Jumat, 01 Februari 2019

Daftarlah Rangkaian Peristiwa yang Terdapat Pada Cerita Fabel!

Dalam buku bahasa Indonesia Buku Siswa SMP MTs Kelas VII pada Bab 6 Mengapresiasi dan mengkreasikan fabel, terdapat beberapa pertanyaan yang harus dijawab oleh peserta didik. Peserta didik diminta untuk menentukan rangkaian peristiwa yang terdapat pada dua cerita fabel di bawah ini.



Fabel 1

Belalang Sembah


Suatu hari di sebuah kebun anggur, tinggalah sebuah keluarga Semut dengan anggota jumlahnya yang sangat banyak. Semut ini membuat sarangnya dari daun-daun lalu mereka tempel menggunakan cairan seperti lem yang mereka keluarkan dari mulutnya. Para Semut melihat bahwa musim gugur akan segera berlalu dan akan segera datang musim dingin yang cukup panjang. Ketika musim dingin makanan akan sangat sulit untuk didapatkan, maka para Semut itu segera mencari berbagai macam makanan untuk mereka kumpulkan sebagai bahan persediaan ketika musim dingin telah tiba.

Berbeda halnya dengan seekor Belalang sembah, Belalang sembah memiliki mata yang besar dan tangan yang panjang. Mereka sering hidup di pohon-pohon seperti halnya para Semut. ketika musim dingin akan tiba Belalang sembah hanya berlatih menari. Setiap hari Belalang sembah itu hanya berlatih menari. Namun sang Belalang lupa bahwa dia harus mengumpulkan makanan untuk persiapannya menghadapi musim dingin.

Suatu hari Sang Belalang sembah menari di dekat sarang Semut. Dia menari dengan sangat anggun. Gerakan tangan dan badannya yang pelan dan lembut membuat tariannya terlihat sangat mengagumkan. Para Semut melihat Sang Belalang sembah menari, namun mereka tidak menghiraukan tarian indahnya itu karena mereka memiliki tugas yang sangat penting.

Sang Belalang yang sedang menari melihat para Semut berjalan dengan membawa makanan untuk dibawa kesarangnya. Sang Belalang sembah heran dengan apa yang dilakukan Semut lalu dia bertanya kepada salah satu Semut tentara yang sedang berjaga di dekat para Semut pekerja,“Kenapa kalian membawa makanan yang sangat banyak itu masuk ke sarang kalian?” sang Semut menjawab “Kami melakukannya agar kami tidak kelaparan saat musim dingin tiba.” Lalu sang Belalang kaget “Musim dingin?” kata sang Belalang sembah dengan kagetnya, “Kan masih lama, lebih baik kita bersenang-senang saja dulu”, kata sang Belalang. Semut tak menghiraukan Belalang. Semut tetap tekun mengumpulkan makanan.

Musim dingin tiba. Belalang belum sempat mengumpulkan makanan karena sibuk menari. Belalang kelaparan dan lari ke rumah Semut. Ia meminta makanan kepada Semut. Semut awalnya tidak mau memberikan makanannya karena takut kehabisan. Akan tetapi, melihat belalang lemas kelaparan, Semut tidak tega dan memberikan makanannya kepada Belalang. Belalang pun kembali bugar dan dia berjanji untuk dapat mengelola waktu dengan baik sehingga tidak berakibat buruk.

Masa depan adalah milik setiap orang. Maka setiap orang perlu menyiapkan masa depannya dengan berusaha. Bukan hanya menikmati kesenangan di masa sekarang tanpa memikirkan masa depan.



Fabel 2


Sesama Saudara Harus Berbagi

Suatu pagi indah dengan matahari yang cerah, Pak Tua Rusa mengunjungi kediaman keluarga Pip si Tupai di sebuah desa.

“Pagi, Ibu Tupai,” salam Pak Tua Rusa kepada Ibu Pip. Kemarin, keponakanku mengunjungiku. Dia membawakan oleh-oleh yang cukup banyak. Aku ingin membaginya untuk para sahabatku. Ini kacang kenari spesial untuk keluargamu.”

“Terima kasih, Pak Tua Rusa,” ucap Ibu Pip.

Sepeninggal Pak Tua Rusa, Ibu Pip masuk ke dalam rumah dan memanggil anak-anaknya. “Anak-anak, lihat kita punya apa? Kalian harus membaginya sama rata ,ya.”

Asyiiik,” girang Pip dan adik-adiknya.

“Ibu taruh sini, ya.”

Setelah itu, ibu tupai mengurus rumah kediamannya. Sementara itu adik adik Pip ingin mencicipi kacang itu.

“Ini aku bagi,” kata Pip. Dari sepuluh butir kacang, dia memberi adiknya masing-masing dua butir. “Ini sisanya untukku, Aku kan paling besar.”

“Tapiii…Ibu kan pesan untuk membagi rata,” kata Titu, salah satu adik kembar Pip, diiringi tangisan Puti, kembar satunya.
Mendengar tangisan Puti, ibu Pip keluar dan bertanya. Sambil terisak, Puti menceritakan keserakahan kakaknya.

“Tak boleh begitu, Pip. Ibu tadi sudah bilang apa,” tegur ibu Pip. “Kamu tidak boleh serakah.”

“Tapi Buuu, aku kan lebih besar. Perutku juga lebih besar,” sanggah Pip.

Ibu Pip berpikir sejenak. “Baiklah, Pip. Kamu memang lebih besar. Kebutuhan makanmu juga lebih banyak. Tapi, kalau cuma menurutkan keinginan dan perut, kita akan selalu merasa tidak cukup.”

“Kalau begitu, Ibu saja yang membagi ya? memang tidak akan memuaskan semuanya. Ini, Ibu beri empat untukmu, Pip, karena kau lebih besar. Dan si kembar kalian masing-masing mendapat tiga.”

“Kalian harus mau berbagi ya, anak-anak. Walau menurut kalian kurang, ini adalah rezeki yang harus disyukuri,” lanjut Ibu Pip.


“Berarti enak dong, Bu, jadi anak yang lebih besar. Selalu mendapat lebih banyak,” iri Puti.

“Ya, tapi perbedaannya tak terlalu banyak, kan?” Lagipula kakakmu memiliki tugas yang lebih banyak darimu. Dia harus menguru rumah dan mencari makan. Apa kau mau bertukar tugas dengan Kak Pip?” Tanya Ibunya.

Puti dan Titu membayangkan tugas-tugas Pip. Lalu mereka kompak menggeleng.

“Nah, begitu. Sesama saudara harus akur ya, harus berbagi. Jangan bertengkar hanya karena masalah sepele,” kata Ibu Pip.

 “Iya, Bu,” angguk Pip. “Yuk, kita makan kacangnya bersama,” ajak Pip pada kedua adiknya. Ibu Pip tersenyum melihat anak-anaknya kembali rukun.

Sekarang mari kita jawab pertanyaan sesuai dengan contoh.


Fabel 1.

Peristiwa 1
Rincian peristiwa: Semut pergi ke gua-gua untuk mengumpulkan makanan.

Peristiwa 1
Rincian peristiwa: Setiap hari Belalang sembah itu hanya berlatih menari.

Peristiwa 3
Rincian peristiwa: Sang Belalang yang sedang menari melihat para Semut berjalan dengan membawa makanan untuk dibawa kesarangnya.

Peristiwa 4
Rincian peristiwa: Belalang lemas kelaparan, Semut tidak tega dan memberikan makanannya kepada Belalang.

Fabel 2

Peristiwa 1
Rincian peristiwa: Pak Tua Rusa mengunjungi keluarga Pip untuk memberikan oleh-oleh.

Peristiwa 2
Rincian peristiwa: Ibu Pip masuk ke dalam rumah dan memanggil anak-anaknya.

Peristiwa 3
Rincian peristiwa: Titu protes kepada Pip yang membagi oleh-oleh, sementara Puti juga menangis karena merasa mendapat bagian yang tidak adil

Peristiwa 4
Rincian peristiwa: Ibu Pip membagi oleh-oleh agar adil.

Kamis, 31 Januari 2019

Ide Pokok Paragraf dalam Bacaan Bahasa Daerah di Indonesia Terancam Punah

Materi pelajaran ini terdapat dalam buku Kelas 4 SD Tematik Indahnya Keragaman di Negeriku, terdapat pertanyaan untuk menentukan ide pokok setiap paragraf dari bacaan Bahasa Daerah di Indonesia Terancam Punah.



Sekarang mari kita baca bersama bacaan tersebut.

Bahasa Daerah di Indonesia Terancam Punah.
Posisi pertama negara dengan bahasa terbanyak di dunia kini ditempati oleh Papua Nugini dengan jumlah bahasa mencapai 867 bahasa. Selanjutnya Indonesia menempati posisi kedua dengan jumlah bahasa sebanyak 742 bahasa.
Distribusi 742 bahasa di seluruh Indonesia rupanya berbanding terbalik antara jumlah bahasa dengan jumlah penduduk. Pulau Jawa dengan jumlah penduduk 123 juta orang memiliki tidak lebih dari 20 bahasa. Sebaliknya, Papua yang penduduknya berjumlah 2 juta orang memiliki jumlah bahasa mencapai 271 bahasa.

Kurangnya jumlah pengguna bahasa daerah akan berpengaruh pada kemungkinan kepunahan suatu atau beberapa bahasa daerah yang ada di Indonesia. Bahasa yang terancam punah adalah bahasa yang tidak memiliki generasi muda yang menggunakan bahasa ibu. Generasi dewasa adalah satu- satunya kelompok yang masih menjadi penutur fasih.
Bahasa daerah berperan dalam menjaga budaya daerah. Tata nilai budaya di Indonesia tersimpan dalam kosakata, pantun, cerita rakyat, mitos, legenda, dan ungkapan. Oleh karena itu, bahasa-bahasa yang tergolong berpotensi terancam punah perlu memperoleh perhatian khusus. Kita perlu melestarikan bahasa daerah sebelum benar-benar menghilang dari kehidupan berbangsa kita.
(Dikutip dari: http://nationalgeographic.co.id/berita/2016/08/ratusan-ragam-bahasa-di-indonesia-hadapi-ancaman-kepunahan diunduh 15 September 2016

Sekarang mari kita tentukan ide pokok setiap paragraf.

Ide pokok paragraf pertama : Posisi pertama negara dengan bahasa terbanyak di dunia kini ditempati oleh Papua Nugini

Ide pokok paragraf kedua: Distribusi 742 bahasa di seluruh Indonesia rupanya berbanding terbalik antara jumlah bahasa dengan jumlah penduduk

Ide pokok paragraf ketiga: Kurangnya jumlah pengguna bahasa daerah akan berpengaruh pada kemungkinan kepunahan suatu atau beberapa bahasa daerah yang ada di Indonesia.

Ide pokok paragraf keempat: Bahasa daerah berperan dalam menjaga budaya daerah.


Disclaimer: Jawaban di blog merupakan jawaban dari para penulis blog yang tidak bersifat mutlak, untuk jawaban lebih lengkap dan terperinci, silakan bertanya kepada guru masing-masing.

Sabtu, 26 Januari 2019

Apa yang Menyebabkan mobil pada Gambar di Samping Dapat Bergerak

Pada halaman 6 buku kelas 4 Kurikulum 2013 edisi revisi 2017 terdapat beberapa pertanyaan yang harus dijawab. Pertanyannya adalah




Apa yang menyebabkan mobil pada gambar di samping bergerak ?
Jawab : Penyebab mobil bergerak adalah karena dorongan dari manusia yang menggunakan gaya otot


Apa yang menyebabkan lampu dapat menyala ?
Jawab: Penyebab lampu dapat menyala adalah gaya listrik



Apa yang menyebabkan jarum menempel pada batang magnet?
Jawab: Penyebabnya adalah karena gaya magnet


Apa yang menyebabkan buah jatuh dari pohon ?
Jawab: Gaya gravitasi


Apa yang menyebabkan kursi mudah dipindahkan ?
Jawab : Karena gaya gesek

Demikianlah soal dan jawaban untuk pertanyaan pada halaman 6 buku kelas 4 Kurikulum 2013 edisi revisi 2017.

Selasa, 22 Januari 2019

Apa yang Terjadi Saat Kuda menarik Bendi?

Apa yang Terjadi Saat Kuda menarik Bendi? Pertanyaan tersebut muncul dalam Buku Kelas 4 Tematik Indahnya Keragaman di Negeriku pada Subtema 1: Keragaman Suku Bangsa dan Agama di Negeriku halaman 4.

gambar: Buku Kelas 4 Tematik Indahnya Keberagaman di Negeriku K13

Jawaban dari pertanyaan tersebut adalah, Bendi akan bergerak mengikuti kemana arah kuda.

Baca Juga: Kata Sulit dan Pokok Pikiran dalam Bacaan Suku Bangsa di Indonesia 

Setelah mengetahui jawabannya, apakah kalian masih memiliki pertanyaan seputar bendi? Jika kalian masih belum mengetahui apa pengertian bendi, saya akan menjelaskan pengertian bendi. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), bendi adalah kereta beroda dua yang ditarik oleh kuda.

Pada masa lampau, sebelum kamu lahir, ketika sarana transportasi belum menggunakan teknologi mesin, masyarakat menggunakan bendi untuk bepergian dari satu tempat ke tempat lain, misalnya dari rumah ke pasar, dari desa satu ke desa lain.

Kini, setelah jalan raya dibangun dan kendaraan bermesin juga semakin banyak jenisnya, bendi sudah jarang dipakai oleh masyarakat. Sekarang, bendi biasa digunakan di berbagai tempat wisata misalnya di pantai parangtritis, di malioboro, di alun-alun purwodadi grobogan dan lain-lain. Bendi di tempat wisata terlihat lebih menarik dengan berbagai macam hiasan.

Makanya tidak heran, jika ada pertanyaan apakah di sekitarmu masih ada bendi, kemungkinan besar sudah jarang sekali ada bendi yang masih beroperasi.

Nah sekarang mari kita menjawab pertanyaan, apa yang terjadi saat kerbau atau kuda menarik pedati?

Jawab: Pedati akan bergerak mengikuti arah kerbau atau kuda.

Baca Juga: Puisi Cita-cita untuk Anak SD

Pedati adalah gerobak yang dihela kuda, lembu, atau kerbau. Apakah kalian pernah melihat pedati ? Saya yakin kalian sudah jarang melihat bagaimana bentuk pedati yang sesungguhnya. Pedati hampir mirip dengan bendi atau dokar. Akan tetapi ada perbedaan antara bendi dan pedati. Meskipun KBBI menyatakan bahwa pedati ditarik oleh kuda, namun sebagian besar pedati ditarik oleh lembu atau kerbau. Perbedaan lain adalah kegunaan dari alat transportasi tersebut. Bendi biasa digunakan untuk mengangkut penumpang manusia, sementara pedati biasa digunakan untuk mengangkut benda-benda misalnya genting, kayu, bambu dan lain-lain.

Demikianlah soal, jawaban dan keterangan tentang Bendi dan Pedati.

Minggu, 20 Januari 2019

Bentuklah kelompok diskusi. Kemudian, Mintalah Salah Satu Kelompok Membaca Teks

Dalam Buku Kelas 8 SMP Bahasa Indonesia Siswa Kurikulum 2013 pada halaman 180 Kegiatan 7.2. Bab 7 Berbahasa Persuasif, terdapat perintah bagi peserta didik untuk mengerjakan soal. Soal A. Kegiatan 7.2 Perhatikan Kedua Teks di Bawah ini sudah kita bahas bersama. Sekarang kita akan mengerjakan soal B.


Baca Juga: Kegiatan 7.1 Apa yang Dimaksud Teks Persuasi

B.

1. Bentuklah kelompok diskusi. Kemudian, mintalah salah satu anggota kelompok untuk membaca teks berikut !
2. Tentukanlah topik beserta kaliamt-kalimat ajakan yang ada dalam teks tersebut secara berdiskusi
3. Bacakan hasilnya untuk mendapatkan tanggapan dari kelompok lain.


1) Sekarang ini bangsa Indonesia ada di dalam suasana memperingati hari Sumpah Pemuda yang jatuh pada setiap tanggal 28 Oktober suatu hari yang sangat bersejarah bangsa Indonesia khususnya dari golongan pemuda masa itu tahun 1928 telah berhasil mewujudkan persatuan bangsa yang kemudian melahirkan ikrar bersama yang kita kenal dengan Sumpah Pemuda .

2) Dalam menyambut hari sumpah pemuda kamu harus bisa mengambil hikmah yang terkandung di dalamnya. Salah satu hikmahnya dan sangat penting adalah semangat persatuan bangsa Indonesia yang pada waktu itu sedang menghadapi penjajah Belanda perlu bersatu untuk menghadapinya secara bersama-sama Karena itulah disepakati bersama untuk mengucapkan ikrar sebagai kebulatan tekad di dalam mengusir penjajah Belanda yang selama itu telah memporak-porandakan kehidupan bangsa.

3) Dari modal persatuan itulah kemudian bangsa Indonesia dapat mencapai kemerdekaan yang telah diproklamasikan pada tanggal 17 Agustus 1945. Meskipun memakan waktu yang agak lama dapat dikatakan bahwa Sumpah Pemuda yang dilandasi semangat persatuan. Itulah senjata ampuh yang dapat membawa bangsa Indonesia mencapai kemerdekaannya.

4) Persatuan bangsa diibaratkan sebuah gedung 1 per 1 bagiannya saling mengait sehingga menjadikan gedung itu Kukuh. Begitu juga bangsa kita hendaknya demikian sehingga dalam mengikuti derap langkah Pembangunan yang dilaksanakan pemerintah sekarang bisa seirama menuju satu sasaran masyarakat yang adil dan makmur dalam limpahan rahmat Allah Yang Maha Kuasa. hadirin yang berbahagia.

5) Bagi para pemuda dan pelajar yang kini sering menyandang predikat sebagai generasi penerus bangsa. Sudah sewajarnya jika pada masa masa sekarang mempelopori semangat persatuan yang dahulu pernah diwujudkan dalam Sumpah Pemuda. Jangan sampai api persatuan itu padam lantaran kita tenggelam dalam kemelut perselisihan atau pencernaan dalam menekuni kepentingan pribadi

6) Sesungguhnya menghidupkan semangat persatuan dan kekompakan termasuk upaya kita dalam mensyukuri nikmat Allah. Rasa syukur tersebut kita tingkatkan lagi dengan menjalankan berbagai amal kebijakan, terutama dengan mengajak semua generasi muda Indonesia untuk lebih giat beribadah kepada Allah sesuai dengan bidang masing-masing. Dengan demikian citra Pemuda semakin harum di masyarakat.

7) Demikianlah semoga semangat persatuan yang tercermin dalam Sumpah Pemuda tetap dapat kita warisi untuk dijadikan modal perjuangan pembela bangsa dan negara (Ahmad Sunarto, 1991 dengan beberapa penyesuaian)

Jawab:

1. Topik: Peringatan hari Sumpah Pemuda yang jatuh pada setiap tanggal 28 Oktober.
Teks Persuasi : -

2. Topik: Hikmah Sumpah Pemuda adalah semangat persatuan bangsa Indonesia
Teks Persuasi: Dalam menyambut hari sumpah pemuda kamu harus bisa mengambil hikmah yang terkandung di dalamnya

3) Topik: Persatuan adalah modal untuk mencapai Indonesia merdeka
Teks Persuasi: -

4) Topik: Persatuan bangsa diibaratkan sebuah gedung 1 per 1 bagiannya saling mengait sehingga menjadikan gedung itu Kukuh
Teks Persuasi: -

5)Topik: Bagi para pemuda dan pelajar yang kini sering menyandang predikat sebagai generasi penerus bangsa
Teks persuasi:
-Sudah sewajarnya jika pada masa masa sekarang mempelopori semangat persatuan yang dahulu pernah diwujudkan dalam Sumpah Pemuda.
-Jangan sampai api persatuan itu padam lantaran kita tenggelam dalam kemelut perselisihan atau pencernaan dalam menekuni kepentingan pribadi.

Baca Juga: Kegiatan 7.2 Perhatikan Teks Di Bawah ini.

6)Topik: Sesungguhnya menghidupkan semangat persatuan dan kekompakan termasuk upaya kita dalam mensyukuri nikmat Allah.
Teks persuasi: Rasa syukur tersebut kita tingkatkan lagi dengan menjalankan berbagai amal kebijakan, terutama dengan mengajak semua generasi muda Indonesia untuk lebih giat beribadah kepada Allah sesuai dengan bidang masing-masing

7) Topik: semoga semangat persatuan yang tercermin dalam Sumpah Pemuda tetap dapat kita warisi
Teks persuasi: semoga semangat persatuan yang tercermin dalam Sumpah Pemuda tetap dapat kita warisi untuk dijadikan modal perjuangan pembela bangsa dan negara.

Jumat, 18 Januari 2019

Kegiatan 7.2 Perhatikan Kedua Teks di Bawah ini



Dalam Buku Kelas 8 SMP Bahasa Indonesia Siswa Kurikulum 2013 pada halaman 179 Kegiatan 7.2. Bab 7 Berbahasa Persuasif, terdapat perintah bagi peserta didik untuk mengerjakan soal.

A. 1. Perhatikan kedua teks di bawah ini !

Pembangunan kota di Jakarta dan sekitarnya harus betul-betul mengacu pada peruntukan wilayah. Perusakan lingkungan di wilayah resapan air seperti Puncak dan Bogor juga harus bisa dihentikan. Nah, kalau bisa begitu sudah barang tentu banjir di Jakarta tidak akan terjadi.

Kalau Anda kehabisan tempat menginap di hotel-hotel berbintang, jangan khawatir. Toh tujuan Anda menikmati alam perdesaan. Anda bisa memilih penginapan–penginapan sederhana dengan harga sangat murah. Hampir semua penginapan kecil ini juga terjaga kebersihannya. Ada yang unik menyangkut tempat-tempat penginapan di Sangkanhurip. Hampir semua hotel berbintang atau penginapan kecil, menyediakan fasilitas air panas alami. Bedanya, di hotel-hotel bisa diatur suhunya, di penginapan kecil benar-benar mengandalkan kehendak alam.
2.  Manakah yang merupakan teks tersebut yang tergolong ke dalam bagian dari jenis teks persuasif ? jelaskan alasan-alasanmu.

Baca Juga: Kegiatan 7.1. Apa yang dimaksud dengan Teks Persuasi

Jawab:

Untuk menjawabnya, perlu kita ketahui bahwa teks eksposisi merupakan teks yang berisi ajakan. Ajakan bisa berupa kata-kata tersurat seperti harus, sebaiknya, jangan, hindarilah dan sebagainya. Bisa juga berupa kata-kata tersirat yang apabila sudah berpadu dengan kata yang lain berisi ajakan. Sekarang mari kita perhatikan kedua teks di atas, lalu kita menjawabnya.

Teks A merupakan teks persuasif dengan alasan pada teks tersebut terdapat ajakan yang bisa kita baca dalam kalimat berikut.

(a) Pembangunan kota di Jakarta dan sekitarnya harus betul-betul mengacu pada peruntukan wilayah.
(b) Perusakan lingkungan di wilayah resapan air seperti Puncak dan Bogor juga harus bisa dihentikan.

Pada kedua kalimat tersebut terdapat kata harus.

Teks B juga merupakan teks persuasif karena terdapat ajakan yang tersirat yaitu dalam rangkaian kalimat di bawah ini.

Kalau Anda kehabisan tempat menginap di hotel-hotel berbintang, jangan khawatir. Toh tujuan Anda menikmati alam perdesaan. Anda bisa memilih penginapan–penginapan sederhana dengan harga sangat murah.

Selasa, 15 Januari 2019

Kegiatan 7.1 Apa yang Dimaksud dengan Teks Persuasi

Dalam Buku Kelas 8 SMP Bahasa Indonesia Siswa Kurikulum 2013 pada Kegiatan 7.1. Bab 7 Berbahasa Persuasif  peserta didik diminta untuk mengerjakan soal berdasarkan sebuah teks sebagai berikut.


Baca Juga: Kata Sulit dan Pokok Pikiran dalam Bacaan Suku Bangsa di Indonesia

A. Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut berdasarkan kutipan teks berikut!

Kegiatan nonakademik sah-sah saja buat dijalankan. Apalagi dapat memaksimalkan diri sehingga menghasilkan prestasi yang gemilang. Satu yang mesti kamu ingat, sebagai pelajar kegiatan utama kamu adalah belajar. Kamu harus pintar-pintar membagi waktu. Percaya deh, segala kegiatan positif akan menghasilkan kesuksesan.
1. Apa yang dimaksud dengan teks persuasi
2. Hal apa saja yang membedakan teks persuasi dengan yang lainnya
3. Apa yang diharapkan penulis teks persuasi untuk pembacanya?
4. Apa fungsi fakta di dalam teks persuasi?
5. Mengapa cuplikan teks tersebut persuasif? Jelaskan!

B. 1. Tunjukkanlah sekurang-kurangnya dua cuplikan yang persuasif, baik dari rekaman (tuturan lisan) ataupun melalui tulisan.


Jawab: 

A. 

1. Pengertian dari teks Persuasi adalah sebuah teks yang berisi ajakan, bujukan dan harapan dengan tujuan agar pembaca terpengaruh, lalu mengikuti apa yang telah disampaikan dalam teks tersebut.

2. Perbedaan antara Teks Persuasi dengan yang lainnya terletak pada isi teks. Pada teks persuasi terdapat unsur ajakan yang begitu kuat yang ditandai dengan adanya kata-kata semacam harus, hendaknya, sebaiknya, usahakanlah, jangan, hindarilah, dan sejenisnya.

3. Penulis teks persusi berharap pembaca bisa tergerak untuk melakukan perbuatan atau mengikuti  apa yang menjadi maksud dan tujuan penulisan teks persuasi.

4. Fungsi fakta dalam teks persuasi sebagai dasar untuk meyakinkan pembaca bahwa apa yang disampaikan penulis memang benar adanya.

5. Cuplikan tersebut bersifat persuasif ditandai dengan adanya kata "harus" dalam kalimat Kamu harus pintar-pintar membagi waktu.

Baca Juga:Tuliskan Tentang CIta-Citamu, Kegiatan Utama dan Keahlian yang Harus Kamu Miliki

B. Dua Cuplikan yang bersifat persuasif

Contoh Pertama


Pemlihan Presiden Republik Indonesia akan dilaksanakan pada tanggal 17 April 2019. Ada dua kandidat yang akan bertanding yaitu Jokowi dan Prabowo Subianto. Dampak dari Pilpres ini memberi kesan seolah-olah rakyat terbelah menjadi dua kelompok pendukung. Dalam demokrasi hal tersebut wajar-wajar saja selama tidak terjadi pelanggaran hukum. Rakyat Indonesia boleh saja menggebu-nggebu mendukung calon presidennya, namun hendaknya tetap menjaga jangan sampai melakukan perbuatan melanggar hukum. Rakyat harus cerdas dalam memilih, pilihlah sesuai dengan hati nurani dan kepentingan bersama.
Contoh Kedua

Bersamaan dengan euforia pemilihan presiden Republik Indonesia, muncullah informasi-informasi yang berkaitan dengan hal tersebut. Sayangnya, selain muncul informasi yang berupa fakta, juga muncul informasi yang bersifat hoax atau berita bohong. Dalam menanggapi berita bohong, rakyat Indonesia sebaiknya rajin menolak berita hoax dan tidak tergesa-gesa membagikan berita yang belum jelas kebenarannya. Untuk mengetahuinya, masyarakat harus mengecek kebenaran berita tersebut. dengan cara melakukan selancar di internet atau mengunjungi situs-situs anti hoax. 

Sabtu, 12 Januari 2019

Kata Sulit dan Pokok Pikiran dalam Bacaan Suku Bangsa di Indonesia



Dalam Buku Kelas 4 SD Tematik 7 Indahnya Kebersamaan pada subtema 1 Keragaman Suku Bangsa dan Agama Negeriku terdapat bacaan yang harus kalian baca. Judulnya "Suku Bangsa di Indonesia". Teks lengkapnya tertulis di bawah ini.

Baca Juga: Tuliskan Tentang CIta-Citamu, Kegiatan Utama dan Keahlian yang Harus Kamu Miliki


Suku Bangsa di Indonesia

Sejak dahulu kala bangsa Indonesia hidup dalam keragaman. Kalimat Bhinneka Tunggal Ika pada lambang negara Garuda Pancasila bukan cuma slogan. Penduduk Indonesia terdiri atas beragam suku bangsa, agama, bahasa, adat, dan budaya  tetapi semua dapat hidup rukun berdampingan.

Berdasarkan hasil sensus Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2010, bangsa Indonesia terdiri atas 1.331 suku. Berdasarkan sensus itu pula, suku bangsa terbesar adalah suku Jawa yang meliputi 40,2 persen dari penduduk Indonesia. Suku Jawa ini merupakan gabungan suku-suku bangsa di Pulau Jawa, yaitu: Jawa, Osing, Tengger,Samin, Bawean, Naga dan suku-suku lainnya. Suku yang paling sedikit jumlahnya adalah Suku Nias dengan jumlah 1.041.925 jiwa atau hanya 0,44 persen dari jumlah penduduk indonesia. namun, suku-suku Papua yang terdiri atas 466 suku, jumlahnya hanya 2.693.630 jiwa atau 1,14 persen dari jumlah penduduk Indonesia. sedangkan etnis Tionghoa jumlahnya 1.832.510 jiwa atau 1,2 persen penduduk Indonesia.

(sumber: Buku Kelas 4 SD Tematik 7 Indahnya Kebersamaan)

Dari teks bacaan di atas, para peserta didik diminta untuk menjawab pertanyaan.

1. Adakah kata sulit yang kalian temukan. Jika ada tuliskan lalu carilah artinya. Tuliskan dalam tabel !
Jawab:

a. Bhineka:  beraneka ragam
b. Tunggal: satu
c: Ika: itu
d. Lambang: sesuatu seperti tanda (lukisan, lencana, dan sebagainya) yang menyatakan suatu hal atau mengandung maksud tertentu; simbol
e. Negara: organisasi dalam suatu wilayah yang mempunyai kekuasaan tertinggi yang sah dan ditaati oleh rakyat
f. Slogan: perkataan atau kalimat pendek yang menarik atau mencolok dan mudah diingat untuk memberitahukan sesuatu
g. Sensus: penghitungan jumlah penduduk, ekonomi, dan sebagainya yang dilakukan oleh pemerintah dalam jangka waktu tertentu, misalnya waktu sepuluh tahun, dilakukan secara serentak dan bersifat menyeluruh dalam batas wilayah suatu negara untuk kepentingan demografi negara yang bersangkutan; cacah jiwa;
h. Suku: golongan bangsa sebagai bagian dari bangsa yang besar
i. Etnis: etnik; bertalian dengan kelompok sosial dalam sistem sosial atau kebudayaan yang mempunyai arti atau kedudukan tertentu karena keturunan, adat, agama, bahasa, dan sebagainya
j. Adat: aturan (perbuatan dan sebagainya) yang lazim diturut atau dilakukan sejak dahulu kala
k. Budaya: pikiran; akal budi

2. Ada berapa paragraf pada  teks "Suku Bangsa di Indonesia" ? Tuliskan pokok pikiran dari setiap paragraf.

Baca Juga: Kumpulan Puisi CIta-Cita Menjadi Pelukis

Jawab:

Cara menentukan pokok pikiran pada paragraf sebagai berikut.
1. Membaca seluruh kalimat dalam paragraf.
2. Menandai kalimat awal, kalimat akhir, atau kalimat awal dan kalimat akhir paragraf.
3. Menandai pikiran pokok yang terdapat di awal, akhir, atau awal dan akhir pada paragraf


Pokok pikiran paragraf 1: Sejak dahulu kala bangsa Indonesia hidup dalam keragaman.
Pokok pikiran paragraf 2: Suku bangsa terbesar adalah suku Jawa.

Jumat, 11 Januari 2019

Tuliskan Tentang CIta-Citamu, Kegiatan Utama dan Keahlian yang Harus Kamu Miliki

Dalam Buku Kelas 4 Kurikulum 2013, peserta didik mendapat tugas yaitu tuliskan tentang cita-citamu, kegiatan utama, dan keahlian yang harus kamu miliki sehubungan dengan cita-citamu itu! 

Untuk menjawabnya, terlebih dahulu, kalian harus menentukan apa cita-cita kalian. Akan tetapi sebelum itu, kalian perlu melihat contoh yang sudah tersedia. Dalam buku kelas 4 tersebut, sudah ada beberapa contoh gambar pekerjaan. Kalian diminta untuk menjawabnya dengan mengisi titik-titik yang sudah disediakan. Kita akan membahas satu persatu pertanyaan dan jawaban berdasarkan gambar dalam buku tersebut.

A. Jawaban Berdasarkan Gambar

Aku Seorang Guru. Kegiatan utamaku sehari-hari adalah... mengajari murid-murid berbagai mata pelajaran dan memastikan semua murid memahami apa yang sudah aku terangkan.



Aku seorang... Arsitek. Kegiatan utamaku sehari-hari adalah... mendesain bentuk bangunan.

Aku seorang... Dokter Hewan. Kegiatan utamaku sehari-hari adalah... memeriksa, mendiagnosa penyakit pada hewan kemudian memberinya obat.

Aku seorang...Pelukis. Kegiatan utamaku sehari-hari adalah. melukis obyek berupa pemandangan alam, wajah seseorang dan lain-lain.



Aku seorang pilot kegiatan utamaku sehari-hari adalah.. mengemudikan pesawat terbang untuk mengantarkan penumpang dari satu tempat ke tempat lainnya.


B. Tuliskan Tentang Cita-Citamu, Kegiatan Utama dan Keahlian yang Harus Kamu Miliki

Sekarang kita akan menulis cita-cita masing-masing dengan format kurang lebih sama seperti pada soal dan jawaban di atas.

1. Cita-Cita Menjadi Tentara

Aku ingin menjadi Tentara. Kegiatan utama sehari-hari jika nanti menjadi tentara adalah berlatih strategi perang dengan sungguh-sungguh, melakukan berbagai bentuk kegiatan dalam rangka menjaga kedaulatan NKRI. Keahlian yang harus aku miliki, aku harus sehat lahir dan batin, jujur, disiplin dan bisa menggunakan senjata dengan baik.

2. Cita-cita Menjadi Polisi
Aku ingin menjadi Polisi. Kegiatan utama sehari-hari adalah menjaga keamanan dan menegakkan hukum di Indonesia. Keahlian yang harus aku miliki aku harus sehat lahir dan batin dan bisa bersikap adil, jujur, dan disiplin.

3. Cita-cita Menjadi Dokter.
Aku ingin menjadi dokter. Kegiatan utama sehari-hari adalah mendiagnosa penyakit manusia kemudian memberikan obat yang tepat untukny sehingga bisa sembuh. Keahlian yang harus aku miliki, aku harus cerdas, memahami ilmu kedoktertan dengan baik, dan bisa mengambil keputusan dengan tepat.

4. Cita-cita Menjadi Penyanyi
Aku ingin menjadi penyanyi. Kegiatan utamaku sehari hari adalah menyanyikan lagu, direkam kemudian diedarkan baik melalui media online maupun penjualan digital. Keahlian yang harus aku miliki, suaraku harus merdu, aku juga harus mengetahui selera pasar.

5. Cita-cita Menjadi Wartawan
Aku ingin menjadi wartawan. Kegiatan utamaku sehari-hari adalah melakukan liputan ke berbagai tempat, mewawancarai orang dan melaporkan baik melalui media cetak maupun elektronik. Keahlian yang aku miliki, aku harus jujur, memiliki sikap dan penampilan yang menarik, mampu memilih kejadian yang paling menarik, mampu menggali informasi dengan baik, dan lain-lain.

Kumpulan Puisi CIta-Cita Menjadi Pelukis

Jika diibaratkan, seorang anak adalah kertas putih yang masih kosong. Orangtua, lingkungan dan segala yang ditemuinya di dunia inilah yang akan mengisi kertas itu. Ayah dan ibu harus peka dengan perkembangan yang terjadi pada anak-anak. Dengan cara itu, orangtua bisa mengenali minat dan bakat anak-anak sehingga bisa membantu mengarahkannya.

Dengan cara itu, orangtua bisa membantu anak tercinta untuk menggapai cita-citanya di masa depan. Apakah itu menjadi seorang polisi hingga menjadi seorang pelukis. Banyak yang bilang, dunia lukis adalah dunia seni. Jika anak-anak kita memiliki jiwa seni, misalnya ia pandai melukis tanpa kita ajari, kita bisa mengarahkannya agar semakin profesional.  Itulah yang mungkin bisa dilakukan oleh para orangtua.

Sementara itu, saya hanya akan mencoba menebak-nebak isi hati anak-anak tercinta yang sedang bercita-cita menjadi pelukis. Puisi-puisi di bawah ini merupakan puisi dengan tema cita-cita menjadi seorang pelukis baik profesional maupun sekadar hobi.


Baca Juga: Kumpulan Puisi Cita-Cita untuk Anak SD

\
Aku Ingin Menjadi Pelukis

Tahukah engkau, kawan
apakah cita-citaku?

Aku ingin menjadi pelukis
yang setiap aku memegang kuas
dan cat minyak
lalu menggoreskannya di kanvas
akan kulukis semua yang aku suka

melukis pemandangan alam
melukis rumah
melukis keluargaku
melukis sekolahku
melukis wajah teman-temanku

dan melukis kebahagiaanku



Seorang Pelukis Modern

Aku suka pelajaran menggambar
Ibu guru bilang
gambarku bagus sekali

Semua itu membuatku
bercita-cita tuk menjadi seorang pelukis

bukan hanya di kanvas
aku juga akan melukis
dengan  komputer

menggambar dengan teknologi
yang semakin canggih

lalu aku pamerkan
menggunakan teknologi internet
agar bisa dilihat oleh semua orang di dunia

Itulah cita-citaku
Semoga aku bisa meraihnya


Cita-citaku Menjadi Seorang Pelukis Terkenal


Buku gambar ini
telah penuh dengan gambarku
ada gambar pemandangan alam
gambar para pahlawan
dan gambar rumah

dengan pensil warna
aku mewarnai dengan hati-hati
aku membayangkan pemandangan
lalu kugambar dan kuwarnai

aku menggambar wajah pahlawan
lalu kuwarnai

Kegemaranku adalah menggambar
cita-citaku menjadi seorang pelukis terkenal


Menjadi Pelukis Profesional

Melihat indahnya alam semesta
dengan sawah yang menghijau
pepohonan yang rindang
sungai-sungai yang airnya jernih

membuatku ingin mengabadikannya
melalui lukisan

Aku ingin menjadi pelukis profesional
yang bisa melukis pemandangan
dan lain sebagainya

Lalu mengajarkannya kepada
murid-murid sekolah
agar mereka semakin cinta
pada alam semesta
di bumi nusantara tercinta

Baca Juga: Kumpulan Puisi Cita-Cita Menjadi Polisi


Menjadi Pelukis yang disenangi anak-anak

Di televisi
sedang berlangsung acara anak-anak

seorang pelukis
yang dikelilingi anak-anak

di kertas besar
tampak ia sedang menggambar hewan
dengan cara yang sederhana

Aku terinspirasi
agar bisa menjadi seorang pelukis
yang bisa menggambar di berbagai media
dengan cara yang mudah

agar bisa ditiru anak-anak sekolah dasar
Cita-citaku menjadi pelukis yang lukisannya
disenangi anak-anak