Friday, May 31, 2019

Pilihlah Salah Satu Contoh Peristiwa Penyimpangan Terhadap Nilai Nilai Pancasila

Pilihlah salah satu contoh peristiwa penyimpangan terhadap Pancasila sebagai dasar negara sejak awal kemerdekaan sampai akhir Orde Lama. Soal tersebut merupakan salah satu soal dalam Tugas Kelompok 1.1 Bab 1 PKn Kelas 9 SMP Kurikulum 2013 terbitan Kemendikbud halaman 8.  Peserta didik diminta mengerjakan soal bersama kelompoknya masing-masing.

Untuk lebih lengkapnya silakan perhatikan dengan seksama soal dan jawaban di bawah ini.





1. Pilihlah salah satu contoh peristiwa penyimpangan terhadap Pancasila sebagai dasar negara sejak awal kemerdekaan sampai akhir Orde Lama.
2. Susun pertanyaan yang ingin kamu ketahui sesuai topik yang dipilih
3. Carilah informasi tentang peristiwa tersebut dari berbagai sumber belajar
4. Diskusikan dengan kelompokmu, hubungkan berbagai informasi yang kamu peroleh dan buatlah kesimpulan tentang peristiwa tersebut
5. Susun laporan hasil telaah kelompokmu secara tertulis dan sajikan di depan kelas


Jawab :

1. Saya akan memberikan salah satu contoh penyimpangan terhadap Pancasila sebagai dasar negara sejak awal kemerdekaan sampai akhir orde lama. Contoh tersebut adalah peristiwa yang terjadi pada masa awal kemerdekaan (1945 - 1949) yaitu pemberontakan PKI (Partai Komunis Indonesia) di Madiun pada tanggal 18 September 1948 yang dipimpin oleh Musso. Bertujuan mengganti ideologi Pancasil menjadi ideologi Komunis.

2. Pertanyaan tentang topik tersebut misalnya:
a. Mengapa Musso ingin mengganti Pancasila dengan Komunis ?
b. Siapakah Musso ?
c, Mengapa pemberontakan dilaksanakan di Madiun ?
d. Apakah pemberontakan tersebut berhasil ditumpas ?

3. Informasi tentang peristiwa tersebut bisa ditemukan secara lebih lengkap dalam buku-buku sejarah. Misalnya buku Madiun 1948: PKI Bergerak, Kronik Peristiwa Madiun Pki 1948, dan lain-lain.

4. Kesimpulan dari terjadinya pemberontakan tersebut adalah, Musso baru saja pulang dari Uni Soviet, ia bermaksud mendirikan negara komunis di Indonesia. Akan tetapi upaya tersebut gagal karena mendapat perlawanan dari rakyat dan TNI.

5. Untuk soal nomor lima, silakan kerjakan bersama kelompokmu.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon