lain:
a. Bagi pelajar/pemuda bisa aktif dalam kegiatan kepemudaan/olahraga/kesenian
b. Aktif mengikuti kegiatan ronda
c. Bergabung menjadi anggota Hansip.
d. Melapor kepada pihak yang berwajib apabila ada perilaku mencurigakan yang berpotensi teror.
e. Memiliki identitas wajib seperti KIA/ KTP

10. Keteladanan yang patut dicontoh dari tokoh nasional dalam mewujudkan nilai-nilai Pancasila antara lain:
a. Sikap rela berkorban tanpa pamrih
b. Mementingkan kepentingan negara dibanding kepentingan pribadi
c. Bersikap adil kepada masyarakat/ warga yang dipimpinnya
d. Bertakwa kepada Tuhan

Senin, 03 Juni 2019

Amatilah Berbagai Fakta dan Peristiwa di Sekitarmu yang Sesuai Dengan Gambar

Soal dan jawaban Tugas Mandiri 1.4 Bab 1 PKn Kelas 9 SMP halaman 20. Peserta didik diminta untuk mengerjakan soal yang berkaitan dengan gambar.

Untuk lebih jelasnya silakan simak soal dan jawaban tersebut di bawah ini.



Amatilah berbagai fakta dan peristiwa di sekitar kamu yang sesuai dengan gambar di atas. Catat atau ungkapan hasil pengamatan mu. Kembang kan rasa ingin tahu kamu dengan menyusun pertanyaan yg berkaitan dengan nilai nilai pancasila sesuai perkembangan masyarakat. Misalnya, apa saja yang telah mengalami perubahan?

Jawab.

Warga masyarakat di sekitar saya masih mengadakan kegiatan kerja bakti atau gotong royong. Kegiatan tersebut biasanya dilakukan ketika terjadi beberapa peristiwa yang membutuhkan bantuan banyak orang. Kegiatan tersebut antara lain:

1. Memasang genting rumah salah satu warga masyarakat
2. Memindahkan rumah kayu dari satu tempat ke tempat lain.
3. Kerja bakti dalam rangka membangun sarana dan prasarana umum misalnya jembatan, jalan dan lain-lain.
4. Peristiwa kematian
5. Membangun tempat ibadah.

Kegiatan kerja bakti merupakan tradisi yang sudah ada sejak dahulu kala yang selaras dengan pengamalan Pancasila. Kegiatan tersebut mengajakan solidaritas, toleransi dan kerjasama di antara warga masyarakat.

Akan tetapi seiring perkembangan zaman, akan muncul pertanyaan-pertanyaan berkaitan dengan kerja bakti misalnya,
1. Apa saja yang telah mengalami perubahan ?
Jawab: intensitas kerja bakti sudah tidak seperti dahulu lagi.
2. Mengapa terjadi perubahan ?
jawab: perkembangan sosial masyarakat. Semula homogen dengan pekerjaan yang sama, petani. Sekarang mata pencaharian berbeda-beda.
3. Bagaimana proses perubahan terjadi ?
Jawab: proses tersebut terjadi begitu saja karena mengikuti perkembangan zaman.
4. Pengaruh perubahan tersebut?
Jawab: rasa solidaritas, empati mungkin tidak seperti dulu lagi
5. Apakah perubahan tersebut sesuai dengan Pancasila?
Jawab: Masih, selama tidak terjadi hal-hal yang saling merugikan warga.

Minggu, 02 Juni 2019

Berilah Contoh Perilaku yang Mencerminkan Perwujudan Nilai Dasar Pancasila

Soal dan jawaban Tugas Mandiri 1.3 PKn Kelas 9. Soal tersebut terdapat dalam buku PKN halaman 19. Peserta didik diminta untuk mengerjakan soal dengan benar.

Untuk lebih lengkap, silakan perhatikan soal dan jawaban di bawah ini.


Kalian bisa menonton dalam video di bawah ini



Atau dalam tulisan di bawah ini :

Berilah Contoh Perilaku yang Mencerminkan Perwujudan Nilai Dasar Pancasila

1. Nilai Ketuhanan
a. Berbakti kepada kedua orangtua
b. Rajin beribadah sesuai agama dan keyakinan
c. Saling menghargai umat beragama lain
d. Saling bertoleransi dengan umat beragama lain
e. Tidak melakukan provokasi berdasarkan agama


2. Nilai Kemanusiaan
a. Mencintai dan menyayangi sesama manusia
b. Tidak semena-mena terhadap orang lain
c. Saling membantu dengan orang lain
d. Saling menghormati dengan orang lain
e. Tidak melakukan penindasan terhadap orang lain

3. Nilai Persatuan
a. Mengutamakan kepentingan negara di atas kepentingan pribadi
b. Sering membaca buku tentang persatuan dan kesatuan bangsa
c. Tidak mudah terprovokasi ajakan untuk makar dan lain-lain
d. Mengibarkan bendera merah putih pada hari yang ditentukan, misalnya ketika 17 agustus
e. Untuk peserta didik bisa mengikuti upacara bendera dengan rutin

4. Nilai Kerakyatan
a. Mengutamakan kepentingan bersama ketika mengambil keputusan
b. Mengupayakan terjadinya dialog untuk mencapai keputusan terbaik
c. Menghindari cara kekekerasan untuk mengambil keputusan
d. Mengikuti pemilihan umum
e. Melaksanakan hasil rapat dengan sebaik-baiknya
f. Patuh peraturan lalu lintas

5. Nilai Keadilan
a. Bersikap adil terhadap sesama manusia
b. Tidak pilih kasih
c. Disiplin
d. Bekerja keras

Tugas Mandiri 1.2 Merajut Kebersamaan di Kampung Pancasila

Soal dan jawaban dari Tugas Mandiri 1.2 Bab I PKn kelas 9 terbitan kemendikbud. Peserta didik diminta untuk mengerjakan soal berdasarkan teks bacaan,Merajut Kebersamaan di Kampung Pancasila yang sudah tertulis sebelumnya.

Untuk lebih lengkapnya silakan perhatikan soal dan jawaban di bawah ini.




Setelah kamu membaca berita tersebut, jawablah pertanyaan di bawah ini !

1. Apa yang melatarbelakangi terbentuknya kampung Pancasila
2. APa tujuan dibentuknya kampung Pancasila
3. Siapa yang terlibat dalam pembentukan kampung Pancasila
4. Bagaimana upaya-upaya yang dilakukan warga kampung Pancasila agar tercipta harmoni dalam keberagaman kampung Pancasila
5. Bagaimana upaya yang dapat kalian lakukan untuk mencontoh pembentukan kampung Pancasila


Jawab: 

1. Latarbelakang terbentuknya kampung Pancasila bermula pada tahun 1990-an, saat gencarnya penataran Pedoman, Penghayatan dan Pengamalan Pancasila (P4). Desa Balun menjadi percontohan untuk pelaksanaan program pemerintah. Saat itu, Desa Balun sudah dikenal sebagai desa yang memiliki kerukunan beragama yang sangat baik.

2. Tujuan dibentuknya kampung Pancasila agar tercipta kerukunan umat beragama di antara agama-agama yang ada di desa Balun yaitu agama Islam, Kristen, dan Buddha

3. Mereka yang terlibat dalam pembentukan kampung Pancasila antara lain:
a. Pemerintah
b. Kepala Desa
c. Penduduk desa Balun

4. Upaya-upaya yang dilakukan warga kampung Pancasila agar tercipta harmoni dalam keberagamaan kampung Pancasila antara lain :
a. Saling menghargai penganut agama lain
b. Melaksanakan kegiatan kerja bakti dengan melibatkan semua penganut agama
c. Saling melibatkan diri dalam kegiatan keagamaan umat beragama lain.

5.Upaya yang bisa dilakukan pelajar dan masyarakat umum untuk mencontoh desa Pancasila
a. Menghargai umat beragama lain
b. Selalu menjaga kerukunan dengan umat beragama lain
c. Tidak melakukan tindakan provokasi berdasarkan agama
d. Saling menjaga setiap kali melakukan peribadatan
e. Sebisa mungkin meninggalkan perdebatan soal agama.

Jumat, 31 Mei 2019

Kelebihan dan Kelemahan Penerapan Pancasila Masa Orde Baru

Soal dan Jawaban dari Tugas Mandiri 1.1 Bab 1 PKn Kelas 9 SMP Kurikulum 2013. Soal tersebut terdapa pada halaman 10. Peserta didik diminta mencari kelebihan dan kelemahan Pancasila pada Masa Orde Baru.

Untuk lebih lengkapnya silakan perhatikan soal dan jawaban di bawah ini.





Carilah kelebihan dan kelemahan penerapan Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa pada masa Orde Baru melalui berbagai sumber belajar, seperti surat kabar, media elektronik atau buku sumber lainnya. Tulislah hasil pencarian kalian dalam tabel di bawah ini.

Kelebihan dan Kelemahan Penerapan pancasila Masa Orde Baru.

Kelebihan:
- Presiden Suharto dipandang sebagai tokoh yang berhasil membubarkan PKI
- Berhasil menciptakan stabilitas keamanan dalam negeri dalam waktu relatif singkat.
- Melaksanakan Repelita yang tertuang dalam GBHN

Kelemahan:
- Presiden Suharto hanya mengizinkan tiga partai politik di Indonesia.
- Membatasi kebebasan berpendapat dengan cara membredel pers dengan semena-mena.
- Menangkapi lawan politik tanpa pengadilan
- Pelanggaran HAM misalnya kasus tanjung priok, Marsinah, wartawan Udin dan lain-lain.

Pilihlah Salah Satu Contoh Peristiwa Penyimpangan Terhadap Nilai Nilai Pancasila

Pilihlah salah satu contoh peristiwa penyimpangan terhadap Pancasila sebagai dasar negara sejak awal kemerdekaan sampai akhir Orde Lama. Soal tersebut merupakan salah satu soal dalam Tugas Kelompok 1.1 Bab 1 PKn Kelas 9 SMP Kurikulum 2013 terbitan Kemendikbud halaman 8.  Peserta didik diminta mengerjakan soal bersama kelompoknya masing-masing.

Untuk lebih lengkapnya silakan perhatikan dengan seksama soal dan jawaban di bawah ini.





1. Pilihlah salah satu contoh peristiwa penyimpangan terhadap Pancasila sebagai dasar negara sejak awal kemerdekaan sampai akhir Orde Lama.
2. Susun pertanyaan yang ingin kamu ketahui sesuai topik yang dipilih
3. Carilah informasi tentang peristiwa tersebut dari berbagai sumber belajar
4. Diskusikan dengan kelompokmu, hubungkan berbagai informasi yang kamu peroleh dan buatlah kesimpulan tentang peristiwa tersebut
5. Susun laporan hasil telaah kelompokmu secara tertulis dan sajikan di depan kelas


Jawab :

1. Saya akan memberikan salah satu contoh penyimpangan terhadap Pancasila sebagai dasar negara sejak awal kemerdekaan sampai akhir orde lama. Contoh tersebut adalah peristiwa yang terjadi pada masa awal kemerdekaan (1945 - 1949) yaitu pemberontakan PKI (Partai Komunis Indonesia) di Madiun pada tanggal 18 September 1948 yang dipimpin oleh Musso. Bertujuan mengganti ideologi Pancasil menjadi ideologi Komunis.

2. Pertanyaan tentang topik tersebut misalnya:
a. Mengapa Musso ingin mengganti Pancasila dengan Komunis ?
b. Siapakah Musso ?
c, Mengapa pemberontakan dilaksanakan di Madiun ?
d. Apakah pemberontakan tersebut berhasil ditumpas ?

3. Informasi tentang peristiwa tersebut bisa ditemukan secara lebih lengkap dalam buku-buku sejarah. Misalnya buku Madiun 1948: PKI Bergerak, Kronik Peristiwa Madiun Pki 1948, dan lain-lain.

4. Kesimpulan dari terjadinya pemberontakan tersebut adalah, Musso baru saja pulang dari Uni Soviet, ia bermaksud mendirikan negara komunis di Indonesia. Akan tetapi upaya tersebut gagal karena mendapat perlawanan dari rakyat dan TNI.

5. Untuk soal nomor lima, silakan kerjakan bersama kelompokmu.

Uji Kompetensi 1.3 Bab 1 Pkn Kelas 7 SMP Halaman 31

Soal dan Jawaban Uji Kompetensi 1.3. Bab 1 Pendidikan Kewarganegaraan Kelas 7 halaman 31. Soal tersebut terdapat dalam buku PKn kurikulum 2013 terbitan Kemendikbud. Peserta didik diminta untuk mengerjakan soal.

Untuk lebih lengkapnya, silakan perhatikan soal dan jawaban di bawah ini.




Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan benar !
1. Apa tujuan pembentukan PPKI
2. Bagaimana komposisi keanggotaan PPKI
3. Apa alasan perubahan sila kesatu rumusan dasar negara dalam Piagam Jakarta
4. Apa perbedaan rumusan dasar negara dalam piagam jakarta dengan pembukaan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945
5. Tuliskan hasil sidang PPKI

Jawab:

1. Tujuan pembentukan PPKI adalah
a. Melanjutkan tugas dari BPUPKI yaitu mempersiapkan kemerdekaan dengan lebih seksama. dan agar kemerdekaan bisa dilaksanakan secepatnya.
b. Mengesahkan Rancangan UUD yang sebelumnya telah dipersiapkan
oleh BPUPKI.
c.  Membuat struktur ketatanegaraan, serta
d.  Menentukan cara guna memutuskan pernyataan Kemerdekaan
Indonesia.

2. Komposisi Keanggotaan PPKI ditetapkan sebagai berikut :
21 Orang indonesia yang terdiri dari 12 Orang Jawa , 3 Orang Sumatera , 2 Orang Sulawesi , 1 Orang Kalimantan , 1 Orang Nusa Tenggara , 1 Orang Maluku , 1 orang Golongan TiongHoa

ketua : Ir. Soekarno
wakil ketua : Drs. Moh. Hatta

anggota :


  1. Prof. Mr. Dr. Soepomo 
  2. KRT Radjiman Wedyodiningrat 
  3. R. P. Soeroso 
  4. Soetardjo Kartohadikoesoemo 
  5. Kiai Abdoel Wachid Hasjim 
  6. Ki Bagus Hadikusumo 
  7. Otto Iskandardinata 
  8. Abdoel Kadir 
  9. Pangeran Soerjohamidjojo 
  10. Pangeran Poerbojo 
  11. Dr. Mohammad Amir 
  12. Mr. Abdul Maghfar 
  13. Teuku Mohammad Hasan 
  14. Dr. GSSJ Ratulangi 
  15. Andi Pangerang 
  16. A.A. Hamidhan 
  17. I Goesti Ketoet Poedja 
  18. Mr. Johannes Latuharhary 
  19. Drs. Yap Tjwan Bing 

3. Alasan perubahan sila kesatu adalah adanya keberatan dari wakil-wakil protestan dan katolik dari wilayah yang dikuasai Angkatan laut Jepang, mereka tidak setuju dengan sila pertama yang berbunyi Ketuhanan dengan kewajiban menjalankan syariat Islam bagi pemeluknya. Rumusan sila pertama tersebut dianggap tidak mencerminkan keberagamaan dan keyakinan Indonesia yang berbeda beda.

4. Perbedaan rumusan dasar negara dalam piagam jakarta dengan pembukaan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 terletak pada sila pertama.

Piagam Jakarta
1. Ketuhanan yang Maha Esa dengan kewajiban menjalankan syariat Islam bagi pemeluk-pemeluknya

UUD 1945
1. Ketuhanan yang Maha Esa.

5. Hasil sidang PPKI antara lain :

Hasil sidang PPKI pertama.
a. Menetapkan UUD 1945
b. Memilih Presiden dan Wakil Presiden yaitu, Ir. Soekarno dan Mohammad Hatta
c. Membentuk Komite Nasional Indonesia Pusat.

Hasil sidang PPKI kedua.
a.Membentuk 12 kementerian dan 4 menteri negara;
b. Membentuk pemerintahan daerah (Indonesia dibagi menjadi 8 provinsi yang dipimpin oleh seorang gubernur).

Uji Kompetensi 1.2 PKn Kelas 7 Halaman 30

Soal dan jawaban Uji Kompetensi 1.2 Pkn Kelas 7 Halaman 30. Soal ini terdapat dalam buku Pendidikan Pancasila dan kewarganegaraan kurikulum 2013 terbitan kemendikbud. Peserta didik diminta untuk mengerjakan soal yang telah dipelajari sebelumnya.

Untuk lebih lengkapnya silakan perhatikan soal dan jawaban di bawah ini.



Uji Kompetensi 1.2
Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan benar

1. Siapa saja tokoh yang mengusulkan rumusan dasar negara ?
2. Apa isi usulan dasar negara dari Ir. Soekarno ?
3. Apa persamaan dan perbedaan dasar negara yang diusulkan oleh para pendiri negara ?
4. Apa saja tugas dan siapa saja anggota panitia sembilan ?
5. Bagaimana rumusan dasar negara dalam naskah Piagam Jakarta ?


Jawab:

1. Tokoh yang mengusulkan rumusan dasar negara adalah : Ir. Soekarno, Mohammad Yamin, dan Mr. Soepomo

2. Isi usulan dasar negara dari Ir. Soekarno antara lain :
a.Kebangsaan Indonesia
b. Internasionalisme atau perikemanusiaan
c. Mufakat atau demokrasi
d. Kesejahteraan sosial
e. Ketuhanan yang berkebudayaan

3. Persamaan dan perbedaan dasar negara yang diusulkan para pendiri negara
Persamaan:
a. Sama dari segi materi
b. Sama dalam semangat yang menjiwainya
c. Disampaikan  berdasarkan sejarah  perjuangan bangsa lain dan dengan melihat bangsa lain.
d. Tetap berakar pada kepribadian dan gagasan besar  dari bangsa Indonesia sendiri

Perbedaan
a. Istilah yang digunakan
b. Posisi Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara

4. Tugas Panitia Sembilan adalah menyelidiki usul-usul mengenai perumusan dasar negara.
Anggota panitia sembilan adalah:


  • Ir. Soekarno (ketua)
  • Drs. Mohammad Hatta (wakil ketua)
  • Mr. Achmad Soebardjo (anggota)
  • Mr. Mohammad Yamin (anggota)
  • KH. Wahid Hasjim (anggota)
  • Abdoel Kahar Moezakir (anggota)
  • Abikoesno Tjokrosoejoso (anggota)
  • H. Agus Salim (anggota)
  • Mr. Alexander Andries Maramis (anggota)
5. Rumusan dasar negara dalam piagam jakarta adalah

  • Ke-Tuhanan dengan kewajiban menjalankan syariat Islam bagi pemelukpemeluknya
  • Kemanusiaan yang adil dan beradab
  • Persatuan Indonesia
  • Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam pemusyawaratan / perwakilan
  • Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.