Thursday, January 31, 2019

Ide Pokok Paragraf dalam Bacaan Bahasa Daerah di Indonesia Terancam Punah

Materi pelajaran ini terdapat dalam buku Kelas 4 SD Tematik Indahnya Keragaman di Negeriku, terdapat pertanyaan untuk menentukan ide pokok setiap paragraf dari bacaan Bahasa Daerah di Indonesia Terancam Punah.



Sekarang mari kita baca bersama bacaan tersebut.

Bahasa Daerah di Indonesia Terancam Punah.
Posisi pertama negara dengan bahasa terbanyak di dunia kini ditempati oleh Papua Nugini dengan jumlah bahasa mencapai 867 bahasa. Selanjutnya Indonesia menempati posisi kedua dengan jumlah bahasa sebanyak 742 bahasa.
Distribusi 742 bahasa di seluruh Indonesia rupanya berbanding terbalik antara jumlah bahasa dengan jumlah penduduk. Pulau Jawa dengan jumlah penduduk 123 juta orang memiliki tidak lebih dari 20 bahasa. Sebaliknya, Papua yang penduduknya berjumlah 2 juta orang memiliki jumlah bahasa mencapai 271 bahasa.

Kurangnya jumlah pengguna bahasa daerah akan berpengaruh pada kemungkinan kepunahan suatu atau beberapa bahasa daerah yang ada di Indonesia. Bahasa yang terancam punah adalah bahasa yang tidak memiliki generasi muda yang menggunakan bahasa ibu. Generasi dewasa adalah satu- satunya kelompok yang masih menjadi penutur fasih.
Bahasa daerah berperan dalam menjaga budaya daerah. Tata nilai budaya di Indonesia tersimpan dalam kosakata, pantun, cerita rakyat, mitos, legenda, dan ungkapan. Oleh karena itu, bahasa-bahasa yang tergolong berpotensi terancam punah perlu memperoleh perhatian khusus. Kita perlu melestarikan bahasa daerah sebelum benar-benar menghilang dari kehidupan berbangsa kita.
(Dikutip dari: http://nationalgeographic.co.id/berita/2016/08/ratusan-ragam-bahasa-di-indonesia-hadapi-ancaman-kepunahan diunduh 15 September 2016

Sekarang mari kita tentukan ide pokok setiap paragraf.

Ide pokok paragraf pertama : Posisi pertama negara dengan bahasa terbanyak di dunia kini ditempati oleh Papua Nugini

Ide pokok paragraf kedua: Distribusi 742 bahasa di seluruh Indonesia rupanya berbanding terbalik antara jumlah bahasa dengan jumlah penduduk

Ide pokok paragraf ketiga: Kurangnya jumlah pengguna bahasa daerah akan berpengaruh pada kemungkinan kepunahan suatu atau beberapa bahasa daerah yang ada di Indonesia.

Ide pokok paragraf keempat: Bahasa daerah berperan dalam menjaga budaya daerah.


Disclaimer: Jawaban di blog merupakan jawaban dari para penulis blog yang tidak bersifat mutlak, untuk jawaban lebih lengkap dan terperinci, silakan bertanya kepada guru masing-masing.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon